11 Pantai Cantik Pacitan, Surganya Pantai Di Indonesia

Tahukah kamu bahwa Pacitan memiliki deretan pantai yang indah? Hal itu dikarenakan Pacitan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Pantai-pantai yang ada di Pacitan dapat menjadi tujuan wisata untuk kamu yang mencintai laut, rata-rata memiliki deburan ombak yang cukup kencang.

Serta suasana pantai yang indah dan berbeda antara satu dan yang lainnya. Keindahan pantainya dapat disandingkan dengan pantai yang ada di Pulau Bali.

Pantainya banyak yang dihiasi indahnya pasir putih, menyatu dengan birunya laut dan dihiasi dengan perbukitan hijau yang cantik. Pokoknya Pacitan merupakan surganya pantai di Indonesia.

Kamu baru tahu kan, bahwa Pacitan bukan hanya memiliki serangkaian goa-goa yang unik nan cantik saja. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke beberapa pantai di Pacitan, berikut ulasan pantai-pantai indah yang harus dikunjungi:

11 Pantai Pacitan Populer

1. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 13 lokasi wisata indah Pacitan

Pantai yang pertama kita bahas ialah Pantai Banyu Tibo, yang menjadi daya tarik dari pantai tersebut ialah kehadiran sebuah air terjun yang mengalirkan airnya langsung ke pantai.

Hal tersebutlah yang melatarbelakangi penamaan Banyu Tibo, Banyu yang berarti “air” sedangkan Tibo artinya “jatuh”. Keberadaan air terjun inilah yang menjadi magnet para pengunjung untuk mendatangi Pantai Banyu Tibo.

Selain itu, pantai ini memiliki keindahan bawah laut yang mengagumkan, kamu dapat melakukan kegiatan snorkeling disini. Namun, untuk kegiatan tersebut harus membawa peralatan sendiri dari rumah, ya.

Air lautnya sangat jenih dan bersih, sehingga kegiatan snorkeling kamu akan lebih mudah dan menyenangkan. Untuk bermain air di sini kamu harus berjalan menuruni tebing.

Pantai Banyu Tibo berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Harga tiket masuknya cukup membayar sebesar Rp. 10.000 saja, dan kamu bisa datang kapan saja karena Pantai Tibo dibuka selama 7 hari seminggu selama 24 jam nonstop.

2. Pantai Ngandul

Indahnya Pantai Ngandul
Indahnya Pantai Ngandul. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pantai Ngandul bisa dikatakan sebagai pantai indah yang disembunyikan, kenapa? Karena lokasinya yang berada dibalik tebing dan cukup tersembunyi.

Sebenarnya pantai ini bersebelahan dengan Pantai Buyutan tepatnya berada di sebelah timur, namun karena berada di balik tebing hingga jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Padahal Pantai Ngandul memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan, kamu tidak akan menemukan pasir disini, yang ada hanyalah tebing-tebing karang yang indah dihiasi air terjun yang sangat cantik.

Kamu jangan coba-coba untuk berenang di Pantai Ngandul ini, karena memiliki arus yang cukup deras sehingga tidak aman untuk kamu. Puaskanlah berfoto bersama indahnya alam, dan rasakan deburan ombaknya yang menenangkan.

Lokasi Pantai Ngandul terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Jam operasional dari pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop. Untuk menikmati Pantai Ngandul kamu tidak dikenakan biaya sedikitpun alias gratis.

3. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Wisata dan edukasi di Tlatar boyolali

Ada yang bilang pantai ini sebagai Raja Ampatnya Pacitan, ada juga yang bilang jika pantai ini ialah Hawainya Pacitan. Hal tersebut memanglah bukan tanpa alasan.

Karena Pantai Watu Karung memiliki gugusan batu karang yang diselimuti pepohonan yang rindang mirip seperti Raja Ampat Papua. Selain itu pantai ini memiliki deburan ombak yang bagus untuk kegiatan Surfing.

Sehingga banyak sekali wisatawan mancanegara yang datang ke Pantai Watu Karung untuk menjajal keganasan ombak yang bisa mencapai ketinggian sekitar 4 meter ini.

Airnya sangat jernih juga bersih, hamparan pasir putih mengelilingi Pantai Watu Karung. Untuk menikmati keindahan Pantai ini arahkan kendaraanmu menuju Desa Watu Karung Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang, dan dibuka semala 24 jam nonstop setiap harinya.

4. Pantai Klayar

Pantai Klayar
Pantai Klayar. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Untuk menuju Pantai Klayar kamu harus sedikit berjalan sekitar 200 meter dari area parkir, atau bisa juga dengan menggunakan jasa ojeg dengan membayar sebesar Rp. 5.000 saja.

Pantai Klayar masih termasuk kedalam rangkaian Pantai Selatan sehingga memiliki deburan ombak yang besar. Sehingga kamu dilarang untuk mandi atau bermain air di bibir pantainya.

Sesuai dengan namanya yang diambil dari kata kluyar kluyur yang berarti jalan-jalan, pantai ini sangat cocok untuk berjalan-jalan diatas pasir putih kecoklatan sambil menikmati keindahan alam yang tersaji.

Di sebelah timur Pantai Kluyur terdapat sebuah batu karang yang terbelah, konon katanya terjadi akibat pertempuran makhluk gaib.

Secara ilmiah terbelahnya batu karang tersebut diakibatkan oleh seringnya terkena deburan ombak yang cukup kencang yang berlangsung secara terus menerus.

Pantai Klayar terletak di Dusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orangnya. Kamu bisa mengunjungi pantai ini kapan saja, karena dibuka setiap hari dan tidak ada batasan waktu.

5. Pantai Teleng Ria

Cantiknya Sunset Di Teleng Ria
Cantiknya Sunset Di Teleng Ria. Sumber: phinemo.com

Simak juga: Slide terpanjang Asia di Kediri Water Park

Pantai Teleng Ria diapit oleh dua buah bukit yang menjorok ke arah laut, pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang kencang.

Terdapat papan peringatan untuk tidak berenang di radius 500 meter karena terlalu berbahaya. Namun Pantai Teleng Ria memiliki hamparan pasir yang cukup luas.

Anak-anak bahkan kamu sendiri dapat menciptakan keseruan dengan bermain pasir putih yang kecoklatan ini, ditemani oleh suara deburan ombak yang menjadi pusat perhatian telinga.

Pantai Teleng Ria berada di Dusun Balong, Desa Sidoharjo, Pacitan. Cukup dengan membayar retribusi sebesar Rp. 10.000 per orang kamu sudah dapat menikmati keindahan pantai yang dibuka setiap hari selama 24 jam ini.

6. Pantai Srau

Pantai Srau
Pantai Srau. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Memasuki area Pantai Srau kamu akan disambut dengan jajaran pohon kelapa yang menjulang tinggi ke atas, serta nampak beberapa tenda yang didirikan pengunjung untuk berkemah.

Pantai Srau memiliki hamparan pasir putih yang bersih serta dihiasi oleh dua buah tebing batu yang menjorok ke arah laut, serta beberapa bukit yang menghiasi lautnya yang biru.

Kamu dapat bermain-main air di bibir pantai, sambil menunggu ombak datang kemudian pergi menjauh ketika ombak sudah mulai dekat.

Terdapat beberapa buah gazebo untuk kamu yang ingin bersantai sambil menikmati birunya laut yang dihiasi bukit hijau yang cantik. Sempatkanlah untuk melihat eloknya Sunset dan Sunrise di Pantai Srau.

Kamu dapat menikmati keindahan di pantai ini kapan saja kamu mau, karena lokasi wisata air ini dibuka setiap hari selama 24 jam penuh. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja, lokasinya berada di Desa Candi (Dusun Srau), Kecamatan Pringkuku, Pacitan.

7. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Pantai Buyutan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Air terjun dan HUtan di Srambang Ngawi 

Pantai Buyutan berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Sama seperti pantai yang ada di Pacitan pada umumnya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah juga luas.

Namun, yang menjadi daya tarik pengunjung ketika mengunjungi Pantai Buyutan ialah adanya keberadaan beberapa batu karang di tengah laut.

Batu karang tersebut telihat menyerupai berbagai bentuk, ada yang seperti perahu, sebuah mahkota, dan bentuk lainnya. Banyak pengunjung yang mengabadikan diri mereka bersama dengan batu-batu karang tersebut.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang kamu dapat menikmati keindahan pantainya selama 24 jam nonstop. Ya, Pantai Buyutan dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Jangan lupakan untuk bermain airnya yang jernih, ombaknya tak terlalu besar jadi masih aman untuk kamu bermain air di Pantai Buyutan.

8. Pantai Pangasan

Pantai Pangasan
Pantai Pangasan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Untuk menuju Pantai Pangasan kamu harus melalui jalan setapak melewati area pesawahan, ketika tiba di area pantai kamu tak akan melihat kehadiran pasir di bibir pantai.

Pantai Pangasan memang tidak memiliki pasir, keberadaanya digantikan oleh bebatuan karang yang bederet dengan berbagai ukuran.

Di sebelah barat pantai terdapat sebuah bukit yang biasa disebut dengan Gunung Lanang, bukit tersebut tegak berdiri seperti sedang melindungi.

Selain kehadiran Gunung Lanang, Pantai Pangasan juga dihiasi oleh dua batu besar yang menjulang ke atas. Kamu dapat duduk-duduk di atas batu karang yang tersebar di sekitar pantai, sambil bermain segarnya air.

Pantai Pangasan berada di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Pacitan. Kamu dapat menikmati keindahan pantainya secara gratis, dibuka setiap hari selama 24 jam.

9. Pantai Langitan

Pantai Langitan
Pantai Langitan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Agrowisata Bhakti Alam

Satu lagi pantai di Pacitan yang belum terjamah oleh orang banyak, Pantai Langitan namanya. Lokasinya berada di bawah tebing, sehingga untuk menuju area pantainya kamu harus menuruni tebing terlebih dahulu.

Pantai Langitan memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan cukup luas, kamu dapat bermain air di sekitar pantainya. Suasananya yang tenang dapat dijadikan tempat untuk menepi dari kepenatan yang selama ini kamu lalui.

Pantai Langitan terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Dibuka selama 7 hari seminggu selama 24 jam, dengan akses masuk belum dikenakan biaya sepeser pun.

10. Pantai Pidakan

Hamparan Bebatuan Di Pantai Pidakan
Hamparan Bebatuan Di Pantai Pidakan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Yang menjadi ciri khas dari Pantai Pidakan ialah pasirnya diganti dengan bebatuan alam yang berwarna putih bersih, terhampar di sekitar pantai.

Ketika berada di Pantai Pidakan kamu dilarang untuk melakukan kegiatan berenang, karena deburan ombaknya yang cukup kencang sehingga tidak aman.

Terdapat beberapa tempat duduk untuk kamu bersantai sambil menikmati keindahan Pantai Pidakan, serta ada juga spot foto untuk kamu mengambil beberapa foto.

Pantai Pidakan berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan. Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 saja per orangnya. Pantai Pidakan dibuka setiap hari mulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 17.00 sore.

11. Pantai Watu Bale

Menikmati Keindahan Pantai Watu Bale
Menikmati Keindahan Pantai Watu Bale. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pantai Watu Bale mulai diresmikan dan dijadikan sebagai sebuah kawasan wisata mulai tahun 2017 lalu, pantai ini tidak memiliki hamparan pasir.

Derasnya ombak menghantam batu karang yang ada di sekitar pantai. Di tengah pantainya terdapat sebuah batu yang memanjang, menyerupai sebuah bale atau tempat pertemuan.

Hal tersebutlah yang melatarbelakangi penamaan Pantai Watu Bale. Untuk menuju batu tersebut sudah tersedia sebuah jembatan gantung yang akan cukup menguji adrenalin.

Pantai Watu Bale berada di Jl. Pacitan-Trenggalek, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan. Dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 19.00 malam, dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja per orangnya.

Penutup

Begitulah keindahan pantai yang dimiliki Pacitan, setiap pantai yang ada memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kamu tinggal tentukan ingin mengunjungi pantai yang mana.


Tinggalkan komentar