Owabong Purbalingga, Water Park Terbaik di Jawa Tengah

Nama Owabong merupakan singkatan. Singkatan ini berasal dari kalimat Objek wisata air Bojongsari. Nama yang unik dengan banyak wahana yang disediakan akan membuat pengunjung dan keluarga tidak akan bosan dengan suasana Owabong.

Owabong Purbalingga adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahana permainan berupa kolam renang, arena gokart, water boom dan wahana air lainnya.
Owabong Purbalingga. Image via: @instapurbalingga

Pada awalnya area wisata air ini merupakan kolam renang pribadi yang dimiliki oleh orang Belanda. Kolam ini sendiri dibangun pada sekitar tahun 1946 yang selanjutnya beralih kepemilikan kepada Kwi Sing. Hingga pada akhirya di tahun 2004 PEMDA Purbalingga mengakuisisi area kolam ini.

Setelah itu, pihak PEMBDA Purbalingga mengalih fungsikan kolam ini menjadi objek wisata air keluarga yang memiliki banyak wahan yang seru. Selain itu pihak PEMDA pun memperluas kawasan ini dari satu hektar saja menjadi 4,8 hektar.

Owabong Purbalingga Water park memiliki berbagai wahana permainan yang dibagi menjadi empat zona. Yaitu Zona Waterpark, Zona Sanggaluri, Zona Usman Janatin, dan Zona Cottage. Setiap zona mempunyai beberapa wahana permainan yang disesuaikan dengan kategori zona tersebut.

Berawal dari sebuah kolam renang pribadi warga negara Belanda yang dibangun pada tahun 1946. Tahun 2004 Owabong PUrbalinga dibangun oleh Pemda
Kolam Olimpik. Image via: @owabong

Simak juga: 10 lokasi hits di Purbalingga

Lokasi Owabong Purbalingga

Wisata Owabong Purbalingga berlokasi di Jalan Raya Owabong No.1, Dusun 2, Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Kecamatan ini sangat mudah ditemukan, sehingga dijamin pengunjung tidak akan kesulitan menemukan lokasi ini.

Rute Menuju Owabong Purbalingga

Bagi pengunjung yang ingin datang menggunakan angkutan umum, dapat memulai dari terminal Purbalingga.  Dari Terminal Purbalingga Naik Angkutan Kota No 1. (Jurusan Bobotsari), turun di depan Polsek Bojongsari, jalan kaki / ojek ke arah barat + 500 m

Atau pilihan rute lain, dari Terminal Purbalingga Naik Angkutan Kota No 1. (Jurusan Bobotsari), turun pasar Bojongsari, naik angkutan pedesaan warna biru turun depan OWABONG

Fly Board di Owabong Purbalingga.
Fly Board di Owabong. Image via: kalderanews.com

Pengunjung dapat juga menggunakan kendaraan pribadi.  Dari terminal purbalingga lurus arah utara sampai dengan pertigaan pos polisi. Belok kanan + 10m sampai di pertigaan kompo motor kemudian belok kiri. Di Pertigaan belok kanan sampai patung knalpot, belok kiri ke arah Bobotsari.

Ambil jalur lurus sampai Polsek Bojongsari, akan tampal baliho Owabong. Di sana belok kiri. Sekitar 500 meter kemudian akan sampai di lokasi tujuan.

Jam Buka Owabong Purbalingga

Owabong Purbalingga beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Sementara, Sanggaluri Park beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB

Tiket Owabong Purbalingga

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, tentu ada tiket masuk yang dikenakan pada para pengunjung Owabong Purbalingga ini.

Owabong PUrbalingga memiliki berbagai jenis wahana
Daftar Wahana. Image via: @owabong

Simak juga: Nyiur melambai di Pantai kelapa Tuban

Untuk tiket Owabong Waterpark, pada hari Senin-Jumat tiketnya Rp 20.000. sedangkan di akhir pekan dan hari libur harganya Rp 30.000.

Sedangkan untuk  Sanggaluri Park, pada hari Senin-Jumat tiketnya Rp 15.000. sedangkan di akhir pekan dan hari libur harganya Rp 20.000.

Fasilitas Owabong Purbalingga

Owabong Purbalingga yang merupakan wisata air terkenal, tentu mempunyai fasilitas yang memadai bagi para pengunjung yang datang. Pengunjung bisa memanfaatkan mushola, area parkir, kamar mandi, kamar ganti, restoran, food court, dan pusat oleh-oleh khas Purbalingga.

Selain fasilitas pokok tersebut, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lain yang sudah disediakan. Misalnya seperti rest area, hotspot area, gazebo, coffe shop, dan masih banyak lagi.

Untuk fasilitas penginapan, pengelola Owabong menyediakan hotel berbintang dengan harga terjangkau yang bisa menjadi pilihan Anda menghabiskan waktu malam disana.

Daya Tarik Owabong Purbalingga

  1. Zona Water Park

Ember tumpah di Water Park Owabong Purbalingga
Ember tumpah di Water Park. Image via: owabong.co.id

Meskipun jarak dari rumah dan Jalan Menuju Owabong cukup jauh dan melelahkan, Namun semua itu akan hilang ketika memasuki wahana waterpark yang satu ini. Ada beberapa objek yang bisa dinikmati yaitu kolam renang yang luas dan segar.

Kolam renang tersebut terdiri dari kolam olympic, kolam akhir, kolam pesta air, kolam air panas, kolam permainan, kolam sesat, kolam terapi ikan, kolam ombak, ember tumpah bahkan pantai bebas tsunami. Para pengunjung bisa sepuasnya bermain air di Owabong.

Kolam renang Olympic di Wisata Owabong yaitu kolam renang dengan standar Internasional. Kolam renang tersebut memiliki sumber mata air berasal langsung dari alam yang akan memberikan sensasi berbeda pada Anda.

Owabong Purbalingga juga menyediakan berbagai jenis kolam
Kolam Ombak. Image via: owabong.co.id

Simak juga: Wisata dan konservasi di BPJR Probolinggo

Selanjutnya yaitu kolam renang bebas tsunami artinya kolam renang yang didesain dengan suasana pantai. Kolam renang tersebut juga terdapat gelombang air yang standar.

Kolam Pesta Air tentu tidak kalah menariknya dengan berbagai wahana lain yang ada disana. Anda bisa bermain di wahana ini yaitu dengan bangunan beberapa istana air, terapi dan bermain hujan-hujanan.

Owabong Purbalingga juga menyediakan Kolam Busa. Di sini pengunjung dapat merasakan sensasi bermain busa putih yang bertaburan di kolam. Selayaknya salju, warna putih menutupi seluruh isi kolam. Wahana ini kian seru saat air mancur menyemburkan lebih banyak busa.

  1. Zona Cottage Penuh Tantangan

Zipline Coaster owabong purbalingga salah satu wahana yang memacu adrenalin
Zipline Coaster owabong . Image via: purbalingganews.net

Owabong juga menyediakan zona Cottage yang siap menemani liburan para pengunjung. Pada zona ini, pengunjung ditantang untuk menyelesaikan berbagai rintangan dalam area outbound yang menyenangkan.

Wisatawan dapat bermain flying fox, theater 4D, wahana anjungan dirgantara, rafting adventure, arena gokart dan beberapa wahana lainnya. Zona yang satu ini cocok dikunjungi ketika datangs ednirian maupun ketika datang bersama rombongan.

Pengunjung bisa menikmati keseruan petualangan yang asik dan seru dengan menggunakan wahana Rafting Adventure. Pengunjung diajak menyusuri sungai di Purbalingga yang merupakan sungai legendaris dengan arung jeram sepanjang 7 km.

Pada bagian theater 4D, pengunjung diajak untuk menonton film yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Kursi yang ada di ruangan ini pun bergoyang-goyang yang akan bergerak sesuai dengan suasana film yang ditonton.

Bagi pengunjung yang datang bersama anak yang masih kecil, tentu tidak boleh melewatkan Anjungan Dirgantara yang ada di Owabong Purbalingga. Biasanya anak kecil sangat menyukai alat transportasi udara yang satu ini.

Pada Anjungan Dirgantara, pengunjung bersama keluarga bisa menaiki pesawat fokker 28 dengan seri 400. Wahana ini juga sudah dilengkapi dengan display miniatur pesawat sekaligus black box.

  1. Zona Sanggaluri Wahana Edukasi

Rumah gempa di Zona Sanggaluri owabong purbalingga.
Rumah gempa di Zona Sanggaluri. Image via: owabong.co.id

Simak juga: Deretan pantai indah di Pacitan

Pada Objek wisata Owabong Purbalingga ini juga terdapat Zona Sanggaluri. Zona Sanggaluri merupakan wahana bermain sekaligus edukasi bagi pengunjung. Zona yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan ketika datang bersama anak.

Buah hati tentu akan jauh lebih senang belajar dengan cara yang menyenangkan yaitu bermain. Ada beberapa wahana yang bisa menjadi pilihan yaitu museum uang, taman kelinci, taman batu, kluster optik, wahana ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), edukasi manasik haji, dan masih banyak wahana lainnya.

Pengunjung bisa menikmati wahana-wahana tersebut bersama keluarga maupun rombongan.

Yang paling banyak dicoba adalah wahana edukasi manasik haji. Pihak pengelola Owabong telah menyediakan wahana edukasi manasik haji dengan cara yang menyenangkan tanpa membosankan bagi anak-anak.

  1. Zona Usman Janatin

Istana Balon di owabong purbalingga.
Istana Balon. Image via: dinporapar.purbalinggakab.go.id

Zona selanjutnya yaitu Zona Usman Janatin yang merupakan tempat bermain khusus untuk sang buah hati. Wahana yang diperuntukkan bagi anak-anak ini terlihat begitu indah dan mempesona. Sang buah hati bisa bermain beberapa wahana di Usman Janatin sepuasnya. Misalnya taman lampion, istana balon, bom bom car, samba bola, dan masih banyak lagi.

Istana balon menyajikan berbagai jenis balon dengan berbagai macam bahan dan model. Anak Anda tentu akan merasa sangat bahagia ketika memasuki wilayah tersebut.

Seperti halnya istana balon, istana lampion merupakan sebuah taman yang berisi berbagai jenis lampion bagus dan menyala. Anak-anak bisa dikenalkan dan berfoto ria di istana lampion yang indah ini.

KOlam Sesat di owabong purbalingga
Kolam Sesat. Image via: owabong.co.id

Simak juga: Rekreasi edukasi di Tlatar Boyolali

Objek Wisata Dekat Owabong Purbalingga

Bagi yang ingin berlama-lama di purbalingga, tidak usah takut kehabisan objek wisata. Ada banyak pilihan di kabupaten ini. Salah satunya adalah lokasi foto selfie populer Puncak Sendaren.

Kawasan puncak Senderan merupakan destinasi wisata alam yang sangat cocok bagi wisatawan yang gemar berburu spot foto yang instagramable. Salah satu spot yang paling populer di area ini adalah sebuah jembatan dengan latar penorama yang elok.

Selanjutnya, ada Puncak Sibarat yang memiliki gardu pandang sebagi daya tarik utamanya. Selain itu ada juga rumah terbalik serta menara setinggi tujuh meter yang nampak eksotis dengan pemandangan hutan pinus serta gunung sumbing yang menghiasinya. Selain itu, pengunjung bisa berkemah di area yang sudah tersedia.

Nah, bagi anda yang liburan ke Purbalingga, jangan lupakan untuk mengunjungi tempat yang satu ini ya!

Selamat berlibur!

Baca juga:

Leave a Comment