Kutabawa Flower Garden, Ribuan Kembang Bermekaran di Kaki Gunung Selamet

Pada saat berkunjung ke area Kutabawa Garden, pengunjung akan menjumpai berbagai jenis bunga yang sangat indah mulai dari lavender, petunia, tanggo hingga celosia pagoda. Spot-spot indah yang tersaji inilah yang menjadikan objek wisata ini populer sehingga banyak wisatwan yang datang.

Kutabawa Flower Garden merupakan wisata yang paling hits di Purbalingga. Wisata yang satu ini merupakan sebuah taman bunga dimana banyak sekali macam-macam bunga yang ada disini, seperti lavender, tanggo, marigold, iriancis, petunia, begonia, hingga celosia pagoda.
Kutabawa Flower Garden. Image via: datawisata.com

Sambil menikmati suasana bunga-bunga indah bermekaran, pengunjung juga bisa merasakan hawa sejuk khas pegunungan Purbalingga. Suasana tenang serta udara dingin mampu menenangkan pikiran dan istirahat sejenak dari aktivitas sehari-hari yang melelahkan. Puluhan Jenis Bunga Objek wisata Kutabawa ini memang sudah sangat terkenal.

Memang, pada saat berada disini pengunjung akan senantiasa di suguhi oleh kesejukan udara yang membuat betah. Bahkan dalam perjalanan menuju area ini pun para pengunjung sudah dapt merasakan kesejukan udara di kawasan ini.

Di sisi lain, taman bagian barat didesain lebih tinggi dari pintu masuk yang membuat pengunjung dapat menyaksikan keindahan bunga-bunga yang elok ini lebih jelas lagi. Maka dari itu, pengunjung yang baru datang pun akan langsung terhipnotis untuk segera mengabadikan momen ini dengan kameranya.

Untuk itu, pengelola Taman Bunga Katabawa telah menghadirkan spot-spot foto yang menarik untuk pengunjung coba. Spot foto ini tersebar di berbagai penjuru taman, bahkan pada saat di pintu masuk pun pengunjung sudah dapat menjumpai spot foto yang keren.

Kutubawa Flower Garden etrlijat indah dari ketinggian,d engn pola taman yang artistik
Dari angkasa. Image via: @wisnudrone

Simak juga: 10 tempat wisata Hits di Purbalingga

Lokasi Kutabawa Flower Garden

Kutabawa Flower Garden berada di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

Rute Menuju Kutabawa Flower Garden

Untuk menuju lokasi wisata kutabawa flower garden dapat dilakukan dari Purbalingga. Jika pengunjung berangkat dari kota Purbalingga, pengunjung bisa menuju ke desa serang. Di situ akan bertemu dengan pertigaan, kemudian belok ke kanan.

Pertigaan itu akan membawa Pengunjung sampai pada pasar kutabawa. Di sana belok ke kanan hingga bertemu dengan masjid yang di dekatnya ada jalan masuk. Ikuti jalan tersebut, Halan itu akan mengantarkan sampai di taman wisata Kutabawa Flower Garden Purbalingga.

berpose CAntik di TAman yang cantik
Cantik di taman cantik. Image via: imageworldoftourism

Fasilitas jalan sudah cukup baik dan mudah ditempuh. Hal ini mungkin berkat kesadaran Pemerintah untuk mengembangkan sebuah destinasi wisata . Pemerintah daerah tampaknya tidak tanggung-tangung dalam memfasilitasi tempat tersebut dengan membuat infrastruktur yang memadai

Jam Buka Kutabawa Flower Garden

Lokasi wisata indah ini buka setiap hari, senin sampai Minggu. Untuk jam operasional, taman mulai buka jam di pagi hari jam 08.00, dan tutup di sore hari pada jam 17.00.

Tiket Kutabawa Flower Garden

Untuk bisa menikmati suasana wisata Kutabawa Flower Garden Purbalingga pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk tiket masuk. Biaya ini belum termasuk baiya parkir.

Fasilitas Kutabawa Flower Garden

Untuk fasilitas dasar seperti, Toilet, WC umum, tempat istirahat, warung, tempat ibadah, Kutabawa Flower Garden sudah sangat memadai.

Unutk fasilitas wisatanya, Wisata Kutabawa Flower Garden memiliki spot foto yang dapat pengunjung gunakan secara gratis, tentu saja dengan back ground banyak bunga cantik.

Daya Tarik Kutabawa Flower Garden

  1. Taman bunga yang Cantik

Kutabawa Flower Garden Merupakan tempat wisata yang belum lama ini dibuka. Taman ini menawarkan berbagai pemandangan alam dan taman bunga yang indah
Taman yang cantik. Image via: brilio.net

Simak juga: Pango-pango, wisata di atas Awan

Kutabaawa Flower Garder merupakan objek wisata yang kini populer di Purbalingga. Objek wisata ini menghadirkan berbagai bunga yang indah dan juga cantik. Bunga-bunga yang ada di area memiliki jenis yang sangat beragam dengan warna yang beraneka ragam.

Selain itu pada saat berkunjung ke area ini para wisatwan dapat menyaksikan pemandangan alam gunung Slamet yang khas akan kesejukan udaranya. Hal ini dikarenakan lokasi taman bunga ini berada di kaki gunung Slamet.

Kemudian, untuk menambah daya tarik objek wisata alam ini, pengelola berencana akan menambah lagi koleksi tanaman bunga. Tak hanya itu, wahana permainan anak-anak pun akan dibangun di area ini sehingga dapat menjadikan lokasi wisata ini sebagai lokasi wisata keluarga.

Beberapa jenis bunga yang ada di Kutabawa Flower Garden adalah Begonia, Lavender, Petunia, Tanggo, Marigold, Iriancis hingga bunga Celosia Pagoda yang mirip jenis bunga berada di taman bunga Celosia Bandungan dan jenis bunga lainnya yang sangat menawan.
Ribuan kuntum. Image via: berita.baca.co.id

Saat ini, sekurang-kurang nya ada sekitar belasan bunga cantik yang dapat pengunjung jumpai diantaranya Tanggo, Marigold, Iriancis, Celosia Pagoda dan masih banyak lagi bunga yang cantik lainnya. Kemudian, siapa sangka jika bunga-bunga yang cantik ini ditata begitu rapi sehingga nampak elok dan sedap untuk dipandang.

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan taman bunga ini lebih jelas dapat beranjak ke sisi barat. Area sebelah barat ini tempatnya lebih tinggi dari area lainnya sehingga taman bunga akan nampak jelas terlihat seluruhnya. Selain itu, di area ini juga terdapat gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersantai.

  1. Spot Foto

berpose berfoto diantara rimbun bunga di kutabawa flower garden menjadi menu utama di lokasi wisata ini
Peri Hutan. Image via: @sekarjacob_094

Simak juga: Si Cantik Imut, pantai nguyahan

Menurut pengelola, Kutabawa Flower Garden memang mengadopsi ide kebun bunga Begonia yang ada di Bandung dan mulai digemari oleh wisatawan khususnya anak muda yang suka foto. Taman Kutabawa Flower Garden juga dikemas secara apik untuk memenuhi tujuan itu.

Kelebihan dari taman bunga di purbalingga ini saat digunakan sebagai tempat berfoto, adalah adanya latar pegununganya yang indah. Latar yang tidak bisa ditemukan di tempat lain ini membuat pengunjung tidak hanya betah berlama-lama, namun juga hasil fotonya jadi lebih keren.

Maka dari itu, jangan sampai melewatkan moment untuk berfoto ria bersama cantiknya bunga yang berwarna-warni. Siapa sangka jika pengunjung dapat memilih sudut yang pas untuk berfoto di taman bunga ini karena areanya yang luas. Hal iini tentunya membuat para pengunjung tak usah merasa khawatir karena meskipun saat ramai area ini tetap memberikan ruang yang luas untuk bergerak.

Untuk menambah spot foto, selain bunga-bunga indah, terdapat juga spot dudukan santai dengan latar tulisan Kutabawa Flower Garden, ada juga frame kayu untuk foto keluarga, ayunan, dan lain-lainnya.
Ayunan di taman Bunga. Image via: @tuhad_setiawan

Banyak spot foto yang juga cukup unik dibangun di kawasan taman ini. Spot foto seperti ayunan, rumah hobbit, bangunan bentuk sarang love, tulisan unik, cafe hingga spot foto seperti balon terbang juga ada di kawasan Kutabawa Flower Garden.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut tentunya akan membuat pengunjung betah berada di area ini karena banyaknya area foto yang bisa digunakan. Dan yang tak boleh dilupakan bahwa properti-properti yang disediakan ini akan membuat hasil jepretan semakin ciamik.

Meja Perjamuan di tengah hamparan bunga naek awarna di kutabawa flower garden
Meja Perjamuan. Image via: tokoilmukita

Simak juga: Pemandian raja kuno, Bah Damanik

Tips Mengunjungi Kutabawa Flower Garden

Pada saat hendak berkunjung ke taman bunga ini sebaiknya memperhatikan cuaca. Pengunjung dapat datang pada pagi dengan cuaca yang cerah, selain ,emghindari teriknya panas matahari, pemandangan bunga yang tersaji akan nampak lebih jelas pada saat diabadikan ke kamera.

Objek Wisata Dekat Kutabawa Flower Garden

Bagi yang tertarik dengan wisata taman, setelah berburu foto di taman bunga tentu menyenangkan jika berbasah-basah di taman air. Hanya berjarak 19 km saja, pengunjung bisa menemukan Owabong Park, waterpark terbaik di Jawa Tengah.

Owabong park merupakan sebuah waterpark yang menghadirkan wahana permainan yang berbeda sesuai dengan empat kategori yang ada. Kategori tersebut yakni Zona Waterpark, Zona Sanggaluri, Zona Usman Janatin, dan Zona Cottage.

Sedangkan bagi yang suka dengan wisata taman Geologi, bsa mencoba Goa Lawa, yang hanya berjarak 4 km saja. Goa yang memiliki makna goa kelelawar ini merupakan goa tyang terbentuk dari endapan aliran lava serta batu gamping yang membeku. Goa dengan panjang sekitar 1,5 km ini juga dikenal dengan nama GOLAGA.

Demikianlah cerita kami mengenai Kutabawa Flower Garden yang bisa dijadikan tujuan wisata yang ccok untuk keluarga.

 

Baca juga:

Leave a Comment