11 Tempat Wisata Bintan, Keindahan Alam Yang Tak Ada Habisnya

Kabupaten Bintan sebelumnya merupakan Kepulauan Riau yang keindahan alamnya sudah dikenal selama beberapa waktu hingga ke mancanegara, dengan terdiri dari beberapa pulau kecil dan besar.

Dimana pada tahun 2006 dan setelah melalui beberapa proses yang cukup panjang, akhirnya Kabupaten Kepulauan Riau berubah menjadi Kepulauan Bintan.

Kepulauan Bintan merupakan pulau terbesar yang ada di Kepulauan Riau, terbentang di sebrang Singapura dan Johor Baru, Malaysia.

Maka tak heran jika banyak destinasi wisata yang akan memanjakan kamu selama berada di Bintan. Pesona alamnya akan membuatmu terbuai dan terkagum-kagum.

Berikut beberapa ulasan tempat wisata di Binta yang harus kamu kunjungi:

11 Tempat Wisata Bintan

1. Teluk Lagoi

lagoi bay
lagoi bay. google maps. sumber: Handz Rizky

Simak juga: 11 tempat wisata Pati

Teluk Lagoi atau disebut juga dengan Lagoi Bay merupakan destinasi wisata alam yang pertama, karena meskipun baru tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang dari dari dalam maupun luar negeri.

Teluk Lagoi memiliki hamparan alam yang sangat indah, birunya laut dihiasi hamparan pasir putih serta deretan pohon kelapa yang ikut meramaikan suasana.

Banyak keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Teluk Lagoi diantaranya, memancing, bermain speedboat dan jetski, serta menjelajahi Lagoi Bay lantern Park.

Serta banyak sekali resort atau villa yang bisa kamu sewa untuk dapat menikmati lebih lama keindahan alam di Teluk Lagoi ini.

Lokasi: Desa Sebong Lagoi, kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

2. Gunung Bintan

panorama alam gunung bintan
panorama alam gunung bintan. google maps. sumber: GERVINKO

Bintan ternyata memiliki lokasi wisata alam berupa gunung yang sangat indah, namanya ialah Gunung Bintan. Gunung tersebut berada di ketinggian sekitar 340 mdpl, sehingga akan menghasilkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Trekking yang akan kamu lakukan sekitar 2 jam, namun hal tersebut tergantung pada kekuatan fisik kamu sendiri. Bisa lebih atau bahkan kurang.

Selama mendaki kamu akan dapat melihat banyak pohon durian, serta keadaan alam yang masih sangat asri. Terdapat pula sebuah air terjun yang harus kamu kunjungi ketika berada di Gunung Bintan.

Untuk kamu para petualang sejati, dapat mendirikan tenda dan berkemah bersama kawan sambil menikmati alam sepanjang malam.

Lokasi: Kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

3. Crystal Lagoon

serunya berenang di kolam renang terbesar
serunya berenang di kolam renang terbesar. google maps. sumber: Jack SSL

Simak juga: 11 tempat wisata Sumba

Crystal Lagoon merupakan salah satu lokasi wisata selanjutnya yang berupa kolam renang dengan luas sekitar 800 meter. Dan disebut-sebut sebagai kolam renang terbesar yang ada di Asia Tenggara loh.

Disini kamu akan merasakan seperti sedang berenang dilautan, ditambah lagi airnya yang asin. Crystal Lagoon berada di Chill Cove, Treasure Bay Bintan. Dan ketika berada disini kamu akan menikmati banyak sekali wahana permainan yang pastinya seru banget.

Diantaranya wakeboarding, bumper boat, cable tube, jet ski, kayak, paddle boat, Crystal Lagoon, serta bermain seluncuran dengan tinggi sekitar 7,5 meter. Serta masih banyak permainan lainnya yang harus kamu coba.

Kedalaman kolamnya bertahap hingga mencapai 2,5 meter, sehingga aman juga untuk kamu yang membawa serta anak-anak.

Lokasi: Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau
Tiket: Rp. 100.000 hingga Rp. 750.000
jam Buka: 24 jam

4. Bintan Mangrove

menyusuri bintan mangrove
menyusuri bintan mangrove. google maps. sumber: Lenka Lesko

Bintan Mangrove merupakan sebuah kawasan hutan mangrove yang berada di Sungai Sebong sepanjang 6,8 km dan membelah Kampung Lagoi dan Desa Sebong Lagoi.

Kamu dapat menyusuri sungai dengan menggunakan sebuah perahu motor melihat begitu asrinya kawasan hutan bakau yang satu ini. Dimana kamu akan melalui 3 zona, yakni zona air asin, zona air payau dan zona air tawar.

Selain itu, kamu juga dapat melihat kawanan monyet, kingfisher, berang-berang, ular pohon, serta kunang-kunang. Pokonya sepanjang perjalanan kamu akan banyak mempelajari tentang keanekaragaman flora dan fauna.

Serta kamu dapat melihat nelayan setempat menangkap ikan dengan menggunakan peralatan yang masih tradisional, dan bisa kamu coba juga loh..

Mengunjungi kawasan Bintan Mangrove ini akan menambah keseruan kamu dan anak-anak ketika mengunjungi Bintan. Mereka akan mendapatkan hal-hal yang tidak bisa mereka dapatkan setiap harinya.

Lokasi: Desa Sebong, Lagoi, Sei Kecil, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.
Tiket: Rp. 350.000,- per orang
Jam Buka: 09.00-20.00

5. Pantai Trikora

pantai trikora
pantai trikora. google maps. sumber: Vijay Plancias

Simak juga: 11 tempat wisata Banjarnegara

Terdapat beberapa versi mengenai penamaan dari pantai yang satu ini, namanya ialah Pantai Trikora. Entah karena ada hubungannya dengan sejarah Tiga Komando Rakyat atau tidak, namun yang pasti pantai ini merupakan pantai terpanjang di Pulau Bintan.

Karena memiliki panjang sekitar 25 km, oleh karena itu terbagi menjadi 4 bagian. Yakni Pantai Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, dan Trikora 4. Yang paling sering dikunjungi wisatawan ialah Pantai Trikora 3.

Jika kamu memasuki Pantai Trikora 1 dan 2 hanya akan ada sebuah gazebo sederhana untuk kamu beristirahat sambil menikmati birunya laut dan ditemani semilir angin yang menyejukkan.

Pantai Trikora 3 dan 4 sudah dilengkapi dengan hotel dan resort mewah. Di lokasi pantai yang satu ini banyak berhias batu granit dengan ukuran besar, bahkan ada yang letaknya jauh di tengah laut.

Lokasi: Desa Malang Rapat, Kec. Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

6. Pulau Penyusuk

Pulau Penyusuk letaknya berada di depan Pantai Trikora, jadi setelah menikmati alam di Pantai tersebut kamu dapat melanjutkan petualangan menuju pulau yang satu ini.

Memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk menyebrang menggunakan perahu menuju Pantai Penyusuk. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang ada di Bintan.

Di Pulau Penyusuk kamu dapat melihat cantiknya bawah laut dengan melakukan snorkeling, ombaknya yang relatif tenang akan memudahkanmu mengeksplor keindahan bawah lautnya.

Sebuah pulau yang tenang dan indah, cocok untuk kamu yang ingin lebih menikmati alam dengan maksimal. Hanya ada kamu dan alam.

Lokasi: Pulau Penyusuk, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

7. Bukit Pasir Busung

gurun pasir bintan
gurun pasir bintan. google maps. sumber: Walter Ritter

Simak juga: 11 tempat wisata Brebes

Bukit Pasir Busung merupakan gundukan pasir bekas penggalian tambang yang sudah tidak beroperasi lagi. Disini kamu akan merasa seperi sedang berada di Mesir, bahkan bukit ini disebut juga dengan nama Gurun Pasir Bintan.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Bukit Pasir ini selain menjelajahi gurun pasirnya, tentu saja hunting beberapa spot foto menarik.

Terdapat spot foto buatan seperti unta-untaan, tulisan yang unik serta bentuk-bentuk menarik lainnya. Dimana kamu akan berfoto dengan latar gundukan pasir yang eksotik.

Ada juga sebuah kolam dengan airnya yang berwarna biru, yang dapat kamu jelajahi dengan menyewa sebuah perahu. Lebih baik datang di pagi atau sore hari, karena pada siang hari cuaca akan terasa sangat terik.

Lokasi: Jl. Raya Busung, Desa Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

8. Senggarang

senggarang
senggarang. google maps. sumber: Capten Gomank

Simak juga: 11 tempat wisata Gresik

Di Senggarang kamu akan merasakan seperti sedang berada di Cina, karena kentalnya kebudayaan Cina yang ditonjolkan disini.

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa di Senggarang ini terdapat 7 tempat ibadah yang menciptakan bentuk Bhineka Tunggal Ika secara nyata.

Diantaranya ada Masjid Al Huda, Surau Al Hidayah, Gereja Santa Maria Goretti, Komplek Klenteng Tao Sa Kong, Komplek Vihara Dharma Sasana, Komplek Vihara Bahtera Sasana/Tien Hou Kong, Vihara Tirta Maitrea.

Memang kebudayaan Cina lebih mendominasi, karena konon katanya wilayah ini merupakan tempat singgah pertama imigran asal Cina sebelum menyebarkan ke berbagai wilayah lainnya.

Ketika berada di Senggarang kamu dapat mencoba mengenakan pakaian ala Cina dan Korea kemudian berfoto di sekitar Klenteng Dharma Sasana, dengan biaya sekitar Rp. 30.000 selama 15 hingga 30 menit.

Lokasi: Kelurahan Senggarang, Kecamatan Tanjung Pinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau,
Tiket: –
Jam Buka: 15.00-17.00

10. Pulau Beralas Pasir

pulau berpasir putih
pulau berpasir putih. google maps. sumber: Eka Handa

Pulau Beralas Pasir atau White Sands Island ialah sebuah pulau kecil yan memukau dengan hamparan pasir putih yang membuatnya tambah eksotis.

Kegiatan seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pulau Beralas Pasir ini ialah menikmati keindahan pulau dengan suasana yang sangat tenang, serta menyaksikan indahnya sunrise maupun sunset.

Selain itu keindahan bawah lautnya pun harus kamu eksplor dengan melakukan snorkeling ataupun diving, yang dapat kamu lakukan di dekat Pulau Mapur yang letaknya tak jauh dari White Sands Island.

Jika beruntung, di malam hari kamu dapat menyaksikan seekor penyu yang hendak bertelur, dengan menggali pasir kemudian menimbunnya kembali.

Lokasi: Desa Teluk Bakau, Gunung Kijang Bintan di kawasan Provinsi Kepulauan Riau Indonesia
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

11. Pulau Penyengat

masjid sultan riau
masjid sultan riau. google maps. sumber: Batam Komunika Konsultan

Simak juga: 11 tempat wisata Ponorogo

Satu lagi pulau yang harus kamu kunjungi ketika berada di Bintan, yakni mengunjungi Pulau Penyengat. Pulau ini menyimpan banyak sejarah di masa lampau.

Di Pulau Penyengat terdapat sebuah Masjid Sultan Riau yang sudah berdiri sejak tahun 1832, konon katanya dibangun hanya dengan menggunakan campuran putih telur saja.

Namun hasilnya sangat megah didominasi warna kuning dengan aksen hijau, dan memiliki halaman yang sangat luas. Terdapat pula komplek pemakaman para petinggi waktu itu, diantaranya makam Yang Dipertuan Muda Riau VII Raja Abdurrahman.

Kamu juga dapat melihat bangunan megah yang dulunya merupakan tempat tinggal dari Raja Ali (1844-1857), yang memiliki luas sekitar 1 ha, kerap disebut juga Marhum Kantor.

Lokasi: 2 km lepas pantai Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-18.00


Tinggalkan komentar