Bukit Tanarara, Salah Satu Keindahan Bukit Yang Ada di Sumba Timur

Nusa Tenggara Timur memang masih memiliki bentangan alam yang alami, apalagi jika kamu berkunjung ke Kabupaten Sumba Timur. Disana banyak tempat wisata eksotis yang dapat membuat kamu terperangah.

Di wilayah Sumba Timur kamu akan menjumpai daerah yang hamparan tanah kosong yang ditumbuhi pepohonan, atau biasa disebut Savana. Banyak hewan-hewan yang mencari makan di daerah tersebut.

Satu lokasi dengan hamparan savana yang menawan dapat kamu jumpai ketika berkunjung ke Bukit Tanarara. Bukit ini terletak di Kecataman Matawai La Pawu, Sumba Timur.

Rute untuk menuju lokasi wisata yang satu ini pun sangat mudah dijangkau oleh berbagai jenis kendaraan apapun. Bukit Tanarara banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati dan mengabadikan keindahan perbukitan serta savana yang sangat indah.

Tanarara memiliki makna tanah yang merah, mungkin hal tersebut dimaksudkan karena tanah yang ada di sekitar Bukit berupa tanah merah atau tanah liat.

Bukit Yang Berundak Undak
Bukit Yang Berundak Undak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Ragam Wisata di Pulau Sumba

Lokasi Bukit Tanarara

Lokasi Bukit Tanarara berada di Katiku Luku, Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Bukit Tanarara

Jika kamu bergerak dari Kabupaten Sumba Timur akan menempuh perjalanan sekitar 19 km, sedangkan jika kamu memulai perjalanan dari Waingapu akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Kamu juga dapat menggunakan Aplikasi GoogleMaps untuk menuju Bukit Tanarara. Kamu akan melewati perjalanan diantara hamparan savana yang sangat indah, jalan yang dilalui pun mulus tak ada kendala yang berarti.

Semakin jauh kamu melajukan kendaraan semakin indah pemandangan yang nampak di depan mata, sungguh sebuah tempat yang sangat luar biasa. Sesekali kamu akan bertemu dengan gerombolan hewan yang menyebrangi jalan.

Jam Buka Bukit Tanarara

Bukit Tanarara merupakan sebuah kawasan yang dapat kamu jumpai kapan saja, itu artinya untuk dapat menikmati keindahan Bukit Tanarara bisa dilakukan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Waktu yang tepat mengunjungi Bukit Tanarara ialah ketika pagi dan sore hari. Jika weekend tiba lokasi wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Tiket Bukit Tanarara

Karena ini merupakan area umum yang sangat luas, sehingga tidak ada patokan tiket khusus untuk dapat mengunjunginya alias gratis.

Landscape Bukit Tanarara
Landscape Bukit Tanarara. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pantai Batu Taka Urung

Fasilitas Bukit Tanarara

Fasilitas yang ada pun belum terlalu memadai, hanya terdapat sebuah warung sederhana yang ada di pinggir jalan.

Daya Tarik Bukit Tanarara

Daya tarik yang coba diberikan Bukit Tanarara yakni sebagai berikut:

1. Hamparan Savana Yang Menakjubkan

Eloknya Savana Di Sumba
Eloknya Savana Di Sumba. Sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan hamparan savana yang sangat luas, sekilas kamu akan merasakan seperti sedang berada di kawasan Green Canyon, Amerika.

Yang membedakan ialah jika kawasan Green Canyon selalu memiliki warna yang sama, sedangkan di Bukit Tanarara warnanya tergantung pada keadaan musim.

Jika musim hujan hamparan savana dan perbukitan yang ada berubah menjadi hijau dengan banyak ditumbuhi rerumputan dan ilalang, sedangkan jika musim kemarau warnanya akan berubah menjadi coklat.

Tempat Hewan Mencari Makan
Tempat Hewan Mencari Makan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Curug Penganten Tasikmalaya

2. Keindahan Perbukitan Yang Memukau

Banyak sekali kawasan perbukitan yang ada di Sumba, hal itulah yang membuat Sumba mendapat julukan sebagai “Negeri 1000 bukit”. Bukit-bukit yang ada sangat indah dan memukau pandangan siapa saja yang melihatnya.

Jika kamu berada di kawasan Bukit Tanarara, kamu akan dapat menyaksikan keindahan bukit-bukit yang saling beradu hingga menimbulkan satu kesatuan yang sangat indah.

Hal tersebut selalu dijadikan spot foto yang menawan bagi para pengunjung yang datang ke Bukit Tanarara. Selain itu, karena lokasinya yang tidak terlalu ramai sehingga cocok sekali jika dijadikan tempat untuk menenangkan diri.

Bukit Tanakara sendiri konon terbentuk dari karang, yang kemudian berubah menjadi kawasan perbukitan yang sangat indah.

Warna Alamnya Berbeda Beda
Warna Alamnya Berbeda Beda. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Menikmati Keajaiban Matahari

Karena berada diatas ketinggian, sehingga kamu dapat menyaksikan proses terbenam dan terbitnya matahari dengan mata kepala kamu sendiri.

Untuk dapat menyaksikan indahnya matahari terbit dibalik bukit, kamu harus datang di awal hari. Keindahan alam di sore hari pun tak kalah menakjubkan, dimana kamu akan melihat keadaan alam yang terang berubah menjadi jingga kemudian menjadi gelap gulita.

Menyaksikan hal seperti itu tentu saja merupakan pengalaman yang tak terlupakan dan harus kamu abadikan dengan menggunakan gadget yang kamu bawa.

Keindahan Alam Berganti Hari
Keindahan Alam Berganti Hari. Sumber: travelinkmagz.com

Simak juga: Taman Gunung Batu Karang

4. Spot Foto

Untuk kamu para pecinta fotografi, kamu akan merasa betah untuk belama-lama berada di kawasan Bukit Tanarara. Karena banyak sekali spot-spot foto yang sangat mengagumkan, dan sayang untuk dilewatkan.

Alam memang merupakan latar terbaik untuk setiap foto, apalagi di sekililing kawasan Bukit Tanarara terpampang secara nyata keindahan yang amazing banget.

Mengabadikan Keindahan Bukit Tanarara
Mengabadikan Keindahan Bukit Tanarara. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu dapat berfoto dengan keindahan hamparan perbukitan atau berfoto dengan indahnya senja di sore hari. Jika berada di atas bukit kamu dapat melihat jalan yang berkelok-kelok, pemandangan tersebut selalu diabadikan pengunjung dalam bentuk foto maupun video.

Simak juga: Janjang Sajuta Sumetera Barat

Tips Wisata

Berikut ini saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Bukit Tanarara, yakni sebagai berikut:

  • Jika kamu ingin melihat hamparan perbukitan dan savana berwana hijau maka datanglah ketika musim hujan.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup untuk bekal kamu saat berada di Bukit Tanarara.
  • Perhatikan kondisi kendaraan yang kamu gunakan, karena Bukit Tanarara jauh dari area publik.
  • Jika berkunjung di siang hari bersiaplah dengan cuaca panas yang sangat terik.
  • Jaga selalu keindahan dan kebersihan lokasi Bukit Tanarara.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Bukit Tanarara.

Penutup

Bukit Tanarara merupakan satu dari sekian bukit yang ada di Sumba, keindahannya sungguh sangat memukau. Tak bosan mata ini untuk terus menerus melihatnya.

Tempat yang tepat untuk menikmati keajaiban tangan Tuhan serta menenangkan diri dari hingar bingarnya suasana perkotaan.

Kunjungi dan saksikanlah sendiri bagaimana Bukit Tanarara memanjakanmu!


Leave a Comment