Savana Puru Kambera, Orkestra Alam Di Tanah Sumba

Kabupaten Sumba Timur, Povinsi Nusa Tenggara Timur, merupakan daerah yang terkenal dengan penangkaran dan perdagangan kuda sejak abad ke 19.Hal tersebut tentunya disebabkan oleh kondisi alamnya yang sangat mendukung untuk kelestarian kuda-kuda tersebut.

Meskipun memiliki musim hujan yang relatif sebentar dibandingkan dengan musim kemaraunya yang bisa mencapai 8 bulan, namun Kabupaten Sumba Timur memiliki savana yang sangat luas sekali.

Savana Puru Kambera
Savana Puru Kambera. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Savana atau padang rumput yang paling terkenal adalah Savana Puru Kambera. Apa saja daya tarik dari Savana Puru Kambera tersebut? Maka inilah reviewnya yang sudah kami susun untuk anda.

Pesona Keindahan Savana Puru Kambera Nusa Tenggara Timur

1. Padang Rumput Yang Luas

Daya tarik yang pertama dari Savana Puru Kambera adalah padang rumput atau savana yang sangat luas. Rumput yang sedikit kecoklat-coklatan, serta beberapa pohon besar menjadi sebuh panorama eksotis.

Pesona Savana Puru Kambera Sumba
Pesona Savana Puru Kambera Sumba. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Para pengunjung yang datang akan merasakan sensasi sedang berada di daratan afrika, sebuah jalan beraspal yang berada di tengah-tengah savana, namun sepi dari kendaraan, semakin menyajikan susana sebuah latar yang sering ditampilkan di TV – TV Hollywood.

Hasil jepretan kamera tidak usah diragukan lagi, sekalipun anda bukan fotografer handal, namun view alam di sekitar akan membantu memberikan keindahan yang nyaman dilihat.

Keindahan Savana Puru Kambera pernah dijadikan sebagai tempat konser dari sebuah band ternama yang ada di Indonesia. Sungguh luar biasa, konser di sebuah savana yang luas nan elok.

Savana Puru Kambera Wisata Populer Ntt
Savana Puru Kambera Wisata Populer Ntt. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Kuda Liar Khas Sumba

Panorama  kawanan kuda liar di Savana Puru Kambera dapat terlihat saat musim kemarau tiba. Karena kuda-kuda tersebut menjadikan savana menjadi tempat untuk mencari makan.

Kuda Sandel Di Savana Puru Kambera
Kuda Sandel Di Savana Puru Kambera. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kuda khas Sumba Timur disebut dengan Kuda Sandel. Yaitu persilangan antara kuda lokal dengan kuda arab. Dan Kuda Sandel menjadi maskot kebanggaan masyarakat Sumba Timur.

Di saat-saat tertentu, di lokasi Savana Puru Kambera selalu dilaksanakan Parade Kuda Sandewood. Sebuah festival yang menyajikan parade kuda lokal, yang berpadu dengan budaya khas masyarakat Sumba.

Tidak tanggung-tanggung, parade tersebut pernah diikuti oleh 1001 joki, dan 1001 kuda. Para joki diwajibkan untuk memakai pakaian adat.

Dan Savana Puru Kambera menjadi arena utama dari Parade Kuda Sandelwood tersebut. Tetapi bagi pengunjung yang ingin menyaksikan acara tersebut, harus tahu jadwalnya terlebih dahulu ya…

Kuda Khas Savana Puru Kambera
Kuda Khas Savana Puru Kambera. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Pantai Puru Kambera

Pesona keindahan selanjutnya darai Savana Puru Kambera adalah kehadiran pantai cantik, airnya yang bersih dan kebiru-biruan, serta ekosistemnya yang masih terjaga.

Nama pantai tersebut adalah Pantai Puru Kambera yang lokasinya berada di ujung Savana Puru Kambera. Inilah orkestra alam di tanah Sumba Timur.

Pantai Puru Kambera
Pantai Puru Kambera. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sebuah sajian alam yang masih natural, jauh dari tangan-tangan jahil. Meskipun masih banyak hal yang perlu ditata, terutama di sisi fasilitasnya.

Simak juga: 11 tempat wisata di Pulau Sumba

Lokasi Savana Puru Kambera

Savana Puru kambera berada di Mondu, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Lokasi wisata alam ini terletak sekitar 25 km dari Kota Waingapu. Sebenarnya wisata utama di Puru Kambera adalah wisata pantainya yang cukup luas dengan hamparan pasir putihnya yang sangat halus. Jarak dari pantai ke padang savana Puru Kambera adalah sekitar 2-3 km.

Rute Menuju Savana Puru Kambera

Pengunjung harus menempuh sekitar satu jam perjalanan dari kota Waingapu menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan sewaan untuk menuju Savana Puru Kambera.

Hal ini karena belum tersedianya moda transportasi umum menuju lokasi ini. Walaupun perjalanan yang ditempuh cukup panjang, namun keindahan alam yang ada di kawasan wisata ini pun akan membuat pengunjung memiliki sebuah pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

Rute Menuju Savana Puru Kambera
Rute Menuju Savana Puru Kambera. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Savana Puru Kambera

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kabupaten Sumba Timur. Savana Puru Kambera buka jam 24 jam.

Simak juga: Danau Lut Tawar di dataran tinggi Aceh

Tiket Savana Puru Kambera

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa. Namun tidak demikian dengan Savana Puru kambera. Saat weekday, harga tiket masuk Savana Puru Kambera adalah Rp 15,000.00. Demikian juga dengan harga tiket masuk weekend tetap sama.

Fasilitas Savana Puru Kambera

Berbicara mengenai fasilitas di kawasan savana ini memang tidak terlalu banyak, karena kegiatan akan lebih banyak di alam bebas. Sehingga bagi para wisatawan yang hendak bermalam ataupun mencari makanan dapat harus beranjak ke Pantai Puru Kambera.

Leave a Comment