11 Tempat Wisata Brebes, Panorama Alam Yang Mengagumkan

Kabupaten Brebes merupakan sebuah kabupaten dengan populasi penduduk kedua terbanyak di Jawa Tengah setelah Cilacap.

Berkunjung ke Brebes haruslah mencicipi telur asin khas Brebes yang sudah terkenal seantero Indonesia, yang sudah dimulai sejak tahun 1820-an.

Selain itu banyak tempat wisata di Brebes yang harus kamu kunjungi, mulai dari yang bertema alam, agrowisata, waterpark, dan lain sebagainya.

Untuk menuju Brebes dapat melalui jalur pantura, yang merupakan jalur alternatif menuju kota-kota di Jawa Tengah. Dapat dilalui dengan moda transportasi yang ada.

Berikut gambaran tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Brebes:

11 Tempat Wisata Brebes

1. Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua merupakan sebuah hamparan kebun teh yang berada di ketinggian sekitar 2.050 mdpl, lokasinya terletak di lereng Gunung Slamet sehingga membuat udaranya terasa sangat sejuk.

Agrowisata Kaligua dikelola oleh PTPN IX dengan luasnya yang mencapai 600 ha. Dimana hamparan kebun tehnya dapat kamu jelajahi dengan melakukan kegiatan Tea Walk, serta bermain flying fox, dan wahana wisata lainnya.

landscape agrowisata kaligua
landscape agrowisata kaligua. google maps. sumber: Dela Novita

Simak juga: 11 tempat wisata Gresik

Kamu pun akan diajak untuk mempelajari cara budidaya teh Kaligua, pemandu akan mengajak kamu untuk melihat tahapan-tahapannya serta mengajarkanmu bagaimana cara memetik daun teh yang benar.

Selain itu, kamu juga dapat berkemah atau mendirikan tenda di sekitar perkebunan teh nya. Menikmati malam dengan hanya ditemani nyanyian alam.

Lokasi: Jl. Kaligua, Sawah, Ladang, Kretek, Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 20.000,- per orang sedangkan untuk camping membayar Rp. 25.000,- per orang.
Jam Buka: 10.00-15.00

2. Kalibaya Park

Kalibaya Park merupakan sebuah wisata bertema alam dimana kamu dapat melihat ponarama alam yang sangat menyejukkan.

Kalibaya Park berada di puncak Gunung Lio, yang merupakan salah satu gunung yang cukup terkenal di Jawa Tengah. Dan ketika berada disini dapat melakukan beberapa hal ragam wisata yang sangat seru.

ayunan angkasa di kalibaya park
ayunan angkasa di kalibaya park. google maps. sumber: Yogi Handoko

Diantaranya yakni mencoba ayunan angkasa, menikmati pemandangan alam yang kece, camping atau berkemah, hunting beberapa spot foto keren yang ada di Kalibaya Park.

Ya Kalibaya Park memiliki beberapa spot foto yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Ketika berada disini pastikan baterai hp atau kamera kamu dalam keadaan full charge.

Lokasi:  Pasir Panjang, Salem, Area Hutan, Bandungsari, Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 08.00-17.00

3. Pabrik gula Jatibarang

Pabrik Gula Jatibarang merupakan sebuah lokasi wisata yang menyimpan sejarah tersendiri, dibangun sekitar tahun 1842 oleh perusahaan swasta milik Belanda.

Mengolah tebu menjadi gula, namun pada tahun 2017 pabrik ini telah berhenti berproduksi. Dan sekarang kamu dapat mengunjunginya sebagai bagian dari wisata sejarah di Brebes.

Arsitektur yang ditampilkan Pabrik Gula Jatibarang sungguh sangat mengagumkan, meskipun sudah dibangun beberapa ratus tahun yang lalu namun masih tampak kokoh dan kuat meskipun sudah terlihat usang.

locomotief remise
locomotief remise. google maps. sumber: Maulana Yahya Subandi

Simak juga: 11 tempat wisata Ponorogo

Pabruk Gula Jatibarang mulai dibuka menjadi kawasan wisata baru pada tahun 2019 lalu. Disini kamu dapat mencoba menaiki lokomotif pada zaman dulu (Spoer Tebu), namun karena sudah lama jadi hanya bisa berjalan sekitar 300 m saja.

Kamudian kamu dapat mengunjungi Locomotief Remise, yang merupakan garasi loko uap maupun loko diesel yang memiliki 9 pintu. Terlihat sangat megah sekali.

Didalamnya terdapat lokomotif-lokomotif yang sudah usang dan menjadi saksi sejarah pada masanya.

Lokasi: Jl. Raya Tim. No.1, Penumbukan, Jatibarang Kidul, Kec. Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,- per orang
Jam Buka: 24 Jam

4. Panenjoan Salem

Panenjoan Salem merupakan kawasan perbukitan lain yang ada di Brebes, Jawa Tengah. Ketika berada di kawasan ini kamu dapat menyaksikan panorama alam yang sangat indah.

Pemandangan alam yang tersaji berupa perbukitan yang masih hijau, hutan pinus yang menyejukkan serta pemandangan rumah-rumah penduduk.

panorama di panenjoan salem
panorama di panenjoan salem. google maps. sumber: Agie Zajuli

Selain itu, di Panenjoan Salem telah tersedia beberapa spot foto yang akan membuat hasil jepretan kamu menjadi lebih berwarna.

Lokasi ini sering dijadikan spot untuk menyaksikan keindahan sunrise yang sangat mengagumkan. Menyaksikan pergantian hari dengan ditemani pemandangan alam yang sungguh luar biasa.

Lokasi: Dukuh Babakan, Desa Wanoja, Kec. Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,- per orang
Jam Buka: 24 Jam

5. Ranto Canyon

Ranto Canyon merupakan lokasi wisata lain yang berada di Kecamatan Salem yang harus kamu datangi. Dimana disini kau dapat melakukan kegiatan menarik seperti body rafting, cliff jumping atau bermain air dan berenang.

Disini kamu akan diajak menyusuri sungai sepanjang 770 meter, dengan pemandangan keindahan tebing-tebing yang mengapit di kedua sisi sungai, dengan dihiasi bebatuan dengan beragam ukuran.

kegiatan body rafting di ranto canyon
kegiatan body rafting di ranto canyon. google maps. sumber: Bingkai Cinta Islam

Simak juga: 11 tempat wisata Kudus

Selain itu kamu dapat menikmati aliran air sungai dari ketinggian, hanya sekedar melepas penat setelah seharian berjibaku dengan kesibukan yang seakan tiada habisnya.

Selain itu kamu juga dapat menuruni tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter dengan hanya menggunakan seutas tali. Ranto Canyon merupakan lokasi wisata untuk kamu yang menyukai alam dan tantangan.

Lokasi: Gunungtajem, Winduasri, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 30.000 untuk dapat menyusuri sungai dengan bantuan pemandu
Jam Buka: 07.00-18.00

6. Curug Rambukasang

Curug Rambukasang merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter saja, namun aliran airnya sangat jernih dan bersih.

Airnya mengalir diantara tebing batu, terlihat sangat indah sekali. Dibawahnya terdapat sebuah kolam alami yang tidak terlalu besar, namun dapat digunakan untuk seru-seruan bermain air.

Curug Rambukasang berada di kaki Gunung Kumbang, sehingga udara yang kamu rasakan sangat sejuk, bebas dari polusi udara, airnya pun sangat menyegarkan.

curug rambukasang
curug rambukasang. google maps. sumber: gienda wigie

Untuk kamu yang hendak berenang di kolamnya, harap berhati-hati karena kedalamannya mencapai 4 meter. Lokasi wisata yang satu ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan.

Hal tersebut mungkin dikarenakan untuk menuju lokasi ini, kamu harus melakukan trekking yang cukup melelahkan. Namun sebanding dengan keindahan yang hendak didapatkan.

Lokasi: Dukuh Grogol Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan selatan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000
Jam Buka: 24 Jam

7. Curug Putri

Curug Putri Brebes ini dikenal juga dengan nama Curug Putri Sirampog, yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Lokasinya yang terpencil membuat curug yang satu ini masih terjaga dengan baik.

curug putri brebes
curug putri brebes. google maps. sumber: arriirawan 98

Simak juga: 11 tempat wisata Lumajang

Disekeliling aliran airnya terdapat bebatuan alam yang sangat cantik tersusun dengan rapih, bebatuan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung selain air terjunnya.

Curug Putri Brebes ini berada dibalik pesawahan dan perbukitan, jadi dari tempat parkir kamu harus melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 400 hingga 500 meter.

Lokasi: Dukuh Padanama, Desa Mendala, Sirampog. Brebes. Jawa tengah
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

8. Bukit Tukung

Bukit Tukung atau dikenal juga dengan nama Bukit AADT (Ada Apa Dengan Tukung) berada di lereng Gunung Slamet sehingga memiliki udara yang sangat sejuk dan pemandangan yang menjernihkan mata.

bukit tukung
bukit tukung. google maps. sumber: masdain trizeronine

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan di Bukit Tukung ialah menyaksikan keindahan alam sejauh mata memandang. Dengan hamparan pepohonan hijau yang sangat menyejukkan mata.

Selain itu Bukit Tukung dilengkapi pula dengan beberapa spot foto yang akan membuat kamu betah untuk terus mengambil beberapa gambar atau video disini.

Lokasi: Desa Abtur Sari, Kecamatan Sirampong, Brebes, Jawa Tengah
Tket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 07.00-18.00

9. Waduk Penjalin

Waduk Penjalin dibangun sekitar tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda dengan maksud untuk saluran irigasi pengairan bagi pesawahan yang ada di sekitarnya.

Saat ini, Waduk Penjalin dimanfaatkan juga sebagai lokasi untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga tercinta atau orang terkasih.

tangga ikonik menuju waduk penjalin
tangga ikonik menuju waduk penjalin. google maps. sumber: Nasik Lababan

Simak juga: 11 tempat wisata Ngawi

Selain itu juga digunakan warga sekitar untuk mencari ikan dengan memelihara keramba apung. Waduk ini dikelilingi oleh pegunungan yang berbaris dengan rapihnya.

Kegiatan seru lainnya yang dapat kamu lakukan ketika berada di Waduk Penjalin diantaranya mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu yang disewakan.

Berfoto di spot-spot foto yang telah ada, atau mungkin hanya duduk-duduk santai sambil memandangi alam yang tersaji di depan mata.

Lokasi: Jl. Raya Waduk Penjalin 41, Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

10. Bukit Baper

Baper merupakan akronim dari dari Batusari Perkemahan, Bukit Baper berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl dan terletak di perbatasan Brebes dan Tegal.

Di Bukit Baper kamu akan menyaksikan pemandangan kota Tegal dan Brebes, perbukitan serta pepohonan yang berwarna hijau juga area persawahan yang terhampar luas.

landscape bukit baper
landscape bukit baper. google maps. sumber: Misdaqul Huda Fajryansyah

Pada waktu-waktu tertentu Bukit Baper akan diselimuti oleh awan putih, dimana kamu akan merasakan seperti berada di atas awan.

Di Bukit Baper juga tersedia camping ground untuk kamu yang ingin menikmati keindahannya lebih lama lagi. Jangan lupa untuk berfoto di beberapa spot foto yang tersedia.

Lokasi: Desa Batusari, Kecamatan Sirampog, kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 6.000,-
Jam Buka: 24 Jam

11. Taman Mangrove Pandansari

Taman Mangrove Pandansari merupakan lokasi wisata terakhir yang akan dibahas kali ini. Ini merupakan destinasi wisata yang harus kamu datangi ketika berada di Brebes.

Karena selain menampilkan keindahan hutan mangrove yang cukup lebat, kamu juga dapat melakukan beragam wahana seru yang telah disediakan pengelola.

trekking hutan mangrove
trekking hutan mangrove. google maps. sumber: ANNISA AZZAHRA

Simak juga: 11 tempat wisata Jombang

Kamu dapat mengelilingi kawasan hutan mangrove di jalur yang sudah disediakan, nantinya kamu akan melewati sebuah jembatan yang selalu wara wiri di media sosial.

Ajaklah keluargamu untuk berkunjung ke Taman Mangrove Pandansari, biarkan mereka menikmati ketenangan yang tercipta, dan mempelajari tentang kepiting soka dan hewan lainnya.

Lokasi: Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah,
Tiket: Rp. 20.000,-
Jam  Buka: 07.00-17.00


Tinggalkan komentar