Waduk Penjalin, Healing Gratis dengan View Alam Fantastis

|

Waduk Penjalin adalah salah satu destinasi wisata air buatan di Brebes, Jawa Tengah yang memiliki pesona alam indah tiada duanya.

Waduk Penjalin sudah eksis sebelum kemerdekaan Indonesia. Waduk ini dibangun pada tahun 1930 dan mulai diresmikan empat tahun setelahnya.

Waduk Penjalin ini selain berfungsi sebagai irigasi, memiliki fungsi juga sebagai tempat wisata kebanggaan Kabupaten Brebes.

waduk penjalin
waduk penjalin. google maps. sumber: rahmat aleksander

simak juga: pantai randusanga

Panorama Gunung Slamet yang menjulang tinggi terlihat begitu jelas dari Waduk Penjalin ini. Para wisatawan tentu akan sangat dimanjakan dengan keindahan alam sejauh mata memandang.

Untuk menghabiskan rasa penasaranmu, yuk simak informasi lengkap wisata Waduk Penjalin dibawah ini:

Lokasi Waduk Penjalin

Alamat atau lokasi Waduk Penjalin berada di Jalan Raya Waduk Penjalin 41, RT 03 RW 01, Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Rute Waduk Penjalin

Rute perjalanan menuju Waduk Penjalin bisa kamu tempuh sekitar 2 jam perjalanan jika berangkat dari pusat kota, Alun-Alun Brebes.

Dari Alun-Alun Brebes, melajulah di  Jalan Sultan Agung, Jalan Raya Terlangu, dan Jalan Raya Jatibarang – Brebes ke Jalan Pramuka sepanjang 10,9 km.

Lalu, ikuti Jalan Margasari – Jatibarang ke Jalan Raya Margasari/Jalan Raya Tegal – Purwokerto/Jalan Tegal – Cilacap di Margasari.

Tetap Tetap di Jalan Raya Tegal – Purwokerto ke Dukuhbenda sepanjang 38,5 km untuk segera sampai di Waduk Penjalin. Untuk sampai ke Waduk Penjalin lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat.

akses menuju waduk
akses menuju waduk. google maps. sumber: Nasik Lababan

simak juga: cipanas buaran

Tiket Masuk Waduk Penjalin

  • Harga tiket masuk Waduk Penjalin gratis (Kecuali Hari Raya).

Jam Buka Waduk Penjalin

  • Waduk Penjalin buka setiap hari.
  • Jam buka Waduk Penjalin 24 jam.

Fasilitas Waduk Penjalin

Waduk Penjalin memiliki fasilitas wisata sebagai berikut:

  • Toilet,
  • Mushola,
  • Area Parkir Kendaraan,
  • Perahu,
  • Spot Foto,
  • Kedai Makanan.
fasilitas waduk penjalin
fasilitas waduk penjalin. google maps. sumber: Baron89 Channel

simak juga: pemandian air panas tirta husada

Daya Tarik Waduk Penjalin

1. Romansa Waduk Eksotis

Waduk Penjalin memiliki scene alam yang luar biasa. Saat menginjakkan kaki di Waduk Penjalin ini, kamu akan melihat danau yang terhampar luas, pohon-pohon rindang yang tumbuh di sekeliling waduk, pemandangan Gunung Slamet, hingga burung-burung kecil yang terbang berlalu lalang.

Dengan fasilitas alam yang dihadirkan, membuat Waduk Penjalin ini cocok untuk menangkan pikiran dari rumitnya kehidupan.

Waduk Penjalin yang eksotis memberikan kesan bahwa segala keindahan yang ada di tempat wisata ini memiliki romansa tersendiri.

2. Tradisi Ngarad

Ngarad sendiri merupakan tradisi menangkap ikan di Waduk Penjalin dengan menggunakan kain, jarik atau jaring. Ngarad biasanya dilakukan oleh dua sampai tiga orang dengan cara membentangkan kain untuk menangkap ikan-ikan di Waduk Penjalin.

Ikan yang biasanya sering ditangkap saat tradisi Ngarad ini adalah Ikan Cakul, sejenis Ikan Gabus yang memilki ukuran kecil.

hunting foto keren
hunting foto keren. google maps. sumber: Dedy Nuryansen

simak juga: ciblon waterboom

3. Menyantap Lezatnya Ikan Betutu dan Cakul

Salah satu hidangan yang wajib kamu coba saat berada di Waduk Penjalin ini adalah olahan Ikan Betutu dan Ikan Cakul. Ikan Cakul di Waduk Penjaliin ini biasa diolah dengan cara digoreng hingga kering atau dibuat gorengan peyek.

Selain itu kamu juga bisa menikmati Ikan Bakar dengan bumbu rempah-rempah yang kental khas Winduaji. Selain hidangan utama, Waduk Penjalin juga memilki racikan kopi khas, yang mereka namai Kopi Khas Winduaji.

Tentu, kopi  ini bisa jadi buah tangan saat pulang ke daerahmu ya!

4. Di Kelilingi Spot Foto Aesthetic

Salah satu tujuan wisatawan datang ke Waduk Penjalin adalah untuk hunting foto-foto aesthetic. Dari anak-anak, muda-mudi, hingga dewasa menampilkan wajah antusias untuk menampilkan pose andalannya di Waduk Penjalin ini.

Kamu bisa berfoto di dermaga, di tepi danau, di atas perahu, atau di spot-spot keren lainnya. Jangan lupa kenakan pakaian favoritmu dan pastikan baterai ponselmu dalam keadaan prima.

eksplor waduk dengan perahu
eksplor waduk dengan perahu. google maps. sumber: dedhi budi Santosa

simak juga: agrowisata kaligua

5. Mengarungi Danau dengan Perahu

Tak hanya bisa menatap keindahan Waduk Penjalin dengan hanya duduk di tepi waduk. Kamu juga bisa mengarungi luasnya waduk atau danau ini dengan perahu.

Harga sewa perahunya pun cukup murah, dimulai dari 10 ribu hingga 15 ribu saja kamu bisa mengarungi waduk ini hingga puas.

Dengan menggunakan perahu ini juga, kamu bisa sampai ke tengah-tengah waduk dan melihat keindahan alam dari sudut yang berbeda.

Penutup

Bagaimana sudah mulai tertarik untuk berkunjung ke Waduk Penjalin Brebes? Wisata alam gratis yang memiliki sejuta keindahan tentu sangat disayangkan jika tidak dikunjungi.

Tetap jaga kebersihan dan kenyamanan saat berkunjung ke Waduk Panjalin ya sobie!