11 Tempat Wisata Sumba, Surga Wisata Di Indonesia

Sumba merupakan sebuah pulau yang memiliki alam yang sangat indah juga masih alami. Masih banyak tempat wisata di Sumba yang masih belum terjamah.

Keindahan pantai di Sumba bahkan termasuk pantai terbaik ke 17 dari 100 pantai yang ada di dunia. Maka jangan heran jika Sumba lebih sering dikunjungi oleh wisatawan asing.

Banyak lokasi wisata di Sumba dengan tema yang berbeda yang dapat kamu kunjungi, ada desa-desa kuno yang menjadi saksi sejarah peradaban zaman dulu.

Mengunjungi air terjun dengan keindahan yang sangat menakjubkan, jangan lupakan untuk mengunjungi pantainya juga.

Banyak sudah publik figur dari dalam maupun luar negeri yang terpesona dengan keindahan yang dimiliki Sumba. Pulau Sumba sendiri merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

11 Tempat Wisata Sumba

1. Lapangan Pasola Lamboya

lapangan pasola
lapangan pasola. google maps. sumber: DCS-Borepile Toro

Simak juga: 11 tempat wisata Banjarnegara

Lapangan Pasola merupakan sebuah lapangan yang berlokasi di Kecamatan Lamboya, tempat dilaksanakannya Festival Pasola yakni antara bulan Februari hingga Maret.

Festival Pasola merupakan sebuah festival yang sudah ada sejak dulu dan tetap dilaksanakan hingga saat ini. Festival tersebut terdiri dari festival lempar lembing kayu dan pertarungan yang dilakukan di atas kuda.

Catat pelaksanaan Festival Pasola jika kamu hendak mengunjungi Lapangan Pasola ini, supaya kamu dapat menyaksikan atraksi warga setempat dalam melakukan pertarungan dengan menggunakan kuda yang sedang berlaju dengan kencangnya.

Lokasi:  Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

2. Danau Weekuri

Danau Weekuri atau Weekuri Lagoon merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat dari percikan air aut yang menembus batuan karang.

Kedalaman danau ini beragam dari mulai kurang dari setengah meter hingga ada yang mencapai 5 meter. Airnya terasa asin karena berasal dari air laut yang menembus batuan karang yang mengelilingi danau.

danau weekuri
danau weekuri. google maps. sumber: Toyib Kusuma Jaya

Airnya sangat jernih hingga kamu bisa melihat dengan jelas ke dasar kolamnya. Selain itu juga dilengkapi dengan keindahan batuan yang mengelilingi danau yang membentuk stalaktit dan stalagmit yang sangat cantik.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Danau Weekuri ini diantaranya berenang, dan menyusuri jembatan kayu di sekitar danau untuk melihat keindahan danau dari ketinggian.

Lokasi: Desa Kalena Rongo, Kec. Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur
Tiket: Rp. 50.000,- per mobil
Jam Buka: 08.00-17.00

3. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri merupakan sebuah pantai dengan bentangan pasir putih bersih nan lembut dan terdiri dari dua jenis pasir putih yang berbeda.

Ada yang berupa pasir putih pada umumnya, ada pula pasir putih yang sangat lembut dan basah layaknya sebuah bedak. Serta keberadaan hutan mangrove atau pohon bakau kerdil yang memikat.

Pohon mangrove tersebut memang tidak terlalu tinggi, bentuk batangnya seperti seseorang yang sedang menari dengan ranting yang memanjang.

pohon menari di pantai walakiri
pohon menari di pantai walakiri. google maps. sumber: Fathonikudo

Simak juga: 11 tempat wisata Brebes

Area tersebut akan sangat cantik ketika senja mulai datang, akan tampak sliuet indah yang tercipta. Maka tak heran jika banyak pengunjung yang mengabadikannya dalam sebuah foto maupun video.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Walakiri diantaranya bermain air laut yang tenang, bermain lembutnya pasir putih, menikmati sunset yang cantik, serta berfoto bersama pohon menari.

Lokasi: Watumbaka, Kec. Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Tim.
Tiket:-
Jam Buka: 24 Jam

4. Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang merupakan salah satu air terjun cantik yang ada di Sumba, air kolamnya berwarna hijau toska dan berada diantara tebing yang seakan melindunginya.

Air terjun ini memiliki 3 tingkatan, air terjun yang paling sering dikunjungi wisatawan ialah air terjun yang ketiga karena lebih mudah dijangkau.

Kegiatan seru yang dapat kamu lakukan diantaranya berenang di kolamnya yang cantik, karena lokasinya sedikit tersembunyi maka seperti sedang berada di kolam alam pribadi.

air terjun waimarang
air terjun waimarang. google maps. sumber: Fajar Esna M.Z

Jangan lewatkan untuk melakukan keseruan dengan melompat dari tebing di sekitarnya atau dari aliran air terjunnya. Kemudian kamu juga dapat menuju air terjun yang kedua dengan menyusuri jalan dibalik aliran air terjun yang ketiga.

Untuk menuju ke Air Terjun Waimarang kamu harus melalui jalan menurun yang cukup licin dan terjal, maka pastikan untuk menggunakan alas kaki yang tepat.

Banyak pengunjung yang datang pada pukul 09 pagi hingga pukul 10 pagi, karena sinar mentari akan masuk melalui celah tebing dan menghasilkan efek yang sangat cantik.

Lokasi: Desa Waimarang, Kel. Watu hadang, Kec. Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Tiket:-
Jam Buka: 08.00-17.00

5. Bukit Wairinding

landscape bukit wairinding
landscape bukit wairinding. google maps. sumber: Emus Usboko

Simak juga: 11 tempat wisata Gresik

Bukit Wairinding merupakan tempat wisata dimana kita dapat melihat hamparan perbukitan yang berundak-undak, dan akan berubah warna tergantung musim.

Jika kamu datang ketika musim hujan maka hamparan perbukitan akan berwarna hijau menyejukkan, namun jika datang ketika musim kemarau akan tampak seperti havana yang ada di Afrika.

Selain menikmati keindahan alam yang tersaji di depan mata, kamu juga dapat menyaksikan sunset yang sangat mengagumkan dari atas bukit. Atau mencoba untuk berkuda menyusuri bukit.

Hindari untuk datang di siang hari, karena panas matahari akan sangat terasa apalagi jika kamu tidak menggunakan topi ataupun kacamata hitam.

Lokasi: Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai, Kab. Sumba Timur, NTT.
Tket: 5.000
Jam Buka: 24 Jam

6. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu merupakan sebuah air terjun dengan panorama alam yang indah, dan digadang gadang mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

Lokasi wisata alam yang satu ini terdiri dari air terjun yang sangat cantik dengan hamparan bebatuan yang mengelilinginya, serta ada sebuah tebing tinggi yang seakan memagari air terjun ini.

air terjun tanggedu
air terjun tanggedu. google maps. sumber: Dikdik Rahadiansyah

Terdapat beberapa kolam alami dengan airnya yang berwarna hijau toska, dengan kedalaman yang berbeda-beda. Dimana kamu dapat berenang bahkan melakukan body jumping.

Semua keindahan tersebut harus kamu perjuangkan terlebih dahulu, karena untuk menuju Air Terjun Tanggedu harus trekking naik turun bukit sejauh 2,5 km.

Namun sepanjang perjalanan tidak membosankan karena hadirnya pemandangan indah yang seakan menyemangatimu untuk tidak menyerah.

Lokasi: Desa Tanggedu, Kec. Kanatang, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.
Tiket: Rp. 2.000,- per orang
Jam Buka: 08.00-17.00

7. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu merupakan pantai terbaik ke 17 yang ada di dunia, mengalahkan pantai yang ada di Hawai yang bernama Hanelei Bay, serta menjadi salah satu tujuan para peselancar kelas dunia untuk mencoba ombak di pantai ini.

Bahkan oleh para peselancar tersebut Pantai Nihiwatu mendapar julukan “God’s Left”. Ombaknya termasuk salah satu ombak terbaik di Indonesia bahkan tercepat di dunia.

pantai nihiwatu sumba
pantai nihiwatu sumba

Simak juga: 11 tempat wisata Ponorogo

Selain mencoba keganasan ombaknya, di Pantai Nihiwatu juga telah tersedia beberapa villa dan bungalow untuk kamu yang datang dari luar Sumba.

Serta tersedia beberapa restoran yang dibangun menghadap ke arah pantai, dengan konsep bangunan yang menggabungkan tradisional dan modern.

Lokasi:  Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Tiket:-
jam Buka: 24 Jam

8. Pantai Watu Bella

Pantai Watu Bela memiliki hamparan pasir putih yang bersih serta deretan tebing putih yang menjulang tinggi. Birunya laut bersatu dengan birunya langit serta hijaunya pepohonan yang ada di sekitar tebing.

Membuat mata ini seakan tak mau berkedip melihat keindahan dan ketenangan hati ketika melihatnya. Pantai memang selalu mempunyai cara untuk menenangkan jiwa yang sudah mulai letih.

pantai watu bella
pantai watu bella. google maps. sumber: Unang Sadly

Di atas tebing yang ada di sekitar pantai terbentang padang rumput yang dimanfaatkan warga sekitar sebagai tempat untuk menggembala hewan peliharaan milik mereka.

Jangan lewatkan untuk berfoto bersama keindahan alam yang disajikan, dan biarkan dunia mengetahui alam Sumba yang menakjubkan. Apalagi dengan mengabadikan cantiknya sunset di tempat yang cantik pula.

Lokasi: Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur
Tiket: –
jam Buka: 24 Jam

9. Air Terjun Lapopu

Satu lagi keindahan alam Sumba yang harus kamu kunjungi, yakni Air Terjun Lapopu yang merupakan air terjun tertinggi yang ada di Sumba, dengan memiliki ketinggian sekitar 92 meter.

Air terjun ini berundak-undak seperti sebuah tangga, dengan mengalirkan air yang jernih serta menyegarkan pastinya. Kolam alaminya pun tidak terlalu dalam, jadi kamu dapat berenang dan mendekati area curahan air terjunnya.

landscape air terjun lapopu
landscape air terjun lapopu. google maps. sumber: satya putra

Simak juga: 11 tempat wisata Kudus

Destinasi wisata yang satu ini berada di kawasan Taman Nasional MaTaLaWa (Manupe Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti).

Rombongan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pun pernah menikmati keindahan Air Terjun Lapopu. Apalagi jarak dari tempat parkir tak begitu jauh, hanya sekitar 5 hingga 10 menit saja.

Lokasi: Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 24 Jam

10. Kampung Tarung

Pulau Sumba bukan hanya terkenal akan keindahan alamnya saja, adat serta warisan leluhur pun dapat menjadi destinasi wisata yang menarik.

Seperti mengunjungi sebuah kampung adat yang bernama Kampung Tarung, yang berada di dataran tinggi namun mudah untuk dijangkau.

kampung tarung
kampung tarung. google maps. sumber: Nana Achyani

Ketika mengunjungi Kampung Tarung kamu akan dapat melihat rumah-rumah penduduk yang masih tradisional dengan menghadap ke arah barat dan timur.

Selain itu kamu juga dapat menemukan penginggalan zaman megalithikum yang masih tersimpan dengan baik. Seperti kubur batu, kubur batu dengan dolmen, menhir dan arca.

Warga sekitar Kampung Tarung akan menyambutmu dengan baik, dan jika diminta mereka akan menjelaskan setiap jengkal di Kampung Tarung.

Lokasi: Wailiang, Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur
Tiket: Membayar seikhlasnya
Jam Buka: 24 Jam

11. Kampung Adat Ratenggaro

Kampung Adat atau Desa Adat Ratenggaro merupakan sebuah desa yang menjadi sejarah pada zaman Megalithikum lainnya di Pulau Sumba.

Karena disini terdapat banyak kuburan batu yang tertata dengan rapih di sekitar area perkampungan. Masyarakat adat Ratenggaro masih memegang teguh adat dan tradisi leluhur.

landscape kampung adat ratenggaro
landscape kampung adat ratenggaro

Simak juga: 11 tempat wisata Lumajang

Disini kamu pun akan melihat bangunan rumah adat dengan tinggi atap yang berbeda-beda. Semakin tinggi atap rumahnya semakin tinggi pula kedudukannya.

Selain berkeliling melihat lebih detil Kampung Adat Ratenggaro, kamu juga dapat menikmati Pantai Ratenggaro yang lokasinya tak begitu jauh.

Lokasi: Desa Umbu Ngedo, Kec. Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Tiket: –
Jam Buka: 24 Jam


Tinggalkan komentar