Tebing Panenjoan, Mega Amphitheater Geopark Ciletuh Sukabumi

|

Tebing Panenjoan atau Bukit Panenjoan ialah pintu masuk menyaksikan keindahan yang dimiliki Geopark Ciletuh Pelabuhanratu.

Betapa tidak, semua keindahan alam yang ada di Geopark Ciletuh Pelabuhanratu dapat kamu saksikan di Tebing Panenjoan ini. Maka tak heran, jika disebut sebagai Amphitheater yang menyajikan harmonisasi alam yang sangat sempurna.

So, tidak sedikit pengunjung Geopark Ciletuh Pelabuhanratu yang mengagendakan untuk mengunjungi Bukit Panenjoan ini. Karena Panenjoan sendiri berarti tempat untuk melihat, melihat keagungan Tuhan yang telah diberikan.

panenjoan
panenjoan. google maps. sumber: Muhammad Fadil

simak juga: geopark ciletuh

Geopark Ciletuh Sukabumi Pelabuhanratu, memiliki banyak sekali tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Misalnya saja, Pantai Ujung Genteng, Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Curug Awang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Geopark merupakan akronim dari Geological Park yang artinya Taman Geologi atau Taman Bumi. Yang maksudnya ialah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi dengan memiliki nilai Arkeolog, Ekologi, dan juga Budaya.

Dimana masyarakat setempat diajak untuk ikut berperan serta dalam upaya melindungi dan meningkatkan fungsi dari warisan alam tersebut.

Dan keberadaan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu ini sudah diakui oleh UNESCO dan merupakan bagian dari Geopark dunia. Maka tak heran jika keindaahn Geopark Ciletuh Pelabuhanratu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Sukabumi.

mega amphitheater
mega amphitheater. google maps. sumber: lantip agil nugroho

simak juga: pantai ujung genteng

Pesona Keindahan Tebing Panenjoan

Tak lengkap kunjunganmu ke Geopark Ciletuh Pelabuhanratu jika tidak mengunjungi Tebing Panenjoan. Begitu kiranya pendapat pengunjung yang telah datang ke Bukit Panenjoan.

Dan ternyata itu bukanlah pernyataan yang lebay atau berlebihan, karena memang benar hampir seluruh keindahan alam di Geopark Ciletuh Pelabuhanratu dapat terlihat.

Mulai dari perbukitan yang hijau, air terjun, laut biru, area sawah, bahkan perumahan warga sekitar dapat kita saksikan dari atas bukit yang berada di ketinggian sekitar 250 mdpl tersebut.

Apalagi terdapat sebuah gardu pandang sederhana yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan yang tersaji.

spot terbaik
spot terbaik. google maps. sumber: wild_mild Official

simak juga: curug cimarinjung

Dari gardu pandang tersebut, lihatlah lebih dalam akan keperkasaan Tuhan dalam menciptakan ini semua sehingga tak ada sedikitpun yang cacat.

Inilah Mega Amphitheater yang menyajikan harmonisasi alam yang sangat luar biasa. Dengarkan hembusan anginnya, dengarkan suara burung yang berkicau, dengarkan alam yang berusaha menenangkanmu.

Jangan lewatkan untuk berwafoto di beberapa spot foto yang telah disediakan pihak pengelola ya, untuk kemudian dijadikan story di media sosial yang dimiliki.

Villa Bukit Panenjoan

Jika kamu berangkat dari luar Sukabumi dan berkunjung ke Bukit atau Tebing Panenjoan ini, jangan susah-susah mencari tempat untuk menginap.

Di sekitar Tebing Panenjoan terdapat sebuah villa untuk menginap, dengan fasilitas yang mumpuni dan harga yang worth it.

selalu ramai dikunjungi
selalu ramai dikunjungi. google maps. sumber: Hilman Ansori

simak juga: curug awang

Lokasi dan Alamat Tebing Panenjoan

Lokasi Tebing Panenjoan berada di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, tepatnya terletak di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Tebing Panenjoan

Rute menuju Tebing Panenjoan sangat mudah, disamping akses jalan yang sudah memadai juga lokasinya yang diketahui oleh banyak orang. Sehingga tidak susah untuk bertanya pada warga yang kamu temui.

Untuk kamu yang datang dari Bogor dapat mengikuti rute Cihideung-Cijeruk-Sukabumi-Cikidang-Pelabuhanratu-Simpenan-Kiaradua-Jampang Kulon. Hingga akhirnya kamu berada di Bukit Panenjoan atau Tebing Panenjoan.

gapura selamat datang
gapura selamat datang. google maps. sumber: Burhan Rhazami

simak juga: curug sodong

Jam Buka Tebing Panenjoan

Jam operasional Tebing Panenjoan dibuka selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Harga Tiket Masuk Tebing Panenjoan

Harga tiket masuk Tebing Panenjoan tidak ada, yang ada hanyalah biaya parkir kendaraan yang digunakan. Yakni dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Rp. 3.000,- untuk motor
  • Rp. 5.000,- untuk mobil
berfoto bersama alam
berfoto bersama alam. google maps. sumber: Kang Sugi Channel

simak juga: pantai pelabuhan ratu

Fasilitas Tebing Panenjoan

Fasilitas yang ada di sekitar Tebing Panenjoan diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Mushola,
  • Kamar mandi,
  • Spot foto,
  • Penginapan atau Villa.

Sudah siapkah kamu menyaksikan pertunjukkan alam yang sangat indah? Siapkan diri dan juga kamera dari sekarang!