Geyser Cisolok, Semburan Air Panas Alami Di Sukabumi

|

Geyser Cisolok merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi, tepatnya di Kecamatan Cisolok, yang menyajikan pemandangan akan keajaiban alam yang hanya ada di dua tempat saja di dunia ini.

Geyser adalah mata air panas yang menyembur ke luar karena tekanan tinggi dari dalam perut bumi. Geyser atau Geiser merupakan kejadian langka, dan Indonesia hanya ada di Sukabumi.

Sukabumi memang memiliki cukup banyak tempat wisata unik, dan alami. Maka tak heran jika Sukabumi selalu menjadi tujuan para wisatawan yang datang dari dalam maupun luar negeri.

geyser cisolok
geyser cisolok. google maps. sumber: Kiting Stones

simak juga: santasea waterpark

Berikut gambaran tentang Geyser Cisolok Sukabumi sebagai bahan referensi awal dalam menentukan tempat berlibur di akhir pekan ini atau saat liburan nanti.

Lokasi dan Alamat Geyser Cisolok

  • Lokasi Geyser Cisolok berada di kawasan Ciletuh Pelabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGG), atau dikenal dengan nama Geopark Ciletuh Pelabuhanratu.
  • Alamat lengkapnya di Kampung Cipanas, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Geyser Cisolok

Jarak Geyser Cisolok berada sekitar 15 km jika dari pusat kota Pelabuhanratu, dengan estimasi waktu sekitar 25 hingga 30 menit perjalanan.

Yakni dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Cisolok, selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk jalan yang sudah terpasang di beberapa lokasi.

Akses jalannya pun dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan kondisi jalan yang cukup bagus.

Harga Tiket Masuk Geyser Cisolok

Tiket masuk Geyser Cisolok sangat murah sekali, yakni cukup membayar sebesar Rp. 8.000,- jika kamu menggunakan kendaraan roda dua. Dengan biaya parkirnya sebesar Rp. 5.000,-

terapi alami
terapi alami. google maps. sumber: Putri Nabila

simak juga: curug cikanteh sukabumi

Jam Buka Geyser Cisolok

Jam operasional Geyser Cisolok dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 sore waktu setempat.

Fasilitas Geyser Cisolok

Fasilitas yang ada di sekitar Geyser Cisolok diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Kamar bilas,
  • Mushola,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Toko souvenir,
  • Saung atau gazebo,
  • Kolam renang,

Daya Tarik Geyser Cisolok Sukabumi

Geyser Cisolok Sukabumi merupakan tempat pemandian air panas alami yang menjadi salah satu lokasi favorit para wisatawan. Dengan memiliki beberapa daya tarik seperti:

1. Sumber Air Panas Alami

semburan air panas atau geyser
semburan air panas atau geyser. google maps. sumber: Kiting Stones

simak juga: curug awang

Geyser adalah sumber mata air panas alami yang menyembur dari dalam tanah, yang diakibatkan oleh tekanan perut bumi. Keberadaan Geyser di Sukabumi semakin menekankan bahwa Sukabumi harus masuk kedalam list wisata kamu, apalagi ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

Geyser Cisolok memiliki beberapa semburan dengan lokasi yang cukup berdekatan, meski tekanan semburannya berbeda-beda. Lokasinya berada di aliran sungai dengan air yang sangat jernih juga bersih.

Banyak pengunjung yang berendam di aliran sungai tersebut, hanya saja mereka dilarang untuk berada lebih dekat dari sumber air panasnya. Karena suhunya dapat mencapai 100 derajat celsius.

berendam di aliran sungainya
berendam di aliran sungainya. google maps. sumber: Putri Nabila

simak juga: geopark ciletuh

Maka jangan heran jika kamu melihat banyak pengunjung yang duduk-duduk di sekitar geysernya. Ya,,,,,mirip-mirip kayak lagi di ruangan sauna gitu lah.

Aliran airnya dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit, khususnya penyakit kulit. Bahkan ada pula yang meyakini dapat menangkal virus covid-19 loh…

Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di sekitar aliran sungainya ialah merebus telur, di kubangan air panas yang berada di samping sungai.

2. Kolam Renang

kolam renang
kolam renang. google maps. sumber: Dicky Arafat

simak juga: curug bibijilan sukabumi

Selain air sungai yang berdekatan dengan geysernya, di sekitar kawasan wisata tersebut juga terdapat dua buah kolam renang yang memiliki kedalaman yang berbeda.

Untuk kamu yang menginginkan suasana lebih pribadi, dapat memilih untuk berendam di kamar-kamar khusus. Dengan tentu saja harus membayar biaya tambahan terlebih dahulu.

Tips Wisata

  • Jaga dan awasi selalu anak-anak, karena Geyser Cisolok selalu ramai pengunjung apalagi jika akhir pekan.
  • Simpan barang bawaan kamu ditempat yang aman.
  • Jaga selalu kebersihan di sekitar aliran sungai ataupun di seluruh kawasan Geyser Cisolok.
  • Buang sampah pada tempatnya, atau bawalah dulu sampahmu hingga menemukan tempat sampah.
  • Patuhi aturan yang telah ditetapkan pengelola.
hiasan pelangi dari geysernya
hiasan pelangi dari geysernya. google maps. sumber: tutun gautami

simak juga: curug cigangsa

Geyser Cisolok Sukabumi merupakan kebanggan bagi warga Sukabumi pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, oleh karena itu kita semua harus ikut menjaga dan melestarikannya.

Supaya sampai kapanpun tempat wisata kebanggaan Kecamatan Cisolok, Sukabumi tersebut dapat terus dikunjungi. Dan menjadi daya tarik pariwisata baik di dalam maupun luar negeri.