Curug Batu Blek, Review Lengkap Trekking, Tiket, Dan Keindahan Alam Air Terjun Kembar di Cisayong Tasikmalaya

Tasikmalaya mempunyai keindahan alam yang masih alami, banyak tempat wisata alam yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Tasikmalaya. Udara yang sejuk merupakan kelebihan lainnya.

Berkunjunglah ke Desa Cisayong, dimana Desa tersebut memiliki 14 aliran curug dengan karakteristik yang berbeda tiap masing-masing curugnya.

Curug Batu Blek adalah salah satunya, dapat menjadi pilihan kamu untuk mengabiskan weekend ini bersama teman komunitas. Dimana Curug Batu Blek masih memiliki keindahan alam yang masih sangat alami.

Keindahan Curug Batu Blek
Keindahan Curug Batu Blek. Sumber: ngabolangngabolang.blogspot.com

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Batu Blek, check this out!

Trekking Menuju Curug Batu Blek

Sebelum menikmati keindahan Curug Batu Blek, kamu harus melakukan perjalanan yang tidak mudah terlebih dahulu.

Lokasi wisata Curug Batu Blek hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua saja, karena kondisi jalan yang yang sempit serta terjal juga tidak rata menjadi kendala kamu selanjutnya.

Kamu akan melewati area hutan dengan pepohonan yang masih sangat rindang, udara sejuk dan indahnya alam sekitar menjadi penyemangat kamu ketika menyusuri jalanan ini.

Setelah memakirkan kendaraan yang kamu bawa, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan melakukan trekking menyusuri jalan setapak di tengah hutan.

Jalur Trekking Yang Harus Kamu Lalui
Jalur Trekking Yang Harus Kamu Lalui. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Suara gemercik air yang mengalir melalui sebuah selokan kecil akan menemani perjalanan yang kamu lalui. Ranting-ranting pohon menggantung menghiasi jalan.

Trekking yang kamu lakukan kurang lebih sejauh 1 km, jalurnya cukup datar meskipun agak sedikit berkelok-kelok. Berhati-hatilah ketika melangkah karena disebelah kananmu merupakan sebuah jurang.

Sepanjang perjalanan kamu akan menemukan pipa air, yang berfungsi menyalurkan air ke rumah-rumah warga.

Disepanjang perjalanan kamu akan menemukan beberapa air terjun mini, dimana airnya keluar dari sebuah dinding batu. Airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Air Terjun Mini Yang Kamu Temui
Air Terjun Mini Yang Kamu Temui. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Semakin jauh kamu melangkah, jalur trekking yang kamu lalui semakin sempit dan licin. Pepohonan pun semakin eksis mendekati jalur trekking.

Berhati-hatilah ketika melangkah, selalu fokus dan waspada. Setelah melewati jalan setapak yang cukup menegangkan kamu harus menaiki beberapa tangga yang cukup licin karena basah terkena aliran air.

Tak berselang lama kamu dapat melihat Curug Batu Blek ada didepan mata, trekking kamu pun berakhir dengan menapaki jalan berbatu untuk membawa kamu lebih dekat dengan Curug Batu Blek.

Pesona Keindahan Curug Batu Blek

Trekking terjal dan menegangkan yang kamu lalui tidak sia-sia, dengan melihat keindahan Curug Batu Blek yang sangat mempesona.

Penamaan Batu Blek pada curug ini terdapat dua versi, versi yang pertama menyebutkan bahwa asal kata blek adalah plesetan dari Black dalam bahasa Inggris yang artinya hitam. Hal itu dimaksudkan karena aliran airnya melewati sebuah batu yang berwarna hitam.

Versi yang kedua ialah kata blek disini dimaksudkan karena batu hitam yang menjadi tempat aliran airnya menyerupai sebuah blek yakni sebuah kaleng kerupuk.

Aliran curugnya ada dua buah maka dari itu Curug Batu Blek sering juga disebut Curug Kembar. Kondisi alam disekitarnya masih sangat alami, udara sejuk dan segarnya air akan kamu rasakan.

Curug Batu Blek
Curug Batu Blek. Sumber: wisato.id

Air yang dialirkan sangat jernih dan bersih, serta aliran airnya cukup deras sehingga menimbulkan suara yang dapat menjadi pusat perhatian telinga.

Aliran airnya terus menuju sebuah sungai yang berada di bawah Curug Batu Blek. Kolam alami tempat penampungan air Curug Batu Blek cukup lebar, kamu dapat melihat ke dasar kolam saking jernihnya air.

Ragam wisata Curug Batu Blek

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Batu Blek, diantaranya:

1. Menikmati keindahan alam

Alam yang dihadirkan Curug Batu Blek masih sangat alami, pepohonan yang cukup rindang berada disekelilignya sehingga udara yang kita hirup sangat sejuk.

Menikmati Alam
Menikmati Alam. Sumber: wisato.id

Disekitarnya terdapat bebatuan dengan ukuran yang beragam, melihat aliran air yang mengalir terus ke bawah sungguh sangat menenangkan. Nikmatilah keindahan alam yang luar biasa ini, nikmati dan rasakanlah.

2. Berenang

Tentu saja berenang adalah hal yang paling kamu nantikan ketika berkunjung ke sebuah tempat wisata air. Kamu dapat melakukan kegiatan tersebut ketika berada di Curug Batu Blek.

Menikmati Segarnya Air Curug Batu Blek
Menikmati Segarnya Air Curug Batu Blek. Sumber: ecleciaalphakhairi.wordpress.com

Kedalaman kolam alaminya beragam dari mulai yang hanya setinggi paha orang dewasa bahkan hingga mencapai 5 meter. Maka dari itu kamu harus berhati-hati ketika berenang di kolam alami Curug Batu Blek.

3. Bermain air

Untuk kamu yang tidak bisa berenang, kamu dapat menikmati aliran air yang mengalir melalui kakimu. Merasakan segarnya air pegunungan, menghempaskan semua lelah yang kamu rasakan.

Merasakan Segarnya Air Curug Batu Blek
Merasakan Segarnya Air Curug Batu Blek. Sumber: wisato.id

4. Berfoto

Keindahan alam Curug Batu Blek harus kamu abadikan dalam sebuah foto atau video. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan Curug Batu Bleknya juga ya.

Berfoto Bersama Curug Batu Blek
Berfoto Bersama Curug Batu Blek. Sumber: ecleciaalphakhairi.wordpress.com

Lokasi Dan Alamat Curug Batu Blek

Lokasi Curug Batu Blek berada di kaki Gunung Galunggung, serta di tengah Hutan Cisayong.

Alamat lengkapnya terletak di Kampung Cipeuteuy, Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Batu Blek

Rute menuju Curug Batu Blek kamu hanya perlu bergerak menuju Singaparna-Ciawi dengan tujuan Desa Santana Mekar. Dengan jarak yang ditempuh sekitar 15 km.

Tiket Masuk Curug Batu Blek

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Batu Blek kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar:

  • Untuk tiket masuk      : Rp. 5.000,- saja per orangnya.
  • Tiket parkir roda dua  : Rp. 5.000,- per unitnya.

Jam Operasional Curug Batu Blek

Jam operasional Curug Batu Blek dibuka setiap hari mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu. Waktu yang tepat untuk mengunjunginya ialah ketika pagi hari.

Hindari untuk datang mengunjungi ketika matahari mulai terbenam, karena akses jalan menuju curug cukup terjal serta belum ada penerangan yang memadai.

Fasilitas di Curug Batu Blek

Fasilitas yang ada di Curug Batu Blek terdapat:

  • Di area Curug Batu Blek hanya ada terdapat sebuah kamar mandi sederhana.
  • Area parkir motor berdekatan dengan loket masuk dan warung makanan dan minuman.
  • Mushola keberadaanya tak jauh dari area loket masuk.

Penginapan Terdekat Curug Batu Blek

Disekitar area Curug Batu Blek belum tersedia penginapan, karena lokasinya yang masih sangat alami. Jika kamu ingin menginap di Tasikmalaya kamu akan mendapatkannya lebih dari 10 km jaraknya dari lokasi Curug Batu Blek.

Tips Wisata

Baiknya kamu simak beberapa tips wisata berikut ketika hendak mengunjungi Curug Batu Blek, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin.
  • Berhati-hatilah ketika menyusuri jalan setapak menuju Curug Batu Blek.
  • Bawalah persediaan makan dan minum untuk bekal kamu selama di area Curug Batu Blek.
  • Bawalah baju ganti atau peralatan lainnya, jika hendak berenang di kolam alaminya.
  • Berhati-hatilah ketika sedang berenang di kolam alaminya.
  • Airnya cukup dingin, jadi perhatikan juga ketahanan tubuhmu sendiri.
  • Jaga selalu kebersihan dan kealamian lokasi Curug Batu Blek.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Batu Blek.

Penutup

Keindahan alam selalu menjadi primadona sebuah tempat wisata, karena itulah yang banyak dicari saat ini. Back to nature, itu mungkin slogan yang tepat disematkan.

Keindahan alam Curug Batu Blek sungguh sangat membuai jiwa dan raga, jalur trekking yang cukup menyusahkan tak lagi dihiraukan.

Curug Batu Blek merupakan sebuah tempat wisata air yang harus kamu kunjungi weekend ini, dan jangan lupa untuk siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Batu Blek, ya!

Leave a Comment