Curug Cikanteh Sukabumi, Trekking Menuju Tiga Telaga Kesegaran

Sukabumi merupakan salah-satu kabupaten yang ada di Jawa Barat yang memiliki ragam potensi wisata yang sangat layak untuk dikunjungi.

Jika kamu berkunjung ke Sukabumi, jangan lewatkan untuk mengunjungi kawasan Geopark Ciletuh. Lokasinya dapat dijangkau dari Jakarta dengan waktu perjalanan sekitar 7-8 jam.

Kawasan wisata ini sangat luas, ditambah sekarang menjadi Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu yang mencakup 8 kecamatan dengan total luas 1.261 km2.

Objek wisata yang ditawarkan lebih dari 50 tempat. Satu lokasi wisata yang wajib kamu kunjungi diantaranya Curug Cikanteh, yang berada di Dusun Cikanteh Kecamatan Ciemas.

Curug Cikanteh
Curug Cikanteh. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Berikut ulasan lebih jauh tentang lokasi wisata Curug Cikanteh, check this out!

Trekking Atau Akses Jalan Menuju Curug Cikanteh

Sebelum sampai di lokasi parkiran objek wisata Curug Cikanteh, para pengunjung sudah disajikan dengan pemandangan alam sekitar yang sangat memanjakan mata.

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Cikanteh, kamu harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Dimana kamu harus melakukan perjalanan menanjak dengan medan yang tidak mudah.

Trekking sebelum sampai ke Curug Cikanteh, para pengunjung akan melewati jalur menuju sebuah curug lain yang bernama Curug Sodong.

Curug Sodong
Curug Sodong. Sumber : jadiberita.com

Asal – usul kata Sodong diambil dari cekungan air terjunnya yang menyerupai sebuah goa. Sehingga orang sulit untuk berernang ke permukaan.

Setelah melewati Curug Sodong, kamu harus melakukan perjalanan ke atasnya, karena Curug Cikanteh berada di atas Curug Sodong.

Sebelum memulai perjalanan, kamu diharuskan mengisi sebuah buku tamu. Setelah itu kamu akan trekking perjalanan menanjak. Mulanya jalanan mulus, kemudian jadi sedikit agak berbatu tapi masih aman untuk dilalui.

Kemudian jalan setapak akan berubah berupa tanah liat. Setelah itu kamu harus melewati sebuah jembatan yang terbuat dari bambu. Kamu harus sangat hati-hati saat menyebrangi jembatan tersebut.

Jembatan Menuju Lokasi Curug Cikanteh
Jembatan Menuju Lokasi Curug Cikanteh. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Setelah itu akan diharuskan melewati aliran sungai yang tidak terlalu deras, itu berarti lokasi Curug Cikanteh tak lama lagi akan kamu dapati.

Rasa lelah perjalanan akan sedikit terobati karena ditemani rindangnya pepohonan dan sejuknya udara. Kita seakan berjalan menembus keindahan alam menuju nirwana.

Sajian view alam yang mempesona, adalah hamparan keindahan sejauh mata memandang. Sehingga selama trekking, traveler bisa sambil selfie.

Dan setelah tiba di lokasi utama, maka anda akan melihat sebuah air terjun yang menawan. Itulah tujuan utama anda, Curug Cikanteh.

Lokasi Utama Curug Cikanteh
Lokasi Utama Curug Cikanteh. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pesona Keindahan Curug Cikanteh

Curug Cikanteh airnya berasal dari Sungai Cikanteh, karena itulah dinamakan Curug Cikanteh. Sebenarnya area Curug Cikanteh memiliki 3 tingkatan air terjun dan mempunyai nama yang berbeda-beda.

Air terjun paling bawah diberi nama Curug Sodong kembar, dimana lokasinya berada di pinggir jalan raya sehingga mudah untuk dinikmati.

Air terjun yang kedua disebut Curug Cikanteh dengan ketinggian 60 meter menghasilkan debit air yang lumayan deras.

Pesona Keindahan Curug Cikanteh
Pesona Keindahan Curug Cikanteh. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sedangkan yang paling atas adalah Curug Ngelay dengan ketinggian sekitar 100 meter. akses untuk menuju kesana sangat berbahaya sehingga jarang dikunjungi. Namun kita dapat melihatnya dari bawah.

Curug Ngelay Curug Paling Atas
Curug Ngelay Curug Paling Atas. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air yang dialirkannya sangat jernih, bersih dan menyegarkan. Airnya mengalirkan dari tempat yang tinggi kemudia dialirkan kembali ke air terjun yang berada di bawahnya.

Curug Cikanteh bentuknya berundak-undak, sungguh sangat indah sekali. Dihiasi aliran air yang berwarna putih diantara tebing yang berwarna coklat.

Dibawahnya terdapat sebuah kolam alami tempat menampung curahan airnya. Kamu dapat menikmati kesegaran air Curug Cikanteh melalui kolam tersebut.

Ragam wisata Curug Cikanteh

Ragan wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Cikanteh, diantaranya:

1. Berenang

Kolam alami yang ada sayang untuk dilewatkan, kamu dapat merasakan sejuknya air dengan masuk kedalam kolamnya.

Kedalaman kolam Curug Cikanteh masih dalam batas aman, memang memiliki ketinggian yang berbeda-beda namun tidak terlalu tinggi. Tingginya sekitar dada orang dewasa, jadi untuk anak-anak sebaiknya harus didampingi oleh orang dewasa.

2. Bermain Air

Hal lain yang dapat kamu lakukan ialah dengan bermain aliran air yang mengalir sembari duduk-duduk diatas batu. Sembari menikmati keasrian alam yang masih terjaga di area Curug Cikanteh.

Bermain Air Di Curug Cikanteh
Bermain Air Di Curug Cikanteh. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Terdapat aliran air yang tidak dalam, sehingga kamu bisa bebas bermain air. Kenikmatan terindah adalah saat menikmati secangkir teh hangat, sambil melihat keindahan Curug Cikanteh.

3. Berfoto Selfie

Berfoto selfie merupakan hal yang wajib kamu lakukan saat ini, kamu dapat posting keindahan Curug Cikanteh beserta keindahan alamnya di Facebook, Instagram, atau mungkin distatus WA kamu.

Hunting Foto Di Curug Cikanteh
Hunting Foto Di Curug Cikanteh. Sumber : www.viskrenus.co.id

Banyak spot dengan latar yang pasti akan membuat takjub orang yang melihat. Spot selfie favorit pengunjung adalah spot dengan latar air terjun atau Curug Cikanteh.

Lokasi Dan Alamat Curug Cikanteh

Lokasi Curug Cikanteh berada di kawasan Ciletuh Geopark, alamat terletak di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Curug Cikanteh

Rute atau akses jalan menuju Curug Cikanteh dari pusat Kota Sukabumi kamu harus melajukan kendaraan menuju Ciemas melalui Cimanggu. Dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 3 jam lamanya.

Dari pusat Kecamatan Ciemas lanjutkan perjalananmu menuju Dusun Cikanteh dengan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Kondisi jalan dari Ciemas menuju Cikanteh sebagian besar sudah beraspal.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Cikanteh

Tiket masuk Curug Cikanteh seikhlasnya saja. Sedangkan untuk parkir motor sebesar Rp. 3.000,- per unitnya sedangkan untuk mobil Rp. 5.000,- per unitnya

Fasilitas Curug Cikanteh

Fasilitas yang ada di Curug Cikanteh diantaranya:

  • Tempat parkir yang luas dan lapang
  • Toilet dan kamar mandi
  • Warung-warung kecil
  • Mushola belum tersedia di lokasi Curug Cikantel

Semua fasilitas tersebut berada di area bawah Curug Cikanteh, dekat dengan Curug Sodong.

Tips Wisata

Berikut saya berikan beberapa tips wisata untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan menuju Curug Cikanteh, diantaranya:

  • Musim terbaik saat mengunjungi sebuah curug atau air terjun ialah pada waktu musim kemarau. Jika musim hujan warna air akan berubah kecoklatan serta debit airnya akan semakin deras.
  • Berhati-hatilah saat melakukan trekking menuju Curug Cikanteh ini.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk melakukan perjalanan yang jauh dengan kondisi jalanan yang tidak rata.
  • Bawalah obat-obatan yang diperlukan, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jika membawa serta anak-anak selalu jaga dan awasi mereka.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman seperlunya.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian area Curug Cikanteh.
  • Siapkan gadget kamu untuk berfoto selfie dengan keindahan alam Curug Cikanteh.

Penutup

Keindahan alam Sukabumi memang luar biasa. Banyaknya tempat wisata yang masih asri dan indah yang layak untuk kita kunjungi dan nikmati.

Berkunjunglah ke Curug Cikanteh, yang merupakan bagian dari keindahan alam Sukabumi. Kamu akan dapat menikmati 3 buah curug atau air terjun dalam satu tempat.

Saat kamu sudah berada di Curug Cikanteh, jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment