Puncak Peuyeum, Amazing View Di Sukabumi

|

Puncak Peuyeum merupakan tempat camping di Sukabumi tepatnya di Geger Bitung, yang menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Bahkan ada pula yang menyebutnya “negeri di atas awan”.

Betapa tidak, suasana di pagi hari lembah yang tadinya berwarna hijau akan berubah menjadi lautan putih seputih kapas.

tempat camping yang memorable
tempat camping yang memorable. google maps. sumber: Andri Wonkso

simak juga: pantai cicalidi

Sukabumi memang memiliki alam yang luar biasa indah, dan juga unik. Wajar saja jika tempat wisata di Kabupaten Sukabumi didominasi oleh tempat wisata alam.

Berikut gambaran tentang Puncak Peuyeum Sukabumi, sebagai bahan referensi ketika hendak camping di Sukabumi nanti.

Lokasi dan Alamat Puncak Peuyeum

Lokasi Puncak Peyeum beralamat di Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Puncak Peuyeum

Rute menuju Puncak Peuyeum jika berangkat dari Bandung yakni dengan melewati Cimahi kemudian Padalarang, hingga tiba di Situ Ciburuy. Kemudian teruskan perjalanan hingga tiba di jalan lingkar selatan Cianjur.

Lanjutkan perjalananmu hingga menuju Desa Cimangkok, akses jalannya terus menanjak dengan ruas jalan yang tak begitu besar. Lebih baik jika menggunakan kendaraan roda dua.

Terus saja lajukan kendaraanmu, jika kamu bingung kamu dapat bertanya pada penduduk sekitar. Kamu bisa juga mengambil rute dari Bunderan Sukaraja, Sukabumi, ambil arah Gegerbitung ke Selatan. Atau dengan mengandalkan google maps.

puncak peuyeum
puncak peuyeum. google maps. sumber: Suntana Kristian

simak juga: geyser cisolok

Tidak banyak petunjuk jalan yang dapat mengarahkanmu menuju Puncak Peuyeum, kamu hanya dapat mengandalkan maps atau dengan bertanya pada warga sekitar.

Kamu dapat membawa motor hingga di area puncak, untuk yang hendak camping aman banget karena dapat menyimpan kendaraan di samping tenda.

Jam Buka Puncak Peuyeum

Jam operasional Puncak Peuyeum dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk Puncak Peuyeum

Tiket masuk yang mau camping bayar sebesar Rp. 10.000,- dengan biaya parkir motor sebesar Rp. 5.000,-

pemandangan di malam hari
pemandangan di malam hari. google maps. sumber: Eka Khoiri

simak juga: bukit karang numpang

Fasilitas Puncak Peuyeum

Fasilitas yang ada di Puncak Peuyeum hanya tersedia toilet sederhana berikut saluran air bersih yang berasal dari sanyo.

Daya Tarik Puncak Peuyeum

1. Negeri Di Atas Awan

bak negeri di atas awan
bak negeri di atas awan. google maps. sumber: Mu Sa

simak juga: bukit karang para

Puncak Peyeum merupakan dataran tertinggi yang ada di Desa Ciengang, yakni berada di ketinggian sekitar 900 mdpl. Sehingga pemandangan yang akan tercipta dari ketinggian tersebut berupa hamparan alam yang ada di Sukabumi.

Udara yang terasa pun cukup sejuk, apalagi jika kamu datang di pagi maupun di sore hari. Dan keadaan alam di pagi hari sungguh sangat berbeda dengan siang hari.

Dimana view yang terlihat ialah awan putih yang menutup semua pemandangan tadi, sehingga kamu merasa seakan sedang berada di negeri atas awan. Yang terlihat tetap gagah hanyalah Gunung Gede dan beberapa bukit di sekitarnya.

Pengalaman tersebut tentulah memorable banget, menikmati pemandangan yang indah tanpa harus repot-repot hiking atau trekking melewati jalan setapak yang terjal.

2. Suasana Yang Tenang dan Damai

suasana yang menenangkan dan menakjubkan
suasana yang menenangkan dan menakjubkan. google maps. sumber: ekopoedja33

simak juga: bravo adventure

Selain memiliki pemandangan yang menakjubkan, suasana di sekitar Puncak Peuyeum sangat tenang dan juga damai. Sehingga banyak dimanfaatkan oleh mereka yang hendak mencari ketenangan dengan melakukan camping.

Di sekitar Puncak Peuyeum belum ada penyewaan tenda dan sebagainya, sehingga kamu harus membawa peralatan dan perlengkapannya sendiri.

Eh iya, jangan lupa dengan logistik yang dibutuhkan selama berkemah, karena belum tersedia warung makanan ataupun minuman di sekitar puncak. Serta membawa penerangan yang cukup, karena di sekitar Puncak Pueyeum di malam hari akan sangat gelap.

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

panorama alam yang cantik
panorama alam yang cantik. google maps. sumber: Aziz Galur

simak juga: situ sukarame

Ketika memutuskan untuk camping di Puncak Peuyeum, jangan lewatkan momen ketika matahari tenggelam dan juga terbit. Atau biasa disebut menyaksikan sunrise dan menikmati sunset.

Saat-saat tersebut akan memberikan panorama alam yang sangat indah dan juga cantik, warna alam akan berubah secara lembut dan mengagumkan.

3. Eksplor Kekayaan Alam Di Sekitar Puncak Peuyeum

Untuk kamu yang meluangkan waktu lebih banyak di Puncak Peuyeum, harus eksplor beberapa kekaayaan alam lain yang tak kalah hebatnya.

Ternyata di sekitar Puncak Peuyeum terdapat beberapa goa alami yang masih belum terjamah oleh manusia, yang letaknya berada di lereng Puncak Peuyeum.

refreshing bersama kawan
refreshing bersama kawan. google maps. sumber: Yuli Yully

simak juga: pantai ujung genteng

Tips Wisata

Simak tips wisata berikut sebelum berangkat ke Puncak Peuyeum Sukabumi

  • Gunakan kendaraan roda dua, dan pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima.
  • Bawalah makanan dan minuman secukupnya sebagai bekal ketika berada di puncak nanti.
  • Jangan malu untuk bertanya arah menuju Puncak Peuyeum, “malu bertanya sesat di jalan”.
  • Bawa lampu penerangan yang cukup jika hendak camping.
  • Bawalah sampahmu hingga menemukan tempat sampah.
  • Waktu terbaik mengunjungi Puncak Peuyeum ialah di pagi dan sore hari. Selain pemandangannya bagus, matahari yang bersinar juga tak terlalu menyengat.
  • Bawalah jaket atau pakaian hangat lainnya.

Alam yang indah akan nampak lebih indah jika lingkungan di sekitarnya bersih dan bebas dari sampah. So, kita harus menjaga keindahan alam di Puncak Peuyeum ya…..