Curug Dengdeng Tasikmalaya, Tiket Terbaru Dan Ragam Wisata Di Niagara Jawa Barat

Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat dikelilingi oleh keindahan alam yang masih sangat alami. Banyak tempat wisata alam yang dapat dikunjungi ketika berada disana.

Selain Curug Batu Blek, kamu juga dapat mengunjungi Curug Dendeng yang terletak di Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah. Digadang-gadang Curug Dengdeng sebagai Niagaranya Jawa Barat.

Karena memang karakteristik curugnya yang lebar ke samping, kelebihan lainnya ialah akses menuju Curug Dengdeng sangatlah mudah dijangkau.

Berikut ulasan lebih lengkap mengenai Curug Dengdeng, check this out!

Pejalanan Ke Curug Dengdeng Tasikmalaya

Perjalanan menuju Curug Dengdeng dibilang cukup mudah, kamu ngga akan menemukan hambatan yang berarti di sepanjang jalan.

Akses jalannya dapat dilalui berbagai macam kendaraan, mulai dari motor hingga mobil. Jalannya pun sudah beraspal, namun dibeberapa bagian terdapat jalan yang masih berlubang.

Jalurnya dipenuhi dengan belokan namun tak terlalu tajam, disepanjang jalan akan tersaji pemandangan yang masih sangat alami. Mendekati lokasi, jalannya berubah menjadi tanah dan bebatuan juga sedikit menanjak.

Setelah kamu memakirkan kendaraan yang dibawa, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuruni tangga yang sudah tertata dengan baik.

Aksesnya Yang Mudah Dijangkau
Aksesnya Yang Mudah Dijangkau. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Suara deburan airnya sudah dapat terdengar, kamu akan berjalan melewati beberapa warung yang berjajar dengan beberapa tempat lesehan didepannya.

Dari sini kamu dapat melihat keindahan Curug Dengdeng dari ketinggian. Untuk menuju lebih dekat dengan curugnya, kamu masih harus menuruni beberapa anak tangga.

Pesona Keindahan Curug Dengdeng Tasikmalaya

Curug Dengdeng Tasikmalaya ini mempunyai tiga tingkatan, yakni bagian atas dengan ketinggian 9 meter, bagian tengah dengan ketinggian 11 meter dan bagian bawah memiliki tinggi sekitar 13 meter.

Landscape Curug Dengdeng
Landscape Curug Dengdeng. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pengunjung banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain air di bagian pertama Curug Dengdeng. Karena lokasinya yang dapat langsung dilalui.

Karakteristik Curug Dengdeng Tasikmalaya sendiri melebar ke samping serta mempunyai aliran air yang cukup deras. Jika aliran airnya sedang deras, semua sisi akan teraliri air.

Curug Dengdeng Tingkat Pertama
Curug Dengdeng Tingkat Pertama. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Curug Dengdeng bagian atas tidak memiliki kolam penampungan layaknya curug pada biasanya. Aliran airnya terus melaju menuju bagaian curug selanjutnya untuk kemudian diteruskan ke Sungai Cikembang.

Airnya sangat bersih dan jernih, namun jika musim hujan tiba maka debit air akan semakin deras dan airnya akan berubah menjadi kecoklatan. Dan kamu tak dapat mendekati Curug Dengdeng, karena seluruh permukaan tertutup air.

Derasnya Air Di Musim Hujan
Derasnya Air Di Musim Hujan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Air yang dialirkan Curug Dengdeng dimanfaatkan warga untuk mengaliri sawah, yang terhampar luas dikiri dan kanan.

Ragam Wisata Di Curug Dengdeng Tasikmalaya

Ragam wisata menarik yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Dengdeng Tasikmalaya ialah:

1. Menikmati Bagian Atas Dari Curug Dengdeng

Sesampainya di area Curug Dengdeng, kamu dapat menikmati bagian atas dari curug tingkat pertama. Jaraknya tidak terlalu jauh dari saung.

Kondisi di bagian atas Curug Dengdeng berupa hamparan bebatuan yang dialiri oleh air yang tenang, untuk kemudian dialirkan menuju curug yang berada di bawahnya.

Menikmati Curug Dengdeng Dari Atas
Menikmati Curug Dengdeng Dari Atas. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dari atas sini kamu dapat melihat hamparan keindahan alam di sekitar Curug Dengdeng, kamu dapat melihat lebatnya pepohonan serta hijaunya sawah yang ada di sekitar area curug.

2. Bermain Air

Ragam wisata yang satu ini merupakan paling seru dan mengasyikkan, yakni bermain air Curug Dengdeng dan merasakan segarnya air membasuh badan kita.

Bermain Air Curug Dengdeng
Bermain Air Curug Dengdeng. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu juga dapat merasakan hantaman air yang menuju badanmu, seakan kamu sedang dipijit-pijit. Relaks sekali rasanya, merasakan kesegaran air sambil melihat keindahan alam.

3. Hunting Foto

Hunting spot foto pun jangan sampai kamu lewatkan, karakteristik Curug Dengdeng yang sangat unik dan indah harus kamu abadikan dalam sebuah foto atau video.

Mengabadikan Keindahan Curug Dengdeng
Mengabadikan Keindahan Curug Dengdeng. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain itu hamparan keindahan alam yang mengelilinginya pun layak untuk kamu abadikan, dan kemudia kamu posting di berbagai media sosila yang kamu miliki.

Sejarah/Kisah Dan Mitos Yang Mengiringi Curug Dengdeng Tasikmalaya

Ada beberapa kisah yang mengiringi keindahan Curug Dengdeng Tasikmalaya, yakni:

1. Pernah disinggahi Nabi Daud as.

Menurut cerita nenek moyang Nabi Daud as. pernah singgah ke curug ini, kemudian Nabi Daud as. berwudhu sebelum mengumandangkan adzan. Karena suara lantunannya yang sangat indah, maka secara ajaib membuat alam disekitar Curug menjadi lebih indah dari sebelumnya.

Oleh sebab itu tersebar mitos bahwa barang siapa yang mandi atau berendam di tingkatan curug yang pertama akan memiliki suara yang indah seperti Nabi Daud as.

2. Tempat pertarungan Pangeran Jaya Laksana dengan Jaya Nalangsa

Pangeran Jaya Laksana bertarung dengan Pangeran Jaya Nalangsa di area Curug Dengdeng di tingkatan yang paling atas. Mereka bertarung mengadu kekuatan yang dimiliki.

Masyarakat setempat percaya bahwa makam yang berada di tingkatan paling bawah merupakan makam dari salah satu pangeran tersebut.

Ada juga mitos yang mengatakan bahwa barang siapa yang mandi atau berendam di Curug Dengdeng maka akan dilancarkan jodohnya oleh Yang Maha Kuasa.

Kisah dan mitos tersebut bijaknya kita hormati dan hargai sebagai warisan para leluhur. Bukan hak kita untuk menilai hal tersebut benar atau salah.

Lokasi Dan Alamat Curug Dengdeng Tasikmalaya

Lokasi dan alamat Curug Dengdeng Tasikmalaya terletak di Kampung Cirerese, Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Dengdeng Tasikmalaya

Rute menuju Curug Dengdeng, jika kamu bergerak dari pusat kota Tasikmalaya kamu akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam lamanya.

Arahkan kendaraanmu menuju Desa Cikawung Gading lalu mengarah ke Kampung Caringin, kemudian kamu tinggal mengikuti jalur hingga menemukan petunjuk menuju Curug Dengdeng.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Dengdeng Tasikmalaya

Untuk menikmati Niagaranya Jawa Barat, kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu besar. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar:

  • Tiket masuk                 : Rp. 5.000,- per orang
  • Tiket parkir motor       : Rp. 2.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil        : Rp. 5.000,- per unit

Jam Operasional Curug Dengdeng Tasikmalaya

Jam operasional Curug Dengdeng dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Fasilitas Curug Dengdeng Tasikmalaya

Fasilitas yang tersedia di Curug Dengdeng Tasikmalaya terbilang sudah lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir yang dapat menampung mobil dan motor
  • Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo atau saung
  • Mushola

Penginapan Di Curug Dengdeng Tasikmalaya

Di area Curug Dengdeng Tasikmalaya terdapat penginapan yang dapat kamu sewa untuk menikmati malam dengan deburan air sepanjang malam. Ditambah dengan udara yang sejuk serta pemandangan yang indah.

Kuliner

Setelah kamu lelah bermain air, bersantailah di sebuah gazebo atau saung sambil menyantap ikan bakar dengan nasi liwet. Sembari melihat pemandangan curug dari ketinggian, sungguh nikmat sekali.

Tips Wisata

Tips wisata berikut saya bagikan untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Dengdeng Tasikmalaya, yakni:

  • Berhati-hatilah ketika menapaki bebatuan di sekitar curug.
  • Jaga dan selalu awasi anak-anak ketika bermain air.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian di area Curug Dengdeng.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Dengdeng Tasikmalaya.

Penutup

Indahnya alam yang Tuhan berikan selalu membuat kita tercengang dan terkagum-kagum. Juga membuat jiwa ini menjadi tenang dan damai.

Curug Dengdeng Tasikmalaya merupakan tempat yang tepat untuk mengenalkan alam pada anak, dan berkumpul bersama dengan keluarga tercinta.

Siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Dengdeng Tasikmalaya, ya!


Leave a Comment