Kutabawa Flower Garden, Eloknya Bunga Dihiasi Gagahnya Gunung Slamet Di Purbalingga

Tahun ini diawali dengan hobi baru yang menggandrungi siapa saja, yakni masyarakat mulai mengoleksi beragam jenis tanaman hias.

Di Purbalingga terdapat sebuah taman bunga yang sangat cantik ,disini kamu akan menjumpai berbagai jenis bunga mulai dari lavender, petunia, tanggo hingga celosia pagoda.

Lokasi wisata yang satu ini bernama Kutabawa Flower Garden atau sekarang bernama Kutabawa Rainbow Garden, yang terletak di Purbalingga, Jawa Tengah.

Selain pemandangan yang sangat cantik karena dihiasi oleh beragam bunga yang berwarna warni, udara di sekitarnya pun sangat sejuk. Karena memang lokasi Kutabawa Rainbow Garden ini berada di bawah kaki Gunung Slamet.

Kutabawa Rainbow Garden didesign  bukan hanya dihiasi dengan ragamnya bunga yang ada, namun bunga-bunga tersebut disusun dan dibentuk sedemikian rupa.

Suasana yang sejuk serta pemandangan yang indah akan kamu nikmati ketika berada disini, tempat wisata yang satu ini cocok untuk dikunjungi oleh siapapun dari berbagai jenis usia.

Kutabawa Flower Garden
Kutabawa Flower Garden. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 10 tempat wisata Hits di Purbalingga

Lokasi Kutabawa Flower Garden

Lokasi Kutabawa Rainbow Garden terletak di Pejagan I, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Rute Menuju Kutabawa Flower Garden

Rute menuju Kutabawa Rainbow Garden dari Purbalingga akan menempuh jarak sekitar 25 km, dengan estimasi waktu sekitar 40 menit lamanya.

Kamu bisa lajukan kendaraan menuju Desa Serang dari Purbalingga, ketika berada di jalan pertigaan belok ke kanan lalu kemudian kamu akan tiba di Pasar Kutabawa. Dari sana belok ke arah kanan lalu lanjutkan perjalanan hingga menuju Kutabawa Rainbow Garden.

Jam Buka Kutabawa Flower Garden

Jam operasional Kutabawa Flower Garden dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Tiket Kutabawa Flower Garden

Tiket masuk menuju Kutabawa Rainbow Garden hanya dengan membayar Rp. 15.000 untuk tiket masuk dan Rp. 1.500 untuk biaya pembangunan. Tiket tersebut dapat kamu tukar dengan minuman ringan dari sponsor.

Fasilitas Kutabawa Flower Garden

Fasilitas umum yang ada di Kutabawa Rainbow Garden diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo atau tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai
  • Spot foto yang cantik

Daya Tarik Kutabawa Flower Garden

Daya tarik yang coba ditawarkan Kutaba Rainbow Garden atau Kutabawa Flower Garden ini diantaranya:

1. Hamparan Bunga Yang Cantik

Berkeliling Menikmati Indahnya Kebun Bunga
Berkeliling Menikmati Indahnya Kebun Bunga. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pango-pango, wisata di atas Awan

Kutabawa Rainbow Garden merupakan salah satu objek wisata yang sedang hits di Purbalingga saat ini. Lokasi wisata yang satu ini menghadirkan berbagai jenis bunga yang indah juga sangat cantik dengan warna-warna yang beragam.

Kehadiran Gunung Slamet yang sangat gagah menambah eloknya pemandangan di Kutabawa Rainbow Garden. Terdapat sedikitnya belasan jenis bunga cantik yang dapat kamu temui di Kutabawa Rainbow Garden.

Yakni Tanggo, Marigold, Iriancis, Celosia Pagoda, Lavender, Petunia, serta beragam jenis yang lainnya yang disusun sedemikian rupa sehingga nampak cantik dan sedap untuk dipandang.

Penataan Yang Sangat Bagus
Penataan Yang Sangat Bagus. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika kamu bergerak ke sisi barat, ini merupakan tempat yang tepat untuk melihat Kutabawa Rainbow Garden dari ketinggian. Dari sini akan tampak sangat jelas betapa cantiknya lokasi wisata yang satu ini.

Terdapat beberapa area untuk bersantai dan duduk-duduk bersama seluruh anggota keluarga menikmati sejuknya udara dan pemandangan di sekitar dengan menyantap makanan atau minuman.

Konsep pembanguan Kutabawa Rainbow Garden ini diadopsi dari kehadiran Kebun Bunga Begonia yang ada di Bandung, yang menjadi kelebihannya ialah dengan kehadiran Gunung Slamet yang menjadi latar dari taman bunga di Purbalingga ini.

Bunga Cantik Penghuni Kutabawa Rainbow Garden
Bunga Cantik Penghuni Kutabawa Rainbow Garden. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Wahana Permainan

Selain menikmati keindahan hamparan bunga yang sangat cantik, di Kutabawa Rainbow Garden ini juga terdapat wahana permainan untuk anak-anak. Semakin jelaslah bahwa objek wisata yang satu ini merupakan wisata keluarga.

Wahana permainan yang ada dapat mengembangkan senyum anak-anak, disamping kita dapat mengenalkan pada  mereka cantiknya bunga-bunga yang ada.

3. Spot Foto Yang Instagramble

Simak juga: Si Cantik Imut, pantai nguyahan

Tersedia banyak spot foto yang ada di kawasan Kutabawa Rainbow Garden ini, yakni:

  • Bunga yang berwarna-warni

Tentu saja kamu ngga boleh ketinggalan untuk berfoto dengan latar bunga-bunga yang cantik ini. Selain cantik bunga yang ada memiliki warna yang beragam mulai dari pink, merah, putih, kuning serta warna lainnya yang akan menambah cantik jepretan foto yang kamu ambil.

  • Ayunan

Terdapat sebuah ayunan yang terbuat dari kayu dan dicat berwarna putih, kamu dapat bersantai dan berfoto di ayunan tersebut.

  • Landmark Kutabawa Rainbow Garden

Terdapat sebuah area untuk duduk-duduk santai dengan dipagari tulisan Kutabawa Flower Garden, yang sayang untuk kamu lewatkan.

  • Berbentuk seperti tanda cinta

Banyak sekali bentuk atau lambang cinta yang ada di area Kutabawa Rainbow Garden, dan dibuat sangat romantis sehingga cocok jika kamu berfoto dengan pasanganmu.

Berfoto Bersama Teman
Berfoto Bersama Teman. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Balon terbang

Balon terbang ini terletak di atas bukit, jadi untuk menuju spot foto yang satu ini harus sedikit melakukan perjalanan menanjak namun tak seberapa.

  • Miniatur Pagoda

Miniatrur pagoda terletak di tengah-tengah Kutabawa Flower Garden, kamu dapat berfoto dengan latar berikut bersama dengan orang terkasih.

Ragam Spot Foto Seru
Ragam Spot Foto Seru. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Masih banyak lagi spot-spot foto yang ada di objek wisata yang satu ini, lebih baik lihat dan saksikanlah sendiri.

Tips Wisata

Ketika kamu hendak mengunjungi Kutabawa Flower Garden, baiknya kamu simak beberapa tips wisata berikut:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah ya, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Udara akan terasa lebih sejuk jika kamu berkunjung di pagi dan sore hari.
  • Jaga selalu kebersihan lokasi Kutabawa Flower Garden, supaya kita dapat terus menikmatinya.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan kamera kamu untuk mengabadikan keindahan bunga di Kutabawa Flower Garden.
Dihiasi Bunga Cantik Yang Berwarna Warni
Dihiasi Bunga Cantik Yang Berwarna Warni. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pemandian raja kuno, Bah Damanik

Penutup

Segala sesuatu yang indah memang selalu memiliki daya tarik tersendiri, hamparan bunga-bunga yang cantik mampu membangkitkan semangat kita yang sudah layu.

Kunjungilah Kutabawa Flower Garden jika kamu sedang merasa suntuk, ajaklah semua anggota keluarga supaya suasana lebih menyenangkan.


Tinggalkan komentar