11 Tempat Wisata Banjarnegara, Dari Dataran Tinggi Dieng Yang Indah Hingga Waterpark Yang Modern

Kabupaten Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, dengan ibu kotanya bernama Banjarnegara. Luas wilayah dari Kabupaten Banjarnegara sendiri sekitar 106.970,997 ha.

Destinasi wisata yang terkenal dari Banjarnegara ialah Dataran Tinggi Dieng, yang memiliki beberapa spot wisata alam yang sungguh sangat menakjubkan.

Karena memang di daerah tersebut banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Dari mulai yang bertemakan alam maupun sejarah.

Berikut beberapa ulasan mengenai tempat wisata di Banjarnegara yang harus kamu datangi:

11 Tempat Wisata Banjarnegara

1. Candi Arjuna

Candi Arjuna berada di kawasan komplek candi terbesar yang ada di Daratan Tinggi Dieng, komplek candi tersebut diperkirakan seluas 1 ha.

Didalamnya masih ada candi lainnya yakni Candi Semar, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Jadi, ketika kamu hendak mendatangi Candi Arjuna kamu juga dapat mengeksplor candi lainnya. Candi-candi yang ada merupakan bangunan candi utama. Terkecuali Candi Semar yang merupakan tempat bersembahyang.

komplek candi arjuna
komplek candi arjuna. google maps. sumber: Achmad Noer Cholis

Simak juga: 11 tempat wisata Brebes

Komplek Candi Arjuna merupakan destinasi wisata sejarah untuk kamu yang ingin mengetahui peradaban pada zaman dahulu.

Kamu dapat mengetahui sejarah dan tujuan dibangunnya candi-candi tersebut, yang tentunya akan membuatmu semakin kagum akan kehebatan orang-orang zaman dulu.

Selain itu kamu juga dapat menikmati panorama alam yang masih asri serta udara sejuk khas Dataran Tinggi Dieng.

Lokasi: Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 10.000
Jam Buka: 24 Jam

2. Curug Pitu

Lokasi wisata selanjutnya ialah Curug Pitu, yang memiliki tujuh tingkatan air terjun sesuai dengan nama yang disematkan.

Jarak setiap air terjun yang ada sekitar 20 hingga 50 meter, namun harus melakukan trekking yang lumayan membuat peluh bercucuran.

Hanya pengunjung lebih banyak menghabiskan waktu mereka di air terjun yang letaknya paling bawah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan debit air yang cukup deras.

bermain segarnya air curug pitu
bermain segarnya air curug pitu. google maps. sumber: Pundy Pangestu

Hanya debit air di Air Terjun Pitu tergantung pada musim, jika musim hujan airnya akan banyak namun hal sebaliknya akan terjadi jika musim kemarau melanda.

Ragam wisata yang biasa pengunjung lakukan di air terjun ini diantaranya tentu saja bermain segarnya air, baik itu dengan berenang atau hanya duduk-duduk santai sambil menikmati alam.

Lokasi: Desa Kemiri, Kec. Sigaluh, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

3. Curug Sirawe Batang

Curug Sirawe Batang merupakan lokasi wisata air yang menawarkan hal yang berbeda dari air terjun pada umumnya. Di sekitar Curug Sirawe masih ada 3 air terjun atau grojogan yang lainnya.

Dan ternyata ada satu air terjun yang airnya panas, tidak seperti air terjun lainnya yang airnya dingin menyegarkan. Air panas pada salah satu air terjunnya berasal dari gunung di sebelah selatan Dukuh Bitingan.

air terjun sirawe batang
air terjun sirawe batang. google maps. sumber: Aryadi Darwanto

Simak juga: 11 tempat wisata Gresik

Air Terjun Srawe memiliki tinggi sekitar 80 meter, dengan kolam alami yang tak begitu lebar dibawahnya. Airnya mengalir bersih melalui bebatuan yang menopangnya.

Meskipun trekking menuju Air Terjun Sirawe tidak mudah, tapi kamu dapat bermain segarnya air dan hangatnya air dalam satu lokasi, serta ditemani alam yang masih asri dan alami.

Lokasi: Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

4. Curug Muncar

Nama Curug Muncar memang tidak hanya satu, namun setiap Curug Muncar memiliki kelebihan, keindahan, serta keunikan tersendiri.

Curug Muncar yang ada di Banjarnegara ini memiliki tinggi sekitar 20 m, dan berada di tengah hutan yang masih lebat.

Sehingga curug yang satu ini belum banyak dieksplore oleh wisatawan, mungkin juga karena kurangnya petunjuk menuju curug yang sedikit menyusahkan pengunjung untuk menuju lokasi.

Sebelum menikmati indahnya Curug Muncar, kamu harus melakukan trekking menyusuri hutan terlebih dahulu. Sebaiknya meminta penduduk sekitar untuk mengantarkanmu, untuk menghindari kesasar.

Sesampainya di curug kamu dapat menikmati segarnya air yang dialirkan dengan merendam kaki atau mungkin dengan berenang.

Lokasi: Dusun Menggora, Desa Tanjung Tirta, Kecamatan Punggelan, Banjarnegara, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 24 jam

5. Curug Mrawu

Satu lagi curug yang harus kamu datangi ketika berada di Banjarnegara, namanya ialah Curug Mrawu yang mempunyai tinggi sekitar 50 meter.

Aliran air yang dihadirkannya cukup besar serta bersih, mengalir diantara tebing batu dihiasi pepohonan hijau yang masih rindang.

Suasana alam yang tenang serta alam yang masih asri membuat siapapun yang datang dapat menenangkan diri sejenak dari semua kesibukan sehari-hari.

curug mrawu
curug mrawu. google maps. sumber: Dwiekiee Allaban

Simak juga: 11 tempat wisata Ponorogo

Konon katanya air yang dialirkan Curug Mrawu berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik serta penyakit kulit lainnya.

Lokasi: Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
jam Buka: 24 Jam

6. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda atau Jolotundo merupakan sebuah sumur yang terbentuk diakibatkan letusan hebat (sinkhole) yang terjadi pada ribuan tahun lalu.

Sehingga mengakibatkan sebuah lubang yang cukup dalam, dengan kedalamannya sekitar 100 meter dan diameter yang mencapai 90 meter.

landscape sumur jalatunda
landscape sumur jalatunda. google maps. sumber: planet art

Di sekitarnya dipagari dengan tumbuhan hijau, kolam tersebut memiliki air yang berwarna hijau pekat senada dengan tetumbuhan di sekitarnya.

Sumur Jalatunda ini menyimpan sejarah dan mitos tersendiri yang menghiasi keberadaan dari Sumur Jalatunda itu sendiri.

Dengan berada di sebuah tempat yang sudah disediakan kamu dapat melihat eksotiknya Sumur Jalatunda dari ketinggian.

Lokasi: Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 jam

7. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu lokasi wisata favorite pengunjung ketika mengunjungi Dataran Tinggi Dieng, karena untuk melihat Kawah Sikidang tak perlu trekking yang melelahkan.

Kita dapat dengan mudah melihat letupan-letupan kecil dari lumpur panas yang dihiasi gumpalan asap putih yang menghiasi langit di sekitarnya.

Terdapat satu kawah besar yang memiliki suhu sekitar 80 hingga 90 derajat celcius, bahkan beberapa pengunjung ada yang sengaja merebus telur disana.

salah satu spot foto yang ada
salah satu spot foto yang ada. google maps. sumber: Andriana Askrindo Sby

Simak juga: 11 tempat wisata Kudus

Selain menikmati kawah dan berfoto dengannya, kamu dapat berfoto dibeberapa spot selfie yang sudah disediakan. Kemudian kamu dapat berfoto diantara pepohonan yang telah mati yang ada di sekitar Kawah Sikidang.

Lokasi Kawah Sikidang masih satu komplek dengan Candi Arjuna, sehingga harga tiketnya pun sudah termasuk kedalam tiket masuk Candi Arjuna dan beberapa candi yang ada di sekitarnya.

Lokasi: Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa tengah
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 07.00-17.00

8. Telaga Merdada

Telaga Merdada merupakan telaga atau danau terluas yang ada di wilayah Dataran Tinggi Dieng, yang diakibatkan oleh letusan Gunung Dieng pada ribuan tahun silam.

Saking dahsyatnya ledakan sehingga membuat sebuah lubang yang cukup besar, kemudian karena terus diisi oleh air hujan yang berlangsung cukup lama sehingga jadilah sebuah danau atau telaga.

Ya..Telaga yang satu ini airnya berasal dari air hujan, jadi jika hujan tidak turun alias musim kemarau maka Telaga Merdada akan mengalami kekeringan.

telaga merdada
telaga merdada. google maps. sumber: Bardan Mubarrok

Telaga Merdada berada di lahan seluas kira-kira 25 ha, dikelilingi dua buah bukit yang masih rindang yakni Bukit Pangonan dan Bukit Semurup.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan diantaranya menikmati alam yang tersaji, berfoto cantik dengan keindahan alamnya, serta mengadakan kegiatan camping di tempat yang sudah tersedia.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 07.00 hingga 16.00

9. Waduk Mrica

Waduk Mrica merupakan sebuah waduk atau bendungan yang difungsikan sebagai PLTA Mrica yang mensuplai pasokan listrik area Jawa dan Bali, yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 silam.

Selain dimanfaatkan sebagai PLTA, Waduk Mrica juga berfungsi sebagai saluran irigasi untuk mengairi sawah-swah yang ada di sekitar waduk.

waduk mrica
waduk mrica. google maps. sumber: Alfandaru Febriana

Simak juga: 11 tempat wisata Lumajang

Namun saat ini Waduk Mrica juga difungsikan sebagai tempat wisata karena memiliki keindahan alam yang masih asri dan menyejukkan hati dan fikiran.

Keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Waduk Mrica diantaranya, memancing, mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu, dan mengamati anak-anak yang sedang bermain di taman bermain.

Lokasi: Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 jam

10. Gunung Lanang

Gunung Lanang merupakan tempat wisata alam terakhir yang dibahas pada kesempatan kali ini. Gunung Lanang berada tak jauh dari Gunung Tampomas, dan kedua gunung tersebut mempunyai cerita mitos yang telah dipercaya secara turun temurun.

spot foto yang ada di gunung lanang
spot foto yang ada di gunung lanang. google maps. sumber: Agung Praja Hudaya

Gunung Lanang sendiri menawarkan kamu pemandangan Banjarnegara yang sangat indah, dengan hamparan pesawahan, bukit-bukit yang masih rindang, serta landscape Waduk Mrica.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan selain menyaksikan panorama alam yang menakjubkan, ialah untuk kamu yang menyukai olahraga yang menantang kamu dapat melakukan panjat tebing di sekitar Gunung Lanang.

Namun perlu diingat harus dengan menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Selain itu juga, kamu dapat berfoto di spot foto yang telah tersedia.

Kalau kamu ingin berkemah di sekitar Gunung Lanang juga bisa, dan menyaksikan lebih lama keindahan pemandangan yang tersaji.

Lokasi: Desa Wiradrana, Kecamatan bawang, Kabupaten banjarnegara, Provinsi jawa tengah
tiket: Rp. 10.000,-
jam Buka: 24 jam

11. Surya Yudha Water Park

Nah, sekarang kita bahas lokasi wisata modern yang ada di Banjarnegara. Salah satunya ialah Surya Yudha Park, yang merupakan lokasi favorite warga Banjarnegara untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Banyak sekali ragam wisata yang dapat kamu lakukan disini yang terbagi menjadi wahana basah-basahan dan wahana darat.

surya yudha park banjarnegara
surya yudha park banjarnegara. google maps. sumber: Surya Yudha Park

Simak juga: 11 tempat wisata Ngawi

Selain bermain air yang seru dengan beragam fasilitas permainan yang disediakan, kamu juga dapat melakukan kegiatan outbound, menonton film 3D ataupun biasa, rafting, berfoto 3D Trick Art yang pastinya keren banget.

Dengan banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan membuat Surya Yudha Water Park tak pernah sepi pengunjung, apalagi jika hari libur telah tiba.

Apalagi di Surya Yudha Park tersedia hotel yang akan memanjakan pengunjung yang datang dari luar daerah Banjarnegara.

Lokasi: Jl. Raya Rejasa, RW.1, Rejasa, Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah
Tiket: anak 15.000, Dewasa 25.000
Jam Buka: 07.00-18.00


Leave a Comment