Pantai Cimaja, Spot Surfing Terbaik di Sukabumi

|

Pantai Cimaja sebuah pantai cantik yang berada di Desa Cimaja, Kabupaten Sukabumi, dan merupakan bagian dari rangkaian Pantai Pelabuhanratu bersama dengan beberapa pantai lainnya seperti:

  • Pantai Cibangban,
  • Pantai Cipatuguran,
  • Pantai Karang Hawu,
  • Pantai Citepus,
  • Pantai Karang Papak.

Secara otomatis Pantai Cimaja juga termasuk kedalam kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu yang menjadi tujuan para pelancong ketika mengunjungi Sukabumi.

pantai cimaja
pantai cimaja. google maps. sumber: Azkia Sarah Azzahra

simak juga: pantai pelabuhanratu

Berlibur ke tempat-tempat yang eksotis dan indah, dapat membuat jiwa dan raga menjadi rileks. Secara sadar atau tidak tubuh kita memerlukan waktu untuk beristirahat dari segala kesibukan yang ada.

Berikut deskripsi dari Pantai Cimaja, sebagai bahan referensi untuk kamu berlibur di weekend ini bersama teman, pasangan, atau keluarga.

Lokasi dan Alamat Pantai Cimaja

Lokasi dan alamat Pantai Cimaja berada di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Untuk kamu yang baru saja dari Pantai Pelabuhanratu atau Pantai Cibangban, harus mengunjungi Pantai Cimaja ini karena jaraknya yang berdekatan.

Rute Menuju Pantai Cimaja

Untuk menuju Pantai Cimaja akses petunjuk jalannya memang minim, tapi kamu dapat menggunakan GPS yang akan menuntunmu menuju lokasi.

Dari pusat kota Sukabumi tinggal mengarahkan kendaraan ke arah selatan, jalurnya sudah dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun dan juga mulus. Jarak Pantai Cimaja dari Pantai Pelabuhanratu sekitar 10 km.

mencoba menaklukan ombak pantai cimaja
mencoba menaklukan ombak pantai cimaja. google maps. sumber: Cimaja Beach Club

simak juga: pantai cibangban

Harga Tiket Masuk Pantai Cimaja

Tiket masuk Pantai Cimaja sebesar Rp. 5.000,-

Jam Buka Pantai Cimaja

Jam operasional Pantai Cimaja dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Fasilitas Pantai Cimaja

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Cimaja, antara lain:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Saung sederhana,
  • Toko souvenir,
  • Life Guard,
  • Penginapan.
surganya surfing
surganya surfing. google maps. sumber: Andi Winata

simak juga: geyser cisolok

Pesona Pantai Cimaja

1. Spot Surfing Terbaik

Pantai Cimaja sudah terdengar gaungnya dikalangan para pecinta surfing atau peselancar air baik dari dalam maupun luar negeri. Betapa tidak, pantai ini memiliki ketinggian ombak mencapai 4 meter.

Apalagi di bulan-bulan Mei hingga Oktober atau November, ombak di Pantai Cimaja akan semakin menggila. Dan semakin banyak pula para peselancar yang mencoba menaklukannya.

Dan bahkan digadang-gadang Pantai Cimaja termasuk kedalam salah satu spot surfing terbaik yang ada di Jawa Barat. Ada pula pengunjung yang menyandingkannya dengan pantai yang ada di Bali.

spot surfing terbaik
spot surfing terbaik. google maps. sumber: INDRA LUBIS

simak juga: geopark ciletuh

Ketika mengunjungi Pantai Cimaja, kamu akan menyaksikan cukup banyak orang yang sedang surfing. Baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Selain mereka yang sudah ahli, terlihat beberapa pengunjung yang sedang dibimbing bagaimana cara melakukan surfing. Sepertinya mereka masih pemula, dan ingin mencoba menaklukan ombak di Pantai Cimaja.

Selain pasir yang lembut, di sepanjang Pantai Cimaja juga dihiasi dengan batuan karang. Tapi kamu masih tetap berjalan di atasnya tanpa alas kaki loh, karena batuannya nggak begitu tajam.

2. Menikmati Sunset dan Sunrise

Selain digunakan wisatawan untuk melakukan surfing, Pantai Cimaja juga banyak dimanfaatkan oleh mereka para penikmat senja. Yakni dengan menikmati indahnya sunset di waktu petang.

Bukan hanya itu, di pagi hari kamu juga dapat menyaksikan cantiknya sunrise dengan ditemani deburan ombak yang menjadi pusat perhatian telinga.

aurora di langit cimaja
aurora di langit cimaja. google maps sumber: Rudyanto A. Wibisono

simak juga: curug cimarinjung

Pas banget deh untuk kamu yang ingin “kabur” sebentar dari semua pekerjaan dan segala rutinitas yang seakan tak terbatas.

Eh iya, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta di Pantai Cimaja ya…sebagai kenang-kenangan bahwa kamu pernah mengunjungi salah satu pantai dengan spot surfing terbaik.

Penginapan di Pantai Cimaja

Di sekitar Pantai Cimaja terdapat beberapa penginapan dengan view yang menawan, fasilitas yang oke, serta harga yang bersahabat. Beberapa diantaranya:

  • Cimaja Square Hotel & Restaurant,
  • Cimaja Beach Club,
  • Arya’s Surf Camp,
  • Grand Desa Resort,
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.
cimaja beach club
cimaja beach club. google maps. sumber: Cimaja Beach Club

simak juga: curug bibijilan

Kisaran harganya mulai dari Rp. 300.000,- per malamnya, kamu tinggal memilih menginginkan penginapan yang seperti apa.

Penginapan yang paling dekat dengan area Pantai Cimaja ialah Cimaja Beach Club, dan menjadi tempat favorit wisatawan yang datang ke pantai ini.

Penutup

Eksplor Sukabumi memang tak ada habisnya, alamnya sungguh memikat. Baik itu pantainya, curugnya, hingga area perbukitannya.

Sempatkan weekend ini untuk berlibur di Sukabumi, dan nikmati keindahan alam yang tersaji dalam bentuk tempat wisata mengagumkan dan kekinian.

Untuk kamu yang mau surfing atau belajar surfing, Pantai Cimaja lah tempatnya…….