Pantai Ujung Genteng, Pantai Indah Bagian Dari Geopark Ciletuh Sukabumi

Pantai Ujung Genteng termasuk objek wisata yang berada di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. Sebagaimana kita ketahui bersama Geopark Ciletuh memiliki banyak sekali objek wisata yang dapat dikunjungi.

Tema yang dihadirkannya pun beragam mulai dari air terjun, gunung, hingga pantai. Misalnya saja Bukit Panenjoan, Curug Cimarinjung, serta Tebing Panenjoan.

Pantai Ujung Genteng merupakan pantai yang tak begitu ramai, mungkin karena letaknya yang cukup jauh dari pusat kota Sukabumi. Sehingga banyak yang bilang Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu surga tersembunyi di Sukabumi.

indahnya pantai ujung genteng
indahnya pantai ujung genteng. google maps. sumber: Benny Darmawan

Simak juga: daftar tempat wisata di Sukabumi

Pantai ini sempat ditutup beberapa waktu lalu, karena untuk mencegah penyebaran covid-19 semakin meluas di Sukabumi khususnya, di Indonesia pada umumnya.

Namun, saat ini Pantai Ujung Genteng sudah dibuka kembali. Supaya Indonesia cepat sembuh dari pandemi covid-19, kamu jangan kendor dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang selama ini terus diingatkan Pemerintah.

Lokasi & Alamat Pantai Ujung Genteng

Alamat Pantai Ujung Genteng terletak di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasinya masih berada di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi.

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Rute yang dapat ditempuh dari arah Jakarta diantaranya dengan menuju Ciawi kemudian tiba di Pelabuhan Ratu. Dari sini lanjutkan perjalanan untuk menuju Surade melalui Cikembar dan Jampang. Setelah tiba di Surade tinggal mencari petunjuk arah yang akan membawamu tiba di Pantai Ujung Genteng.

Untuk kamu yang berasal dari Bandung dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Sukabumi melalui Cianjur, kemudian teruskan perjalanan hingga melewati Jampang Tengah, Jampang Kulon, dan akhirnya tiba di Surade.

hamparan pasir putih
hamparan pasir putih. google maps. sumber: resa novianti

Jarak yang akan ditempuh memang lumayan jauh, namun sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan rindangnya pepohonan yang berwarna hijau menyejukkan.

Selain itu kondisi jalannya pun sangat bagus, dan dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun. Baik itu motor, mobil bahkan bis sekalipun.

Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng

  • Harga tiket masuk Pantai Ujung Genteng dengan membayar sebesar Rp. 10.000,- per orang
  • Parkir motor dengan membayar Rp. 2.000,-
  • Parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-
  • Sedangkan untuk bis dengan membayar Rp. 10.000,-

Jam Buka Pantai Ujung Genteng

Jam operasional Pantai Ujung Genteng dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop.

sunset di pantai ujung genteng
sunset di pantai ujung genteng. google maps. sumber: Benny Darmawan

Fasilitas Pantai Ujung Genteng

Meskipun bisa dibilang lokasinya yang tersembunyi, namun fasilitas yang ada di sekitar Pantai Ujung Genteng sudah lengkap hal tersebut ditandai dengan tersedianya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo atau saung sederhana
  • Spot foto
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Penginapan
landmark pantai ujung genteng
landmark pantai ujung genteng. google maps. sumber: Rama Ramdani

Baca juga: review wisata Geopark Ciletuh

Penginapan Pantai Ujung Genteng

Untuk kamu yang datang dari luar kota Sukabumi, ngga perlu bingung untuk mencari penginapan. Karena di sekitar Pantai Ujung Genteng banyak tersedia beberapa penginapan sederhana.

Harga yang ditawarkan cukup beragam, yakni berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 300.000 saja per malamnya.

Pantai Ujung Genteng Angker

Dibalik keindahannya ternyata Pantai Ujung Genteng menyimpan cerita mistis tersendiri dan bahkan bisa dibilang pantai ini cukup angker.

Hal tersebut dikarenakan pantai ini seringkali meminta korban, seperti yang terjadi pada tahun 2016 silam. Dimana ada 3 orang mahasiswa yang berasal dari Institut Teknologi Nasional Bandung terseret ombak dan kemudian dinyatakan hilang.

bermain air seru
bermain air seru. google maps. sumber: Arkan Channel

Berdasarkan saksi mata yang ada di TKP mengatakan ketika mereka sedang bermain di bibir pantai, tiba-tiba ada ombak tinggi yang datang kemudian menggulung salah satu korban. Kedua rekannya mencoba untuk menolongnya, namun naas air kembali naik dan menyeret ketiganya.

Ada pula kisah horor yang disampaikan oleh mereka yang menginap di penginapan sekitar Pantai Ujung Genteng. Disebutkan bahwa melihat makhluk astral yang sedang menggantung.

Hal tersebut memang susah untuk diterima akal sehat, itu semua dikembalikan lagi pada diri masing-masing.

Simak juga: wisata ke Curug Cikaso

Daya Tarik Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng memiliki daya tarik yang memikat sebagai berikut ini:

1. Alamnya Yang Masih Asri

salah satu spot foto yang kece
salah satu spot foto yang kece. google maps. sumber: Mbah Martin

Hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai, serta air laut yang biru bahkan di beberapa bagian terlihat jernih serta bersih. Itulah sedikit gambaran dari Pantai Ujung Genteng.

Di sekitar pantai terdapat beberapa gazebo atau saung sederhana yang dapat kamu gunakan untuk bersantai dan menikmati sajian alam yang ada. Hembusan angin seakan menenangkan jiwa yang sedang lelah.

Banyak pengunjung yang mencoba untuk bermain air lautnya, tak sedikit pula dari mereka yang bermain-main di atas hamparan pasir putihnya.

Alamnya yang asri dilengkapi pula dengan beberapa spot foto yang kekinian, yakni:

  • Feed Instagram
  • Bentuk love
  • Ayunan Cinta yang berada di bibir pantai
ayunan cinta
ayunan cinta. google maps. sumber: Pramudia Wiguna

Cara lain untuk menikmati alamnya ialah dengan melakukan kegiatan camping di atas hamparan pasir putihnya bersama teman, pasti seru banget.

Dimana kamu akan dapat menyaksikan cantiknya sunset di waktu senja dan indahnya sunrise di pagi hari, jangan lupa untuk mengabadikannya ya….

2. Penangkaran Penyu

Di sekitar Pantai Ujung Genteng terdapat tempat penangkaran penyu, yang dikenal sebagai tempat konservasi penyu yang berada di kawasan Jawa Barat. Tempat ini merupakan sebuah tempat untuk pengembangbiakan penyu supaya kehadirannya di muka bumi tidak punah.

Tahukah kamu bahwa penyu akan bertelur ketika usianya sudah mencapai 30 tahun sedangkan siklus bertelurnya dalam rentang waktu 2 hingga 8 tahun.

Itu artinya penyu memerlukan waktu yang cukup lama untuk berkembangbiak. Maka jika terjadi perburuan terhadap hewan tersebut, dapat dipastikan lambat laun akan musnah.

lokasi penangkaran penyu
lokasi penangkaran penyu. google maps. sumber: RegitaSevenfold

3. Pasar Ikan

Daya tarik selanjutnya ialah adanya lokasi Pasar Ikan di sekitar Pantai Ujung Genteng, di sini banyak sekali tersedia hewan laut yang dapat kamu santap langsung di tempat.

Setelah puas bermain dan menikmati keindahan Pantai Ujung Genteng akhiri perjalanan kamu dengan wisata kuliner mencicipi makanan khas laut dengan ditemani keindahan lautnya yang biru.


Tinggalkan komentar