Curug Sodong, Tiket Masuk, Ragam Wisata, Serta Mitos Dibalik Keindahan Curug Di Geopark Ciletuh Sukabumi

Sukabumi semakin menunjukkan eksistensinya di bidang pariwisata, apalagi dengan adanya Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai, air terjun atau curug, serta bukit yang indah.

Salah satunya ialah Curug Sodong yang terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Curug Sodong masih satu kawasan dengan Curug Cikanteh. Jadi kamu dapat menikmati dua buah curug dalam satu tempat.

Untuk dapat menikmati Curug Sodong, kamu ngga perlu melakukan perjalanan yang melelahkan. Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Sodong, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Sodong

Perjalanan menuju Curug Sodong sangat mudah untuk dilalui, jalannya yang sudah beraspal menjadi kelebihan yang dimiliki.

Selain itu sepanjang jalan kamu dapat menyaksikan hamparan sawah yang sangat luas dihiasi dengan gunung-gunung yang menjulang.

Jalan yang dilalui tidak terlalu lebar namun masih bisa dilalui oleh dua kendaraan dari arah yang berlawanan. Rindangnya pepohonan disepanjang jalan menambah kesan asri dan menyejukkan.

Berbeda sekali dengan view di kota-kota besar yang biasanya kita lihat hanyalah gedung-gedung bertingkat, yang dihiasi suara klakson kendaraan.

Jalurnya sedikit berkelok-kelok namun tak terlalu tajam. Semakin mendekati daerah dimana Curug Sodong berada jalanan semakin mengecil, juga terdapat jalan yang tidak rata.

Namun keindahan alam yang tersaji semakin menampakkan diri, sudah mulai jarang terlihat rumah-rumah warga yang ada hanyalah deretan pepohonan serta gunung yang seakan terus mengikuti.

Akhir dari perjalanan tersebut akan membawamu ke sebuah tempat parkir dimana kamu dapat melihat Curug Sodong secara langsung.

Lokasinya Yang Tidak Jauh Dari Area Parkir
Lokasinya Yang Tidak Jauh Dari Area Parkir. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ya, untuk menikmati Curug Sodong kamu tidak perlu melakukan trekking atau perjalanan yang jauh. Kamu hanya tinggal turun dari kendaraan yang kamu bawa, berjalan sedikit untuk mendekati Curug Sodong.

Pesona Keindahan Curug Sodong

Keindahan Curug Sodong sudah dapat kamu saksikan ketika kamu masih berada di tempat parkir. Curug Sodong memiliki dua aliran air terjun, makanya sering disebut juga Curug Kembar.

Curug Sodong
Curug Sodong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Curug Sodong memiliki ketinggian sekitar 20 meter, aliran airnya berasal dari Curug Cikanteh yang terletak di bagian atas. Jika debit air banyak maka aliran airnya menjadi satu, inilah yang melatarbelakangi penyebutan Curug Pengantin.

Curug Sodong terdiri dari dua kata yakni Curug dan Sodong. Curug yang berarti air terjun sedangkan Sodong artinya cekungan goa.

Cekungan Yang Menyerupai Goa
Cekungan Yang Menyerupai Goa. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika kamu perhatikan dengan seksama dibawah tebing curug terdapat cekungan yang menyerupai sebuah goa.

Aliran air yang dialirkan cukup deras, sehingga menimbulkan suara yang sangat menangkan. Mengalir melalui tebing batu yang ditumbuhi beberapa tanaman.

Dibawah aliran Curug Sodong terdapat sebuah kolam alami yang siap menampung curahan airnya. Namun jika musim hujan tiba airnya akan berubah menjadi kecoklatan, karena bercampur dengan tanah.

Disekitarnya terdapat sebuah pohon yang besar, kamu dapat duduk dibawah pohon sembari menikmati keindahan Curug Sodong.

Ragam wisata Di Curug Sodong

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Sodong diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Alam

Pertama kali tiba di area parkir, kamu sudah dapat melihat keindahan Curug Sodong. Airnya mengalir dengan cukup deras, jernih dan berwarna putih.

Menikmati Keindahan Curug Sodong
Menikmati Keindahan Curug Sodong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Semakin mendekati curug kamu dapat merasakan cipratan air yang mengalir mengenai wajahmu. Dengan duduk di bawah pohon yang berada tepat di depan curug, kamu dapat mendengarkan lebih jelas suara indah.

Suara aliran air yang sangat menenangkan. Ditambah dengan keadaan alamnya yang masih sangat alami, begitu sangat menenangkan.

2. Bermain Air

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan hindarilah berenang di kolam alaminya. Karena tidak ada yang tahu pasti berapa kedalaman kolamnya.

Curug Sodong Selalu Ramai Dikunjungi
Curug Sodong Selalu Ramai Dikunjungi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika kamu penasaran ingin merasakan kesegaran air Curug Sodong, kamu dapat mengambilnya dengan tanganmu kemudian membasuhnya kewajahmu.

3. Berfoto Selfie

Berfoto dengan latar keindahan Curug Sodong banyak dilakukan oleh para pengunjung, kamu pun jangan melewatkannya. Jangan lupa untuk mempostingnya ke media sosial yang kamu miliki.

Mengabadikan Curug Sodong
Mengabadikan Curug Sodong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

4. Mengunjungi Curug Cikanteh

Sudah saya sebutkan dari awal bahwa Curug Sodong berada satu kawasan dengan Curug Cikanteh. Setelah menikmati keindahan Curug Sodong, kamu harus melanjutkan petualangan dengan mengunjungi Curug Cikanteh.

Curug Cikanteh
Curug Cikanteh. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Mitos Yang Mengiringi Keindahan Curug Sodong

Ada beberapa mitos atau kepercayaan yang sudah berkembang di masyarakat sekitar sejak lama, diantaranya:

  1. Pasangan yang belum menikah tidak boleh berenang di kolam alaminya, jika hal tersebut dilarang maka keduanya tidak akan muncul kembali ke permukaan.
  2. Di atas aliran Curug Sodong terdapat sebuah batu yang cukup besar, meskipun diterjang hujan serta arus sungai yang deras batu tersebut tak tergoyahkan. Penduduk sekitar Curug Sodong percaya jika batu tersebut turun maka air di Samudera Hindia naik ke daratan dan terjadi gempa yang besar.
  3. Mitos yang terakhir cukup mengerikan, yakni lokasi Curug Sodong sering digunakan untuk menguji ilmu kebatinan atau kanuragan. Dengan cara menjatuhkan potongan tubuh dari atas curug, jika bersatu kembali maka ilmu yang dikuasainya berhasil.

Alam memang selalu menyimpan misteri dibalik keindahnnya, langkah bijak kita ialah dengan menghormati kepercayaan yang sudah ada. Dengan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola.

Lokasi Dan Alamat Curug Sodong

Lokasi Curug Sodong berada di kawasan Geopark Ciletuh dan masih satu lokasi dengan Curug Cikanteh.

Alamat lengkapnya berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Sodong

Rute menuju Curug Sodong sama seperti rute menuju Curug Cikanteh, jika kamu berangkat dari pusat kota Sukabumi akan memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan.

Rute yang dapat kamu ambil ialah dengan menuju Ciemas melalui Cimanggu. Kemudian dari pusat Kecamatan Ciemas lanjutkan perjalananmu untuk menuju Desa Ciwaru.

Dari pusat Kecamatan Ciemas menuju Desa Ciwaru memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Kondisi jalan dari Ciemas menuju Curug Sodong mayoritas sudah beraspal.

Tiket Masuk Dan Parkir Curug Sodong

Tiket masuk dan tiket parkir Curug Sodong sangat murah dan terjangkau, yakni:

  • Tiket masuk                 : Rp. 3.000,- per orang
  • Tiket parkir motor       : Rp. 3.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil        : Rp. 5.000,- per unit

Fasilitas Curug Sodong

Fasilitas yang ada di Curug Sodong diantaranya:

  • Tempat parkir yang lapang dan luas
  • Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo atau saung sederhana
  • Mushola belum tersedia di lokasi Curug Sodong
  • Semua fasilitas tersebut bersamaan dengan fasilitas Curug Cikanteh.

Penginapan Terdekat Curug Sodong

Penginapan yang paling dekat dengan Curug Sodong, sekitar lebih dari 3 km jaraknya. Kamu dapat menemukan berbagai macam penginapan yang kamu inginkan.

Tips Wisata

Tips wisata berikut semoga dapat menambah referensi kamu ketika hendak menuju Curug Sodong, yakni:

  • Karena Curug Sodong berada di alam terbuka lebih baik datang ketika matahari bersinar terang, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, hindarilah untuk mandi di Curug Sodong.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Sodong.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam dan Curug Sodong.

Penutup

Kawasan Geopark Ciletuh memang banyak menarik wisatawan untuk terus berdatangan, karena ada sekitar 50 tempat wisata yang dapat kita nikmati.

Keadaan alamnya pun masih sangat alami, hal yang paling dibutuhkan manusia kini. Salah satu tempat yang harus kamu kunjungi ialah Curug Sodong.

Ditambah untuk menikmati keindahan curug ini kamu ngga perlu berjalan kaki sangat jauh. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Sodong, ya!


Tinggalkan komentar