Curug Putih, Kesejukan Air Terjun Tersembunyi di Tasikmalaya

Curug Putih masih berada di kawasan yang sama dengan Curug Batu Blek, yang berada di Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

Kabupaten Tasikmalaya, khususnya Kecamatan Cisayong, memang memiliki banyak sekali curug, beberapa diantaranya:

dan masih banyak lagi yang lainnya. Rata-rata curug-curug tersebut berada di kawasan yang masih tersembunyi.

curug putih
curug putih. google maps. sumber: Doed’s Hungkul

Curug Putih ini berdekatan dengan Curug Batu Blek, dan merupakan satu aliran air. Sehingga kamu dapat mengunjungi kedua curug tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Keberadaan curug ini memang tak sepopuler Curug Batu Blek, ataupun Curug Gado Bangkong, tapi keindahan dari air terjun tersembunyi ini wajib untuk kamu nikmati.

Misteri Curug Putih Cisayong

Untuk menikmati Curug Putih, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu. Jalur yang dilalui sangat terjal, dan memacu adrenalin banget. Untuk kamu para petualang sejati, pasti dapat melahapnya dengan mudah.

Keindahan Curug Putih Cisayong, ternyata bukan hanya menawarkan keindahan panorama alamnya saja. Melainkan memiliki kisah misteri, yang hingga saat ini dipercaya masih terjadi.

Kata putih, yang melekat pada curug ini berasal dari ritual petapaan atau penyucian diri atau dalam bahasa sunda disebut mutih. Ritual tersebut harus dilalukan oleh mereka yang memiliki hajat tertentu.

Dimana untuk mencapai apa yang mereka inginkan, harus diawali dengan kegiatan penyucian terlebih dahulu di gua yang terletak di belakan aliran air terjunnya.

Dan konon katanya, kegiatan tersebut masih berlangsung hingga saat ini. Namun hal tersebut memang belum dapat dibuktikan secara ilmiah, yang pasti kita harus selalu menjaga sopan santun ketika berada di kawasan yang masih alami seperti Curug Putih Cisayong ini.

jalur trekking
jalur trekking. google maps. sumber: Firman Hermansyah

Trekking Curug Putih

Trekking kamu dimulai setelah sesaat memakirkan kendaraan pada tempat yang sudah disediakan. Terus berjalan hingga mendekati mushola.

Kemudian beloklah ke arah kanan, dengan menyusuri kawasan hutan yang masih rindang. Sampai-sampai jalan setapakpun tak terlihat. Terus saja lurus hingga menemukan sebuah jembatan bambu yang sangat sederhana. Untuk ke Curug Putih belok ke kanan, sedangkan belok kiri menuju Curug Arjuna.

Kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan menyusuri saluran air, sehingga suara gemercik airnya akan menemanimu sepanjang perjalanan.

Jalan setapaknya sangat kecil, hanya muat untuk satu orang saja. Sedangkan di sebelah kananmu ialah jurang yang lumayan dalam.

Akhir saluran air tersebut ialah sebuah aliran sungai yang sangat jernih, dengan dihiasi bebatuan yang berserakan dan memiliki ukuran yang beragam.

Terus saja susuri sungai tersebut, hingga akhirnya kamu berada di depan sebuah curug yang cukup tinggi dengan aliran air terjun yang cukup deras. Itulah Curug Putih Cisayong, Tasikmalaya.

Lokasi dan Alamat Curug Putih

Lokasi Curug Putih berada di kaki Gunung Galunggung, dan berada di kawasan Hutan Cisayong. Tepatnya berada di alamat Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

latar foto yang keren banget
latar foto yang keren banget. google maps. sumber: Yosep Nugraha

Rute Menuju Curug Putih

Rute menuju Curug Putih sama dengan menuju Curug Batu Blek, yakni dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Singaparna-Ciawi. Kemudian dilanjutkan dengan menuju Desa Santanamekar.

Akses jalan menuju Curug Putih tak begitu lebar, jadi sebaiknya kamu menggunakan kendaraan roda dua supaya lebih fleksibel.

Tiket Masuk Curug Putih

  • Harga tiket masuk menuju Curug Putih ialah Rp. 5.000,-
  • Parkir kendaraan Rp. 5.000,-

Tiket tersebut sama dengan mengunjungi beberapa air terjun atau curug yang lokasinya berada di kawasan yang sama.

segernya main air curug putih
segernya main air curug putih. google maps. sumber: Andi Muktadilah

Jam Buka Curug Putih

Jam Oprasional Curug Putih ini dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu, mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Waktu terbaik mengunjungi Curug Putih ialah di pagi hari, mengingat jalur trekkingnya belum dipasangi lampu penerangan jalan.

Fasilitas di Curug Putih

Fasilitas yang ada di sekitar Curug Putih hanya ada di area depan dekat dengan lokasi parkir, yakni adanya:

  • Area parkir motor,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Mushola, dan
  • Kamar mandi.

Sedangakn di area Curug Putihnya tidak terdapat apa-apa.

Daya Tarik Curug Putih

1. Surga Tersembunyi

hunting foto kece
hunting foto kece. google maps. sumber: Lutfi Kiki Fuadi

Rasa lelah dan capek kalian setelah trekking, akan terbayar dengan melihat keindahan air terjun atau curug yang begitu memikat. Seketika hilang rasa penat, sesaat setelah menyaksikan megahnya Curug Putih.

Aliran airnya cukup deras mengalir diantara tebing batu yang menjulang tinggi ke atas. Di kiri dan kanannya dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang cukup rimbun.

Selain menikmati keindahan dari Curug Putih, kamu dapat duduk di bebatuan yang tersebar di sekitar curug, dan bisa kamu gunakan sebagai spot untuk berfoto yang sangat keren.

Ini benar-benar surga yang tersembunyi, suasana alam yang tenang, suara dari deburan air terjun, serta suara aliran sungai yang menenangkan cocok sekali buat kalian yang ingin rehat dari jenuhnya suasana perkotaan.

2. Ragam Wisata Seru

bermain air
bermain air. google maps. sumber: Yosep Nugraha

Keseruan bermain air nggak boleh kamu lewatkan. Di bawah aliran Curug Putih terdapat kolam penampungan alami yang cukup lebar, namun kedalamannya hanya setinggi kaki orang dewasa.

Kamu dapat membasuh kakimu di aliran airnya, ataupun dengan menyegarkan wajahmu dengan mengusapnya dengan segarnya air tersebut. Hindari untuk berada tepat di bawah aliran airnya, karena terlalu deras sehingga akan sangat berbahaya.

Tips Wisata

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawalah bekal persediaan makanan dan minuman secukupnya.
  • Jaga selalu kebersihan disekitar lokasi Curug Putih.
  • Datanglah di pagi hari.
  • Lebih seru jika pergi beramai-ramai.
  • Menggunakan motor itu lebih baik.