11 Tempat Wisata Kudus, Lokasi Wisata Komplit Di Jawa Tengah

Kudus merupakan sebuah daerah yang menyimpan sejarah KeIslaman yang kental, seperti sudah diketahui bahwa Kudus merupakan salah satu tempat perkembangan kebudayaan Islam di Jawa pada masa Wali Songo.

Hal tersebut dibuktikan dengan peninggalan sejarah yang berupa Masjid Agung Demak, Air Tiga Rasa serta makam Sunan Muria.

Kabupaten Kudus sendiri berada di Provinsi Jawa Tengah, dengan Kota Kudus sebagai Ibu Kotanya. Sebagian besar wilayah Kabupaten Kudus merupakan dataran rendah, di wilayah utaranya terdapat pegunungan Muria.

Tahukah kamu bahwa awalnya Kudus bernama “Tajug”? Karena terdapat banyak bangunan suci umat Hindu. Namun setelah Agama Islam mulai memasuki daerah tersebut, digantilah dengan nama Kudus yang dalam bahasa Arab berarti Suci.

Banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk berziarah ke Kota Kudus, namun ternyata Kudus mempunyai tempat-tempat wisata kece yang harus kamu datangi.

11 Tempat Wisata Kudus

1. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus sebetulnya bernama Masid Al Aqsa Manarat Qudus, atau biasa juga disebut dengan nama Masjid Al Manar. Yang didirikan oleh Sunan Kudus pada tahun 956 H atau 1549 M.

Sunan Kudus membuat masjid ini dengan konsep bangunan yang menggabungkan kebudayaan Hindu, Budha, dan Islam itu sendiri. Sehingga nampak masjid ini sangat unik dan juga indah.

masjid al aqsa menara kudus
masjid al aqsa menara kudus. google maps. sumber: Priyo Dwi Utomo

Simak juga: 11 tempat wisata Lumajang

Nuansa kebudayaan Hindu terasa kental di bagian menara masjid, dimana di bagian kaki dan badan menara diukir dengan menggunakan tradisi Jawa-Hindu begitu pula dengan motifnya.

Ketika kamu berkunjung ke Masjid Menara Kudus, selain beribadah tentunya kamu pun dapat sedikit mengenal peradaban pada zaman dulu yang tersisa di masjid tersebut. Selain itu, kamu juga dapat berziarah ke makam Sunan Kudus yang berada di sisi barat kompleks masjid.

Lokasi: Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

2. Desa Wisata Colo

Desa Wisata Colo berada di ketinggian sekitar 700 mdpl, yang berada di kawasan Pegunungan Muria. Yang mulai dirintis menjadi sebuah desa wisata pada tahun 2012 silam.

salah satu tempat wisata di desa colo
salah satu tempat wisata di desa colo. google maps. sumber: PakNoor Kudus

Ketika mengunjungi Desa Wisata Colo, kamu dapat melakukan ragam wisata seru seperti, mengunjungi Air Terjun Motel, melakukan trekking untuk menikmati keindahan Pegunungan Muria, mengunjungi Taman Ria Colo, serta berziarah ke makam Sunan Muria.

Udara di Desa Wisata Colo sangat segar dan sejuk, panorama alam yang sangat indah dengan didominasi pegunungan serta pepohonan yang sangat menyejukkan.

Lokasi: Desa Colo, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Propinsi Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000
Jam Buka: 24 Jam

3. Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin merupakan destinasi wisata alam yang harus kamu kunjungi ketika mengunjungi Kudus, tepatnya berada di Desa Piji, Kabupaten Dawe.

Tempatnya masih sangat asri dan alami serta memiliki panorama alam yang tak kalah dengan air terjun lainnya. Kamu dapat merasakan kesegaran airnya menyentuh tubuh serta udara sejuk yang menyegarkan.

air terjun pengantin
air terjun pengantin.google maps. sumber: Awaludin Jauhari

Simak juga: 11 tempat wisata Ngawi

Namun sebelum itu, kamu harus menapaki jalan yang masih berupa tanah dan bebatuan di tengah rimbunnya pepohonan. Perjalanan yang cukup melelahkan tersebut akan terbayarkan dengan keindahan yang akan didapat.

Lokasi: Dusun Bakaran, Desa Piji, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 7.500,- per orang
Jam Buka: 24 Jam

4. Desa Wisata Rahtawu

Desa Rahtawu merupakan bagian dari desa wisata yang ada di Kudus, dengan berada di ketinggian sekitar 1.627 mdpl membuat suhu udara di desa ini sangat sejuk.

Sebanding dengan keindahan panorama alam yang tersaji dengan rangkaian pegunungan yang menawan. Terdapat sebuah gunung yang dikenal dengan nama Wukir Rahtawu.

panorama alam desa rahtawu
panorama alam desa rahtawu. google maps. sumber: nana nu

Simak juga: 11 tempat wisata Jombang

Lokasinya berada di sebelah Gunung Muria. Banyak pengunjung yang melakukan trekking menuju puncak. Selain itu masih banyak destinasi wisata alam lainnya yang dapat kamu kunjungi.

Diantaranya pendakian puncak 29, pendakian natas angin, mengunjungi sungai, berkunjung ke kali pethuk, dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi:  Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Tiket: hanya diberlakukan di lokasi wisata yang akan dituju dengan harga yang berbeda-beda
Jam Buka: 24 Jam

5. Air Tiga Rasa Rejenu

Air Tiga Rasa tepatnya berada di atas Air Terjun Monthel, di sebelah utara makam Sunan Muria. Air Tiga Rasa diyakini memiliki beberapa khasiat yang dipercayai oleh masyarakat.

Dinamakan Air Tiga Rasa, karena masing-masing air memiliki rasa yang berbeda-beda. Sumber air yang pertama memiliki rasa tawar dengan sedikit rasa masam.

Yang diyakini memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sumber mata air yang kedua mempunyai rasa seperti minuman bersoda, yang berkhasiat menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi permasalahan hidup.

sumber mata air 3 rasa
sumber mata air 3 rasa. google maps. sumber: endah yuliastuti

Mata air yang ketiga memiliki rasa yang mirip seperti tuak, dan berkhasiat melancarkan rezeki. Banyak pengunjung yang datang dengan maksud yang berbeda-beda.

Lokasi: Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam

6. Grey Canyon Kudus

Grey Canyon Kudus merupakan ikon wisata dari Kudus yang awalnya merupakan galian C sehingga terbentuk dinding alam dengan nuansa abu-abu yang akhirnya melahirkan panorama alam yang menakjubkan.

Maka tak heran jika lokasi ini merupakan tempat terbaik untuk melakukan pemotretan preweeding. Apalagi jika sore mulai menjelang, banyak pengunjung yang ingin mengabadikan Grey Canyon berdampingan dengan alam petang yang cantik.

grey canyon kudus
grey canyon kudus. google maps. sumber: Aang Zarkasi

Simak juga: 11 tempat wisata Gorontalo

Selain menjadi destinasi wisata, Grey Canyon juga dimanfaatkan sebagai arena balap sirkuit offroad tingkat nasional pada tahun 2010 silam.

Lokasi: Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah
tiket: Rp. 5.000,- per orang
jam Buka: 24 Jam

7. Taman Oasis Djarum

Taman Oasis merupakan sebuah taman terbuka hijau yang dimiliki oleh PT. Djarum, yang dibangun sejak tahun 2005 dan menjadi tempat asyik untuk nongkrong para pemuda sekitar hingga saat ini.

Kondisi pepohonan yang rindang serta bersih membuat siapa saja yang datang merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama disini.

taman yang asri dan adem
taman yang asri dan adem. google maps. sumber: JohnPedia

Lokasi: Jl Lingkar Utara, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
Tiket:-
Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 20.00 malam

8. Situs Purbakala Patiayam

Situs Patiayam merupakan bagian dari Gunung Muria, luasnya mencapai 2.902,2 ha meliputi wilayah Kudus dan beberapa kecamatan di Pati.

Disini kamu dapat menemukan manusia purba (Homo Erectus), fauna vertebrata dan invertebrata, alat-alat batu pada zaman manusia purba dan masih banyak lagi.

salah satu fosil yang ada
salah satu fosil yang ada. google maps. sumber: Mitta Hermawati

Simak juga: 11 tempat wisata Pemalang

Situs Patiayam merupakan salah satu situs terlengkap karena tersedia beberapa peninggalan prasejarah yang sangat lengkap.

Jadi, untuk kamu yang menyukai hal-hal yang berbau sejarah, Situs Patiayam merupakan tempat yang harus kamu kunjungi ketika berada di Kudus.

Lokasi: Pegunungan Patiayam, Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00-16.00 sore.

9. Taman Sardi Atau Menara Pisang

Taman Sardi Kudus atau biasa disebut Menara Pisang, hal tersebut dikarenakan terdapat sebuah menara yang berhiaskan pisang yang menjadi icon dari lokasi wisata yang satu ini.

Disini kamu dapat melakukan kegiatan outbound, camping, ataupun kegiatan outdoor lainnya. Terdapat banyak gazebo untuk kamu yang ingin bersantai dan menyantap hidangan yang kamu bawa dari rumah.

berfoto bersama menara pisang
berfoto bersama menara pisang. google maps. sumber: Kanti Mulyandari

Tempat wisata yang satu ini merupakan lokasi yang tepat untuk mengajak seluruh keluarga menghabiskan waktu bersama.

Udaranya sangat sejuk dan kamu dapat menyaksikan panorama keindahan dari Gunung Muria. Fasilitas yang ada di Taman Sardi pun sangat lengkap, sehingga membuat kamu betah berlama-lama disini.

Lokasi: Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 10.000,-
Jam Buka: 07.00-16.00

10. Museum Kretek Kudus

Kudus memiliki sebuah museum kretek yang wajib kamu kunjungi, disini kamu akan belajar banyak hal tentang roko kretek. Mulai dari sejarah perkembangan rokok di Indonesia, rokok pada zaman dulu, hingga barang-barang yang berkaitan dengan rokok.

Dan ternyata Museum Kretek Kudus ini merupakan satu-satunya museum roko yang ada di Indonesia. Yang diresmikan pada tahun 1986.

museum kretek kudus
museum kretek kudus. google maps. sumber: Fahrizal Rizqi Annas

Simak juga: 11 tempat wisata Bojonegoro

Disini kamu akan mengenal lebih jauh tentang rokok kretek, dokumentasi perkembangan kretek di Kudus, hingga tokoh-tokoh yang mendirikan pabrik kretek di Kudus.

Disini juga tersedia area waterboom tempat bermain air yang dapat dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa, dengan harga tiket berkisar Rp. 10.000,- untuk anak-anak dan Rp. 15.000,- untuk dewasa.

Lokasi: Jl. Getas Pejaten No. 155, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
Tiket: Rp. 3.000,- per orang
Jam Buka: 08.00-16.00

11. The Peak View Waterboom Kudus

The Peak View Waterboom Kudus menawarkan one stop holiday untuk kamu yang ingin berlibur bersama dengan keluarga tercinta.

Karena disini selain area bermain yang seru banget juga tersedia wahana outbound yang dapat merangsang keberanian anak-anak.

wahana yang ada di peak view waterboom kudus
wahana yang ada di peak view waterboom kudus. google maps. sumber: Muhammad Bagir

Serta terdapat pula sebuah restoran terapung untuk kamu mengisi perut yang lapar akibat seharian melakukan kegiatan seru bersama.

Lokasi: Jl. UMK Utara Gondang Manis, Kayuapu Kulon, Gondang Manis, Kec. Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Tiket: Rp. 20.000,- per orang
Jam Buka: 08.00-17.00


Tinggalkan komentar