Air Terjun Kakek Bodo, Wisata Pasuruan Layaknya Taman Raksasa

Air Terjun Kakek Bodo merupakan wisata Pasuruan, Jawa Timur yang menyajikan berbagai macam spot wisata dalam satu kawasan yang sama.

Bahkan, Air Terjun Kakek Bodo bisa juga sebagai destinasi wisata keluarga saat akhir pekan, maupun saat libur nasional tiba. Jalurnya tidak ekstrim seperti pada umumnya jalur trekking menuju lokasi utama air terjun.

Selain itu, kawasan objek wisata Air Terjun Kakek Bodo juga sudah dikenal oleh turis mancanegara. Buktinya, harga tiket masuk Air Terjun Kakek Bodo dibedakan antara wisatawan lokal, nasional, dengan wisatawan mancanegara.

air terjun kakek bodo
air terjun kakek bodo. google maps. sumber: IceBold

Tidak hanya berhenti sampai di situ saja, daya tarik Air Terjun Kakek Bodo terletak di kawasan wisata Tretes, Pasuruan, Jawa Timur. Dengan demikian, dekat dengan objek wisata lainnya yang populer di Pasuruan.

Namun sebelum kita lanjutkan review tentang Air Terjun Kakek Bodo, perlu penulis sampaikan bahwa saat kebijakkan PPKM berlangsung, tempat wisata harus tutup sementara waktu.

Terutama untuk wilayah pulau Jawa, dan Bali. Adapun tempat wisata yang diperkenankan untuk buka, biasanya membatasi jam operasional, pembatasan jumlah kunjungan wisatawan, serta kewajiban melaksanakan protokol kesehatan.

Lihat juga: review Taman Safari Sprigen

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Kakek Bodo

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo terletak di lereng Gunung Welirang, kawasan wisata Tretes. Adapun Alamat Air Terjun Kakek Bodo berada di Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Kakek Bodo

Akses jalan menuju Air Terjun Kakek Bodo bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran. Kondisi jalannya juga sudah bagus.

Jalan menuju Air Terjun Kakek Bodo dari alun-alun Pasuruan berjarak sekitar 43 kilometer, dengan total waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Setelah sampai di area parkir, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk bisa sampai di lokasi utama Air Terjun Kakek Bodo.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo

Tiket masuk Air Terjun Kakek Bodo Rp. 25.000 untuk wisatawan Nusantara.

tempat pembayaran tiket
tempat pembayaran tiket. google maps. sumber: Ali Alshehri

Jam Buka Air Terjun Kakek Bodo

  • Air Terjun Kakek Bodo buka dari jam 07.00 – 17.00.
  • Air Terjun Kakek Bodo buka setiap hari.

Fasilitas Di Air Terjun Kakek Bodo

Fasilitas wisata di Air Terjun Kakek Bodo sangat lengkap, di antaranya:

  • Area parkir yang luas,
  • Warung, atau kantin,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Kolam renang,
  • Spot selfie,
  • Taman.

Simak: indahnya sunrise dan sunset di Gunung Bromo

Jalur Trekking Menuju Air Terjun Kakek Bodo

Setelah pengunjung sampai di area parkir, maka lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, atau disebut juga dengan trekking menuju jalur yang sudah ditentukan.

Jaraknya memang jauh, sekitar 1,5 kilometer. Namun, perjalanannya cukup menyenangkan, serta jalurnya sudah tertata dengan baik hingga ke area utama Air Terjun Kakek Bodo.

Sebelumnya, perlu penulis sampaikan bahwa kunjungan wisata ke Air Terjun Kakek Bodo sangat disarankan jangan di musim hujan, serta selalu utamakan keselamatan.

Trekking pertama akan melewati area kolam renang. Kolam renangnya berada di sebelah kiri, dan di bawah jalur. Anda bisa berenang bersama keluarga saat nanti pulang dari lokasi air terjun.

kolam renang air terjun kakek bodo
kolam renang air terjun kakek bodo. google maps. sumber: Sofia Meiliasari

Setelah itu, para pengunjung akan melewati lorong panjang yang terbuat dari akar-akar pohon. Tidak sedikit pengunjung yang melakukan selfie di area tersebut.

Setelah melewati lokasi tersebut, para pengunjung akan tiba di area terbuka, layaknya taman raksasa. Lokasi tamannya tertata secara baik, serta terdapat beberapa spot selfie.

lorong akar
lorong akar. google maps. sumber: Karina Theja Kusuma

Jalur trekkingnya sudah berbentuk tangga, dan terbuat dari cor-coran, dan susunan bebatuan. Jika anda membawa anak anda, disarankan untuk tetap berhati-hati, karena pinggiran jalur tersebut masih berupa tumbuhan, bukan berupa pagar kayu, atau besi.

Area selanjutnya, sekaligus area terakhir yang akan dilalui oleh para pengunjung sebelum sampai di lokasi utama adalah makam Kakek Bodo. Makam tersebut menjadi ikon, serta dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.

Dari makam tersebut, para pengunjung akan melewati jalur yang di samping kiri, dan kanannya berupa batuan besar. Hal tersebut menjadi pertanda bahwa lokasi utama Air Terjun Kakek Bodo sudah tidak jauh lagi.

Mitos Air Terjun Kakek Bodo

makam kakek bodo
makam kakek bodo. google maps. sumber: indra pribadi

Keberadaan Air Terjun Kakek Bodo tidak bisa dipisahkan dengan cerita mistis di sekitar air terjun yang berkembang terutama di masyarakat sekitar.

Cerita mistis Air Terjun Kakek Bodo terkait erat dengan sosok Kakek Bodo, yang makamnya bisa dijumpai saat menuju lokasi utama air terjun.

Banyak versi terkait sosok Kakek Bodo tersebut, sehingga bagi sebagian pihak diksi mitos dirasa kurang tepat, mengingat bukti makamnya memang nyata adanya.

Salah-satu versi menyebutkan bahwa Kakek Bodo sebetulnya memiliki nama asli Triman. Beliau adalah orang yang sholeh, serta suka menolong orang lain dengan kesaktian yang dia miliki.

Triman, atau Kakek Bodo, sering bertapa di sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Sabrangan. Setelah Triman wafat, untuk menghormati beliau nama air terjun yang semula bernama Air Terjun Sabrangan berubah menjadi Air Terjun Kakek Bodo.

Daya Tarik Air Terjun Kakek Bodo

1. Air Terjun

lokasi utama air terjun kakek bodo
lokasi utama air terjun kakek bodo. google maps. sumber: IceBold

Daya tarik yang pertama tentu saja keberadaan air terjunnya. Air Terjun Kakek Bodo memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Sumber airnya berasal dari Sungai Kaligetik.

Jika sumber mata air sebuah air terjun bersumber dari sungai, maka sangat dipengaruhi sekali oleh musim, terutama debit air yang turun.

Termasuk dengan Air Terjun Kakek Bodo. Airnya sangat dipengaruhi musim. Saat musim hujan, debit airnya akan sangat besar, sehingga terdapat papan pengingat untuk menghindari lokasi utama, dan aliran sungainya saat debit air tinggi.

Oleh karena itu, kunjungan wisata ke objek wisata Air Terjun Kakek Bodo tidak di saat musim hujan ya…

2. Kolam Renang, Dan Area Taman

pesona alam
pesona alam. google maps. sumber: Asa Umu

Daya tarik selanjutnya adalah area kolam renang yang dekat dengan lokasi parkiran. Kolam tersebut dilengkapi dengan wahana seluncuran, airnya juga bersih, dikelilingi oleh view alam yang asri.

Selain itu, terdapat area taman yang besar, yang dilengkapi dengan beberapa spot selfie. Di lokasi tersebut menjadi tempat yang nyaman untuk makan bersama keluarga, serta mengabadikan momen keindahan tersebut.


Tinggalkan komentar