Wisata Bukit Baros, Uptade Terkini Tempat Ngadem Plus Camping Di Sukabumi

|

Wisata Bukit Baros ialah hamparan kesejukan yang berupa deretan pohon pinus yang menjulang tinggi, dan berderet dengan sangat rapih.

Memberikan suasana yang sejuk serta adem banget, apalagi untuk kamu yang sedang suntuk dan pengap dengan segala rutinitas yang digeluti.

Jangan sampai salah ya, Wisata Bukit Baros Sukabumi ini berbeda dengan Bukit Baros Panjalu yang ada di Kabupaten Ciamis. Meski sama-sama menawarkan pemandangan yang indah.

wisata bukit baros
wisata bukit baros. google maps. sumber: Andy Andy

simak juga: taman selabintana

Keadaan Wisata Bukit Baros saat ini, berbeda dengan keadaan sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Jika dulu tempat wisata yang satu ini selalu ramai, saat ini sangat sepi dan belum ramai dikunjungi kembali. Jadi alangkah baiknya jika mengajak serta orang-orang yang kamu kasihi.

Berikut gambaran Wisata Bukit Baros Sukabumi, sebagai bahan referensi untuk berlibur di akhir pekan ini bersama kawan, pasangan, atau keluarga.

Lokasi dan Alamat Wisata Bukit Baros Sukabumi

Lokasi Wisata Bukit Baros Sukabumi berada di alamat Kampung Cihuis, RT 11 RW 04, Sasagaran, Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Wisata Bukit Baros Sukabumi

Rute menuju Wisata Bukit Baros Sukabumi, sangat mudah dituju. Lokasinya cukup dekat dengan Alun-Alun Sukabumi, yakni hanya memakan waktu kurang dari satu jam.

Untuk kamu yang berasal dari luar Sukabumi, ketika keluar dari Tol Ciawi ambillah jalan menuju Sukabumi kemudian sebelum Terminal Jubleg arahkan menuju Baros.

Sudah cukup memadai akses petunjuk jalan menuju Wisata Bukit Baros ini, jadi jangan khawatir kesasar. Jalannya pun dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, meski di beberapa jalur jalannya belum beraspal.

kastil yang ikonik banget
kastil yang ikonik banget. google maps. sumber: Wayan Lindu

simak juga: tebing panenjoan

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Baros Sukabumi

  • Tiket masuk Wisata Bukit Baros Sukabumi sebesar Rp. 25.000,- dan akan diberikan minuman yang menyegarkan.
  • Tiket masuk tersebut sudah termasuk manikmati segala fasilitas yang ada, termasuk kolam renang dan biaya parkir kendaraan.

Jam Buka Wisata Bukit Baros Sukabumi

  • Wisata Bukit Baros Sukabumi beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu
  • Dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat

Fasilitas Wisata Bukit Baros Sukabumi

Fasilitas yang ada di sekitar Wisata Bukit Baros Sukabumi diantaranya:

  • Area parkir yang sangat luas,
  • Spot foto,
  • Café,
  • Camping Ground,
  • Area bermain anak,
  • Gazebo,
  • Tempat outbound,
  • Penginapan.

Daya Tarik Wisata Bukit Baros Sukabumi

1. Deretan Pohon Pinus

deretan pohon pinus yang bikin adem
deretan pohon pinus yang bikin adem. google maps. sumber: Wida Tamia

simak juga: pantai amanda ratu

Tempat Wisata Bukit Baros Sukabumi ini menempati lahan yang sangat luas, yakni sekitar 28 hektar, dengan suasana alam yang sangat sejuk dan adem banget deh pokoknya.

Dimana banyak sekali pohon pinus yang memberikan kita udara yang sangat segar, serta dihiasi pula dengan beberapa spot foto yang membuatnya tampak menarik.

Sejuknya suasana di Bukit Baros Sukabumi ini, tepat banget untuk dijadikan tempat “ngadem” sejenak dari segala hal kesibukan yang membuat kita penat.

Apalagi dengan mengajak serta keluarga, teman, atau pasangan, pasti akan tambah seru dan menyenangkan. Dengan sesekali menyantap hidangan yang dibawa dari rumah.

Ya…kegiatan piknik di bawah pohon pinus dapat menjadi pilihan kegiatan ketika mengunjungi Wisata Bukit Baros. Memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bercengkrama dan bercanda bersama.

2. Fasilitas Yang Lengkap

kolam renang
kolam renang. google maps. sumber: Laurentia Meilani

simak juga: puncak peuyeum

Wisata Bukit Baros memiliki fasilitas penunjang yang sangat lengkap, diantaranya:

  • Kolam renang,
  • Penginapan,
  • Arena outbound,
  • Taman bermain,
  • Spot foto,

Dan masih banyak lagi fasilitas lain yang dapat kamu manfaatkan sepuasnya. Anak-anak pasti akan senang jika diajak untuk berenang, tersedia kolam renang yang aman untuk mereka.

Terdapat juga taman bermain untuk anak-anak yang juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan, dengan suasana yang sejuk dan beralaskan rumput hijau.

Untuk kamu yang ingin menguji kemampuan motorik, dapat mencoba beberapa wahana outbound yang ada di Wisata Bukit Baros diantaranya dengan bermain flying fox.

arena outbound
arena outbound. google maps. sumber: edwin iriadi

simak juga: geyser cisolok

Dan yang nggak boleh kamu lewatkan ialah hunting beberapa spot foto yang ada di sekitar Wisata Bukit Baros, seperti lambang hati, ada juga sepanjang jalan yang dipayungi oleh berwarna-warni payung.

Bangunan kastil yang memikat mata jangan sampai kelewatan ya…

3. Camping Ground

Dengan memiliki area yang luas, Wisata Bukit Baros Sukabumi menyediakan camping ground yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan berkemah baik untuk lembaga formal maupun non formal.

Di sekitar Wisata Bukit Baros juga terdapat aliran sungai yang dinamakan Sungai Pelangi. Dimana bebatuan yang ada di cat warna-warni, sehingga tampak menarik.

camping ground
camping ground. google maps. sumber: Wisata Bukit Baros

simak juga: bravo adventure

4. Bukit Baros Cempaka Sukabumi

Daya tarik terakhir dari Wisata Bukit Baros ialah melakukan “One Day Trip” ke sebuah pabrik keju ala Gouda. Yang akan memberikan kamu informasi tentang cara pembuatan keju, hingga mencicipi keju yang telah jadi.

Dimana produk-produk olahan kejunya dapat kamu temukan di berbagai supermarket dan juga hypermarket dengan brand Baros.

Kegiatan “One Day Trip” tersebut terbuka untuk siapa saja, baik itu dari lembaga pendidikan atau hanya perkumpulan atau komunitas saja.

Tentunya akan menjadi pengalaman yang unik bukan? Kapan lagi kamu berwisata di tempat yang sejuk sambil menyaksikan proses pembuatan keju yang sangat enak.

sungai pelangi
sungai pelangi. google maps. sumber: Pian Priyandi