Goa Lawa Purbalingga, Bukti Nyata Keagungan Tuhan

Pernahkan kamu menghabiskan waktu luang dengan menjelajah goa? Di Purbalingga tepatnya di Desa Siwarak, Karangreja. Goa ini terbentuk akibat hasil endapan aliran lava dan batu gamping bernama Goa Lawa atau biasa disebut dengan Golaga (Goa Lawa Purbalingga).

Golaga tak seperti goa pada umumnya yang terbuat dari batuan kapur, goa ini terbentuk akibat lava yang keluar dari Gunung Slamet pada zaman purba. Dan setelah mengalami proses pembekuan yang tak sebentar, akhirnya terbentuklah Goa Lawa ini.

Luas Golaga diperkirakan sekitar 5 km dengan panjang 1,5 km kira-kira membutuhkan waktu sekitar 15 menit atau lebih untuk menjelajah seluruh isi goa.

Goa Lawa berarti Goa Kelelawar sehingga terdapat patung kelelawar raksasa yang menjadi ikon dari destinasi wisata yang satu ini.

Kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda ketika menjelajah Goa Lawa Purbalingga ini, selain itu terdapat sebuah coffee shop yang terletak di awal pintu masuk goa.

Balai Pertemuan Agung Di Golaga
Balai Pertemuan Agung Di Golaga. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 10 tempat wisata hits di Purbalingga

Masih banyak keseruan lainnya yang dapat kamu lakukan ketika berada di Goa Lawa Purbalingga, berikut ulasan lengkap mengenai lokasi wisata yang satu ini:

Lokasi Goa Lawa

Lokasi Goa Lawa Purbalingga tepatnya berada di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Rute Menuju Goa Lawa

Rute menuju Goa Lawa jika dari Kota Purbalingga akan menempuh jarak sekitar 25 km, dengan mengarahkan kendaraanmu menuju ke arah utara.

Adapun waktu perjalanan yang akan ditempuh adalah kurang lebih 45 menit hingga 1 jam lamanya. Jalur yang dilalui cukup bagus dan dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan. Jika kamu menggunakan rute melalui Tol Cipali keluar tol Pemalang, kemudian arahkan menuju Purbalingga.

Untuk menuju Goanya kamu harus berjalan beberapa ratus meter dari area parkir, melewati area taman yang indah dengan dilengkapi beberapa wahana wisata yang seru.

Serta kamu akan dapat menyaksikan pertunjukkan musik dengan menggunakan alat musik tradisional yang dikemas lebih modern.

Jam Buka Goa Lawa

Jam operasional Goa Lawa dibuka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 sore. Waktu yang tepat mengunjungi Golaga ialah ketika pagi hari, sehingga kamu bisa mengeksplor lebih lama lagi.

Tiket Goa Lawa

Tiket masuk menuju Goa Lawa sendiri dibedakan menjadi:

  • Untuk weekday (Senin hingga Jumat) sebesar Rp. 20.000 per orang
  • Untuk weekend dan hari libur membayar Rp. 25.000 per orang

Untuk anak dibawah usia 3 tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk

Simak juga: Saloka PArk Semarang, terbesar di Jawa

Fasilitas Goa Lawa

Fasilitas umum yang ada di Golaga ini terdiri dari:

  • Tempat parkir yang sangat luas
  • Kamar mandi
  • Tempat untuk pertunjukkan seni
  • Gazebo
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Area bermain anak
  • Spot foto
Tempat Pertunjukkan
Tempat Pertunjukan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sejarah Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa Purbalingga menyimpan sejarah tersendiri akan proses penyebaran agama Islam, lokasi ini menjadi tempat persembunyian dari dua penyebar agama Islam pada waktu itu.

Mereka bernama Ahmad dan Mohammad, keduanya dicari oleh senopati Majapahit yang bernama Ki Sutaraga. Hingga akhirnya mereka bersembunyi di dalam Goa Lawa selama beberapa hari.

Kemudian akhirnya mereka keluar dan bertemu dengan Ki Sutaraga, namun karena belum pernah bertemu sebelumnya Ki Sutaraga tak mengenali keduanya.

Keduanya mengatakan bahwa Ahmad dan Mohammad sudah mati dimakan harimau, Ki Sutaraga mempercayai apa yang telah mereka sampaikan.

Begitulah kisah yang terjadi di balik Goa Lawa yang indah, ternyata tempat ini berperan sangat besar dalam proses penyebaran agama Islam.

Pintu Masuk Menuju Golaga
Pintu Masuk Menuju Golaga. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: BJBR Probolinggo, saat rekreasi dan konservasi berdampingan

Daya Tarik Goa Lawa

Goa Lawa Purbalingga atau Golaga memang sempat ditutup dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, namun beberapa bulan lalu sudah dibuka kembali dengan menyediakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Semenjak dibuka kembali Goa Lawa selalu ramai dikunjungi pengunjung, karena memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Menjelajahi Golaga

Gerbang Menuju Area Goa Lawa Purbalingga
Gerbang Menuju Area Goa Lawa Purbalingga. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Goa Lawa Purbalingga berada di lereng Gunung Slamet sehingga memiliki hawa yang sejuk, kondisi goanya pun lembab dan ada beberapa bagian yang licin karena basah.

Ketika berada di dalam Goa terdapat beberapa petunjuk arah yang akan menuntunmu sampai pintu keluar, serta terdapat petugas yang akan membantumu jika membutuhkan bantuan.

Kondisi goanya tidak terlalu gelap karena diterangi dengan berbagai lampu warna warni yang sangat menarik, kamu akan menemukan berbagai hal menarik ketika berada di dalam goa.

Yakni kamu akan menemukan sedikitnya 14 ruangan atau goa di dalam Goa Lawa ini, diantaranya Goa Batu Semar, Goa Waringin Seto, Goa Dada Lawa, Goa Batu Keris, Goa Ratu Ayu, Goa Langgar, Goa Angin, Goa Museum Batu, Goa Rahayu, Goa Cepet, Goa Pos, Goa Danau, Goa Lorong Penembahan, serta Goa Naga.

Dihiasi Lampu Warna Warni Yang Cantik
Dihiasi Lampu Warna Warni Yang Cantik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ketika melewati goa-goa tersebut terdapat penjelasan tentangnya, sehingga tanpa terasa kamu sedang belajar mengenai sejarah Goa Lawa.

Selain goa-goa tersebut kamu juga akan menemukan Pancuran Slamet atau Sendang Drajat yang airnya ngga pernah surut dan memiliki banyak manfaat, serta Balai Pertemuan Agung yang biasa digunakan sebagai area pertemuan beberapa tokoh agama pada waktu lampau.

Pokonya seru banget deh menjelajah Goa Lawa Purbalingga ini, apalagi jika perginya bersama dengan orang terkasih. Kamu juga sekaligus bisa mengenalkan alam pada anak tercinta, selalu tuntun anak-anak ketika menyusuri Goa lawa ya.

Simak juga: Water Park Terbaik se Jateng, Owabong

2. Bermain Wahana Seru

Selain menjelajah Goa Lawa kamu juga dapat menikmati suguhan wahana wisata lainnya yang berada di area taman, seperti mencoba ragam wisata outbound serta area permainan untuk anak-anak.

3. Relax di Coffe Shop

Lava Coffee Shop
Lava Coffee Shop. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Di depan pintu masuk Golaga terdapat coffee shop dengan suasana yang berbeda dari tempat ngopi pada umumnya. Di sini kamu akan merasakan sensasi yang berbeda dan menenangkan, menyeruput secangkir kopi panas sambil melihat keadaan goa dengan segala keindahannya.

4. Hunting Foto

Berfoto Bersama Ikon Golaga
Berfoto Bersama Ikon Golaga. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kegiatan yang harus dilakukan ketika berada di Golaga ialah hunting foto yang cakep untuk kemudian diposting di berbagai media sosial yang kamu miliki.

Berfoto di dalam Goa mungkin kurang maksimal mengingat pencahayaannya yang kurang, namun jika kamu menggunakan kamera yang bagus pasti hasilnya akan memuaskan.

Bisa juga kamu berfoto ketika berada di area taman Golaga, dengan keindahan yang coba ditawarkan dengan kehadiran pohonnya yang asri.

5. Camping Ground

Simak juga: Teduhnya pantai kelapa TUban

Jika kamu ingin berlama-lama berada di Golaga kamu bisa mendirikan tenda di tempat yang sudah disediakan, habiskan malam dengan keseruan bersama kawan di bawah rindangnya pepohonan.

Atau bisa juga kamu camping di tenda yang sudah disediakan oleh pengelola yang berada di antara batang pohon yang dihubungkan oleh jembatan gantung.

Area camping yang ada di Golaga dapat menampung jumlah yang banyak, dimana kamu dapat mengatur acaranya sendiri ataupun menggunakan jasa pengelola.

Tips Wisata

  • Lebih seru jika pergi bersama dengan orang-orang terkasih.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawalah persediaan air minum untuk bekal kamu selama menyusuri goa.
  • Jaga kebersihan dan keasrian Goa Lawa Purbalingga.

Penutup

Goa Lawa Purbalingga atau Golaga merupakan sebuah lokasi wisata yang memberikan kita wahana wisata yang lengkap dan cocok untuk berbagai usia.

Kunjungilah Golaga weekend ini dan rasakanlah sensasi menyusuri goa bersejarah di Purbalingga!


Leave a Comment