Situ Sukarame, Danau Cantik, Cafe, Kolam Renang, Hingga Sejarah

|

Situ Sukarame adalah mahakarya alam, yang dikolaborasikan dengan kreativitas manusia, yang terletak di sisi selatan kaki Gunung Salak. Sehingga mewujud menjadi tempat wisata di Sukabumi yang kekinian, dan wisata keluarga yang edukatif.

Situ Sukarame adalah satu dari sekian banyak wisata Sukabumi yang populer di kalangan wisatawan. Kelebihan dari wisata Situ Sukarame Parakansalak Sukabumi adalah banyaknya ragam wahana, tersaji indah dalam satu kawasan.

situ sukarame parakansalak
situ sukarame parakansalak. google maps. sumber: agi sacakusumah

Yang lagi hits di Situ Sukarame Parakansalak saat ini adalah spot Cafenya. Biasanya, konsep cafe itu berada di dalam ruangan. Nah, di Situ Sukarame itu sangat berbeda, dan sangat mengerti akan kebutuhan kekinian, untuk eksis di media sosial.

Penasaran apa saja wahana wisata, dan pesona keindahan yang ada di Situ Sukarame? Inilah reviewnya!

Simak juga : Daftar Tempat Wisata Di Sukabumi Untuk Liburan

Lokasi Dan Alamat Situ Sukarame

  • Lokasi Situ Sukarame terletak di sisi selatan kaki Gunung Salak.
  • Alamat Situ Sukarame berada di Kampung Sukarame, Desa Parakansalak, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Situ Sukarame

situ sukarame sukabumi
situ sukarame sukabumi. google maps. sumber: Winda Noor

Sebetulnya, jarak tempuh menuju Situ Sukarame Parakansalak Sukabumi tidak terlalu jauh dari alun-alun Kota Sukabumi. Hanya saja, jalanannya ramai, sehingga laju kendaraan menjadi sedikit lambat.

Jarak tempuh dari alun-alun Kota Sukabumi ke Situ Sukarame sekitar 34 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Jalan menuju wisata Situ Sukarame Parakansalak bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran. Kondisi jalannya juga bagus, serta saat semakin dekat dengan lokasi utama, pengunjung akan disambut view alam yang sangat indah.

Simak juga: Situ Gunung, Satu Tempat Berjuta Pesona di Sukabumi

Harga Tiket Masuk Situ Sukarame

  • Tiket masuk Situ Sukarame Rp. 5.000 per orang,
  • Tiket masuk wahana kolam renang Situ Sukarame Rp. 10.000 per orang untuk anak-anak,
  • Tiket masuk wahana kolam renang Situ Sukarame Rp. 15.000 per orang untuk dewasa.

Jam Buka Situ Sukarame

Karena di Wisata Situ Sukarame Parakansalak terdapat fasilitas villa, atau penginapan. Maka :

  • Objek wisata Situ Sukarame buka selama 24 jam.
  • Beberapa wahana tidak buka selama 24 jam.
  • Situ Sukarame beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Situ Sukarame

fasilitas cafe situ sukarame
fasilitas cafe situ sukarame. google maps. sumber: Her Lina

Fasilitas wisata di Situ Sukarame adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Resto,
  • Cafe,
  • Kolam renang,
  • Becak air,
  • Villa, atau penginapan.

Simak juga: Geopark Ciletuh

Sejarah Situ Sukarame

sejarah situ sukarame
sejarah situ sukarame. google maps. sumber: ade bojel

Sejarah Situ Sukarame sebetulnya sudah berlangsung lama dari masa kolonial Belanda. Perlu diketahui bahwa dulunya kawasan tersebut adalah hutan belantara.

Sejarah Situ Sukarame Parakansalak dimulai ketika sosok yang bernama Ama Sadarina mendirikan sebuah padepokan silat, di sebuah lokasi yang kini bernama Kampung Sukarame.

Nah, sejarah penamaan Situ Sukarame merujuk kepada nama kampung tersebut. Objek wisata Situ Sukarame Sukabumi memiliki nama lain, yaitu:

  • Situ Sukarame Parakansalak,
  • Danau Sukarame Parakansalak,
  • Situ Parakansalak,
  • Wisata Alam Kolam Renang Nazwa Situ Sukarame Parakansalak.

Semua nama tersebut merujuk kepada sebuah lokasi yang sama. Begitupun saat anda lihat di google maps.

Simak juga: Pantai Pelabuhan Ratu

Legenda, Dan Mitos Situ Sukarame Parakansalak

Sisi legenda, atau cerita mitos dari sebuah objek wisata, layaknya sebuah bonus wisata. Karena dimensi tersebut sangat menarik, seakan menjadi penyempurna kunjungan wisata.

Legenda, atau cerita mitos, atau misteri, di Situ Sukarame Parakansalak terkait asal-usul terbentuknya danau, atau Situ Sukarame, yang berawal dari sebuah sayembara yang digelar seorang pesohor kolonial Belanda.

Asal-usul Situ Sukarame Parakansalak dibangun oleh sosok yang bernama Ki Abah Mules, yang dibantu oleh kelompok jin. Ki Abah Mules sekaligus menjadi pemenang sayembara tersebut.

Daya Tarik Situ Sukarame

1. Danau Cantik

danau yang instagramable
danau yang instagramable. google maps. sumber: uus wandi

Daya tarik yang pertama terletak pada sebuah danau cantik yang bernama Situ Sukarame Parakansalak. Air di danau tersebut tidak pernah kering.

Selain itu, panorama alam sekitar sangat indah, serta memiliki udara yang sangat sejuk. Karena lokasinya di dekat kawasan kebun teh.

Situ Sukarame dikelilingi oleh pepohonan damar, pinus, serta tersaji view Gunung Salak yang legendaris. Di tepian danau, menjadi lokasi yang nyaman bagi para pengunjung, karena dipenuhi rerumputan yang tertata baik.

2. Kolam Renang

kolam renang situ sukarame
kolam renang situ sukarame. google maps. sumber: Sekti Aena

Kolam renang Situ Sukarame sangatlah unik, airnya dingin, dan menyegarkan. Keunikannya terletak pada sumber airnya, yang langsung dari alam.

Kemudian air tersebut mengalir terus menerus ke area kolam. Dengan demikian, kolam renang Situ Sukarame Parakansalak selalu tetap terjaga kebersihannya. Kolam renang tersebut memiliki nama resmi Wisata Alam Kolam Renang Nazwa Sukarame Parakansalak.

Spot kolam renangnya dipenuhi beragam wahana air, sehingga cocok sebagai tujuan wisata keluarga saat liburan tiba. Ada fasilitas villa, atau penginapan yang sangat nyaman sekali, cocok banget bagi anda yang terbiasa hidup di kota besar.

3. Cafe Instagramable

cafe situ sukarame parakansalak
cafe situ sukarame parakansalak. google maps. sumber: iki barrymore

Daya tarik selanjutnya dari wisata Situ Sukarame Parakansalak adalah spot cafenya yang instagramable. Konsepnya berada di alam terbuka, dilengkapi dengan tempat nongkrong yang kekinian.

View nya kece banget, cocok banget bagi kamu yang suka eksis di media sosial. Cafe tersebut juga menyajikan nuansa yang romantis, dan instagramable.