Pantai Karang Hawu, Review Lengkap Dan Terkini

|

Pantai Karang Hawu termasuk rangkaian pantai yang berada di wilayah Pantai Pelabuhanratu, dan saat ini pantai ini hadir dengan wajah baru ditambah beberapa spot foto yang ikonik.

Ketika berlibur ke Sukabumi, jangan lewatkan untuk berwisata bahari di beberapa pantainya. Katakanlah Pantai Pelabuhanratu, Pantai Cibangban, Pantai Cicalidi, dan masih ada lagi yang lainnya.

Pantai Karang Hawu berada di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, yang memberikan suasana pantai dengan deburan ombak yang cukup kencang.

pantai karang hawu
pantai karang hawu. google maps. sumber: Muhammad Jibriel

Disamping keindahan yang dimiliki, ternyata Pantai Karang Hawu memiliki kisah mitosnya tersendiri. Dan menjadi daya tarik lain untuk mereka yang menyukai cerita mistis.

Mitos Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu kehadirannya tak terlepas dari Pantai Pelabuhanratu, dipercaya pantai ini merupakan alun-alun utara atau bisa dibilang gerbang pintu masuk menuju kerajaan gaib dari Nyi Roro Kidul.

Tak sedikit pengunjung yang datang untuk bertapa di sekitar pantai dengan harapan supaya dapat bertemu dengan Nyi Roro Kidul, ada pula dari mereka yang hendak berusaha untuk mengobati penyakit medis maupun non medis.

Bahkan Presiden pertama RI yakni Ir. Soekarno diyakini pernah bertapa di sebuah batu karang yang berbentuk kursi yang biasa disebut Karang Kursi atau Batu Kursi.

Larangan dari Pantai Karang Hawu selanjutnya merupakan mitos yang paling terkenal ialah yakni adanya larangan menggunakan pakaian berwarna hijau, yang berlaku di sepanjang Pantai Pelabuhanratu termasuk di Pantai Karang Hawu ini.

karang kursi
karang kursi. google maps. sumber: anthony tjahyono

simak juga: geopark ciletuh

Hal tersebut dikarenakan warna hijau merupakan warna kesukaan dari Nyi Roro Kidul, dan apabila ada pengunjung yang memakai baju berwarna hijau akan hilang terbawa arus kemudian dijadikan prajurit oleh beliau.

Tapi apabila dilihat secara ilmiah, jika pengunjung menggunakan baju berwarna hijau ditakutkan ketika terbawa arus akan lebih sulit untuk ditemukan.

Karena warnanya senada dengan warna air laut yang berwarna kehijauan, sehingga menyulitkan tim SAR dalam melakukan proses pencarian.

Lokasi dan Alamat Pantai Karang Hawu

Lokasi dari Pantai Karang Hawu berada di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, tepatnya beralamat di Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Pantai Karang Hawu

Rute menuju Pantai Karang Hawu sangat mudah dituju, lokasinya yang sudah banyak dikenal orang ditambah lagi berada tepat di pinggir jalan raya.

Akses jalannya pun dapat dilalui oleh kendaraan roda dua, roda empat, bahkan bis sekalipun. Jarak dari pusat kota Sukabumi menuju Pantai Karang Hawu sekitar 73 km, dengan estimasi waktu sekitar 2 hingga 3 jam.

eksplor pantai karang hawu
eksplor pantai karang hawu. google maps. sumber: Arry Shahdyan

simak juga: pantai ujung genteng

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Hawu

Tiket masuk Pantai Karang Hawu gratis loh, kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja.

Jam Buka Pantai Karang Hawu

  • Jam operasional dari Pantai Karang Hawu setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Dan buka selama 24 jam nonstop.

Fasilitas Pantai Karang Hawu

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Karang Hawu diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Spot foto,
  • Kamar mandi atau Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Gazebo,
  • Penginapan atau Hotel.

Daya Tarik Pantai Karang Hawu

1. Pesona Pantai Karang Hawu

deburan ombak yang cukup kencang
deburan ombak yang cukup kencang. google maps. sumber: KL ENZO

simak juga: situ gunung

Pantai ini bernama Karang Hawu, diambil dari bentuk batuan karang yang menyerupai hawu atau alat pembakaran yang biasa disebut tungku.

Pantai Karang Hawu memiliki deburan ombak yang cukup kencang, namun suaranya begitu menenangkan. Disadari atau tidak suara deburan ombak dapat membuat kamu tenang, dan melupakan segala gundah yang dirasa.

Kondisi Pantai Karang Wawu saat ini tampak cantik, terdapat beberapa perbaikan di beberapa sisinya. Misalnya saja di gerbang masuknya, landmarknya, serta adanya tambahan beberapa spot foto.

Ombak di Pantai Karang Hawu membuat pengunjung enggan untuk bermain air atau mandi, mereka lebih suka menikmatinya dari bibir pantai sambil membiarkan rambut terkibaskan oleh angin laut yang cukup kencang.

hiasan batuan karang
hiasan batuan karang. google maps. sumber: Divi Anugrah

simak juga: situ sukarame

2. 7 Sumur Pantai Karang Hawu

Sumur di Pantai Karang Hawu bukanlah seperti sumur pada umumnya, melainkan sebuah cekungan yang dikelilingi batu karang dimana jumlahnya ada 7 buah.

Bentuk dari karangnya lingkaran, dan memanjang ke bawah layaknya sebuah sumur. Airnya pun cenderung payau, karena sudah bercampur dengan air hujan.

7 Sumur Pantai Karang Hawu ini dipercaya sejak lama sebagai tempat untuk penyembuhan penyakit medis maupun non medis, bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai tempat untuk meminta dimudahkan bertemu jodoh.

Ketika berada di sekitar 7 Sumur Pantai Karang Hawu ini harap berhati-hati, karena dalam sekali serta pijakan kamu hanyalah batuan karang yang ada di sekitarnya.

3. Mengunjungi Patilasan Nyi Roro Kidul

patilasan nyi roro kidul
patilasan nyi roro kidul. google maps. sumber: Dede Eko S.

simak juga: curug cikaso

Setelah puas eksplor Pantai Karang Hawu, dapat melanjutkan petualangan dengan mengunjungi Petilasan Nyi Roro Kidul yang berada di Gunung Kramat Winarum. Yang di sebelah Petilasan beliau terdapat makam Syekh Hasan Ali, seorang ulama besar dari Sukabumi.

Lokasinya tak begitu jauh dari Pantai Karang Hawu, tinggal mencari sebuah gapura hijau yang berisikan tangga yang terbuat dari semen.

Tak jauh dari Gunung Kramat Winarum terdapat sebuah bukit atau Gunung Rahayu, di bukit tersebut terdapat sebuah makam dari Raden Dikudratullah atau disebut juga Raden Cengkal.

Beliau merupakan ulama yang menyebarkan ajaran Islam di Sukabumi. Namun, tak sembarang orang dapat berziarah ke makam tersebut. Karena berada di tanah milik pribadi.

4. Penginapan di Sekitar Pantai Karang Hawu

menikmati pantai dari balkon hotel
menikmati pantai dari balkon hotel. google maps. sumber: Sutono 19

simak juga: pantai amanda ratu

Terdapat banyak penginapan atau hotel di sekitar Pantai Karang Hawu, yang memberikan fasilitas serta harga yang beragam. Mulai dari yang murah hingga mewah, beberapa diantaranya:

  • Villa Princes,
  • 77 Sunset Plaza Hotel,
  • Pantai Mutiara Hotel,
  • Kuda Laut Resort,

Dan yang paling terkenal atau legendaris ialah Inna Samudera Beach Hotel, yang didalamnya terdapat kamar khusus kanjeng ratu.

Meski kental akan cerita mitos yang melegenda, Pantai Karang Hawu tetap saja diminati oleh para pecinta pantai. Kita nikmati saja keindahan alam yang telah Tuhan berikan, ambil yang baiknya buang yang buruknya.