Kebun Pak Budi, Pengalaman Bertani, Beternak, dan Berwisata Dalam 1 Area

Kebun Pak Budi, didedikasikan sebagai lokasi wisata wisata edukasi yang juga sangat rekreatif. Di arena wisata edukasi ini banyak disisipkan spot selfie yang instagenik. Tidak salah jika kemudian konsep wisata ini dikenal dengan nama edutainment, yakni edukasi dan entertainment dalam satu kawasan terpadu.

Kebun Pak Budi, didedikasikan sebagai lokasi wisata wisata edukasi yang juga sangat rekreatif. Di arena wisata edukasi ini banyak disisipkan spot selfie yang instagenik
Kebun Pak Budi di Lereng Arjuno. Image via: puteramentari.com

Wisata edukasi yang berlokasi di lereng Arjuno dengan ketinggian 500 mdpl ini, diberi nama sesuai nama pemiliknya, Budi Sugiharto. Area yang hanya perkebunan biasa pada awalnya kini dibuka untuk umum setelah melihat sambutan hangat dari masyarakat.

Ide dasar dari Kebun Pak Budi adalah kegiatan pendidikan anak-anak. Sehingga dengan konsep ini anak-anak dapat mempelajari bagaimana suatu makanan itu bisa dikonsumsi. Di kebun pak Budi, anak-anak juga dapat mempelajari bagaimana cara membudidayakan ikan di kolam ikan.

Kemudian, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan kopi luwak, serta edukasi mengenai peternakan, dan pertanian dan lainnya.

di kebun pak budi ada pula edukasi soal peternakan, pertanian, perikanan dan perkebunan.
Mau nengok Sawah. Image via: @jenervouz

Simak juga: 11 tempat wisata di Pasuruan

Lokasi dan Rute Kebun Pak Budi

Lokasi wisata edukasi kebun Pak Budi Ini terletak di alamat Sekar Mojo, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Lokasi wisata sejuk ini berada di lereng gunung arjuno, pada ketinggian 500 meter di atas permukaan Laut.

Uutk menuju Lokasi Kebun Pak Budi dari kota Pasuruan, pengunjung bisa berangkat menuju Monumen Purwosari lalu belok kanan atau barat laut. Jika dari Malang, di pertigaan Purwosari, belok kiri. Cukup ikuti jalan Indrokilo sampai Anda melihat pertigaan dekat Masjid.

Kemudian belok kiri, jalan lurus sampai Anda mencapai dusun canggih. Lokasi wisata Kebun Pak Budi berada di sisi kanan jalan.

Jam Buka Kebun Pak Budi

Jam buka wisata edukasi kebun Pak Budi Ini hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

Jam kunjung populer wisatawan di tempat wisata edukasi kebun Pak Budi Ini mulai pukul 11 siang sama dengan pukul 15 sore.  Jadi yang ingin menikmati suasana alam dan tidak terhalang dengan para pengunjung lain ada baiknya kalian menghindari jam kunjungan populer.

Khusus hari Senin tempat wisata edukasi kebun Pak Budi ini tutup. Hari Senin digunakan untuk masa rehabilitasi berbagai fasilitas yang ada di sini.

Tiket Kebun Pak Budi

Harga tiket masuk Wisata edukasi Kebun Pak Budi adalah Rp. 35.000/orang untuk Senin hingga Jumat.

Sementara harga tiket masuk Kebun Pak Budi pada akhir pekan dan hari libur adalah Rp. 50.000/orang.

Kebun Pak Budi ini selain menyediakan villa, kamar-kamar penginapan, juga disediakan glamping site alias tempat nginap di tenda tapi fasilitas penginapan

Fasilitas Café. Image via: kebunpakbudi.com

Fasilitas Kebun Pak Budi

Pengelola Taman Kebun Pak Budi ini menyediakan fasilitas yang sangat memadai. Fasilitas yang disediakan antara lain taman kelinci, penginapan, mini market, kafe, mushola, dan yang lainnya.

Kebun Pak Budi ini selain menyediakan villa, kamar-kamar penginapan, juga disediakan glamping site alias tempat nginap di tenda tapi fasilitas penginapan. Ada area api unggunnya di tengah-tengah. Di dekatnya juga terdapat kolam ikan yang dapat digunakan untuk pengunjung dan anak-anaknya untuk belajar memancing.

Daya Tarik Wahana Kebun Pak Budi

  1. Spot Foto

Salah satu spot favorit pengambilan foto di kebun pak budi, adalah bangunan menyerupai jembatan gantung dari bambu dan patung ikonik Pak Budi degan berbagai posenya.
Nemenin pak Budi. Image via: @lailatulkhuriy

Simak juga: di SKI Bogor, dari Belanja Hingga Berenang

Di masa sekarang ini, mengunjungi lokasi wisata tentu belum sah jika belum mengambil foto. Baik sebagai kenangan pribadi maupun untuk dibagikan di walls media sosial. Pengelola kebun pak budi sangat menyadari hal ini, maka kebun didesain tampil cantik. Dengan beberapa sudut yang sangat ideal untuk spot pengambilan foto instagram.

Salah satu spot favorit pengambilan foto di kebun pak budi, adalah bangunan menyerupai jembatan gantung dari bambu dan patung ikonik Pak Budi degan berbagai posenya.

Selain memanfaatkan spot tertentu, lingkungan sekitar puns ebenarnya sudah sangat memadai untuk latar foto. Mulai dari panorama alam gunung arjuno, peternakan, situs glamping, kebun hidroponik, kolam ikan, dan berbagai objek lainnya.

  1. Glamping

Kata glamping merupakan gabungan dari dua kata, yakni "glamour" dan "camping". Hal ini berarti glamping merujuk pada suatu bentuk perkemahan modern
Glamping. Image via: traveloka.com

Camping, mungkin kata yang sudah sangat biasa di dengar di kalangan pencinta wisata alam terbuka. Sebuah kegiatan menginap di kawasan terbuka dengan menggunakan tenda sebagai tempat berteduh. Kegiatan ini umumnya identik dengan “ruwet”, kotor, dan menyusahkan. Hal ini membuat banyak yang enggan melakukan aktifitas yang sebenarnya sangat menyenangkan itu.

Menyadari hal itu, Kebun Pak Budi menghadirkan solusi praktis atas masalah itu. Yaitu pengunjung bisa tetap merasakan nikmatnya camping, namun tanpa diribetkan dengan berbagai persiapan yang menyusahkan. Perpaduan 2 hal ini melahirkan Glamping.

Kata glamping merupakan gabungan dari dua kata, yakni “glamour” dan “camping”. Hal ini berarti glamping merujuk pada suatu bentuk perkemahan modern dengan menggabungkan esensi alam dan dengan adanya fasilitas yang memadai.

Fasilitas yang sudah tersedia di glamping Kebun Pak Budi adalah tempat tidur, listrik, air, dan beranda pribadi. Jadi, pengunjung tidak perlu mendirikan tenda, mencari sumber air, mencari sumber makanan atau yang lainnya saat karena biasanya kebutuhan inti sudah tersedia saat glamping.

  1. Edukasi Pertanian

Di sini, kebun yang digunakan bukanlah kebun seperti di pegunungan. Melainkan kebun sayuran dengan sistem hidroponik.
Belajar Hidroponik. Image via: dm.sch.id

Simak juga: Wonderland Karawang, main air di tengah Kota

Di kebun Pak Budi tersedia lahan sawah yang tidak terlalu luas namun cocok sebagai edukasi bercocok tanam. Pengunjung dapat mempelajari cara menanam padi, merawatnya sampai memanennya. Pengunjung juga dapat melihat orang-orangan sawah yang berfungsi untuk menakut-nakuti burung.

Tak hanya sawah, para pengunjung juga dapat mempelajari cara menanam sayur sayuran dengan sistem hidroponik. Sayuran yang ditanam beraneka ragam seperti sawi dan lainnya. Meskipun tidak ditanam secara konvensional namum hasilnya cukup bagus.

  1. Eduaksi Peternakan

Jika ingin belajar beternak, pengunjung dapat mendatangi peternakan sapi dan kelinci
Kelinci pak Budi. Image via: mari-liburan-yuk

Salah satu media pembelajaran yang bisa di gunakan  adalah peternakan sapi. Pengunjung dapatmempelajari cara perawatan sapi, hingga memanen hasil dari sapi, bis berupa susu maupun daging. Kemudian pengunjung juga dapat mempelajaritentang perikanan. Di sini terdapat kolam untuk pembesaran ikan. Pengunjung akan diajarkan cara budidaya ikan.

Disamping bisa belajar dalam bidang peternakan dan perikanan, kawasan ini juga menyediakan wahana seperti kolam pemancingan ikan. Di sana pengunjung yang hobi memancing bsia menyalurkan hobinya.

Objek Wisata Dekat Kebun Pak Budi

Bagi yang memang sudah terlanjur jatuh cinta pada wisata edukasi atau agrowisata, pasuruan masih memiliki beberapa tempat lainnya. Salah satunya adalah Bhakti Alam yang berjarak 18 km dari Kebun Pak Budi. Bhakti Alam menyajikan keindahan alam dengan kebun buah, bunga bunga dan tanaman yang luas.

Bhakti alam, tetangga Pak Budi.
Bhakti alam, tetangga Pak Budi. nativeindonesia.com

Simak juga: 4 Zona seru di Cikao Park Purwakarta

Area taman cukup luas, dibangun di tanah seluas 300 ha. Di dalamnya terdapat taman bunga, taman air, tanaman buah-buahan, restoran dan juga penginapan. Terdapat juga spot selfie . Udaranya juga sejuk, menjadikan tempat wisata ini nyaman dikunjungi.

Masih di Pasuruan, namun sedikit lebih jauh, dalam jalan 21 km, terdapat Air Terjun Putuk Truno. Memiliki ketinggian sekira 45 meter, keelokan air terjun Putuk Truno sungguh mempesona. Berada di kaki gunung Welirang dan gunung Arjuno memberikan suasana sejuk pada lokasi ini.

Secara keseluruhan, dapat kami simpulkan, Taman Pak Budi ini bisa menjadi alternatif wisata yang bisa kamu pilih saat sedang berada di Pasuruan. Bisa bersama dengan keluarga, ataupun juga sendiri tidak ada masalah sama sekali.

Baca juga:

Leave a Comment