Curug Koja, Keindahan Air Terjun di Cikatomas Tasikmalaya

Jawa Barat terkenal dengan alamnya yang masih sangat alami, masih banyaknya hamparan pesawahan, gunung-gunung yang menjulang tinggi, serta hutan yang masih sangat asri.

Tasikmalaya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, dimana di Tasikmalaya banyak tersimpan wisata air yang belum dieksplor oleh banyak orang, salah satunya ialah Curug Koja.

Curug Koja terletak di Desa Linggalaksana Kecamatan Cikatomas, memiliki keindahan air terjun yang sudah banyak wara-wiri dimedia sosial.

Keberadaan Curug Koja sendiri mulai menggeliat ketika banyaknya postingan para pengunjung di media sosial mereka. Keindahan alamya yang masih sangat asri serta uniknya aliran air yang mengalir menjadi daya tarik Curug koja.

Daya Tarik Curug Koja
Daya Tarik Curug Koja. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Berikut merupakan ulasan lebih jauh mengenai Curug Koja, check this out!

Trekking Menuju Curug Koja

Jalur trekking menuju Curug Koja saat ini sudah dicor, sehingga perjalanan yang akan kamu lakukan tidak terlalu berat. Trekking yang akan kamu lakukan sejauh kira-kira 900 meter.

Tanjakan dan turunan yang cukup curam akan kamu lalui, namun keindahan alam yang tersaji dapat mengalihkannya. Suasana hutan yang masih alami, udara yang masih segar, serta nyanyian serangga yang silih bersahutan.

Kamu pun akan melewati kandang peternakan domba milik warga. Kemudian kamu akan menyusuri jalan setapak yang masih berupa tanah dan batu, setelahnya kamu akan menyusuri sebuah sungai.

Aliran Sungai Curug Koja
Aliran Sungai Curug Koja. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sungai tersebut akan menuntunmu menuju area Curug Koja. Sungai yang kamu sebrangi aliran airnya tidak terlalu deras, jadi kamu akan aman saat melaluinya. Sungai tersebut berasal dari aliran air Curug Koja.

Setelah menyusuri sungai kamu akan kembali melalui jalan setapak diantara pepohonan, akhir perjalanan ini adalah hamparan keindahan Curug Koja.

Pesona Keindahan Curug Koja

Curug Koja terletak di Tasikmalaya Selatan, mulai dibuka untuk umum pada tahun 2016 lalu. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dan aliran airnyalah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Aliran airnya mengalir melalui tebing batu kapur, dan menyebar ke berbagai arah. Selain itu airnya sangat bersih dan jernih, kamu bahkan dapat melihat ke dasar kolamnya.

Curug Koja
Curug Koja. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Udara yang dirasakan tidak terlalu dingin namun menyegarkan, rasa penatmu akan hilang sesaat setelah melihat keindahan Curug Koja yang terpampang secara nyata didepan mata.

Alam disekitarnya sangat alami belum banyak disentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Kamu akan merasakan ketenangan saat berada disini, karena belum banyak pengunjung yang datang mengunjunginya.

Suara aliran airnya mampu menenangkan fikiran dan raga yang sedang dipenuhi kepenatan. Walaupun masih belum banyak terdapat fasilitas yang ada disekitar Curug Koja, namun keindahan alamnya mampu mengobatinya.

Ragam wisata Curug Koja

Cara menikmati alam Curug Koja adalah dengan melakukan berbagai kegiatan. Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Koja diantaranya ialah:

1. Berenang

Berenang merupakan hal yang paling mudah untuk melepaskan penat dalam diri. Aliran airnya tidak terlalu deras, kolam alami penampungan aliran air Curug Koja ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda.

Merasakan Ketenangan Alam
Merasakan Ketenangan Alam. Sumber: wisato.id

Sehingga kamu yang tidak terlalu mahir berenang lebih baik berhati-hati. Kolamnya sangat jernih dan menyegarkan, keadaan Curug Koja pun tidak terlalu ramai jadi kamu serasa berenang di kolam alami pribadi.

Berenang dari satu sisi menuju sisi lainnya mengeksplor kolamnya dari berbagai sisi, menikmati segarnya air Curug Koja merupakan ragam wisata yang menyenangkan dan menenangkan.

2. Bermain Air

Aliran air Curug Koja berbeda dengan aliran air terjun pada umumnya yang biasanya mengalir langsung ke bawah seperti sebuah pancuran. Aliran air Curug Koja mengalir melewati tebing bebatuan yang ada di bawahnya.

Menikmati Kesegaran Air Curug Koja
Menikmati Kesegaran Air Curug Koja. Sumber: ipoetzeproetngabolang.blogspot.com

Sehingga kamu dapat bermain air dibawah aliran airnya dengan duduk diatas tebing batu. Merasakan aliran air Curug Koja menyentuh badanmu, menyegarkan raga yang tengah lelah.

3. Body Jumping

Selain berenang dan bermain air, kamu juga bisa melakukan lompatan dari atas tebing tempat mengalirnya air. Kamu dapat melakukan lompatan dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Untuk melakukan lompatan kamu harus sangat hati-hati dan mengukur diri ya, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Panjat Dinding

Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan ialah panjat dinding tebing Curug Koja. Kegiatan ini khusus untuk kamu yang menyukai olahraga yang dapat memacu adrenalin. Namun, tentunya harus dibarengi dengan keamanan yang sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Panjat Tebing Curug Koja
Panjat Tebing Curug Koja. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

5. Foto selfie

Keindahan aliran air Curug Koja harus kamu abadikan dalam bentuk foto maupun video. Kemudian kamu sebarkan melalui media sosial yang kamu miliki, supaya tidak kamu saja yang mengetahui keindahannya.

Spot Foto Favorit
Spot Foto Favorit. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Curug Koja

Lokasi Curug Koja Berada di Kecamatan Cikatomas, Tasikmalaya.

Alamat lengkapnya yakni terletak di Jl. Curug Koja Desa Linggalaksana Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya.

Rute Menuju Curug Koja

Lokasi Curug Koja lumayan jauh dari pusat kota Tasikmalaya yakni kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam.

Nanti kamu akan menemukan sebuah pertigaan lalu beloklah ke kiri, setelah itu kamu akan sampai di Alun-Alun Cikatomas kemudian belok ke kanan, tak lama dari sana kamu akan menemukan pertigaan kembali, dari pertigaan ini kamu harus belok ke kiri untuk menuju Jl. Curug Koja.

Jalan yang akan kamu lalui semakin sempit dan terkadang masih berupa tanah, tak ada petunjuk yang memadai untuk menunjukkan lokasi Curug Koja. Gerbang curug koja ditandai adanya sebuah saung yang sederhana.

Tiket Masuk Curug Koja

Curug Koja masih dikelola swadaya oleh penduduk setempat, sehingga belum ada tarif khusus untuk menuju Curug Koja.

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya parkir saja, Rp. 5.000,- besaran uang yang harus kamu keluarkan.

Jam Operasional Curug Koja

Jam operasional Curug Koja dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, sebenarnya kamu bisa datang kapan saja. Namun mengingat kamu harus melakukan trekking untuk sampai menikmati Curug Koja, disarankan lebih baik datang ketika matahari masih menyinari bumi.

Fasilitas Curug Koja

Curug Koja masih dalam tahap perkembangan, jadi kelengkapan fasilitas yang seharusnya ada sedang dalam proses pembangunan.

Tips Wisata

Untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Koja dan merasakan keindahan alamnya, sebaiknya kamu simak beberapa tips wisata berikut, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah ya, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman untuk bekal kamu saat berada di Curug Koja.
  • Berhati-hatilah saat berenang dan waktu melakukan lompatan dari atas tebing.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin.
  • Bawa baju ganti atau perlengkapan lainnya jika kamu ingin berenang.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian area Curug Koja.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta ketika berada di Curug Koja.

Penutup

Keindahan Curug Koja menyebar luas diberbagai media sosial, hal itulah yang membuatnya semakin banyak dikunjungi. Disamping itu trekking yang kamu lalui tidak terlalu berat.

Keindahan alam yang telah Tuhan berikan sudah sepantasnyalah kita jaga dan lestarikan bersama, beruntunglah warga Desa Linggalaksana.

Tuhan telah menganugrahkan Desa tersebut dengan keindahan Curug Koja yang sangat menenangkan. Kamu harus mengunjungi Curug Koja ketika sedang berada di Tasikmalaya. Keindahan alamnya tidak akan membuatmu kecewa.

Jika kamu akan mengunjungi Curug Koja, jangan lupa siapkan foto terbaikmu ya!

Baca juga:

Leave a Comment