Pantai Pangasan Pacitan, Ketenangan Alam Yang Dihiasi Batuan Karang

Pacitan terletak di ujung barat daya Jawa Timur, dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Di Pacitan, tepatnya di Desa Kalipelus terdapat sebuah pantai yang sedang hits saat ini, yakni Pantai Pangasan.

Pantai Pangasan Pacitan merupakan sebuah tempat wisata air yang menghadirkan pemandangan yang sangat indah, dan membuat para pengunjung terhipnotis karenanya.

Apalagi ditambah dengan hadirnya sebuah tebing batu yang cukup tinggi di sisi timur dan barat. Tebing batu tersebut biasa disebut dengan Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran.

Yang paling menakjubkan dari Pantai Pangasan Pacitan ini ialah tidak adanya pasir yang biasanya menghiasi bibir pantai, yang ada hanya serakan bebatuan karang dengan ukuran yang beragam.

Paduan Yang Sangat Menakjubkan
Paduan Yang Sangat Menakjubkan. Sumber: travel.tribunnews.com

Simak juga: 11 Pantai cantik di Pacitan

Keindahan dari Pantai Pangasan akan saya ulas lebih lengkap sebagai berikut:

Lokasi Pantai Pangasan Pacitan

Lokasi dari Pantai Pangasan Pacitan terletak di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Rute Menuju Pantai Pangasan Pacitan

Rute menuju Pantai Pangasan Pacitan dari pusat kota Pacitan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit untuk menuju Desa  Kalipelus, dengan melalui jalur Lintas Selatan.

Sebelum Fly Over Gayam belok kiri memasuki pertigaan jalan yang menanjak, kemudian belok kanan hingga tiba di Pasar Gayam. Lurus terus mengikuti jalan Fly Over, kemudian kamu harus memasuki gapura Desa Klesem.

Setelah melewati Balai Desa Kalipelus kamu akan menjumpai pertigaan jalan, ambil arah ke kiri, terus ikuti saja jalan yang sudah di hotmix. Ketika kamu melihat pertigaan jalan kembali, tetaplah berada di arah kiri.

Kondisi jalannya tak terlalu lebar disamping itu jalannya penuh dengan turunan serta belokan, keadaan di sepanjang perjalanan masih sangat asri sekali. Kiri kanan jalan dihiasi dengan rimbunnya pepohonan, hanya sesekali kamu akan menjumpai rumah warga.

Ketika sudah menjumpai jalanan yang menurun agak tajam, tibalah kamu di area parkir motor. Namun kamu tak langsung dapat menikmati keindahan pantainya.

Trekking Menuju Pantai Pangasan Pacitan

Setelah memakirkan kendaraan, trekking menuju Pantai Pangasan diawali dengan menuruni beberapa anak tangga. Kemudian dilanjutkan dengan menapaki jalan setapak, dengan kondisi jalan yang hanya mengandalkan bekas yang biasa dilalui.

Yang paling menarik dari Pantai Pangasan ialah sebelum menuju Pantai kamu akan melalui area pesawahan warga terlebih dahulu., tidak terdapat petunjuk apapun untuk menuju lokasi.

Namun, sepanjang trekking kamu akan menyusuri pepohonan yang rindang, rumput yang menjulang, serta pesawahan yang terhampar luas. Kamu hanya benar-benar mengandalkan insting untuk sampai di Pantai Pangasan.

Landmark Pantai Pangasan
Landmark Pantai Pangasan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Pantai Pangasan Pacitan

Jam operasional Pantai Pangasan Pacitan ini dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Namun, karena kamu akan melalui jalan setapak yang belum dilengkapi lampu penerangan jalan, sebaiknya datang ketika matahari masih bersinar dengan terang.

Tiket Pantai Pangasan Pacitan

Tiket masuk Pantai Pangasan Pacitan ini masih gratis, kamu dapat menikmatinya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Di lokasi tempat parkir terdapat sebuah kotak yang dapat kamu isi seikhlasnya untuk membantu mengembangkan lokasi wisata yang satu ini.

Simak juga: PAsir putih pantai Bercak Pacitan

Fasilitas Pantai Pangasan Pacitan

Mengenai fasilitas yang ada, di sekitar Pantai Pangasan Pacitan belum terdapat fasilitas umum yang memadai.

Daya Tarik Pantai Pangasan Pacitan

Diberi nama Pantai Pangasan karena lokasi pantai yang satu ini banyak sekali batu karangnya, justru hal tersebutlah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pantai yang satu ini.

Selain itu Pantai Pangasan Pacitan memiliki daya tarik yang lainnya, seperti:

1. Keindahan Pantai Pacitan

Jika kamu melihat dari jalur trekking menuju Pantai Pacitan kamu sudah dapat melihat keindahan pantai, dengan laut yang membiru serta terdapat tebing tinggi nan kokoh di kedua belah sisinya.

Lokasi pantai ini terdiri dari dua wilayah, yakni sisi sebelah Barat dan sisi sebelah Timur. Pantai Pacitan berada di sisi sebelah Barat dengan ciri khasnya ialah hamparan bebatuan karang.

Deburan Ombak Menghantam Batu Karang
Deburan Ombak Menghantam Batu Karang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ya, Pantai Pangasan tidak mempunyai pasir yang ada hanyalah batu karang dengan berbagai macam ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Deburan ombak yang tenang sesekali menyentuh batu karang, laut yang berwarna biru dipadukan dengan tebing yang sangat indah merupakan mahakarya Tuhan yang sangat luar biasa.

Tebing yang ada di sebelah barat Pantai Pangasan ini bernama Gunung Lanang, tegak berdiri seperti melindungi. Selain itu terdapat dua buah batu besar yang memanjang ke atas, kedua batu ini merupakan landmarknya Pantai Pangasan.

Kokohnya Gunung Lanang
Kokohnya Gunung Lanang. GoogeMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keindahan Pantai Pangasan sungguh sangat menakjubkan, keadaan pantai yang tidak terlalu ramai menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri.

Kamu dapat duduk-duduk di sebuah batu karang, yang telah diberi atap sederhana supaya kamu tak kepanasan. Dengan menghadap ke arah laut lepas, lepaskan semua energi negatif yang ada dalam diri.

2. Menikmati Pantai Sangklehan

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Pangasan di sebelah Barat, cobalah beranjak ke sebelah timur. Kamu akan menikmati suasana pantai yang sangat berbeda.

Pantai yang satu ini memiliki hamparan pasir yang berwarna kehitaman, warga sekitar menyebutnya dengan nama Pantai Sangklehan. Tebing yang ada di sebelah timur ini bernama Gunung Ganjuran.

Area timur ini merupakan pembatas dengan lainnya yakni dengan Desa Katipugal. Kamu dapat duduk di atas pasir sambil menikmati keindahan pantai yang tersaji dengan sangat indah di depan mata.

Pantai Sangklehan
Pantai Sangklehan. Sumber: www.youtube.com

Simak juga: Pesona PAntai Walaikiri Sumba

Di ujung sebelah timur nampak terdapat sebuah goa kecil, kamu dapat memasuki gua tersebut hanya jika air pantainya sedang surut. Di dalam goa kamu akan mendapati bebatuan yang berbentuk bulat, serta hewan kelelawar yang tinggal di dalamnya.

3. Camping Di Pinggir Pantai

Kata siapa kalau camping hanya asyik dilakukan di pegunungan? Cobalah untuk melakukan kegiatan camping di pinggir Pantai Pangasan Pacitan. Terdapat sebuah area untuk mendirikan tenda yang dekat dengan area pesawahan.

Pemandangan Pantai Pangasan yang sangat indah terlihat jelas dari area tersebut, dan untuk menuju Pantai kamu hanya tinggal berjalan kaki beberapa menit saja.

bermalam di alam terbuka dengan beralaskan tanah dan beratapkan langit yang dipenuhi bintang, serta suara deburan ombak yang selalu menemani. Merupakan pengalaman camping yang mengasyikan dan tak terlupakan.

Hilangkan Rasa Penat Dalam Diri
Hilangkan Rasa Penat Dalam Diri. Sumber: www.dowes29.com

Tips Wisata 

Jika kamu hendak mengunjungi Pantai Pangasan baiknya simak baik-baik tips wisata berikut ini:

  • Perhatikan kondisi cuaca ketika kamu hendak pergi.
  • Karena kondisi jalan yang tak terlalu lebar, lebih baik gunakan kendaraan roda dua.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup, karena di sekitar lokasi Pantai Pangasan tidak ada warung-warung makanan maupun minuman.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin.
  • Berhati-hatilah ketika menapaki bebatuan di sekitar pantai.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian Pantai Pangasan.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Pangasan Pacitan.
Pantai Pangasan Pacitan
Pantai Pangasan Pacitan. Sumber: www.pegipegi.com

Simak juga: Pantai Puru Kambera berpagar Cemara 

Penutup

Pantai merupakan tempat yang tepat untuk mengadukan rasa gundah yang bergelayut dalam diri, apalagi Pantai Pangasan masih belum banyak dikunjungi wisatawan.

Kunjungilah dan nikmati keindahan Pantai Pangasan lebih dekat!


Leave a Comment