Waduk Bajulmati, Hiasan Bukit Layaknya Alam Raja Ampat

Waduk merupakan danau alam atau danau buatan dengan tujuan untuk menyimpan air, yang bisa digunakan sebagai sumber mata air, irigasi atau perairan sawah serta yang lainnya.

Di Situbondo terdapat sebuah waduk dengan menyimpan keindahan bukit-bukit kecil layaknya Raja Ampat di Papua, yang menjadikan waduk tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Namanya ialah Waduk Bajulmati yang terletak diantara Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo. Selain itu dapat terlihat dengan jelas kokohnya Gunung Baluran serta Pegunungan Ijen di area Waduk Bajulmati.

Waduk ini memiliki luas 98,43 km persegi dan mampu menampung air hingga mencapai 10 juta meter kubik. Waduk Bajulmati dibangun pada tahun 2006 dan mulai selesai pengerjaannya pada tahun 2015, dengan memanfaatkan aliran Sungai Bajulmati.

Waduk Bajulmati dapat kamu gunakan untuk bersantai menghabiskan waktu sejenak dari kesibukan yang melanda, dengan menikmati panorama alam yang indah.

Hamparan Bukit Yang Menghiasi Waduk
Hamparan Bukit Yang Menghiasi Waduk. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Lokasi wisata faforit di banyuwangi

Lokasi Waduk Bajulmati

Lokasi Waduk Bajulmati berada di antara perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo. Tepatnya berada di Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Rute Menuju Waduk Bajulmati

Rute menuju Waduk Bajulmati sangat mudah dilalui, lokasinya yang berada di pinggir jalan raya serta kondisi jalannya yang mulus dan dapat dilalui oleh berbagai macam jenis kendaraan.

Jika kamu bergerak dari Kota Banyuwangi, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam perjalanan dengan menempuh jarak kira-kira sejauh 41 km.

Dimana kamu akan melewati RTH (Ruang Terbuka Hijau) Bajulmati, sebelum tiba di lokasi kamu akan melalui Hutan Baluran yang sangat indah dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi. Waduk Bajulmati berada di sebelah kiri jalan.

Menyaksikan Pergantian Hari Di Waduk Bajulmati
Menyaksikan Pergantian Hari Di Waduk Bajulmati. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Si Cantik Imut, Pantai Nguyahan

Jam Buka Waduk Bajulmati

Jam operasional Waduk Bajulmati dibuka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 sore

Tiket Waduk Bajulmati

Tiket masuk menuju lokasi Waduk Bajulmati hanya akan dikenai biaya parkir sebagai berikut:

  • Untuk motor sebesar Rp. 5.000 per unit
  • Untuk mobil sebesar Rp. 10.000 per unit

Simak juga: Pesona Air terjun Kato Lampo Bali

Mengabadikan Keindahan Waduk Bajulmati
Mengabadikan Keindahan Waduk Bajulmati. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Fasilitas Waduk Bajulmati

Fasilitas yang ada di area Waduk Bajulmati diantaranya:

  • Tempat parkir yang bisa kamu lakukan dimana saja
  • Toilet
  • Sebuah gazebo atau rest area
  • Warung-warung makanan dan minuman

Daya Tarik Waduk Bajulmati

Meskipun hanya sebuah waduk yang berfungsi untuk menyimpan air, Waduk Bajulmati memiliki daya tarik tersendiri diantaranya:

1. Keindahan Waduk Bagaikan Di Raja Ampat

Panorama Alam Yang Menenangkan
Panorama Alam Yang Menenangkan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Ribuan Bunga Mekar di Kutabawa Flower Garden

Waduk Bajulmati memiliki keindahan alam yang mempesona, berlatarkan Gunung Baluran dan Pegunungan Ijen yang nampak ikut menghiasi Waduk Bajulmati.

Kamu dapat mengajak serta anggota keluarga untuk kemudian berpiknik bersama sambil menikmati keindahan yang disajikan. Udara ketika pagi dan sore hari sangat sejuk sekali, namun akan terasa panas jika kamu berkunjung di siang hari.

Untuk melihat keindahan Waduk Bajulmati secara keseluruhan, sebaiknya kamu harus menaiki bukit yang ada di sekitarnya. Kamu akan melihat hamparan bukit-bukit yang menghiasi waduk, layaknya ketika berada di Raja Ampat Papua.

Meskipun tentu saja berbeda antara Waduk Bajulmati dengan Raja Ampat, tapi ya setidaknya memiliki keindahan alam yang sama-sama mengagumkan.

Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan matahari terbenam dengan sangat indahnya dari atas bukit. Menyaksikan sendiri pergantian siang menjadi malam yang sangat menakjubkan.

Dihiasi Gagahnya Pegunungan
Dihiasi Gagahnya Pegunungan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Area Yang Sangat Luas

Waduk Bajulmati memiliki area yang sangat luas, kondisi jalannya sendiri sangat baik sekali, mudah untuk dilalui kendaraan mobil maupun motor.

Landmark Waduk Bajulmati
Landmark Waduk Bajulmati. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ketika tiba di area depan Waduk Bajulmati kamu akan menuruni jalan yang cukup tajam dan juga berbelok, sebelum menikmati lebih lama keindahan waduknya kamu dapat berkeliling-keliling terlebih dahulu.

Mengelilingi area waduk dengan keadaan alam yang sangat mempesona, dihiasi tebing-tebing yang cukup tinggi dengan pepohonan yang berwarna hijau.

Waduk Bajulmati dimanfaatkan untuk Irigasi, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM), penyedia air baku, konservasi air, serta perikanan keramba.

3. Spot Foto Menarik

Berfoto Bersama Jembatan Yang Kece
Berfoto Bersama Jembatan Yang Kece. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Negeri Atas Awan, Pango-Pango

Terdapat beberapa spot foto yang menarik di area Waduk Bajulmati, dijamin hasil jepretannya akan membuatmu tersenyum lebar.

Kamu dapat berfoto di sebuah jembatan yang kamu lewati di depan tadi, jembatan tersebut mempunyai design yang sangat unik dan instagramable banget.

Yang tak boleh ketinggalan ialah berfoto dengan latar bukit-bukit yang ada di sekitar area waduk, sungguh sangat indah sekali. Luasnya waduk dihiasi beberapa bukit yang berwarna hijau.

4. Mancing Mania

Waduk Bajulmati merupakan tempat yang sempurna untuk kamu para mancing mania, kamu dapat dengan bebas memilih lokasi untuk mancing di sekitar waduk.

Namun kamu tidak diperkenankan untuk memancing di sekitar pintu airnya, spot terbaik untuk memancing berada di ujung. Kegiatan memancing kamu akan dihiasi oleh indahnya pemandangan alam yang tersaji di depan mata.

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata yang dapat saya sampaikan untuk kamu yang hendak mengunjungi Waduk Bajulmati, yakni:

  • Waktu yang tepat mengunjungi Waduk Bajulmati ialah ketika pagi dan sore hari, jika berkunjung di siang hari akan terasa sangat panas.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup, karena lokasi warung yang cukup jauh.
  • Berhati-hatilah ketika mengambil gambar dari atas bukit.
  • Jaga selalu kebersihan lokasi Waduk Bajulmati.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan pemandangan di Waduk Bajulmati.
  • Jika membawa serta anak-anak, selalu jaga dan awasi mereka.
Waduk Yang Bermanfaat Untuk Orang Banyak
Waduk Yang Bermanfaat Untuk Orang Banyak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Penutup

Waduk Bajulmati merupakan sebuah waduk yang bukan hanya berfungsi untuk mengalirkan air bersih bagi warga di sekitar, namun merupakan sebuah tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi.

Habiskanlah weekend ini dengan mengunjungi Waduk Bajulmati bersama dengan seluruh keluarga tercinta!


Leave a Comment