Bukit Karang Numpang, Relaksasi Dengan Alam Sukabumi

|

Bukit Karang Numpang merupakan tempat istimewa dalam menikmati alam Sukabumi, tepatnya pemandangan di sekitar Cibolang, Gunungguruh.

Karang Numpang, tempat wisata ini biasa dikenal. Sering dijadikan lokasi untuk camping dan menikmati maha karya Tuhan di tanah Sukabumi, bersama dengan teman sepermainan.

Tempat wisata alam yang satu ini berupa bukit yang memiliki cukup banyak batuan karang yang saling bertindihan satu sama lain, sehingga disebut Bukit Karang Numpang.

bukit karang numpang
bukit karang numpang. google maps. sumber: Firdan Abdullah

simak juga: pantai ujung genteng

Bukit Karang Numpang mulai dijadikan tempat wisata untuk khalayak umum sekitar tahun 2015 silam, dan hingga saat ini menjadi tujuan para pecinta alam dalam menikmati pemandangan Sukabumi.

Lokasi dan Alamat Bukit Karang Numpang

Lokasi Bukit Karang Numpang beralamat di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Bukit Karang Numpang

Rute menuju Bukit Karang Numpang untuk kamu yang datang dari arah Jakarta, dapat melalui Tol Bocimi. Kemudian mengambil jalur Jalan Mangkalaya-Cisaat.

Selanjutnya kamu tinggal mengarahkan kendaraanmu menuju Bukit Karang Numpang. Jika hendak menggunakan aplikasi maps, carilah Gunung Karang Numpang. Akan lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan roda dua atau motor.

hunting foto terbaik
hunting foto terbaik. google maps. sumber: Yeska Twentysix

simak juga: curug cikaso

Jam Buka Bukit Karang Numpang

Jam operasional Karang Numpang setiap hari Senin sampai Minggu selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk Bukit Karang Numpang

Tiket masuk Bukit Karang Numpang sangat murah sekali, jika dibandingkan dengan view yang tersaji. Kamu hanya membayar sebesar Rp. 3.000,- saja per orangnya.

Fasilitas Bukit Karang Numpang

Karena merupakan tempat wisata alam yang masih alami, sehingga di sekitar Bukit Karang Numpang tidak ada fasilitas umum apapun.

menikmati alam di karang numpang
menikmati alam di karang numpang. google maps. sumber: Yuli Yully

simak juga: geopark ciletuh

Trekking Karang Numpang

Sudah menjadi hal yang wajar jika hendak menghabiskan waktu di atas gunung atau bukit, harus diawali dengan melakukan trekking.

Jalur trekking menuju puncak Karang Numpang didominasi oleh sabana, dengan menelusuri jalan setapak yang masih berupa tanah dimana kiri dan kanannya dihiasi rerumputan yang cukup tinggi.

Jalanan akan terus menanjak hingga tiba di puncak bukit, sejauh mata memandang hanya hamparan lukisan alam yang terlihat. Hingga gagahnya Gunung Salak, Gunung Sunda, serta Gunung Gede pun dapat terlihat dengan sempurna.

Menjelang di puncak, sabana akan berubah menjadi hamparan batu karang yang tersebar secara acak dengan ukuran dan bentuk yang beragam.

Rasa lelah dan nafas yang ngos-ngosan akan terbayarkan dengan pemandangan yang tersaji di depan mata. Arghh…ingin rasanya berteriak melepaskan semuanya.

Daya Tarik Bukit Karang Numpang

1. Keindahan Alam

keindahan alam yang mempesona
keindahan alam yang mempesona. google maps. sumber: Ratih Fatimah

simak juga: curug cimarinjung

Objek wisata Bukit Karang Numpang Sukabumi ini memang terkenal akan kekayaan panorama alamnya, suasana alam yang indah sungguh dapat membuat jiwa dan raga menjadi rileks.

Terlebih lagi batu karangnya terlihat eksotis, bagus banget untuk dijadikan spot dalam berfoto. Batuan yang ada seakan tumbuh dari bawah tanah, dan menusuk ke luar.

Kamu dapat duduk di batu karang yang datar sambil memandangi maha karya Tuhan yang tiada tandingannya tersebut. Jangan lupa mengucap syukur ya….

2. Camping di Alam

pemandangan di malam hari
pemandangan di malam hari. google maps. sumber: Rizky Imanul

simak juga: curug caweni

Cara menikmati alam Karang Numpang lebih maksimal ialah dengan melakukan camping, dimana suasana malam akan terasa jauh berbeda daripada suasana di siang hari.

Suara alam akan lebih terdengar, birunya langit berubah menjadi lautan bintang, serta hijaunya lembah bukit akan berubah menjadi kerlipan lampu yang berasal dari rumah-rumah warga.

Camping di Karang Numpang banyak dilakukan oleh para pemuda pemudi, seru-seruan bersama sambil menyeruput secangkir kopi atau teh hangat.

3. Menikmati Sunrise

menikmati proses pergantian hari
menikmati proses pergantian hari. google maps. sumber: zainal fatah

simak juga: curug cikanteh sukabumi

Selain camping, Bukit Karang Numpang banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati indahnya sunrise yang muncul dari balik bukit. Mereka biasanya datang di pagi hari, sebelum matahari bersinar.

Menikmati jalur trekking yang dihiasi pemandangan berkabut di beberapa bagian, serta udara yang masih sangat sejuk. Kemudian diakhiri dengan menyaksikan matahari terbit, yang semakin lama semakin bersinar terang.

Tips Wisata

  • Datanglah ketika hari sedang cerah, hindari camping di musim hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawa persediaan air minum dan makanan yang cukup selama berada di puncak bukit.
  • Karena tidak tersedianya fasilitas apapun di atas bukit, kamu harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik.
  • Berhati-hatilah ketika menaiki batu karang.
  • Bawalah sampahmu kembali, jangan biarkan berserakan.

Alam memang selalu mempesona, dia selalu memiliki cara bagaimana membuat manusia bahagia. Oleh karena itu, jagalah selalu alam yang ada di sekitar kita. Karena jika menjaga alam, maka alam akan menjaga kita.