Curug Gado Bangkong, Pesona Air terjun Tersembunyi Di Tasikmalaya

|

Curug Gado Bangkong merupakan satu dari sekian banyaknya curug yang ada di Tasikmalaya, lokasinya yang tersembunyi membuatnya memiliki pesona alam yang masih sangat asri.

Membicarakan keindahan alam memang tak akan ada habisnya, Tuhan memang menakjubkan. Hasil karya-Nya selalu sempurna dan sangat-sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Lokasi Curug Gado Bangkong berada di Kecamatan Cisayong, kecamatan ini memiliki cukup banyak air terjun, beberapa diantaranya ialah:

Hampir semua curug yang ada berada di kawasan yang cukup tersembunyi, dan masih jarang dikunjungi pengunjung. Kecamatan Cisayong merupakan bagian dari Kabupaten Tasikmalaya.

Simak ulasan lengkap mengenai Curug Gado Bangkong berikut ini, sebagai bahan referensi wisata Tasikmalaya di weekend ini.

curug gado bangkong
curug gado bangkong. google maps. sumber: Muhidin muhidin

Trekking Menuju Curug Gado Bangkong

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata “tersembunyi”? yang terlintas pastilah medan yang curam, trekking yang panjang, melelahkan, ah susah lah pokoknya…

Namun ternyata, meski lokasi Curug Gado Bangkong tersembunyi akses untuk menuju air terjunnya cukup mudah. Dan kamu nggak perlu berjalan cukup jauh.

Cuma memang kondisi jalannya hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja, dan itu bisa sampai lokasi terdekat dengan Curug Gado Bangkong. Bahkan aliran airnya sudah terlihat.

Kamu tinggal menapaki jalanan menurun saja, hati-hati licin karen kondisinya masih berupa tanah dan bebatuan. Nggak butuh waktu lama, akhirnya kamu sampai di depan Curug Gado Bangkong.

Daya Tarik Curug Gado Bangkong

Curug Gado Bangkong selalu saja dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati segarnya aliran air yang mengalir, daya tarik yang dimiliki curug ini antara lain:

1. Alamnya Yang Perawan

dikelilingi alam yang masih alami
dikelilingi alam yang masih alami. google maps. sumber: M Soerya Adhie Faruq Fauzy

Di sepanjang perjalanan menuju Curug Gado Bangkong, kamu sudah disuguhi dengan pemandangan hutan yang memiliki vegetasi tanaman yang beragam.

Sejuk, indah, menyegarkan, itulah yang dirasakan. Ketika berada lebih dekat dengan Curug Gado Bangkong suasana tenteram dan rileks semakin terasa.

Kamu dapat duduk santai dengan memandangi keindahan aliran air di depan mata, suara deburannya menenangkan. Pas banget lah jika dijadikan tempat untuk bersantai bersama alam.

Jika beruntung, kamu dapat mendengar suara bangkong atau kodok yang cukup keras. Konon katanya berdasarkan mitos yang ada, di sekitar Curug Gado Bangkong ada makhlus halus yang berwujud katak raksasa.

Hal tersebut memang tersebar dari mulut ke mulut, belum ada bukti konkrit akan hal itu. Namun sebaiknya kita harus selalu bersikap baik dimanapun kita berada. Ingatlah pepatah yang mengatakan “dimana bumi dipijak, disitu langit dinjunjung”.

2. Bermain Air Seru

berenang di kolam alaminya
berenang di kolam alaminya. google maps. sumber: Gunawan Ahmad

Ini yang nggak boleh kamu lewatkan, yakni bermain aliran air curugnya. Curug Gado Bnagkong Tasikmalaya ini memiliki tinggi sekitar 70 meter, tebingnya dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang cukup lebat.

Air yang dialirkannya sangat jernih juga bersih, seger banget deh. Terdapat penampungan air yang berbentuk kolam di sekitar curug, yang biasa dimanfaatkan pengunjung untuk bermain air.

Kolam alami tersebut tak begitu dalam, kedalamannya beragam dan yang paling dalam hanya sepinggang orang dewasa. Jadi sangat aman jika membawa serta anak-anak.

Lokasi dan Alamat Curug Gado Bangkong

Lokasi Curug Gado Bangkong berada di lereng Gunung Galunggung, alamat lengkapnya berada di Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

akses menuju curug
akses menuju curug. google maps. sumber: Bagoes Singaparna

Rute Menuju Curug Gado Bangkong

Akes menuju Curug Gado Bangkong lebih mudah jika menggunakan sepeda motor, untuk kamu yang menggunakan mobil harus berjalan cukup jauh hingga akhirnya tiba di lokasi.

Rute menuju Curug Gado Bangkong kita awali dari Alun-Alun Singaparna, dengan menyusuri Jalan Raya Ciawi-Singaparna untuk kemudian menuju Kecamatan Cisayong. Ketika tiba di Kantor Desa Santanamekar, jarak menuju Curug Gado Bangkong tinggal 4,5 km lagi.

Jam Buka Curug Gado Bangkong

Jam operasional Curug Gado Bangkong dibuk setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Waktu terbaik mengunjungi air terjun alami ini ialah di pagi hari.

bersepeda ke curug gado bangkong
bersepeda ke curug gado bangkong. google maps. sumber: Bagoes Singaparna

Tiket Masuk Curug Gado Bangkong

Harga tiket masuk Curug Gado Bangkong hanya membayar sebesar Rp. 7.000,- saja.

Fasilitas Curug Gado Bangkong

Fasilitas yang ada di sekitar Curug Gado Bangkong diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola,
  • Toilet,
aliran airnya cukup deras
aliran airnya cukup deras. google maps. sumber: Kurniawan Premiantoro

Tips Wisata

Simak tips wisata berikut untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Gado Bangkong:

  • Pastikan kondisi kendaraan kamu dalam keadaan prima.
  • Datanglah ketika cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Hindari datang di sore hari, supaya tidak terlalu malam di perjalanan. Karena akses jalan belum dilengkapi lampu penerangan jalan.

Penutup

Curug Gado Bangkong merupakan salah satu tempat untuk menikmati indahnya air terjun tersembunyi yang ada di Tasikmalaya, apalagi trekkingnya nggak terlalu melelahkan.