Curug Cimarinjung Sukabumi, Review Rute, Tiket Serta Cerita Misteri Yang Dibalut Indahnya Air Terjun

Kawasan Geopark Ciletuh merupakan kebanggaan masyarakat Sukabumi pada khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya. Hal tersebut karena keberadaan Geopark Ciletuh ini telah diakui oleh dunia melalui badan UNESCO.

Banyak tempat wisata yang dapat kamu nikmati ketika mengunjungi kawasan ini, tidak cukup 1 atau 2 hari untuk menikmatinya.

Kamu harus meluangkan waktu lebih lama jika ingin menikmati sekitar 50 tempat wisata yang ada di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. Salah satunya ialah Curug Cimarinjung, yang berada di Kp. Cimarinjung Kec. Ciemas ini.

Berikut ulasan lebih lengkap menuju Curug Cimarinjung, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Cimarinjung

Perjalanan menuju Curug Cimarinjung hampir sama dengan perjalanan menuju Curug Sodong dan Curug Cikanteh.

Kamu akan melalui perjalanan yang penuh dengan hamparan keindahan alam yang masih sangat alami, sepanjang jalan kamu dapat melihat deretan pepohonan.

Jalannya pun sudah berupa aspal, sehingga mudah untuk dilalui. Jalanan yang sedikit berkelok-kelok tak terlalu merepotkanmu.

Sepanjang perjalanan kamu dapat melihat gunung yang dengan gagahnya berdiri tegak. Sesaat kemudian tibalah kamu di area parkir Curug Cimarinjung.

Area Parkir
Area Parkir. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Untuk menuju area Curug Cimarinjung, tak perlu membutuhkan waktu yang lama. Setelah memakirkan kendaraan yang kamu bawa, cukup 5 sampai 10 menit waktu yang kamu butuhkan.

Kamu tinggal mengikuti jalan setapak yang sangat mudah untuk dilalui, kamu dapat mendengar aliran sungai ketika berjalan menuju Curug Cimarinjung.

Setelah melewati deretan warung-warung, tibalah kamu di pintu masuk menuju Curug Cimarinjung. Kamu diharuskan mengisi buku kunjungan terlebih dahulu, sebelum melanjutkan perjalanan.

Tak membutuhkan waktu yang lama kamu dapat melihat aliran Curug Cimarinjung, di sepanjang perjalanan dihiasi dengan pepohonan disebelah kiri jalan dan aliran sungai di sebelah kananmu.

Yang paling seru ialah kamu akan berjalan diantara tebing batu yang cukup tinggi sebelum menaiki tangga untuk membawamu lebih dekat dengan Curug Cimarinjung.

Menapaki bebatuan yang cukup besar harus kamu lakukan, jika kamu ingin berada lebih dekat dengan Curug Cimarinjung.

Sejarah/Cerita Curug Cimarinjung

Cimarinjung diambil dari salah satu keilmuan bahasa sunda yakni bahasa siloka “dimunjung” yang artinya dibutuhkan. Jadi Curug Cimarinjung mengandung makna air yang dibutuhkan.

Dulunya bernama Curug Goong, karena pada zaman dahulu warga masyarakat sekitar merupakan seorang penggiat seni karawitan. Jika hendak pentas dan tidak mempunyai peralatannya, bisa meminjamnya ke Curug Goong dengan cara yang gaib.

Namun karena banyaknya yang ingkar tidak mengembalikan kembali goong yang sudah dipinjam, akhirnya cerita tersebut hilang dengan sendirinya.

Pesona Keindahan Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung berada diantara area pesawahan dan hutan yang masih alami, ketinggiannya sekitar 50 meter. Yang paling menakjubkan ialah Curug Cimarinjung menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

Berhadapan Langsung Dengan Samudera Hindia
Berhadapan Langsung Dengan Samudera Hindia. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Air yang dialirkan jatuh melalui tebing yang cukup tinggi, jika kamu datang ketika musim kemarau maka kamu akan melihat betapa kokohnya tebing itu karena kondisi air yang mengecil. Aliran airnya langsung menuju Curug Ciletuh.

Landscape Curug Cimarinjung
Landscape Curug Cimarinjung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Disekitarnya banyak terdapat bebatuan yang besar, yang dapat kamu gunakan sebagai pijakan maupun sebagai tempat untuk duduk-duduk.

Terdapat beberapa area kolam alami disekitar Curug Cimarinjung, dengan kedalaman yang beragam. Jika musim hujan aliran airnya akan sangat deras, sehingga menimbulkan suara gemuruh yang cukup kuat.

Curug Cimarinjung merupakan tempat wisata air yang cocok untuk membawa serta anak-anak maupun orang tua, disamping jalur menuju curugnya mudah banyak kolam alami yang dangkal yang dapat digunakan.

Aliran air Curug Cimarinjung menghasilkan dua buah air terjun mini yang berada di area bawah. Kolam alaminya siap menerima kedatanganmu.

Ragam Wisata Di Curug Cimarinjung

Berikut ulasan ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Cimarinjung, yakni:

1. Menikmati keindahan

Mendengarkan suara deburan air merupakan salah satu cara untuk menenangkan diri. Dengan duduk disebuah batu yang cukup besar, lihatlah ke sekeliling area Curug Cimarunjung.

Menikmati Alam Curug Cimarinjung
Menikmati Alam Curug Cimarinjung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tanamkan rasa syukur dalam diri, ambillah energi positif yang diberikan alam padamu. Buanglah peluh dalam diri, gantilah dengan semangat yang baru.

2. Berenang atau mandi

Curug Cimarinjung memiliki beberapa kolam yang dapat digunakan untuk berenang atau mandi. Yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung ialah mandi di area dekat aliran curugnya.

Ragam Wisata Di Curug Cimarinjung
Ragam Wisata Di Curug Cimarinjung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kedalamannya tidak terlalu dalam, namun jika kondisi Curug Cimarinjung sedang deras lebih baik hindari untuk berada lebih dekat dengan aliran airnya.

Rasakan segarnya air Curug Cimarinjung yang jernih serta bersih, membasahi badanmu. Hembusan angin yang dihasilkan deburan airnya menambah keseruanmu.

3. Bermain air

Jika kamu enggan mendekati Curug Cimarinjung, terdapat kolam yang sangat dangkal yang berada didepan tangga yang tadi kamu lalui.

Bermain Air
Bermain Air. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kolam tersebut cocok sekali untuk digunakan anak-anak bermain air, namun tetap harus selalu dalam pengawasan orang dewasa. Kamu pun dapat menikmati aliran air yang berada di area bawah.

4. Hunting foto

Keindahan alam dan Curug Cimarinjung harus kamu abadikan dalam sebuah foto maupun video. Di jalur yang kamu lewati ketika menuju ke area curug, terdapat sebuah spot foto yang bertuliskan Curug Cimarinjung dengan latar curug itu sendiri.

Spot Foto Favorite
Spot Foto Favorite. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Curug Cimarinjung

Lokasi Curug Cimarinjung berada di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu Sukabumi.

Alamat lengkapnya berada di Kp. Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cimarinjung

Rute menuju Curug Cimarinjung jika kamu bergerak dari Sukabumi-Jampang Tengah-Ciemas-pertigaan Kiara Dua-Waluran-belok kanan sampailah di Kampung Ciloa, Desa Caringin Nunggal. Belok kanan lagi menuju ke Desa Ciwaru.

Tiket Masuk Curug Cimarinjung

Tidak ada tarif khusus ketika kamu memasuki area Curug Cimarinjung, kamu hanya perlu mengeluarkan uang seikhlasnya untuk biaya kebersihan.

Jam Operasional Curug Cimarinjung

Jam operasional Curug Cimarinjung dibuka setiap hari mulai dari pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Curug Cimarinjung adalah ketika musim hujan, karena debit airnya akan sangat memukau.

Fasilitas Di Curug Cimarinjung

Fasilitas yang tersedia di Curug Cimarinjung sudah lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir untuk mobil maupun motor
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Toilet atau kamar mandi
  • Mushola

Penginapan Terdekat Curug Cimarinjung

Di sekitar Curug Cimarinjung terdapat beberapa homestay yang dapat kamu gunakan untuk menginap di area yang dekat dengan Curug Cimarinjung.

Tips Wisata

Tips wisata berikut semoga dapat menjadi bahan referensi untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Cimarinjung, yakni:

  • Sebelum berangkat periksa kembali kendaraan yang akan kamu gunakan.
  • Jika sedang turun hujan lebih baik tunda keberangkatan menuju lokasi Curug Cimarinjung.
  • Jaga dan selalu awasi anak-anak ketika bermain air.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti atau perlatan lainnya jika kamu hendak bermain air.
  • Jagalah kebersihan area Curug Cimarinjung.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Cimarinjung.

Penutup

Setelah kamu mengunjungi Curug Sodong dan Curug Cikanteh, destinasi selanjutnya yang harus kamu kunjungi yaitu Curug Cimarinjung.

Akses jalan yang mudah merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki Curug Cimarinjung selain keindahan curugnya.

Luangkan waktumu weekend ini untuk mengunjungi Curug Cimarinjung, tentunya dengan mengajak serta anggota keluarga. Dengan selalu menerapkan protokol kesehatan tentunya.

Serta jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Cimarinjung, ya!


Tinggalkan komentar