11 Tempat Wisata Tretes, Traveling Ke Desa Elok Di Tanah Pasuruan

Tempat wisata Tretes memang sangat didominasi oleh wisata alam, yang menawarkan view elok, yang berbalut dengan kesejukan udaranya.

Bagi anda yang belum tahu, Tretes adalah nama sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Desa Tretes sangat terkenal karena meskipun statusnya desa, namun memiliki ragam tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Memang, jarang sekali satu desa memiliki lebih dari tempat wisata. Beruntunglah bagi Desa Tretes yang memiliki lebih dari satu objek wisata.

Dan perlu anda ketahui juga, bahwa Desa Tretes sudah sanagt populer dari sebelum jaman kemerdekaan Republik Indonesia.

Para pengunjung jangan terkejut, jika pas mulai masuk kawasan Tretes banyak orang yang menawarkan penginapan, atau villa di Tretes. Karena salah-satu yang terkenal di Tretes adalah penginapan, atau villanya.

Lalu apa saja sebetulnya pesona keindahan dari tempat wisata yang ada di Tretes, Pasuruan? Maka inilah review 11 tempat wisata Tretes, beserta objek wisata yang lokasinya dekat dengan Tretes.

11 Tempat Wisata Tretes

1. Air Terjun Kakek Bodo

air terjun kakek bodo
air terjun kakek bodo. google maps. sumber: Nadir Nahdi

Simak juga: wisata indah air terjun kakek bodo

Perjalanan pertama kita awali dari tempat wisata Tretes yang menyajikan air terjun yang cantik. Namanya unik, yaitu Air Terjun Kakek Bodo.

Air Terjun Kakek Bodo. Daya tariknya sudah sampai ke mancanegara. Terbukti, yang datang bukan hanya wisatawan nasional saja, namun ada juga wisatawan mancanegara.

Air Terjun Kakek Bodo memiliki keitinggian sekitar 40 meter, air yang turun sangat deras sekali menuju kolam air terjun yang tergolong besar.

Sumber mata airnya berasal dari sungai Kaligetik, sehingga sangat dipengaruhi oleh musim. Saat musim hujan, maka debit air turun sangat deras sekali.

Daya tarik selanjutnya dari Air Terjun Kakek Bodo adalah objek wisata air terjun yang dilengkapi dengan fasilitas laiinnya, seperti:

  • Kolam Renang
  • Jembatan Oval
  • Jalan Hutan
  • Makam kakek bod, sebagai legenda di Air Terjun Kakek Bodo.
  • Amphi Teather

Semua fasilitas tersebut tersaji indah dalam satu kawasan. Maka wajar saja jika banyak pengunjung yang datang ke Air Terjun Kakek Bodo.

  • Lokasi Air Terjun Kakek Bodo  terletak di lereng Gunung Wlirang. Dan alamat Air Terjun Kakek Bodo berada di Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Kakek Bodo Rp. 20.000 wisatan nusantara
  • Harga tiket masuk Air Terjun Kakek Bodo Rp. 25.000 untuk wisatawan mancanegara.
  • Air Terjun Kakek Bodo buka dari pukul 07.00 – 17.00.

2. Air Terjun Putuk Truno

air terjun putuk truno
air terjun putuk truno. google maps. sumber: Nano Jesicastudio

Simak juga : Info Lengkap Air Terjun Putuk Truno

Tempat wisata Tretes selanjutnya masih tentang wisata air terjun. Namanya Air Terjun Putuk Truno, sebuah air terjun yang memiliki air yang jernih, kolam yang luas, dan Air Terjun Putuk Truno memiliki ketinggian sekitar 45 meter.

Daya tarik Air Terjun Putuk Truno, keindahannya sudah dimulai saat trekking. Pemandangan alam sekitarnya juga sangat indah, serta banyak sudut cantik yang bisa dijadikan spot selfie.

Namun sebagai catatan, sebetulnya dimanapun lokasi objek wisatanya, selalu update, dan pastikan terlebih dahulu jam operasionalnya. Karena banyak tempat wisata yang terdampak kebijakan pencegahan  Covid-19.

  • Lokasi dan alamat Air Terjun Putuk Truno berada di  Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Putuk Truno Rp. 18.000 per orang.
  • Air Terjun Putuk Truno buka dari pukul 08.00 – 17.00.

3. Air Terjun Alap-Alap

Simak juga: 11 tempat wisata Demak

Tempat wisata Tretes berupa air terjun selanjutnya adalah Air Terjun Alap – Alap. Lokasinya berada di dekat Air Terjun Kakek Bodo, sekitar 3 kilometer jaraknya dari air terjun tersebut.

Daya tarik dari Air Terjun Alap – Alap adalah trekkingnya yang masih alami, dan menantang. Masih berupa bebatuan, dan tanah.

Bagi para pecinta objek wisata air terjun, tentu saja kondisi yang masih natural dari awal perjalanan adalah sebuah sensasi tersendiri.

Yang ke dua, daya tarik Air Terjun Alap – Alap adalah air terjun yang memiliki 3 tingkatan. Namun debit air yang turun tidaklah besar.

Tinggi Air Terjun Alap – Alap sekitar 40 meter, air yang mengalir dari atas menuju ke bawah melalui bebatuan, di sekitar alam yang masih asri.

  • Lokasi dan alamat Air Terjun Alap – Alap secara administratif berada di Desa Pecalukan,  Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Namun terkenal sebagai bagian dari wisata Tretes.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Alap – Alap : –
  • Air Terjun Alap – Alap belum mempunyai keputusan resmi terkait jam operasionalnya.

4. Air Terjun Kebo Glundung

air terjun kebo glundung
air terjun kebo glundung. google maps. sumber: harris slowroup

Simak juga: 11 tempat wisata Kendari

Masih seputar air terjun di wisata Tretes. Nama tempat wisata Tretes selanjutnya adalah Air Terjun Kebo Glundung. Sebuah air terjun eksotis di sebuah benteng alam yang sangat kokoh.

Daya tarik Air Terjun Kebo Glundung terkenal sebagai air terjun yang kawasan alam yang masih asri. Jalur trekkingnya belum tertata, oleh karena itu jalur menyusuri aliran sungai dengan debit air yang kecil, dan melalui bebatuan.

Di ujung perjalanan, mata pengunjung akan takjub, karena perjalanannya mentok. Di depan mata yang ada hanyalah tebing batu yang kokoh, yang menjulang tinggi, dan di tebing tersebut mengalir air terjun indah, yang bernama Air Terjun Kebo Glundung.

  • Lokasi dan alamat Air Terjun Kebo Glundung berada di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Kebo Glundung : –
  • Jam buka Air Terjun Kebo Glundung belum memiliki keputusan resmi.

5. Coban Lowo

coban lowo
coban lowo. google maps. sumber: Jetwiz

Simak juga: 11 tempat wisata Singkawang

11 tempat wisata Tretes selanjutnya adalah Coban Lowo. Dalam istilah jawa, kata coban bermakna sama dengan air terjun, atau curug.

Ciri khas dari Coban Lowo adalah posisi air terjunnya yang sedikit terhalang oleh sebuah tebing batu. Dan Coban Lowo tidak terlalu tinggi, serta memiliki kolam yang lumayan dalam, namun tidak luas.

  • Lokasi dan alamat Coban Lowo berada di antara Tretes, dan Pacalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Coban Lowo : –
  • Jam buka Coban Lowo bulum memiliki keputusan resmi.

6. Candi Jawi

candi jawi
candi jawi. google maps. sumber: Alteree

Setelah selesai jalan-jalan menikmati air terjun yang ada di Tretes, kita sedikit bergeser tempat wisata Tretes yang menyajikan pesona wisata sejarah, dan religi, yang bernama Candi Jawi.

Secara administratif memang bukan termasuk ke Desa Tretes, namun kebanyakan orang menganggap sebagai bagian dari kunjungan wisata ke Tretes.

Candi Jawi memiliki arsitektur khas, serta memiliki ketinggian sekitar 24,5 meter, dikelilingi oleh parit yang ditumbuhi oleh teratai. Candi Jawi diperkirakan dibangun pada abad ke 13.

  • Lokasi dan alamat Candi Jawi berada di Candi wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Candi Jawi Rp. 3000 per orang.
  • Candi Jawi buka dari pukul 07.00 – 17.00.

7. Taman Safari Indonesia 2

taman safari II prigen
taman safari II prigen. google maps. sumber: Onyx Lee

Simak juga: 11 tempat wisata Sabang

Taman Safari Indonesia 2, atau disebut juga Taman Safari Prigen adalah salah-satu taman safari terbesar yang ada di Indoenseia.  Meskipun letaknya bukan di Desa Tretes, namun Taman Safari Prigen menjadi paket wisata Tretes yang tidak bisa dipisahkan.

Daya tarik Taman Safari Prigen adalah kawasan yang menyajikan perjalanan mengelilingi sebuah kawasan hutan, dimana di kawasan tersebut hudp berbagai jenis satwa.

Selain itu, di kawasan Taman Safari Prigen, atau Taman safari Indonesia 2 juga terdapat wahana Waterpark. Sehingga menjadi objek wisata yang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga yang edukatif.

  • Lokasi dan alamat Taman Safari Indonesia 2, atau Taman Safari Prigen berada di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Taman Safari Prigen Rp. 80.000.
  • Taman Safari Prigen, atau Taman Safari Indonesia 2 buka dari pukul 08.30 – 16.30.

8. Taman Candra Wilwatikta

taman candra wilwatikta
taman candra wilwatikta. google maps. sumber: Pagon Setiawan

Tempat wisata Tretes selanjutnya yang bertemakan sejarah, dan budaya adalah Taman Candra Wilwatikta. Secara administratif memang bukan di Desa Tretes, Kecamatan Prigen.

Sejarah Taman Candra Wilwatikta adalah lokasi yang pernah dijadikan sebagai tempat berlatih para pasukan Majapahit. Maka wajar saja jika area Taman Candra Wilwatikta bisa menampung hingga 15 ribu pengunjung.

  • Lokasi dan alamat Taman Candra Wilwatikta berada di Jl. DR. Soetomo, Sumber Gedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Taman Candra Wilwatikta : –
  • Taman Candra Wilwatikta buka dari pukul 08.00 – 18.00.

9. Masjid Cheng Ho

masjid cheng ho pasuruan
masjid cheng ho pasuruan. google maps. sumber: Susi Rengganies

Simak juga: 11 tempat wisata Banyumas

Jika anda pernah membaca tentang Masjid Cheng Ho, maka tentu saja tidak akan heran jika lokasi Masjid Cheng Ho bukan hanya ada di satu tempat saja.

Lokasi Masjid Cheng Ho berada di :

  • Surabaya
  • Palembang
  • Pasuruan

Masjid Cheng Ho menjadi tempat wisata Pasuruan yang sangat bersejarah, karena menjadi sala satu ragam, dan bukti penyebaran Islam di Indonesia.

  • Lokasi dan alamat Masjid Cheng Ho berada di Jl. Raya Kasri No.18, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Masjid Cheng Ho : –
  • Masjid Cheng Ho buka selama 24 jam.

10. Sien Orchid

11 tempat wisata Tretes selanjutnya adalah Sien Orchid. Sebuah objek wisata alam yang menyajikan parade keindahan tanaman Anggrek.

Objek wisata Sien Orchid menjadi destinasi wisata yang sangat cocok sebagai wisata keluarga saat liburan tiba, serta mampu menyajikan latar yang keren bagi penyuka selfie.

Tidak kurang dari 10.000 ragam Anggrek, serta kawasan Sien Orchid memiliki luas sekitar 2 ektar. Sebuah kunjungan wisata yang seru, dan edukatif.

  • Lokasi dan alamat Sien Orchid berada di Jl. Raya Ngempalk No.6, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Sien Orchid : –
  • Sien Orchid buka 24 jam.

Namun sayangnya objek wisata yang satu ini sudah tutup permanen.

11. Kawasan kuliner Hotel Surya

Simak juga: 11 tempat wisata Bintan

11 tempat wisata Tretes ditutup dengan sebuah perjalanan ke tempat yang menyajikan wisata kuliner. Nama tempatnya adalah Kawasan Kuliner Hotel Surya.

Lokasi tersebut menyajikan beraneka ragam kuliner khas, dengan harga yang sangat terjangkau, dan memiliki citarasa tersendiri yang nikmat di lidah.

  • Lokasi Kawasan Kuliner Hotel Surya berada di depan Hotel Surya. Alamat Kawasan Kuliner Hotel Surya berada di Jl. Taman Wisata, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur..
  • Harga tiket masuk Kawasan Kuliner Hotel Surya: –
  • Kawasan Kuliner Hotel Surya buka selama 24 jam.

Tinggalkan komentar