Rileks di Pantai Ujung Genteng, Pantai Indah di Sukabumi

| | ,

Bila Anda berkunjung ke Jawa Barat dan ingin berwisata alam, Anda dapat menjadikan Pantai Ujung Genteng sebagai destinasi pilihan. Pantai ini tergolong sepi karena jauh dari keramaian sehingga cocok digunakan untuk menenangkan pikiran.

Pantai ini juga sangat nyaman karena terdapat banyak pepohonan yang rindang sehingga suasana menjadi sejuk. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ketempat ini khusus untuk menepi dari hiruk pikuk kota.

Pantai dan muara
Muara dan pantai bersebelahan. Image via: www.dianjuarsa.com

Asal nama dari Pantai Ujung Genteng ini adalah karena letaknya berada di bagian bawah Pulau Jawa. Masyarakat menafsirkannya sebagai ujung genteng atau ujung gunting. Dengan letak yang terpencil, pantai ini masih minim pengunjung sehingga masih asri dan jarang terjamah manusia. Masukkan Pantai Ujung Genteng untuk menjadi destinasi wisata di Jawa Barat dan rasakan sensasi ketenangan pantai ini untuk merefresh pikiran.

Lokasi Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng berlokasi di Ujung Genteng Ciracap, dan daerahnya masih termasuk dalam kawasan Sukabumi Jawa Barat.

Simak juga: daftar tempat wisata di Sukabumi

Jalan/Rute Menuju Pantai

Pantai Ujung Genteng yang terletak di kawasan Sukabumi ini berdekatan dengan beberapa pantai lain diantaranya adalah Pantai Cimaja, Pantai Citepus, Pantai Cibangban, Pantai Karang Hawu dan Pelabuhan Ratu. Dari pusat kota, Pantai Pantai Ujung Genteng kurang lebih berjarak 80 km. Anda dapat berkunjung kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

dago dream park
dago dream park

Bila Anda merasa bingung dengan arah yang akan dilewati, gunakanlah bantuan GPS atau bisa menyewa jasa ojek online. Tempat ini sudah banyak dikenal sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Apabila Anda datang dari arah Jawa Tengah dan menggunakan kendaraan pribadi, lebih baik melewati jalan tol Cipali. Usahakan hindari melewati jalan raya Pantura untuk menghemat waktu karena akan memakan perjalanan 1 jam lebih lama. Setelah menempuh jarak 515,4 km dari tol Cipali, lanjutkan perjalanan menuju ke Sukabumi.

Untuk para pengunjung yang datang dari kawasan Jakarta, Bekasi atau Tangerang dapat melalui Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tangkil-Agrabinta.Perjalanan dari Jakarta Pusat hanya akan memakan waktu sekitar 4 jam 30 menit dengan jarak tempuh 139.1 km. Jika dari Banten, Anda dapat melewati jalur Pantura – tol Merak. Apabila melewati Jakarta, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Tol Tangerang dengan waktu yang digunakan kurang lebih 6 jam.

Sunset Pantai Genteng
Sunset Pantai Ujung Genteng. Image via: www.instagram.com/chitraachiet/

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Pantai Ujung Gentengdibandrol dengan harga 10 ribu per orang. Tarif ini tergolong murah  untuk menikmati keindahan alam yang menjadi dambaan para wisatawan.

Untuk tarif parkirnya adalah 2 ribu untuk roda dua, 5 ribu untuk mobil dan 10 ribu untuk bus.Namun di malam hari tidak ada tukang parkir yang berjaga sehingga Anda harus menjaga kendaraan Anda dengan baik.

Jam Buka

Pantai Pantai Ujung Genteng dibuka selama 24 jam sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai tanpa batasan waktu.

Baca juga: review wisata Geopark Ciletuh

Pantai Ujung Genteng Angker

Pantai Pantai Ujung Genteng terkenal juga dengan cerita mistisnya. Tempat ini diakui cukup angker oleh masyarakat sekitar dan para pengunjung yang pernah mengalami kisah mistis. Beberapa orang berpendapat bahwa Pantai Pantai Ujung Genteng seringkali meminta korban. Seperti kejadian yang terjadi pada tahun 2016 yang lalu, 3 orang mahasiswa yang berasal dari Institut Teknologi Nasional Bandung terseret ombak dan dinyatakan hilang.

Beberapa saksi mata mengatakan bahwa mahasiswa tersebut sedang bermain air di bibir pantai dan tiba-tiba ada ombak tinggi yang datang menggulung salah satu korban.Melihat kejadian, kedua rekannya berusaha menolong agar selamat. Tetapi naasnya, air kembali naik dan menyeret mereka bertiga. Selain kejadian ini, masih ada juga kejadian lainnya yang dialami oleh para wisatawan.

Pantai Ujung Genteng
Pantai ujung Genteng. Image via: www.dianjuarsa.com

Kejadiannya berawal ketika ada wisatawan yang berasal dari Bandung berenang di pantai dan merasakan kakinya kram.Hampir saja nyawanya terenggutkarena terseret ombak. Kejadian yang lainnya juga terjadi saat salah seorang wisatawan menginap di penginapan sekitar Pantai Pantai Ujung Genteng. Dia melihat ada arwah wanita yang menggantung dan hal tersebut sangat menakutkan.


Masih banyak kisah yang beragam yang dialami oleh wisatawan dan mayoritas mengatakan Pantai Pantai Ujung Genteng angker. Namun, dibalik kisah mistis tersebut, Pantai Ujung Genteng memiliki pesona keindahan alam yang sangat indah sehingga tetap digemari oleh para pengunjung.

Perihal angkernya tempat, saya kembalikan kepada anda saja 🙂

Simak juga: wisata ke Curug Cikaso

Penangkaran Penyu Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng dikenal sebagai tempat konservasi penyu yang berada di kawasan Jawa Barat.Tepatnya kurang lebih hanya berjarak 2 hingga 3 km saja dari pantai.Untuk menjangkau tempat ini, Anda dapat berjalan kaki menyusuri pinggiran pantai.

Tempat penangkaran ini berdekatan dengan “Turtle Beach Hotel” dan Anda dapat bertanya dimana tempat penangkaran penyu kepada masyarakat sekitar.

penangkaran penyu
Penangkaran Penyu Ujung Genteng. Image via: www.bundahaifa.com

Ditempat ini, Anda dapat melihat cara pengembangbiakan penyu agar tidak punah. Proses pengeraman telur penyu dan bayi-bayi penyu yang baru menetas juga dapat dilihat langsung oleh para pengunjung.

Penyu bertelur saat sudah mencapai usia 30 tahun sedangkan siklus bertelurnya dalam rentang 2 hingga 8 tahun. Sangat lama bukan? Oleh karena itu, penyu sangat dilindungi. Jika banyak yang memburunya sedangkan perkembangbiakannya sangat lambat, penyu akan mengalami. Dalam sekali bertelur, penyu dapat mengeluarkan hampir 100 telur namun yang berhasil menetas hanya sekitar belasan saja.

Pelepasan Tukik
Pelepasan Tukik. Image via: abdullohmukhtar.wordpress.com

Kita wajib ikut serta dalam menjaga kelangsungan hidup penyu karena satwa ini sangat lambat perkembangbiakannya dan terancam punah.Jaga populasi penyu dengan tidak melakukan perburuan liar yang menyebabkan kepunahan.Jaga pula kebersihan laut agar penyu dapat hidup dengan baik di alam bebas. Karena ada banyak penyu yang mati karena menelan sampah yang dibuagsembarangan ke pantai.

Daya Tarik Pantai Ujung Genteng Lainnya

1. Pulau terpencil

Pantai terpencil
Posisi pantai yang terpencil. Image via: www.youtube.com

Dengan aksesnya yang cukup sulit dijangkau dan minimnya pengunjung membuat pantai ini sepi seperti berada di pulau terpencil. Namun ini adalah daya tarik tersendiri yang disukai beberapa wisatawan. Namun untuk keamanannya, lebih baik Anda berkunjung ke Pantai Pantai Ujung Genteng ini dengan mengajak kawan agar tidak sendirian.

2. Area untuk menikmati sunrise, sunset dan tempat surfing

Sunset pantai Ujung Genteng
Sunset pantai Ujung Genteng. Image via: www.instagram.com/marks_indra/

Dengan ombaknya yang dibilang cukup besar, tempat ini cocok untuk dijadikan tempat surfing. Selain itu, Anda juga dapat dengan leluasa menikmati sunset dan sunrise di Pantai Pantai Ujung Genteng.

3. Spot foto yang menarik

Berwisata tanpa berfoto rasanya kurang afdol. Anda dapat berfoto ria bersama dengan keluarga atau teman dengan background pantai yang mempesona. Banyak orang yang mengatakan bahwa tempat ini mirip dengan pantai di Hawaii. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mengoleksi foto terbaik di spot yang instagramable.

Spot foto
Spot foto yang menarik. Image via: www.instagram.com/febby.07/

4. Bermain air

Pantai PantaiPantai Ujung Genteng dinilai aman digunakan untuk bermain air. Namun Anda harus tetap waspada karena ombak dapat pasang dan surut dengan mudah tanpa bisa diprediksi. Berjaga-jagalah terutama bila Anda membawa anak-anak agar keselamatan mereka terjamin.

5. Lingkungan yang bersih

Pantai Bersih
Lingkungan yang bersih. Image via: www.instagram.com/ammarbekti/

Lingkungan yang masih belum banyak terjamah manusia membuat kawasan Pantai Pantai Ujung Genteng terkenal dengan kebersihannya yang terjaga baik.

Segeralah agendakan liburan Anda untuk mengunjungi Pantai Pantai Ujung Genteng.Semoga informasi yang disampaikan dapat membantu Anda selam berlibur di Pantai Pantai Ujung Genteng dan jaga selalu diri Anda agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Rileks di Pantai Ujung Genteng, Pantai Indah di Sukabumi
4.7 (93.33%) 3 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Pantai Drini, Spot Snorkeling Yang Indah di Jogja

12 Tempat Wisata di Lombok Yang Indah Banget

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment