37 Tempat Wisata Di Sukabumi Yang Lagi Hits Dan Instagramable

|

Tempat wisata di Sukabumi menyimpan pesona wisata yang menakjubkan, mulai dari wisata pegunungan hingga pantai. Banyak tempat wisata di Sukabumi yang hits, kekinian, dan Instagramable.

Secara administrasi, Sukabumi merupakan salah satu kota sekaligus kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat. Wilayah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur di sisi timur, Kabupaten Bogor di sisi utara, Kabupaten Lebak di sisi barat, dan Samudra Hindia di sisi selatan. Kota sekaligus kabupaten ini berjarak kurang lebih 100 km dari Bandung dan 120 km dari Jakarta.

Berikut beberapa tempat wisata di Sukabumi sebagai bahan referensi wisata untuk anda yang sedang ingin berlibur di kota mochi ini.

Tempat Wisata di Sukabumi

Berikut pesona 37 tempat wisata di Sukabumi yang harus diketahui oleh anda:

1. Situ Sukarame

Situ Sukarame adalah mahakarya alam yang dikolaborasikan dengan kreativitas manusia, lokasinya berada di sisi selatan kaki Gunung Salak. Dengan kelebihan berupa banyaknya ragam wahana dalam satu kawasan.

situ sukarame - tempat wisata di sukabumi
source: hilmanseptiawan.wordpress.com

Yang lagi hits dari Situ Sukarame Parakansalak ialah spot cafenya yang sangat berbeda dan pastinya kekinian dan juga instagramable banget.

  • Lokasi: Kampung Sukarame, Parakansalak, Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- per orang

Simak: situ sukarame

2. Situ Gunung

Jika Situ Sukarame terdapat di kaki Gunung Salak, maka Situ Gunung terletak di kaki Gunung Pangrango. Situ GUnung merupakan tempat wisata di Sukabumi yang menyimpan berjuta pesona, berjuta keindahan.

Salah satu spot wisata yang populer yaitu Situ Gunung Suspension Bridge yaitu jembatan gantung di tengah hutan terpanjang di Asia Tenggara.

situ gunung sukabumi
source:thesaintdevil.deviantart.com

Masih banyak lagi keseruan dan daya tarik yang dimiliki Situ Gunung, tak heran jika selalu ramai dikunjungi baik hari-hari biasa maupun hari libur.

  • Lokasi: Taman Wisata Alam Situ Gunung
  • Alamat: Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 16.000,- per orang

Simak juga: daftar tempat wisata di Purwokerto

3. Kawah Ratu Gunung Salak

Dari namanya jelas bahwa tempat wisata di Sukabumi ini berhubungan dengan vulkanis. Benar saja, Kawah Ratu merupakan kawah aktif yang mengeluarkan uap panas. Memang, tempat wisata ini kurang cocok sebagai destinasi wisata keluarga, karena cukup berisiko apalagi bagi anak-anak. Meski demikian, bukan berarti keindahan Kawah Ratu yang terletak di lereng Gunung Salak ini menjadi sia-sia.

kawah ratu gunung salak

Tempat wisata di Sukabumi ini menjadi objek wisata favorit bagi para pecinta alam yang senang mendaki gunung. Untuk bisa menikmati keindahan kawah ini, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup pelik, di mana harus melewati jalan setapak yang terjal dan berliku kurang lebih selama 3 jam. Namun, segala rintangan yang ditempuh selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan kawah saat berhasil mencapainya.

4. Curug Sawer Sukabumi

Destinasi tempat wisata di Sukabumi yang menarik lainnya adalah Curug Sawer sukabumi. Air terjun tunggal dengan ketinggian kurang lebih 30 meter ini terletak di kawasan wisata Situ Gunung.

curug sawer sukabumi
source: jelajahsukabumi.com

Tak hanya bisa menikmati air pegunungan yang jernih dan menyegarkan, pengunjung juga bisa memuaskan mata dengan memandang panorama air terjun yang asri.

simak: curug sawer sukabumi

5. Taman Selabintana

Tak ingin jauh-jauh dari pusat Kota Sukabumi? Anda bisa mengunjungi Taman Rekreasi Selabintana. Tempat wisata di Sukabumi ini terletak di bagian utara Kota Sukabumi yang berjarak sekitar 7 km dari pusat kota. Objek yang disuguhkan tak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata lainnya. Di sini terdapat hamparan rumput hijau yang luas dan bersih begitu indah dan menyejukkan.

taman rekreasi selabintana
source: www.hotelselabintana.com

Tempat wisata ini menjadi favorit banyak keluarga untuk mengisi liburan akhir pekan bahkan ketika libur panjang. Areal taman yang luas memungkinkan untuk bersantai sambil rebahan di rumput menikmati suasana yang tenang dan asri.

Asyiknya, di Taman Rekreasi Selabintana ini dilengkapi dengan beragam fasilitas yang makin menambah kepuasan pengunjung. Sebut saja kolam renang, playground, lokasi kemah, penginapan, perkebunan teh, hutan lindung, area parkir yang aman dan luas, mushola, toilet, permainan ATV, flying fox, dan lainnya.

Simak: taman selabintana

6. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh merupakan tempat wisata di Sukabumi yang memiliki pesona luar biasa. Tempat wisata ini menyuguhkan paket keindahan alam yang mempesona. Mengapa disebut paket? Geopark Ciletuh menawarkan panorama pegunungan, pantai, bukit, air terjun, dan juga bebatuan purba yang sungguh memikat mata dan hati.

source: http://siloka.com/surga-itu-bernama-cileutuh-geopark-1.html
source: http://siloka.com/surga-itu-bernama-cileutuh-geopark-1.html

Berada di Kecamatan Ciemas, tempat wisata ini dapat ditempuh sekitar 5 jam dari pusat Kota Sukabumi.

Selain paket panorama alam yang lengkap, tempat wisata di Sukabumi ini juga memiliki keunikan terkait dengan beradaan air terjunnya. Ya, di sini tak hanya satu air terjun yang bisa dinikmati keindahannya, tetapi ada 4 yaitu Curug Cimarinjung, Cikanteh, Ngelay, dan Puncak Manik.

Lihat juga: informasi tempat wisata di Yogyakarta

7. Kampung Adat Ciptagelar

Saat ini banyak desa atau perkampungan unik di berbagai daerah yang diangkat sebagai objek wisata. Di Sukabumi pun ada, yaitu Kampung Ciptagelar. Sebenarnya tempat wisata di Sukabumi ini bukanlah objek wisata baru. Keunikan budaya yang berlangsung turun-temurun menjadikan kampung ini sebagai destinasi wisata di Sukabumi yang menarik untuk dikunjungi.

kampung adat ciptagelar
source: http://kalangkangmencrang.blogspot.co.id/2015/07/wisata-kampung-adat-ciptagelar.html

Terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Kampung Ciptagelar telah menjaga dan melestarikan budaya setempat selama kurang lebih 650 tahun. Sayangnya, tempat wisata di Sukabumi yang satu ini cukup sulit diakses.

Baca: kampung adat ciptagelar

9. Goa Buniayu

Sukabumi tak hanya menyimpan potensi wisata alam pegunungan saja, tetapi juga perut bumi. Adalah Goa Buniayu sebagai tempat wisata di Sukabumi yang patut ditaklukkan. Tak seperti taman rekreasi, Goa Buniayu kurang sesuai dengan destinasi wisata keluarga, karena memang medannya cukup rumit dan tentunya bukan playground yang aman untuk anak-anak. Tempat wisata ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta petualangan.

goa buniayu sukabumi
source:http://lemon-moment.blogspot.co.id/2014/06/sepenggal-kisah-dari-buniayu-part-i.html

Goa Buniayu menyuguhkan lorong yang terjal dengan fosil-fosil koral laut pada dindingnya. Untuk menyusuri goa ini, dibutuhkan stamina fisik yang kuat karena sekali lagi medannya cukup sulit, yang bukan berupa jalan lurus saja, tetapi harus melalui danau lumpur. Selain itu, pengunjung juga harus sigap dan berhati-hati dalam memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan lainnya. Berpetualang di tempat wisata ini membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Agar lebih aman, disarankan menggunakan jasa pemandu yang lebih menguasai medan di dalam goa.

Simak: goa buniayu

10. Sungai Citarik

Jangan meremehkan sungai yang satu ini. Sungai Citarik merupakan tempat wisata dengan pesona yang tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya. Meski demikian, Sungai Citarik memiliki keunikan tersendiri. Andalan dari tempat wisata ini adalah arus sungai yang cukup deras sehingga bisa digunakan untuk arung jeram.

sungai citarik sukabumi
source:http://damarapri.blogspot.co.id/2012/03/rafting-di-sungai-citarik-arus-liar.html

Selain itu, terdapat pula fasilitas lain yang tak kalah menarik seperti flying fox, team building, paint ball, dan lain sebagainya. Sungai Citarik biasanya digunakan untuk kegiatan outbound perusahaan, karena segala jenis fasilitas yang tersedia bersifat membangun kerja sama tim.

simak: sungai citarik

11. Sungai Cicatih

Serupa tapi tak sama. Ungkapan ini pas untuk menggambarkan Sungai Cicatih dengan Citarik. Sebagai salah satu tempat wisata di Sukabumi, Sungai Cicatih juga menawarkan pesona alam yang mendebarkan. Fasilitas andalan dari tempat wisata ini juga arung jeram. Namun perlu diketahui bahwa karakter dari Sungai Cicatih dengan Citarik sangatlah berbeda.

sungai cicatih sukabumi
source:http://denimulyanasasmita.blogspot.co.id/2014/04/sungai-cicatih-sukabumi-arung-jeram.html

Sungai Cicatih ‘lebih garang’ karena arusnya lebih deras, ukuran sungai lebih lebar, dan jalur permainan arung jeram lebih panjang, sehingga lebih menantang.

Simak: sungai cicatih

12. Pantai Cimaja

Siapa bilang surfing hanya bisa dilakukan di Bali? Di Sukabumi juga bisa. Pantai Cimaja merupakan tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan keindahan alam pantai dengan sajian ombak pantai selatan yang terkenal ‘keganasannya’.

pantai cimaja sukabumi
source:http://matabelo-ngakak.blogspot.co.id/2015/08/indahnya-pantai-cimaja-di-sukabumi.html

Meski demikian, ombak di Pantai Cimaja ini cukup bersahabat. Para pecinta surfing pastilah sudah mengenal tempat wisata yang satu ini.

simak: pantai cimaja

13. Pantai Cibangban

Tempat wisata di Sukabumi lainnya yang tak kalah mempesona adalah Pantai Cibangban. Namun, pantai ini memiliki karakter yang berbeda dengan Pantai Cimaja. Ombak di Pantai Cibangban tidak terlalu besar sehingga aman untuk bermain bagi anak-anak. Selain bermain ombak, pengunjung pantai ini juga bisa bermain pasir.

pantai cibangban sukabumi

Simak: pantai cibangban

14. Pantai Ujung Genteng

Sunset Pantai Genteng
Sunset Pantai Ujung Genteng. Image via: www.instagram.com/chitraachiet/

Pantai Ujung Genteng adalah salah satu panntai yang cukup terkenal di Sukabumi. Suasana yang tenang, pemandangan yang indah, dan juga terdapat penangkaran penyu yang bisa anda kunjungi pula.

Simak reviewnya di artikel Pantai Ujung Genteng

15. Curug Cikaso

curug cikaso

salah satu air terjun yang terkenal di Sukabumi adalah Curug Cikaso. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Terdiri dari 3 jatuhan air terjun, Curug Cikaso memiliki lebar kurang lebih 100 meter lho.

Simak reviewnya di artikel Curug Cikaso

16. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan bagian dari kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, yang berada di area sawah dan hutan dengan memiliki tinggi sekitar 50 meter.

Yang paling menakjubkan ialah Curug Cimarinjung menghadap langsung ke arah Samudera Hindia, dimana aliran airnya langsung mengalir ke Curug Ciletuh.

Keseruan yang dapat kamu lakukan di Curug Cimarinjung tentu saja bermain air atau bahkan mandi di kolam alami sekitar curug, dan jangan lupa untuk hunting beberapa foto yang kece.

  • Lokasi: Kp. Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Tiket masuk: seikhlasnya
curug cimarinjung
curug cimarinjung. google maps. sumber: Avid Candra

simak: curug cimarinjung

17. Tebing Panenjoan

Tak lengkap kunjunganmu di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu Sukabumi tanpa mengunjungi Tebing Panenjoan, karena tempat wisata yang satu ini dapat dibilang pintu masuk Geopark Ciletuh.

Dimana kamu akan dapat menyaksikan keindahan alam yang ada di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu dari atas ketinggian sekitar 250 mdpl.

Maka tak heran jika tempat wisata di Sukabumi ini sering disebut sebagai Mega Amphitheater yang menyajikan harmonisasi alam yang sangat sempurna dan indah banget.

  • Lokasi: Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis, hanya bayar parkir saja
tebing panenjoan
tebing panenjoan. google maps. sumber: Gun Gun Gunardi

simak: tebing panenjoan

18. Bravo Adventure

Bravo Adventure tempat yang tepat untuk kamu yang ingin glamping seru bersama keluarga, namun dengan suasana alam yang indah dan sejuk.

Dimana kamu nggak perlu repot-repot mendirikan tenda, serta membawa semua perlengkapan yang ada. Fasilitas yang didapat pun seperti menginap di hotel bintang 5.

  • Lokasi: Kp. Bantar Selang, Desa Cikidang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga per malamnya: mulai dari Rp. 350.000,-
bravo adventure
bravo adventure. google maps. sumber: Williem Cahyadi

simak: bravo adventure

19. Geyser Cisolok

Geyser Cisolok merupakan tempat wisata yang unik, dimana kamu akan melihat secara langsung air menyembur dari dalam tanah dengan suhu yang dapat mencapai 100 derajat.

Sehingga banyak digunakan oleh pengunjung yang datang dengan maksud untuk mengobati penyakit kulit ataupun berbagai penyakit lainnya.

  • Lokasi: Kampung Cipanas, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 06.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 8.000,-
geyser cisolok
geyser cisolok. google maps. sumber: Ruslan A. Gopar

simak: geyser cisolok

20. Bukit Karang Numpang

Sesuai namanya Bukit Karang Numpang memiliki banyak batuan karang yang saling bertindihan satu sama lain, sehingga tampak sangat menarik dan mengagumkan.

Bukit Karang Numpang biasanya digunakan untuk melakukan camping dan menikmati keindahan alam sepanjang malam. Serta menikmati sunrise yang cantik di pagi harinya.

  • Lokasi: Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 3.000,-
bukit karang numpang
bukit karang numpang. google maps. sumber: Yeska Twentysix

simak: bukit karang numpang

21. Karang Para

Selain Bukit Karang Numpang, Sukabumi juga memiliki Bukit Karang Para yang sama-sama memiliki batuan karang sebagai primadona.

Dimana kamu akan mendapatkan pemandangan gunung yang gagah, pepohonan yang rindang, sawah yang terbentang luas, udara sejuk, serta batuan karang yang berserakan nggak karuan.

Bukit Karang Para juga dilengkapi dengan beberapa wahana lain, yang dapat dijadikan juga sebagai spot untuk berfoto. Dimana beberapa spot foto yang ada mengharuskan untuk membayar biaya tambahan.

  • Lokasi: Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-
karang para
karang para. google maps. sumber: Rahadi Ardiansyah s

simak: bukit karang para

22. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu atau Pantai Muara Cikarang, atau disebut juga dengan Asabaland, merupakan sebuah pantai di Ujung Genteng yang viewnya banyak disandingkan dengan Tanah Lot yang ada di Bali.

Pantai ini memiliki landscape alam yang indah dengan hiasan tebing tinggi serta batu karang yang berada di sekitar pantai. Dan untuk menuju bibir pantai, kamu harus turun ke bawah terlebih dahulu.

  • Lokasi: berada di area Villa Amanda Ratu atau sekarang bernama Villa Asabaland.
  • Alamat: Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- untuk motor dan Rp. 10.000,- untuk mobil
pantai amanda ratu
pantai amanda ratu. google maps. sumber: Ayi Siti Khoerunisa

simak: pantai amanda ratu

23. Santa Sea Waterpark

Santa Sea Waterpark merupakan wahana modern yang ada di Kabupaten Sukabumi dengan menempati lahan seluas 2,5 hektar, dan memiliki banyak wahana permainan air hingga spot untuk berfoto.

Tak heran jika Santa Sea Waterpark selalu ramai apalagi di akhir pekan, dimana banyak keluarga yang sedang menghabiskan waktu bersama.

  • Lokasi: Jl. Lio Santa, Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 35.000,-
santasea waterpark
santasea waterpark. google maps. sumber: IWAN MAKHWAN Hambali

simak: santa sea waterpark

24. Pantai Cicalidi

Pantai Cicalidi lokasinya berdekatan dengan Pantai Karang Bolong, dengan tebing-tebing karang berpadu bersama deburan ombak yang datang silih berganti.

Keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Cicalidi diantaranya camping, memancing, serta menikmati keindahan alam yang terlihat sangat mengagumkan. Hanya saja akses menuju Pantai Cicalidi cukup menantang.

  • Lokasi: Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

simak: pantai cicalidi

25. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu termasuk kedalam rangkaian Pantai Pelabuhanratu, yang saat ini hadir dengan wajah baru serta adanya beberapa spot foto yang ikonik.

Pantai Karang Hawu memiliki deburan ombak yang cukup kencang, namun yang paling menarik ialah adanya kehadiran 7 sumur Pantai Karang Hawu.

Selain memiliki keindahan pantai yang bagus, Pantai Karang Hawu juga memiliki cerita mistis dan mitos yang cukup kental.

  • Lokasi: Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis, hanya membayar parkir saja.
pantai karang hawu
pantai karang hawu. google maps. sumber: imron rosyadi

simak: pantai karang hawu

26. Wisata Bukit Baros

Wisata Bukit Baros memiliki hamparan pohon pinus yang banyak di lahan seluas 28 hektar, sehingga udara yang dirasakan sejuk dan adem banget.

Selain itu, dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas yang tentu saja menarik. Dan yang nggak boleh kamu lewatkan ialah mengunjungi sebuah pabrik keju yang lokasinya berada di sekitar Bukit Baros.

  • Lokasi: Kampung Cihuis, RT 11 RW 04, Sasagaran, Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 16.000
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-
wisata bukit baros
wisata bukit baros. google maps. sumber: Saeful anwar

simak: wisata bukit baros

27. Camp Bravo

Jika Barvo Adventure memberikan pengalaman glamping di tenda yang menyerupai bawang putih, lain halnya di Camp Bravo dimana kamu akan merasakan camping dengan suasana camping yang sangat khas.

Tempat campingnya cukup luas, yakni dengan menempati area seluas 3 hektar dengan struktur yang berundak-undak mirip undakan sawah.

Di tengahnya terdapat sungai yang mengalirkan air yang sangat jernih, yang akan menemanimu sepanjang malam.

  • Lokasi: kawasan Wanawisata Alam Cangkuang Taman Nasional Gunung Halimun Salak
  • Alamat: Desa Manglid, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: mulai dari Rp. 75.000,-
camp bravo
camp bravo. google maps. sumber: Dah Ku

simak: camp bravo

28. Puncak Peuyeum

Puncak Peuyeum merupakan salah satu tempat camp di Sukabumi yang memberikan sensasi negeri di atas awan, karena merupakan dataran tertinggi di Desa Ciengang yakni sekitar 900 mdpl.

Di Puncak Peuyeum kamu dapat menyaksikan keindahan alam yang ada di Sukabumi, jangan lupa untuk menyaksikan indahnya sunset serta cantiknya sunrise di pagi hari.

  • Lokasi: Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-
puncak peuyeum
puncak peuyeum. google maps. sumber: Andri Wonkso

simak: puncak peuyeum

29. Pantai Pelabuhan Ratu

Tak lengkap liburanmu di Sukabumi tanpa mengunjungi Pantai Pelabuhan ratu, sebuah pantai yang memiliki kisah mistis yang cukup kental namun panorama alamnya sungguh khas.

Yakni perpaduan antara pantai yang curam dan landai, ada pula cagar alam yang berupa hutan dan gunung serta batuan karang yang terjal.

Pantai Pelabuhan Ratu nggak pernah sepi pengunjung dan selalu ramai apalagi di akhir pekan ataupun hari libur lainnya.

  • Lokasi: Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis, hanya bayar parkir saja
pantai pelabuhan ratu
pantai pelabuhan ratu. google maps. sumber: siti haeriyyah

simak: pantai pelabuhan ratu

30. Pondok Halimun

Sukabumi memiliki tempat wisata alam yang sangat legendaris dan sudah terkenal sejak zaman dulu. Tempat wisata alam tersebut bernama Pondok Halimun.

Sebagai sebuah tempat untuk menggelar tenda dan menikmati suasana alam dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Fasilitas yang ada di Pondok Halimun lengkap dan bersahabat untuk anak, selain itu kamu juga dapat eksplor beberapa wisata alam lain yang ada di sekitarnya.

  • Lokasi: di perbatasan Desa Perbawati dan Sudajaya Girang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: tergantung pada kendaraan yang digunakan mulai dari Rp. 3.000,- hingga Rp. 100.000,-
pondok halimun
pondok halimun. google maps. sumber: Marwah

simak: pondok halimun sukabumi

31. Curug Cikanteh Sukabumi

Curug Cikanteh memiliki 3 tingkatan air terjun dengan nama yang berbeda-beda. Curug Cikanteh memiliki tinggi sekitar 60 meter, dengan bentuk air terjun yang berundak-undak.

Untuk menuju Curug Cikanteh kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu, dengan menyusuri jalan setapak dengan jalur menanjak.

Perjuangan tersebut akan terbayarkan ketika berada di sekitar Curug Cikanteh, jangan lewatkan untuk bermain segarnya air yang mengalir.

  • Lokasi: Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Tiket masuk: Rp. 3.000,-
curug cikanteh
curug cikanteh. google maps. sumber: Heru Sulistiadhi

simak: curug cikanteh sukabumi

32. Curug Sodong

Curug Sodong disebut juga dengan nama Curug Kembar karena memiliki dua aliran air terjun, lokasinya berada satu kawasan dengan Curug Cikanteh.

Untuk menikmati Curug Sodong kamu nggak perlu trekking jauh-jauh, karena lokasinya sudah terlihat dari area parkir kendaraan.

  • Lokasi: Kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu
  • Alamat: Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Tiket masuk: Rp. 3.000,-
curug sodong
curug sodong. google maps. sumber: Faried Rahmany

simak: curug sodong

33. Curug Caweni

Yang menarik pengunjung dari Curug Caweni ialah adanya sebuah patung yang menyerupai seorang putri yang sedang bersandar di dinding tebing dengan tinggi sekitar 7 meter.

Tinggi dari Curug Caweni sendiri sekitar 15 hingga 20 meter, bentuk aliran airnya cukup lebar ke samping. Aliran air dari Curug Caweni ini sangat tergantung pada musim.

Trekking menuju Curug Caweni hanya perlu menuruni anak tangga yang sudah tertata dengan baik, serta dilengkapi pula dengan spot foto yang nggak boleh dilewatkan.

  • Lokasi: Kp. Cilutung, Desa Cilutung, Kecamatan Cidolog, Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-
curug caweni
curug caweni. google maps. sumber: Iwan Ramkar life

simak: curug caweni

34. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa disebut juga dengan Curug Luhur, dan memiliki dua tahapan yakni tahapan atas dan juga tahapan bawah. Dimana tahapan atas dari Curug Cigangsa mempunyai bentuk berlapis-lapis seperti kue lapis legit.

Keunikan lain dari Curug Cigangsa ialah bentuk curugnya terjadi akibat gerakan gempa yang sangat kuat, sehingga bentuknya sangat unik dan terlihat menakjubkan.

  • Lokasi: Kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu
  • Alamat: Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis
curug cigangsa
curug cigangsa. google maps. sumber: UDAR1DER CHANNEL

simak: curug cigangsa

35. Curug Bibijilan

Curug Bibijilan memiliki bentuk curug cantik mirip seperti yang ada di Sumba, bahkan sering disebut “sumbanya sukabumi”. Dimana curug ini memiliki 14 tingkatan dan setiap tingkatannya memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Air yang mengalir cukup deras dan bersih, kolam alaminya berwarna hijau toska. Di sekitar Curug Bibijilan alamnya masih sangat asri. Maka tak heran jika Curug Bibijilan sering juga menjadi tempat outbound.

Apalagi jika kamu sedang eksplor Goa Buniayu, Curug Bibijilan biasanya dimasukkan ke dalam list wisatanya. Karena lokasinya yang memang berdekatan.

  • Lokasi: Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 -18.00
  • Tiket masuk: Rp. 6.000,-
curug bibijilan
curug bibijilan. google maps. sumber: adhe Syahreza

simak: curug bibijilan

36. Curug Awang

Niagara Falls nya Sukabumi, itulah julukan yang disematkan pada Curug Awang. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar 60 meter.

Curug Awang berada diantara pesawahan, dihiasi dengan rimbunnya pepohonan. Suasana asri tersebut sudah dapat kamu rasakan saat memasuki area Curug Awang.

Selain menikmati Curug Awang dari area bawah, kamu juga dapat menikmatinya dari atas Curug Awang. Itu hanya dapat dilakukan ketika airnya sedang surut ya…

  • Lokasi: kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu
  • Alamat: Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 3.000,-
curug awang
curug awang. google maps. sumber: Nsf N Sifa

simak: curug awang

37. Curug Sentral Sukabumi

Curug Sentral Sukabumi memiliki 7 curug atau air terjun, yakni Curug Sentral 1 hingga Curug Sentral 7. Serta memiliki keindahan alam yang masih asri dan indah yang sayang untuk kamu lewati.

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Sentral kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu, kira-kira sejauh 500 meter dengan jalur yang relatif datar.

  • Lokasi: dekat dengan Cevron Geothermal Salak ltd.
  • Alamat: Kampung Jayanegara RT 01 RW 01, Desa Jayanegara, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

simak: curug sentral sukabumi

Sukabumi terbukti memiliki pesona alam yang mengagumkan. Hal ini direpresentasikan oleh tempat-tempat wisata di kawasan ini yang sebagian besar menyuguhkan panorama alam yang indah dan asri.

Sangat disayangkan jika tempat-tempat wisata di Sukabumi ini tidak masuk dalam daftar destinasi wisata Anda.