Pondok Halimun Sukabumi, Kesmepatan Untuk Mendekatkan Diri Kembali Pada Alam

Pada dasarnya, Pondok Halimun Sukabumi merupakan area perkemahan dan camping.  Selain udaranya yang sejuk, gemericik air sungai yang jernih menambah suasana makin tenang dan damai. Bagi yang ingin menikmati nuansa alam secara langsung, berkemah atau menginap di Pondok Halimun adalah pilihan tepat.

Pada dasarnya, Pondok Halimun merupakan area perkemahan dan camping.  Selain udaranya yang sejuk, gemericik air sungai yang jernih menambah suasana makin tenang dan damai.
Pondok Halimun Sukabumi. Image via: @eldajiun

Sudah sejak dulu objek wisata ini jadi tujuan bagi wisatawan yang ingin berkemah. Kawasan Pondok Halimun Sukabumi memiliki lahan yang luas. Lokasi untuk bermalam di alam terbuka pun tersebar di seluruh penjuru kawasan wisata ini.

Wisata di Pondok Halimun Sukabumi yang paling dinikmati tentu wisata air sungai yang penuh bebatuan dan masih sangat jernih. Di sini, pengunjung bisa berfoto-foto narsis karena keindahan alamnya. Banyak anak-anak yang berenang di aliran sungai yang tidak deras.

Selain itu, terdapat pula area yang dipenuhi dengan batu kali besar. Di sini sering kali banyak yang berfoto-foto atau sekadar menikmati pemandangan saja. Terdapat pula wisata air terjun sekitar 2,5 km lagi dari lokasi perkemahan.

Untuk mencapai air terjun itu harus berjalan sekitar 1,5 jam untuk sampai ke sana.

Selain itu, terdapat pula area yang dipenuhi dengan batu kali besar. Di sini sering kali banyak yang berfoto-foto atau sekadar menikmati pemandangan saja.
Bebatuan Sungai. Image via: @cicythia

Simak juga: 14 lokasi wisata di Sukabumi

Lokasi Pondok Halimun Sukabumi

Pondok Halimun Sukabumi yang berada di kaki gunung Gede Pangrango merupakan kawasan yang memiliki pesona alam yang sangat indah dengan kesegaran udara khas pegunungan, berada dalam ketinggian 1000 Mdpl.

Lokasi tepatnya di Jalan Selabintana, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Objek wisata ini terletak di perbatasan Desa Perbawati dan Desa Sudajaya Girang. Jarak tempuh dari Kota Sukabumi sekitar 12 kilometer.

Rute Menuju Pondok Halimun Sukabumi

Lokasi wisata Pondok Halimun Sukabumi ini Jaraknya sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Sukabumi, melalui Jalan Suryakencana hingga Jalan Selabintana. Lalu nanti kita akan melihat plang bertuliskan “Pondok Halimun” untuk belok ke kiri.

Lokasi wisata Pondok Halimun Sukabumi ini Jaraknya sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Sukabumi, melalui Jalan Suryakencana hingga Jalan Selabintana
Trekking. Image via: sisihidupku

Untuk menuju ke objek wisata ini pengunjung dapat menaiki angkutan kota (angkot) yang berwarna merah dengan nomor trayek 10. Bila tidak menggunakan angkutan umum, pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor ataupun mobil pribadi, bahkan bus pariwisata sekalipun.

Dari belokan tadi perjalanan masih akan berlanjut sekitar 4 km lagi. Jalan yang dilalui terbilang sempit karena hanya untuk 2 jalur saja. Selain itu kita harus berhati-hati karena jalan masih kurang bagus dan terdapat banyak jalan berlubang.

Setelah melewati pintu tersebut dengan tetap melajukan kendaraan, rasa kecewa kita bisa terobati. Pengunjunga kan segera melihat pemandangan perkebunan teh milik PT.Perkebunan Nusantara VIII Kebun Goalpara Afdeling Perbawati.

Setelah melewati jalanan yang berkelok-kelok tadi dan juga jalanan yang banyak berlubang, maka kita pun akan sampai di pusat objek wisata alam Pondok Halimun Sukabumi.

Waktu senja di Pondok Halimun SUkabimua dalahs alah satu moment terindah di tempat ini
Menanti gelap. Image via: wisataterdekat.com

Simak juga: Waduk Bajulmati, Miniatur Raja Ampat di Banyuwangi

Jam Buka Pondok Halimun Sukabumi

Wisatawan dapat berkunjung ke taman wisata alam ini 24 jam sehari, setiap hari. Kecuali jalur pendakian Gunung Gede, objek wisata ini selalu terbuka untuk umum sepanjang tahun.

Tiket Pondok Halimun Sukabumi

Sesampainya di pintu masuk atau pintu pembayaran, pengunjung diminta untuk membayar biaya masuk sebesar Rp 3.000,00 untuk pejalan kaki, Rp 8.000,00 untuk sepeda motor, Rp18.000,00 untuk mobil pribadi, dan Rp135.000,00 untuk bus.

Fasilitas Pondok Halimun Sukabumi

Pondok Halimun Sukabumi dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang memadai. Fasilitas umum seperti lahan parkir, toilet, mushola, dan warung makanan sudah pasti tersedia di sini. Fasilitas akomodasi dan hiburan yang ada antara lain beragam pilihan bumi perkemahan, penginapan, outbond, dan river tubing.

Selain itu, terdapat pula beberapa pendopo yang bisa digunakan untuk sekadar bersantai dan gogoleran. Ada juga penyewaan tikar Rp 10.000. Penyewaan tikar ini biasanya disewakan oleh ibu-ibu yang juga berdagang popmie dan gorengan.

Daya Tarik Pondok Halimun Sukabumi

  1. Bumi Perkemahan

Di area Pondok Halimun Sukabimi ini terdapat beberapa bumi perkemahan, antara lain bumi perkemahan Elang jawa, bumi perkemahan Cipelang, dan Bumi Perkemahan Pondok Halimun.
Hangatkan Pagi. Image via: travelspromo.com

Di area Pondok Halimun Sukabumi ini terdapat beberapa bumi perkemahan, antara lain bumi perkemahan Elang jawa, bumi perkemahan Cipelang, dan Bumi Perkemahan Pondok Halimun Sukabumi. Area perkemahannya dilalui oleh sungai Cipelang, jadi tidak perlu khawatir untuk masalah air minumnya.

Lokasi antara bumi perkemahan ini saling berdekatan dan di area situ terdapat area parkir kendaraan yang luas dengan deretan warung-warung yang menyediakan aneka sajian, khas nya tentu saja jagung bakar dan bandrek panas.

Di bumi perkemahan pondok halimun Sukabumi ini terdapat beberapa penginapan, yang bisa jadi alternatif menginap selain camping, dan juga terdapat playing ground untuk anak-anak di sekitar aliran sungai Cipelang.

Sebenar-benarnya Piknik di bebatuan sungai pondoj halimun sukabumi
Sebenar-benarnya Piknik. Image via: sukabumiupdate.com

Simak juga: Air Terjun Kato Lampo Bali

Di area ini yang menjadi ciri khas adalah banyaknya batu gunung besar yang terserak di sepanjang jalur bumi perkemahan.

Jika tidak ingin bermalam, Pondok Halimun Sukabumi tetap bisa dinikmati dengan cara yang berbeda. Di sini tersedia banyak gazebo dan lahan terbuka yang luas yang bisa dimanfaatkan untuk acara piknik. Setiap area memiliki lanskap yang berbeda-beda.

Wisatawan dapat membawa tikar sendiri atau menyewa dengan harga terjangkau. Area yang ditawarkan antara lain di pinggir sungai, area bermain anak, dan lain-lain. Penjaja makanan pun siap dengan dagangannya apabila pengunjung tidak membawa bekal dan ingin mengisi perut. Nikmati pengalaman bersantap dikelilingi suara alam dan gemericik air sungai yang jernih.

  1. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum di dekat lokasi pondok halimun sukabumi.
Curug Cibeureum. Image via: pesonawisataindonesia.com

Curug atau air terjun cibeureum adalah salah satu curug terkenal yang ada di kaki gunung Gede-Pangrango. Untuk menuju ke curug ini kita harus menempuh jarak sekitar 2 – 2.5 km dari Pondok Halimun Sukabumi melalui jalan setapak di hutan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

Untuk menuju ke curug Cibeureum selain dari pondok halimun Sukabumi, kita juga dapat melewati jalur di Cibodas, Puncak. Curug Cibeureum terdiri dari tiga curug dengan satu curug utama yang paling besar dan dua curug yang berukuran lebih kecil.

Sangat menyenangkan untuk bisa menghabiskan waktu di curug ini, bisa dengan hanya foto-foto, berenang dan berendam di segarnya aliran air sungainya, atau merasakan langsung kucuran air terjun dari atas batu.

Curug ini juga merupakan lokasi favorit untuk sejenak melepas lelah. Tertama bagi pengunjung yang mau melakukan pendakian ke puncak gunung gede atau gunung pangrango.

  1. Kegiatan Alam Terbuka

river tubing di sungai merupakan kegiatan menantang di pondok halimun sukabumi
River tubing. Image via: harnas.co

Simak juga: Ribuan kembang di Kutabawa Flower Garden

Pondok Halimun Sukabumi memiliki banyak area terbuka hijau yang luas. Banyak lokasi yang cocok untuk dijadikan tempat aktivitas outbond. Salah satu wahana yang bisa dicoba di sini adalah sepeda gantung. Pengunjung bisa merasakan sensai mengayuh sepeda di udara–dengan tali pengaman tentunya.

River tubing adalah salah satu aktivitas wisata andalan di sini. Wisatawan akan merasakan pengalaman menyusuri sungai dalam posisi nyaris rebah menggunakan ban pelampung. Tidak perlu khawatir soal keamanan, karena setiap pengunjung akan dilengkapi dengan jaket pelampung.

Pemandu yang ahli juga selalu siap membimbing peserta river tubing melewati bebatuan sungai.

Kegiaatan luar ruangan lainnya adalah Trekking. Memasuki kawasan Pondok Halimun Sukabumi, bersiap-siaplah dengan pemandangan kebun teh yang menyegarkan mata. Hamparan kebun teh ini merupakan bagian dari PTPN VIII. Sempatkan untuk sejenak berjalan-jalan dan berfoto di sini. Latar yang hijau dan udara yang sejuk tentu akan menyegarkan pikiran.

berFoto di Batu sungai pondok halimun sukabumi.
Foto di Batu sungai. Image via: yukpigi.com

Simak juga: Negeri Atas Awan Pango-Pango

Objek Wisata Dekat Pondok Halimun Sukabumi

Sukabumi memang kaya akan keindahan alam. Mulai dari wisata dataran tinggi hingga wisata pantai. Salah satu wisata dataran tinggi yang iconik adalah Situ Gunung. lalu untuk pantai ada Pelabuhan Ratu.

Berada di ketinggian 850 mdpl, membuat Situ Gunung menjadi kawasan favorit untuk dikunjungi. Apalagi, pepohonan menjulang tinggi sehingga, menambah rasa nyaman dan menyenangkan. Hati terasa damai, pikiran menjadi fresh, kondisi hati dan jiwa pun seakan lebih bugar dari biasanya.

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang memiliki keindahan panorama yang khas. Perpaduan antara pantai yang curam, pantai landai. Pada beberapa bagian terdapat juga karang terjal dengan latar belakang cagar alam hutan dan gunung.

Nah buat rekan-rekan penyuka wisata alam, khususnya bumi perkemahan, jangan sampai lewatkan. Jangan sampai lewatkan  kesempatan menjadikan Pondok Halimun Sukabumi jadi salah satu tujuan liburan juga.

Baca juga:

Leave a Comment