Curug Cigangsa, Cerita Mitos, Mistis serta Larangan Ketika mengunjungi Keindahan Alam Sukabumi

Weekend ini kamu berencana mau kemana? Mau tetap dirumah aja? Atau mengunjungi tempat wisata alam yang luar biasa?

Untuk menghilangkan rasa jenuh dan suntuk, baiknya kamu mengunjungi sebuah tempat wisata air yang dapat menghilangkan semua penat dalam diri.

Di Sukabumi banyak sekali wisata air terjun atau curug dengan karakteistik yang berbeda-beda tentunya. Salah satunya ialah Curug Cigangsa.

Dimana Curug Cigangsa mempunyai tebing yang sangat cantik. Berikut ulasan lengkap tentang Curug Cigangsa, check this out!

Trekking Menuju Curug Cigangsa

Untuk menuju Curug Cigangsa kamu harus melakukan trekking dengan berjalan kaki terlebih dahulu. Kamu akan mengawali trekking dengan berjalan dijalan setapak dimana terdapat hamparan sawah dan kebun warga yang berdampingan.

Leuwi Mariuk
Leuwi Mariuk. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu akan melewati sebuah palung atau leuwi yang bernama Leuwi Mariuk. Leuwi Mariuk memiliki kedalaman kolam yang hampir sama dengan ketinggian Curug Cigangsa, bentuk kolamnya semakin mengerucut ke dalam.

Jalan Setapak Menuju Curug Cigangsa
Jalan Setapak Menuju Curug Cigangsa. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hal itulah yang mendasari pemberian nama Leuwi Mariuk. Disini kamu sangat tidak diperbolehkan untuk berenang. Kamu hanya bisa menikmati keindahan yang dihadirkan dari kejauhan.

Tak berselang lama kamu harus menuruni beberapa anak tangga, kemudian jalan turunan yang masih berupa tanah diakhiri dengan menuruni tangga yang cukup curam. Akhirnya tibalah kamu di area Curug Cigangsa.

Pesona Keindahan Curug Cigangsa

Curug Cigangsa berada di Kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, curug ini biasa disebut juga dengan Curug Luhur.

Curug Cigangsa memiliki 2 tahapan, yakni tahapan atas yang mempunyai bentuk berlapis-lapis seperti kue lapis legit yang disebut dengan Undak Tengah. Sedangkan tahap bawah terdapat sebuah batu yang menyerupai kubah masjid, yang biasa disebut Batu Masigit.

Curug Cigangsa memiliki keunikan tersendiri dimana bentuk curugnya terjadi akibat gerakan gempa yang sangat kuat, sehingga Curug Cigangsa bentuknya berundak-undak cantik sekali.

Airnya mengalir melalui tebing batu tersebut, sungguh indah dan menakjubkan. Terdapat sebuah kolam alami yang berwarna hijau toska dibawahnya, yang siap menampung curahan air yang jatuh.

Curug Cigangsa
Curug Cigangsa. Sumber: uzone.id

Keindahan alam lainnya ialah Curug Cigangsa berada di tengah hamparan sawah dengan diiringi pepohonan yang rindang. Karena itulah aliran air Curug Cigangsa dimanfaatkan juga untuk irigasi.

Ketenangan dan kesejukan akan kamu rasakan ketika menginjakkan kaki di Curug Cigangsa. Karena memang belum banyak orang yang datang mengunjungi tempat wisata ini.

Kisah Mistis Dan Mitos Curug Cigangsa

Menurut salah seorang kuncen dari Curug Cigangsa bahwa di area ini terdiri dari 3 kekuasaan supranatural. Yakni di bagian atas curug yang disebut Leuwi Mariuk dikuasai oleh Prabu Helang Rawing.

Prabu Helang Rawing bertugas untuk mengusir orang-orang yang hendak berbuat kejahatan di area Curug Cigangsa seperti hendak berbuat mesum atau perbuatan jahat lainnya.

Di Undak Tengah dijaga oleh Eyang Opah Zakaria, bertugas mengawasi sekeliling Curug Cigangsa.

Dan yang terakhir ialah Haji Yasim yang menduduki jabatan sebagai seorang panglima yang bersemayam di Batu Masigit.

Selain itu, konon katanya lokasi Curug Cigangsa sering digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang kemerdekaan dari penjajah Belanda.

Begitulah cerita mistis, mitos dan sejarah yang berkaitan dengan keberadaan Curug Cigangsa. Tugas kamu ialah dengan menghormati aturan yang telah ditetapkan.

Larangan Ketika Berada Di Curug Cigangsa

Selain cerita tentang kekuasaan supranatural tersebut ada sebuah larangan yang harus dipatuhi oleh para pengunjung yakni:

  • Tidak boleh merusak alam Curug Cigangsa
  • Tidak boleh datang mengunjungi wisata Curug Cigangsa pada hari Jum’at terkecuali setelah dzuhur. Jika hal tersebut dilanggar maka akan terkena sanksi. Pernah suatu peristiwa yang terjadi ketika ada pengunjung yang nekat mendatangi Curug Cigangsa pada hari Jumat, seketika dia lari ketakutan dan meminta tolong pada warga sekitar. Hal tersebut dikarenakan dia melihat seekor ular yang besar menampakkan dirinya.

Ragam Wisata Curug Cigangsa

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Cigangsa yakni:

1. Menikmati Keindahan Alam

Curug Cigangsa memiliki keindahan alam yang masih sangat alami, keindahan tebing tempat airnya mengalir sungguh sangat menakjubkan.

Landscape Curug Cigangsa
Landscape Curug Cigangsa. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Melihat tebing tempat air mengalir yang berundak-undak berwarna hitam dan coklat dihiasi air yang jatuh melaluinya sungguh sangat menenangkan.

Ketenangan serta kedamaian akan kamu dapatkan ketika berada di Curug Cigangsa. Selain itu kamu juga akan dapat menghirup udara yang sejuk bebas dari polusi.

2. Bermain Air

Terdapat sebuah kolam alami disekitar jatuhnya air, kolam tersebut cukup lebar dan berwarna hijau. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, urungkan niatmu untuk berenang di kolam itu.

Merasakan Segarnya Air Curug Cigangsa
Merasakan Segarnya Air Curug Cigangsa. Sumber: www.suarajabarsatu.com

Kamu bisa duduk-duduk di bebatuan yang ada disekitar Curug Cigangsa sembari menikmati keindahan alamnya yang luar biasa.

Merasakan segarnya air yang mengalir membasuh kakimu, seakan meruntuhkan semua rasa lelah dan penat yang ada dalam diri.

3. Berfoto

Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Cigangsa ialah, dengan hunting spot foto menarik untuk dipajang di media sosial yang kamu miliki.

Menikmati Alam Curug Cigangsa
Menikmati Alam Curug Cigangsa. Sumber: tempatwisataunik.com

Spot foto yang menjadi incaran para pengunjung ialah dengan berlatarkan keindahan Curug Cigangsa.

Lokasi Dan Alamat Curug Cigangsa

Lokasi Curug Cigangsa berada di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu.

Alamat lengkapnya terletak di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cigangsa

Rute menuju Curug Cigangsa tak jauh beda dengan Curug Cikaso, karena memang jaraknya yang berdekatan yakni hanya sekitar 20 menit perjalanan dari Curug Cikaso.

Rute dari arah Jakarta dapat menuju Ciawi-Cicurug-Cibadak-Sukabumi-Jampang Tengah-Jampang Kulon-Surade-Curug Cigangsa. Rute tersebut memakan waktu perjalanan sekitar 7 jam lamanya.

Tiket Masuk Curug Cigangsa

Untuk dapat menikmati Curug Cigangsa kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk alias gratis. Kamu hanya perlu membayar tiket parkir saja.

Jam Operasional Curug Cigangsa

Selain belum adanya penetapan tiket masuk, pemberlakukan jam operasional pun belum diberlakukan. Alias kamu bisa datang di hari Senin sampai dengan hari Minggu selama 24 jam nonstop.

Namun mengingat jalur trekking yang dilalui serta area Curug sendiri masih belum disediakan lampu penerangan jalan, maka lebih baik datang ketika matahari masih bersinar.

Fasilitas Yang Tersedia Di Curug Cigangsa

Fasilitas yang tersedia di area Curug Cigangsa belum terdapat apa-apa, terdapat toilet dan warung-warung sederhana didepan jalan.

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wsiata yang dapat menjadi bahan referensi kamu ketika hendak mengunjungi Curug Cigangsa, diantaranya yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Berhati-hatilah ketika melakukan trekking menuju Curug Cigangsa.
  • Patuhilah peraturan yang telah ditetapkan.
  • Berhati-hatilah ketika berada di area Curug Cigangsa.
  • Jagalah selalu kebersihan dan kealamian Curug Cigangsa.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Cigangsa.

Penutup

Setiap lokasi wisata mempunyai cerita tersendiri, yang kita lakukan ketika mengunjungi Curug Cigangsa harus menghormati dan menghargainya.

Keindahan pemandangan Curug Cigangsa layak untuk dinikmati, harus kamu masukkan ke list wisata yang akan dikunjungi weekend ini.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Cigangsa, ya!


Leave a Comment