Pantai Amanda Ratu, Pesona Pantai Di Selatan Sukabumi

|

Pantai Amanda Ratu atau Pantai Cikarang, atau disebut juga dengan Asabaland, merupakan sebuah pantai di Ujung Genteng, Sukabumi yang pemandangannya banyak disandingkan dengan Tanah Lot yang ada di Bali.

Keindahan dari Pantai Amanda Ratu memang bukan isapan jempol belaka, air laut yang berwarna biru kehijauan berpadu dengan pulau kecil yang letaknya tak jauh dari bibir pantai.

pantai amanda ratu
pantai amanda ratu. google maps. sumber: Cahyo Wiwoho

Berbicara pantai di Sukabumi, memang cukup banyak dan semuanya memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya saja:

Sukabumi memang menjadi surganya wisata alam, dengan keindahan alam yang dimilikinya mampu menjaring wisatawan dari berbagai penjuru.

Berikut deskripsi tentang Pantai Amanda Ratu Sukabumi, sebagai bahan referensi tempat wisata di akhir pekan ini atau saat liburan nanti.

Lokasi dan Alamat Pantai Amanda Ratu

Lokasi Pantai Amanda Ratu berada di Ujung Genteng, tepatnya di Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: Repi Hidayat

Simak juga: puncak peuyeum

Rute Menuju Pantai Amanda Ratu

Untuk menuju Pantai Amanda Ratu dari pusat kota Sukabumi akan memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam, tergantung pada keadaan lalu lintas dan juga kecepatan kamu berkendara.

Rute yang dilalui mudah, jika kamu berangkat dari Jakarta tinggal mengarahkan kendaraanmu menuju Sukabumi. Kemudian dilanjutkan dengan berkendara ke arah Surade.

Beloklah ke arah Pantai Amanda Ratu, yang ditandai dengan banyaknya pohon kelapa. Akses jalannya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Harga Tiket Masuk Pantai Amanda Ratu

Harga tiket masuk Pantai Amanda Ratu dihitung berdasarkan kendaraan yang digunakan, yakni:

  • Rp. 5.000,- untuk motor
  • Rp. 10.000,- untuk mobil
berlibur bersama
berlibur bersama. google maps. sumber: Ade Dedi Sutiawan

Simak juga: curug cimarinjung

Jam Buka Pantai Amanda Ratu

Jam operasional Pantai Amanda Ratu dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam penuh.

Fasilitas di Pantai Amanda Ratu

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Amanda Ratu diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Kamar mandi,
  • Saung sederhana,
  • Ayunan,
  • Penginapan atau Villa,
spot foto terbaik
spot foto terbaik. google maps. sumber: rifais setiawan

Simak juga: curug sodong

Daya Tarik Pantai Amanda Ratu

1. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu atau Pantai Muara Cikarang merupakan sebuah pantai yang memiliki landscape alam yang indah, yakni dengan hiasan tebing tinggi dan juga batu karang yang berada di sekitar pantai.

Untuk menuju bibir pantai kamu harus berjalan turun terlebih dahulu, karena lokasi Pantai Amanda Ratu berada di bawah tebing.

Deburan ombak di Pantai Amanda Ratu cukup deras, bahkan ada pengunjung yang mengatakan “suara deburan ombaknya bikin kangen”.

view pantai amanda ratu
view pantai amanda ratu. google maps. sumber: Vin’s Ric

Simak juga: curug cigangsa

Di sekitar pantai terdapat beberapa saung yang dapat kamu gunakan untuk bersantai sambil melihat keindahan dari Pantai Amanda Ratu.

Dimana tak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah pulau kecil, yang banyak disandingkan dengan pemandangan yang ada di Tanah Lot Bali.

Kamu juga dapat bermain ayunan yang letaknya tak jauh dari lokasi saung, sambil menghadap ke arah laut. Ajib banget deh pokoknya.

Di sekitar Pantai Amanda Ratu banyak ditumbuhi pohon kelapa yang tinggi dan rerumputan hijau, suasananya adem dan asri. Bikin betah deh pokoknya.

2. Hunting Foto Kece

spot terbaik
spot terbaik. google maps. sumber: Ayi Siti Khoerunisa

Simak juga: curug bibijilan sukabumi

Setelah puas eksplor keindahan Pantai Amanda Ratu, jangan lewatkan untuk beberapa foto kece dengan latar pemandangan pantai yang indah.

Terdapat beberapa gardu pandang yang menjorok ke arah laut, kamu dapat memanfaatkan gardu pandang tersebut untuk berfoto.

3. Villa Amanda Ratu

villa amanda ratu
villa amanda ratu. google maps. sumber: Dede Saepuloh

Simak juga: curug cikanteh

Lokasi Pantai Amanda Ratu atau Pantai Muara Cikarang berada di area Villa Amanda Ratu atau Villa Asabaland. Dimana kamu akan memasuki area villa terlebih dahulu.

Villa Amanda ratu berada di tanah yang sangat luas, dengan suasana alam yang sejuk karena ditumbuhi banyak sekali pohon kelapa yang menjulang tinggi ke atas.

Kamu dapat berkeliling melihat-lihat villa tersebut, dimana terdapat sebuah kolam renang yang cukup luas di tengah area Villa Amanda Ratu.