Air Terjun Kakek Bodo, Wisata Alam Yang Indah di Pasuruan

Berbicara soal pariwisata di Indonesia memang beragam dan sangat banyak. Hampir setiap daerah mempunyai pesonanya masing-masing. Menariknya lagi, kawasan ini selalu hadir dengan misteri dan mitos yang seakan tidak boleh terpisahkan. Seperti itu pula objek wisata yang ada di pasuruan, Jawa Timur.


Ada sebuah air terjun yang namanya kurang populer. Tetapi, memiliki pesona yang tidak boleh dilewatkan. Banyak keseruan dan kecerian yang akan diperoleh saat mengunjungi kawasan ini. penasaran seberapa indah air terjun kakek bodo ini? Mari kita simak hasil penjelajahannya berikut ini,

Air Terjun Kakek Bodo
Air Terjun Kakek Bodo. Image via: travel.detik.com

Air Terjun Kakek Bodo

Inilah dia kawasan favorit para pendaki Gunung Arjuna atau Gunung Welirang bila melalui titik Tretes. Pesonanya yang menyegarkan membuat mereka berteduh sejenak menghela nafas sebelum melakukan perjalanan panjang nan mendebarkan. Suasana riuhnya air membuat sebuah ketenangan dan kedamaian merasuk hingga ke kalbu.

Selain kawasan air, objek wisata ini juga menyediakan taman yang pas untuk selfie. Selain itu, pemandangan sekitar memang aduhai. Pepohonan yang menjulang tinggi, serta kicauan burung yang bernyanyi, menambah eloknya pemandangan di Lereng Gunung Arjuna ini. Apalagi suhu udara disini hanya 12 sampai 18 derajat. Sudah kebayang dingin dan sejuk kan.

Lihat juga: review Taman Safari Sprigen

air-terjun-kakek-bodo 2
Air terjuan Kakek Bodo. Image via: tabloidwisata.com

Tidak hanya anak muda saja tetapi, orang tua pun ikut menikmati air terjun yang memiliki tinggi 40 meter. Berada di 850 mdpl, membuat siapa pun pasti akan terpesona dan terbuai oleh nuansanya. Uniknya objek wisata ini mempunyai 3 pintu masuk sekaligus. Keren bukan, seperti sebuah pendakian gunung yang biasanya memiliki beberapa titik pendakian.

Air terjun ini bersumber dari sungai kaligetik yang terus mengalir sepanjang musim. Jadi, tidak perlu takut kehabisan air bila datang ke kawasan ini waktu musim kemarau. Hanya saja, debitnya yang tidak terlalu banyak. Berbeda bila, sobat native datang saat musim penghujan yang sangat melimpah.

Pintu pertama berada di Candi jawi, pintu kedua berada di Taman safari II Prigen, dan pintu terakhir terletak di belakang hotel surya. Ketiga pintu ini memiliki keunikan jalan dan jarak masing-masing. Tetapi, tetap dengan pemandangan nan elok khas Gunung Arjuna.

forest walk
Forest Walk menuju Air terjun. Image via: @ecotourism.jatim

Simak: indahnya sunrise dan sunset di Gunung Bromo

Pintu Masuk Air Terjun

Diantara ketiga kawasan ini, pintu pertama merupakan jalan terbaik bagi sobat native yang ingin menikmati kawasan ini. Dikarenakan, kawasan ini adalah jalan tembus yang sudah di bangun agar tidak terlalu lelah dalam berjalan. Oleh karena itu, pintu masuk ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada musim liburan tiba.

Untuk pintu ke dua, jarang sekali di lalui. Lantaran kebanyakan sobat native memilih jalur pintu pertama yang jelas lebih cepat. Nah, untuk pintu tiga biasanya untuk para pendaki yang ingin mendaki gunung arjuna. Selain rutenya yang cukup jauh, kawasan ini juga memiliki pemandangan nan esoktis karena lebih menyatu dengan alam.

camping ground
Area Camping. Image via: keluaryuk.xyz

Di jalur pintu tiga ini, sobat native juga akan menemui area camping yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati dinginnya malam serta eloknya pagi. Hadirnya bumi perkemahan ini, membuat para pendaki senang lantaran bisa menikmati segarnya Air terjun kakek bodo terlebih dahulu.

Disarankan bagi sobat native yang memilih area camping sebagai tempat untuk bermalam membawa selimut yang cukup tebal. Udara dingin akan terasa pada pukul 12 dini hari keatas. Bila datang di musim kemarau, gunakan selimut lebih. Karena, suhu dinginnya akan lebih terasa menusuk sampai ke tulang.

Menariknya camping di kawasan ini adalah sobat native bisa berkenalan dengan beberapa pendaki yang ingin naik keatas atau yang sudah naik. Bercengkrama sembari makan beberapa jagung bakar dan di depan api unggun memang begitu menyenangkan. Apalagi, saat bintang-bintang di langit muncul tanpa putus. Jangan sampai lewatkan momen ini ya sobat native.

Asal-Usul

makam kakek bodo
Makam kakek Bodo. Image via: liputan6.com

Keindahan kawasan ini pun tidak luput dari yang namanya cerita legenda atau mitos dan juga misteri mengenai kakek bodo ini sendiri. Dimana, dahulu kala, ada seorang kakek yang mengabdi pada sebuah keluarga belanda. Apa pun yang diinginkan di kasih dan dipenuhi termasuk segala fasilitas yang bersifat duniawi.

Nah, suatu hari sang kakek pergi meninggalkan keluarga ini dan bertapa di sebuah air terjun, beliau ingin melepaskan segala urusan tentang dunia. Kemudian keluarga belanda ini datang dan menganggap kakek ini bodoh. Karena pertapaannya tersebut, kakek pun mendapatkan kesaktian dan mampu menolong orang lemah.

Lantaran penyebutan kakek bodoh tersebut, air terjun ini pun di beri nama kakek bodoh. Menariknya lagi. sobat native bisa melihat makam kakek bodo. Hanya saja, tidak sembarang orang bisa masuk ke kawasan ini. karena makam ini cukup angker dan dikeramatkan oleh warga sekitar.

Jalan menuju air terjun
Jalan menuju air terjun. Image via: @lulunyuni

Alamat Lokasi

Air terjun kakek Bodo berada di Jalan Taman Wisata No. 541, Prigen, Semeru, Pasuaruan , Jawa Timur, kode pos 67157. Jarak yang di tempuh menuju ke kawasan ini dari Surabaya adalah 60 km. untuk waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam perjalanan.

Sobat native juga bisa menggunakan transportasi umum. Naik bus dari Surabaya menuju ke malang. Kemudian, turun di pandaan. Lanjutkan perjalanan menuju ke daerah tretes. Biasanya, sobat native akan diangkut oleh izusu 1300 dengan tujuan pertigaan pasar tretes dengan harga 5 ribu rupiah saja. nah, turun di depan hotel surya.

Bagi yang ingin menikmati pintu masuk satu. Perjalanan menuju tretes sobat native akan melewati candi jawi. Turun saja di kawasan tersebut. Selanjutnya lanjutkan dengan berjalan kaki yang tidak terlalu jauh. Sememtara itu, di depan pintu masuk yang ketiga sobat native akan disuguhkan dengan pembiakan hewan rusa.

Prasasti lokasi
Awal tangga. Image via: keluaryuk.xyz

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati kawasan ini sobat native harus mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah. Nah, untuk camping di sini cukup membayar 5 ribu rupiah saja. Tarif parkir yang dikenakan untuk kendaraan bermotor adalah 3 ribu rupiah.

Untuk mobil akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah.

Kolam Renang

kolam renang
Kolam di dekat air terjun. Image via: lelungan.net

Menikmati air terjun memang kurang afdol bila tidak berenang menikmati segarnya air. Nah, di kawasan ini tepatnya di bawah curahan air terjun terdapat sebuah kolam alami dengan kedalaman 1 sampai 5 meter. Inilah kolam renang alami yang sering digunakan sobat native untuk mandi atau sekedar berenang.

Biasanya, setelah para pendaki yang turun langsung menyerbu air ini tanpa pikir panjang. selain digunakan untuk berenang. sobat native lainnya menggunakannya untuk foto-foto. Jadi, jangan sampai lupa membawa kamera dengan kualitas tinggi, agar setiap momen di sini bisa diabadaikan dengan baik.

Air Terjun Kakek Bodo adalah nuasan alam yang coba di hadirkan di Pasuruan, Jawa Timur. Keindahannya tidak diragukan lagi. Ayo datang dan nikmati kawasan ini. Jangan lupa ajak saudara, keluarga. Sahabat. Serta teman agar keseruan dan keceriaan akan tercipta.  Rasakan pengalaman berbeda di air terjun kakek bodo ini.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment