Curug Awang, Niagara Pulau Jawa yang Wajib Didatangi Saat Berada di Geopark Ciletuh Sukabumi

Geopark Ciletuh berada di Kabupaten Sukabumi, berada tepat di sebelah selatan Pantai Pelabuhan Ratu. Tempat ini telah diakui secara resmi oleh UNESCO merupakan bagian dari geopark dunia.

Geopark sendiri adalah kepanjangan dari Geological Park jika diartikan kedalam bahasa Indonesia menjadi Taman Geologi atau Taman Bumi.

Maksudnya ialah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi yang memiliki nilai Arkeologi, Ekologi, dan Budaya, yang dimana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi dari warisan alam tersebut.

Keindahan Geopark Ciletuh menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk selalu berdatangan, dan menikmati berbagai macam tempat wisata yang tersaji.

Salah satunya ialah Curug Awang, yang dimana perjalananmu takkan lengkap jika belum mengunjungi Curug Awang.

Berikut ulasan lebih jauh mengenai Curug Awang, check this out!

Jalur Memasuki Kawasan Curug Awang

Untuk menuju Curug Awang kamu akan melalui jalanan Geopark Ciletuh yang beraspal dan mulus. Namun setelah kamu akan mulai memasuki area Curug Awang jalanan yang akan kamu lalui akan penuh dengan tantangan.

Jalanan yang masih berupa tanah dan bebatuan yang cukup besar, sehingga membuat kamu sedikit bergoyang-goyang saat melewatinya.

Kamu harus berhati-hati saat melewati jalanan tersebut, karena jika kamu salah jalan bisa jadi kamu tergelincir khususnya untuk kamu yang menggunakan sepeda motor.

Jalanan yang dilalui pun tidak rata, kadang menurun kadang juga naik. Meskipun begitu disepanjang perjalanan kamu akan menikmati hamparan kebun kelapa sawit.

Sesampainya di lokasi parkir kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Menyusuri jalan setapak yang sudah pavingblock, tidak butuh waktu lama untuk sampai menikmati Curug Awang.

Kamu hanya perlu berjalan sekitar 5 sampai 6 menit untuk berada di bagian atas Curug Awang. Jika kamu ingin melanjutkan ke Curug Awang dibagian bawah, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan yang ada.

View Curug Awang
View Curug Awang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Namun waktu tempuhnya tidak lama ko, hanya sekitar 6 hingga 7 menit untuk sampai di depan Curug Awang. Kamu harus melalui jalan setapak di area pesawahan, dan melalui jalanan menurun yang masih berupa tanah.

Pesona Keindahan Curug Awang

Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan lebarnya 60 meter. Dengan memiliki lebar seperti itu, Curug Awang sering disebut sebagai Niagara Falls nya Pulau Jawa.

Curug Awang
Curug Awang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika debit air yang mengalir banyak memang tampak seperti air terjun Niagara yang berada di Benua Amerika. Airnya mengalir dari berbagai sisi, melalui tebing yang beerwarna merah bata itu.

Niagara Mini Di Pulau Jawa
Niagara Mini Di Pulau Jawa. Sumber: www.reresepan.com

Curug Awang berada diantara pesawahan, dihiasi dengan rimbunnya pepohonan. Suasana asri sudah dapat kamu rasakan saat memasuki area Curug Awang, udara yang sejuk dan hijaunya pemandangan akan menyambutmu.

Landscape Curug Awang
Landscape Curug Awang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keindahan Curug Awang sudah banyak dibicarakan dibeberapa media sosial, dan sering disebut-sebut wisata kamu di Geopark Ciletuh belum lengkap jika belum mengunjungi Curug Awang.

Di sekitar Curug Awang terdapat sebuah kolam alami yang dihiasi dengan hamparan bebatuan, pengunjung jarang bermain air tepat dibawah aliran airnya karena aliran airnya cukup deras. Air yang mengalir berasal dari Sungai Ciletuh yang mengalir diatasnya.

Ragam wisata Curug Awang

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Awang yakni diantaranya:

1. Mengeksplor Keindahan Di atas Curug Awang

Ketika memasuki area Curug Awang, bagian atasnyalah yang akan terlihat lebih dulu. Dibagian atas ini kamu dapat berjalan diatas tebing tempat airnya jatuh, namun jika airnya sedang surut ya.

Mengeksplor Bagian Atas Curug Awang
Mengeksplor Bagian Atas Curug Awang. mynewsukabumiku.blogspot.com

Melihat keindahan Curug Awang dari atas tebingnya secara langsung, yang jarang kamu lakukan saat berada di sebuah air terjun atau curug.

2. Bermain Air

Bermain air merupakan kegiatan yang wajib kamu lakukan saat berada di wisata air seperti ini. Dengan cara inilah kamu dapat merasakan kesegaran air yang mengalir dari ketinggian.

Menikmati Curahan Curug Awang
Menikmati Curahan Curug Awang. Sumber: ladypinem.com

Dengan bermain air kita seakan dapat membersihkan semua kepenatan yang ada dalam diri sehingga kita seperti terlahir kembali menjadi manusia yang lebih siap menghadapi hari.

Kamu dapat bermain air disekitar bebatuan yang terhampar, dengan duduk-duduk diatas bebatuan tersebut sembari melihat keindahan Curug Awang.

3. Berfoto Selfi

Berfoto selfie dapat kamu lakukan ketika di bagian atas curug ataupun dibagian bawahnya. Keduanya mempunyai keindahan dan ciri khas masing-masing.

Spot foto favorit ketika berada di atas Curug Awang ialah dengan berada di pinggir tebingnya, namun untuk melakukan hal tersebut kamu harus sangat berhati-hati.

Berfoto Di Atas Tebing Curug Awang
Berfoto Di Atas Tebing Curug Awang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sedangkan di bagian bawah Curug Awang spot foto favoritnya ialah dengan berlatarkan keindahan curug tersebut.

Berfoto Bersama Keindahan Curug Awang
Berfoto Bersama Keindahan Curug Awang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Asal Usul Penamaan dan Mitos Curug Awang

Curug Awang terdiri dari dua kata yakni Curug dan Awang. Kata-kata tersebut berasal dari bahasa Sunda, Curug berarti air terjun sedangkan Awang artinya angkasa.

Penamaan tersebut dimaksudkan karena letak Curug Awang paling tinggi seperti di awang-awang atau di angkasa. Oleh karena itu diberi nama Curug Awang.

Adapun mitos yang berkembang di masyarakat mengenai Curug Awang ini ialah jika tercium aroma kemangi dari dasar kolam, maka akan muncul buaya putih.

Terlepas benar atau tidaknya mitos tersebut, kita harus tetap menghormati apa yang sudah ada. Jangan melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Lokasi Dan Alamat Curug Awang

Lokasi Curug Awang berada di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi.

Alamat lengkapnya terletak di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat

Rute Menuju Curug Awang

Rute menuju Curug Awang jika dari Bogor ialah melalui Cihideung-Cijeruk-Sukabumi-Cikidang -Pelabuhan Ratu-Simpenan-Kiaradua-Jampang Kulon-Desa Waluran-Desa Tamanjaya.

Rute menuju Curug Awang jika kamu bergerak dari Pantai Palangpang kira-kira sejauh 17 km. Setelah sebelumnya melalui jalan yang beraspal dan mulus kemudian kamu akan memasuki jalan yang berbatu melewati kebun kelapa sawit.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Awang

  • Tiket masuk Curug Awang     : Rp. 3.000,- per orang
  • Tiket parkir motor                   : Rp. 3.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil                    : Rp. 5.000,- per unit

Jam Operasional Curug Awang

Jam operasional Curug Awang dibuka selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari. Namun karena jalur jalan yang kurang baik lebih baik datang waktu matahari masih bersinar, untuk memudahkan memilah jalan.

Fasilitas Curug Awang

Fasilitas yang ada di area Curug Awang terdiri dari:

  • Area parkir mobil dan motor
  • Toilet
  • Warung-warung makanan

Tips Wisata

Tips wisata berikut semoga dapat membantu kamu yang ingin menikmati keindahan niagara kecil di Pulau jawa ini, yakni:

  • Jika ingin melihat aliran Curug Awang dengan debit air yang besar, kamu harus datang di musim penghujan.
  • Namun, tidak disarankan kamu datang waktu hujan lebat datang karena dikhawatirkan akan terjadi banjir.
  • Berhati-hati saat mengendari kendaraan di jalanan yang berbatu.
  • Hindari menggunakan mobil yang ceper.
  • Saat mengeksplor keindahan diatas air Curug Awang, selalu waspada dan hati-hati.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman untuk bekal kamu saat berada di Curug Awang.
  • Jagalah selalu kebersihan area Curug Awang.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta.

Penutup

Kawasan Geopark Ciletuh merupakan warisan alam yang luar biasa yang diberikan untuk bumi Sukabumi. Banyaknya wisata air yang dapat dinikmati, ditambah dengan keadaan alamnya yang masih alami.

Kamu wajib mengunjungi Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi ini, begitu banyak keindahan alam yang dapat kamu rasakan. Jika kamu berada di Geopark Ciletuh, tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Curug Awang.

Jangan lupa untuk menyiapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Awang, ya!

Baca juga:

Leave a Comment