Curug Cikaso, Air Terjun Cantik Yang Dibalut Mitos di Sukabumi

Curug Cikaso begitu mempesona, dan merupakan salah satu wisata andalan yang lokasinya berada di selatan Kabupaten Sukabumi. Awalnya curug atau air terjun ini bernama Curug Luhur, namun karena aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso akhirnya dikenal dengan nama Curug Cikaso.

Ketika kamu sedang berada di Sukabumi, jangan lewatkan untuk mengunjungi Curug Cikaso dan bersantai bersama teduhnya alam serta suara air yang menenangkan.

Meski Curug Cikaso sudah dapat kamu kunjungi, namun tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang selama ini sudah berjalan.

Berikut deskripsi dan mitos dari Curug Cikaso, sebagai bahan referensi kamu ketika berkunjung ke Sukabumi:

Lokasi dan Alamat Curug cikaso

Alamat Curug Cikaso terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya berada di Selatan Kabupaten Sukabumi.

pelabuhan sederhana cikaso
pelabuhan sederhana cikaso. google maps. sumber: Dikdik Jatman

Rute Menuju Curug Cikaso

Rute menuju Curug Cikaso dari arah Jakarta, akan memerlukan waktu kurang lebih sekitar 4 jam. Supaya perjalananmu tidak membosankan, kamu dapat mengambil rute Ciletuh Sukabumi.

Sepanjang perjalanan kamu akan menyaksikan area perbukitan dan juga pantai. Keadaan jalan memang berkelok-kelok tetapi kondisi jalannya sangat mulus, sehingga mudah untuk dilalui.

Nantinya kamu akan dihadapi pada dua jalur, yang pertama ialah melalui jalur loji dengan view pantai yang indah. Dan yang kedua ialah melalui jalur Pelabuhan Ratu dengan view perbukitan.

Setelah tiba di area parkir Curug Cikaso, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan menyebrangi sebuah sungai menggunakan sebuah perahu dengan waktu tempuh sekitar 2 menit saja. Dilanjutkan berjalan kaki sebentar hingga akhirnya kamu tiba di area Curug Cikaso.

menyewa perahu menuju curug cikaso
menyewa perahu menuju curug cikaso. google maps. sumber: Ida Royani

Sebetulnya ada jalur lain selain dengan menyebrangi sungai, yakni dengan berjalan kaki kira-kira sejauh 1 km dengan medan yang cukup berat.

Harga Tiket Masuk Curug Cikaso

Berikut beberapa rincian biaya yang harus kamu keluarkan ketika mengunjungi Curug Cikaso:

  • Parkir mobil sebesar Rp. 15.000,-
  • Parkir motor sebesar Rp. 10.000,-
  • Tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang
  • Sewa perahu Rp. 65.000/perahu pulang pergi, dan dapat menampung maksimal 10 orang

Agar lebih hemat, jika kamu datang kurang dari 10 orang sebaiknya bergabung dengan pengunjung yang lainnya.

Jam Buka Curug Cikaso

Jam operasional Curug Cikaso dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai dari pagi hari hingga sore hari. Waktu terbaik mengunjungi Curug Cikaso ialah pagi hari dimana keadaan cuaca masih sejuk.

kolam penampungan alami curug cikaso
kolam penampungan alami curug cikaso. google maps. sumber: nur fita

Fasilitas di Curug Cikaso

Fasilitas yang ada di sekitar Curug Cikaso, memang belum terlalu lengkap namun fasilitas yang ada sudah cukup memadai. Yakni:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung makanan sederhana
  • Penyewaan perahu
  • Tempat untuk duduk-duduk

Daya tarik Curug Cikaso

Curug Cikaso memiliki beberapa daya tarik yang senantiasa memikat para wisatawan, diantaranya:

1. Kemewahan Aliran Tiga Titik

kemewahan curug cikaso
kemewahan curug cikaso. google maps. sumber: Michilda Sabaru

Baca juga: daftar tempat wisata di Sukabumi

Curug Cikaso memiliki tiga aliran air terjun dimana airnya mengalir melalui tebing yang tinggi, dengan hiasan tumbuhan hijau di sekitarnya.

Terlihat sangat megah sekali, aliran airnya pun cukup deras dan sangat jernih sekali. Curug Cikaso memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dengan lebar tebing mencapai 100 meter.

Aliran air yang mengalir di Curug Cikaso berasal dari anak Sungai Cikaso dan bermuara di Muara Tegal Buleud Kabupaten Sukabumi.

Di sekitar aliran Curug Cikaso terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas, dengan memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Karena aliran airnya cukup deras, sehingga pengunjung dilarang berenang mendekati curahan airnya.

Jangan khawatir kamu masih bisa bermain air kok, namun di pinggiran kolamnya aja ya…Oh iya jangan lupa unuk mengabadikan keindahan Curug Cikaso.

2. Alam Yang Masih Asri

alamnya yang masih sangat asri
alamnya yang masih sangat asri. google maps. sumber: Hendra FRP

Simak; info seputar Geopark Ciletuh

Daya tarik yang tak terlewatkan dari Curug Cikaso ini ialah alamnya yang sangat indah, serta masih sangat asri. Masih rindangnya pepohonan di sekitar air terjun merupakan salah satu cirinya.

Serta udara yang terasa pun masih segar dan suasananya sangat menyejukkan, di sekitar curug terdapat banyak tempat untuk duduk-duduk sambil menikmati cantiknya Curug Cikaso.

Keindahan alam yang ada pas banget untuk dijadikan latar fotografi yang ajib banget, hasilnya pasti sangat mengagumkan. Ngga percaya??Cobain aja sendiri…

Mitos Curug Cikaso

bermain aliran air curug cikaso
bermain aliran air curug cikaso. google maps. sumber: Fery Panjaya

Simak juga: wisata ke Pantai Ujung Genteng

Keindahan aliran air Curug Cikaso tak terlepas dari cerita mistis yang berujung pada sebuah cerita mitos, yang masih tetap abadi hingga saat ini.

Mitos yang berkembang ialah berkaitan dengan tiga aliran air yang ada, yang memiliki nama-nama yang berbeda. Yakni Curug Aseupan di sebelah kiri, Curug Meong di tengah dan Curug Aki di sebelah kanan.

Dipercaya ketiga curug atau air terjun tersebut memiliki penunggunya, yakni:

  • Curug Aseupan tempat bersemayamnya Nyi Blorong,
  • Curug Meong merupakan tempat bersemayamnya Eyang Santang, dan
  • Prabu Siliwangi merupakan penunggu dari Curug Aki.

Mitos tersebut telah berkembang sejak lama dan terus ada hingga saat ini, hal tersebut memang belum dibuktikan kebenarannya. Namun yang pasti, kita harus selalu menghargai dan menghormati kisah-kisah yang berkembang di tempat yang kita tuju.


Tinggalkan komentar