Pemandian Air Panas Tirta Husada Brebes, Ampuh Obati Berbagai Penyakit

|

Pemandian Air Panas Tirta Husada adalah salah satu destinasi liburan yang wajib kamu kunjungi bersama orang-orang tersayang saat berada di Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Pemandian Air Panas Tirta Husada memiliki luas sekitar 1 hektar, dan sudah dilengkapi beberapa fasilitas yang dapat memanjakan wisatawan yang berkunjung.

Rekreasi ke Pemandian Air Panas Tirta Husada atau dikenal juga dengan Pemandian Air Panas Tirta Husada Paguyangan tak hanya membuat suntukmu hilang, tapi juga bisa sambil mengobati berbagai macam penyakit.

sumber air panas alami
sumber air panas alami. google maps. sumber: anna yogi

siamk juga: ciblon waterboom

Sejarah singkat ditemukannya pemandian air panas ini diawali oleh Mbah Reksa Widjaya pada tahun 1837. Dalam usaha mencari Kerbaunya, beliau menemukan binatang ternaknya tersebut sedang berada di kubangan air panas.

Pemandian Air Panas Tirta Husada sendiri baru diresmikan dan menjadi dibuka untuk umum pada tahun 1976. Kemudian sejak saat itu, wisata air panas Brebes yang satu ini semakin ramai dikunjungi. Berikut review lengkapnya:

Lokasi Pemandian Air Panas Tirta Husada

Lokasi atau alamat Pemandian Air Panas Tirta Husada berada di Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Rute Menuju Pemandian Air Panas Tirta Husada

Waktu tempuh Pemandian Air Panas Tirta Husada dari pusat kota Brebes mencapai dua jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan motor atau mobil.

Rute yang dapat kamu lalui jika dari Alun-alun Brebes, ambil arah Jalan Slamet dan Jalan Wahid Hasyim menuju ke Jalan Sultan Agung di Pulo.

Setelah itu arahkan kendaraanmu untuk melewati Jalan Pejagan – Bumiayu dan Jalan Lingkar menuju Jalan Raya Bumiayu – Ajibarang di Grengsong sejauh 61,3 km.

Terakhir, melajulah ke arah Jalan Pakujati untuk segera sampai di Pemandian Air Panas Tirta Husada Kedungoleng.

lokasi pemandian air panas tirta husada
lokasi pemandian air panas tirta husada. google maps. sumber: sadayuki matsuoka

siamk juga: kalibaya park

Harga Tiket Pemandian Air Panas Tirta Husada

  • Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Tirta Husada Rp. 7. 000,- per orang.
  • Harga tiket masuk Kamar Rendam Rp. 3.000,- per orang.
  • Harga parkir kendaraan roda dua Rp. 2.000,- dan
  • Roda empat Rp. 3.000,- per kendaraan.

Jam Buka Pemandian Air Panas Tirta Husada

  • Pemandian Air Panas Tirta Husada buka setiap hari, Senin sampai Minggu.
  • Jam buka Pemandian Air Panas Tirta Husada pukul 06.30 hingga 18.30.

Fasilitas Pemandian Air Panas Tirta Husada

Fasilitas yang bisa kamu jumpai saat berlibur ke Pemandian Air Panas Tirta Husada diantaranya:

  • Kolam Renang Anak dan Dewasa,
  • Kamar Rendam,
  • Kamar Bilas,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Gazebo,
  • Spot Foto,
  • Penginapan,
  • Area Parkir Kendaraan.
berenang berkhasiat
berenang berkhasiat. google maps. sumber: Khoiruddin98

siamk juga: agrowisata kaligua

Daya Tarik Pemandian Air Panas Tirta Husada

1. Air Berkhasiat

Berendam atau berenang di Pemandian Air Panas Tirta Husada memliki segudang khasiat. Airnya yang panas dan mengandung belerang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti rematik, dan penyakit kulit.

Selain itu, air panas alami di kolam ini akan membuat tubuhmu lebih rileks, badan yang pegal-pegal lama kelamaan akan terasa ringan.

Pemandian Air Panas Tirta Husada Paguyangan ini memiliki dua kolam, yakni kolam dewasa yang memiliki kedalaman sekitar 100 hingga 150 cm. Dan kolam anak yang memiliki kedalaman lebih dangkal.

Untuk kamu yang ingin merasakan sensasi berendam dengan ruangan yang lebih privat, dapat menuju kamar rendam. Tentunya dengan biaya tambahan ya…

2. Spot Wisata Alam Eksotis, Cocok buat Selfie

hunting spot foto
hunting spot foto. google maps. sumber: Bagol Perakoso

siamk juga: mangrove brebes

Pemandian Air Panas Tirta Husada memang memiliki keindahan alam yang eksotis. Tempat wisata ini  berada di lereng Gunung Slamet dengan nuansa pepohonan hijau yang rindang, udara yang sejuk serta ditunjang dengan landmark foto yang aesthetic.

Siapkan kamera dan outfit terbaikmu untuk mengabadikan foto-foto selfie di Pemandian Air Panas Tirta Husada Paguyangan Brebes ini.

Salah satu spot foto yang wajib banget diabadikan di lensa kameramu adalah ikon gerbang putih yang dibangun seperti terowongan.

3. Menu Makanan Warung Wisata yang Tradisional dan Ramah di Kantong

Berbagai macam menu makanan dan minuman tersaji lengkap dijajakan di Warung Wisata Pemandian Air Panas Tirta Husada Paguyangan Brebes.

Kamu bisa menemukan olahan-olahan makanan minuman khas Brebes, juga berbagai cemilan lain untuk mengisi perutmu yang lapar.

Seperti mie bakso, aneka jus buah, cemilan manis dan masih banyak lagi. Dan pastinya harga yang dibandrol gak bikin kantong kamu kering.

kolam renang
kolam renang. google maps. sumber: Cahya Ningrum

siamk juga: tempat wisata brebes

Penutup

Rekreasi seru sambil melegakan badan memang paling tepat dengan berkunjung ke Pemandian Air Panas Tirta Husada Paguyangan di Kabupaten Brebes.

Liburanmu bareng orang-orang tersayang takkan terbuang percuma deh. Happy Holiday!