Agrowisata Bhakti Alam, Kondisi Terkini Objek Wisata Keluarga Andalan Di Pasuruan

Agrowisata merupakan aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas lainnya seperti kandang hewan, untuk dijadikan sebagai objek wisata yang menarik.

Dewasa ini keberadaan Agrowisata berperan sangat besar untuk keberlangsungan pengetahuan anak-anak khususnya tentang alam yang ada di sekitar.

Mengingat anak-anak zaman sekarang lebih terpusat pada dunia tekhnologi, jadi keberadaan agrowisata sangatlah berperan untuk meningkatkan pengetahuan mereka.

Di Pasuruan, Jawa Timur terdapat sebuah agrowisata yang menjadi andalan. Yakni Agrowisata Bhakti Alam yang tepatnya berada di Desa Ngembal.

Yang menjadi ciri khas dari Agrowisata Bhakti Alam ialah buah durian yang terkenal manis dan nikmat sekali. Selain dapat mencicipi buah-buahan yang ada, terdapat beberapa wahana permainan lain yang dapat kamu nikmati.

landmark bhakti alam
landmark bhakti alam. GoogleMark. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 11 Tempat wisata di Pasuruan

Berikut ulasan lengkap mengenai Agrowisata Bhakti Alam:

Lokasi Bhakti Alam

Lokasi Agrowisata Bhakti Alam terletak di Jl. Bhakti Alam Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, Pasuruan, Jawa Timur.

Rute Menuju Bhakti Alam

Rute menuju Bhakti Alam jika kamu bergerak dari Surabaya akan menempuh perjalanan sekitar 30 km, dengan mengarahkan kendaraanmu menuju pertigaan purwosari. Kemudian belok ke arah kiri untuk menuju Probolinggo.

Selanjutnya terus lajukan kendaraanmu mengikuti petunjuk jalan yang sudah tersedia. Jalurnya menanjak karena berada di ketinggian sekitar 550 mdpl, jadi pastikan kondisi kendaraanmu dalam keadaan baik.

Jam Buka Bhakti Alam

Jam operasional Agrowisata Bhakti Alam dibuka setiap hari Selasa sampai dengan hari Minggu mulai pukul 08.30 hingga pukul 15.30 sore. Sedangkan untuk hari Senin lokasi wisata ini tutup.

Tiket Bhakti Alam

Tiket memasuki Agrowisata Bhakti Alam sebesar:

  • Untuk weekday (Senin-Jum’at) sebesar Rp. 50.000 per orang
  • Untuk Weekend (Sabtu dan Minggu) harus membayar Rp. 55.000 per orang

Setiap pengunjung yang datang akan difasilitasi kereta wisata untuk mengelilingi area Agrowisata Bhakti Alam, namun dikarenakan saat ini masih dalam keadaan Pandemi Covid-19 fasilitas tersebut ditiadakan.

Jadi kamu mengelilingi area tersebut dapat menggunakan kendaraan yang kamu bawa. Dan setelah membayar tiket masuk kamu akan mendapatkan sebuah goodie bag yang berisi makanan dan minuman ringan.

Selain itu kamu juga akan mendapatkan voucher makan di kantin yang sudah disediakan.

Fasilitas Bhakti Alam

Fasilitas umum yang ada di Bhakti Alam diantaranya:

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Gedung serba guna
  • Rumah makan atau Kantin
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Penginapan atau Cottage

Daya Tarik Bhakti Alam

Agrowisata Bhakti Alam sempat ditutup beberapa waktu lalu demi mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, namun sekarang sudah dibuka kembali dengan menerapkan konsep yang berbeda. Meskipun begitu, Agrowisata masih ramai dikunjungi karena memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Mengelilingi Area Kebun Bhakti Alam

dihiasi taman bunga yang cantik
dihiasi taman bunga yang cantik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pantai Lhoknga spot surfing dan sunset terbaik di Aceh

Agrowisata Bhakti Alam memiliki luas sekitar 300ha, didalamnya terdapat kebun buah-buahan, bunga-bunga yang cantik, area wahana permainan, taman air, restoran, penginapan, serta area untuk kamu berfoto.

Sepertinya kalau berjalan kaki mengelilingi area Bhakti Alam cukup melelahkan juga ya, oleh karena itu agrowisata yang satu ini menyediakan kereta wisata untuk memudahkanmu berkeliling.

Sayangnya dalam keadaan pandemi seperti ini kereta wisata tersebut tidak difungsikan, jadi kamu berkeliling area Agrowisata Bhakti Alam menggunakan kendaraan yang kau bawa.

Telah tersedia petunjuk arah kemana saja kamu harus melaju. Yang paling menarik ialah kamu akan melewati 3 buah pos yang akan memberikan kamu permainan yang disertai hadiah.

Untuk Pos 1 dan 2 berbentuk permainan, dimana permainan tersebut akan menentukan hadiah yang akan kamu terima. Setelah selesai bermain kamu akan diarahkan untuk menuju pos selanjutnya.

Di Pos yang ke 3 ini, kamu akan diberikan beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab. Hadiah yang diterima tergantung pada jawabanmu.

Selama mengelilingi area Bhakti Alam kamu akan melihat beberapa kebun buah dan taman bunga yang sangat cantik. Sesekali kamu juga akan melihat monyet-monyet bergelantungan kesana kemari.

taman indah spot foto favorite pengunjung
taman indah spot foto favorite pengunjung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Mencoba Wahana Permainan

Selain memiliki hamparan kebun yang sangat luas, Agrowisata Bhakti Alam juga menyediakan beberapa wahana permainan yang dapat kamu mainkan. Diantaranya:

  • Mini Buggy

Jika anak-anak ingin mencoba mengendarai mobil offroad mini atau gocart, di wahana Mini Buggy lah tempatnya. Untuk orang dewasa juga ada loh.

Disini juga tersedia wahana ATV untuk menapaki jalur yang cukup menantang dan memacu adrenalin. Pas banget untuk kamu yang mempunyai jiwa offroad.

  • Paintball

Ini merupakan permainan kerjasama, dimana kamu akan bermain perang-perangan dengan menggunakan peluru udara yang sudah diberi warna.

  • Wahana De Jaran

Di wahana ini kamu dapat menunggangi kuda, dan bergaya layaknya seorang koboi.

  • Arena Outbound

Di arena ini kamu bisa mencoba wahana Flying Fox, serta beberapa wahana lainnya yang mengikuti pelatihan militer dalam melatih ketahanan tubuh.

  • Trick Art Gallery

salah satu wahana yang ada
Salah satu wahana yang ada. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Trick Art Gallery merupakan sebuah studio foto 3D dengan koleksi puluhan gambar yang menggunakan teknologi 3D. Kamu pun dapat mencoba berfoto dengan teknologi canggihnya.

Sayangnya, semua wahana tersebut untuk saat ini tak dapat kamu nikmati. Semoga saja pandemi Covid-19 segera berlalu sehingga kamu dapat mencoba semua wahana yang ada di Agrowisata Bhakti Alam.

Simak juga: Danau Lau Kawar yang mempesona

3. Mengujungi Kandang Hewan

Simak juga: Lembah Harau, di lingkari tebing 500 meter

Selain melihat kebun buah yang sangat luas serta taman bunga yang cantik, Agrowisata Bhakti Alam juga memelihara beberapa hewan, dimana kamu dapat berinteraksi langsung dengan mereka.

Yang paling disukai pengunjung ialah ketika mengunjungi kandang sapi, disana kamu dapat memerah susu sapi dan mencoba yoghurtnya. Agrowisata Bhakti Alam memiliki pabrik pengolahan susu sapi sendiri.

4. Memanen Buah

mencicipi durian yang terkenal
Mencicipi durian yang terkenal. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ketika sedang berkeliling Agrowisata Bhakti Alam, kamu dapat singgah di kebun buah yang sudah siap untuk dipanen. Buah yang akan kamu panen tergantung pada musim, jadi tak semua buah-buahan dapat kamu panen saat itu.

Buah-buahan yang kamu petik nantinya akan ditimbang kemudian dengan membayar sesuai dengan harga yang ditetapkan kamu dapat membawa pulang buah yang kamu panen.

5. Bermain Air

wahana air yang ada di bhakti alam
wahana air yang ada di bhakti alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ragam wisata seru lain yang dapat dilakukan yakni bermain air di kolam mini yang didesain sangat unik dengan warna-warni yang lucu. Selain itu dilengkapi dengan pancuran air yang akan membuat anak-anak sangat bergembira.

6. Hunting Foto

Setelah puas menikmati wahana-wahana yang ada, sempatkan untuk mengunjungi sebuah taman yang sangat cantik. Taman tersebut dihiasi dengan bentuk-bentuk yang lucu dan berwarna warni, pasti akan membuat fotomu menjadi lebih keren.

salah satu spot foto di bhakti alam
salah satu spot foto di bhakti alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Gunung Tujuh, danau menawan di Kerinci

Penginapan

Di area Agrowisata Bhakti Alam, terdapat sebuah penginapan yang bernama Bhakti Alam Cottage. Menyediakan beberapa kamar dengan tipe dan harga yang berbeda-beda. Range harga yang ditawarkan berkisar antara Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 1.000.000 per malamnya.

Selain itu terdapat juga fasilitas Barrack untuk kamu yang datang bersama rombongan, dengan biaya yang harus kamu bayar sekitar Rp. 25.000 per orang.

Penutup

Agrowisata Bhakti Alam merupakan tempat untuk rekreasi bersama dengan seluruh anggota keluarga, bukan hanya rekreasi kamu juga akan mendapatkan pengalaman dan pengajaran yang tak terlupakan.

Meskipun kamu tak dapat menikmati semua wahana yang ada, namun keseruan yang akan tercipta tidak berkurang.


Tinggalkan komentar