Tanjung Mareha, Spot Menikmati 2 Pantai Sekaligus

Pantai merupakan salah-satu objek wisata yang paling disukai oleh masyarakat. Hal tersebut disebabkan karena view alam yang sangat mempesona, dan yang paling penting mayoritas lokasi pantai bisa diakses oleh segala macam jenis kendaraan.

Seiring perkembangan jaman, lokasi objek wisata dituntut untuk menyajikan sebuah spot yang bisa menghadirkan view serta latar yang keren untuk kebutuhan media sosial.

Terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, terdapat sebuah spot untuk menikmati keindahan 2 pantai sekaligus. Nama spot atau objek wisatanya adalah Tanjung Mareha.

panorama cantik di tanjung mareha
panorama cantik di tanjung mareha. Google Maps. Sumber: Thyo Hyo

Tanjung adalah daratan yang menjorok ke laut. dan Tanjung Mareha bukan hanya sekedar daratan saja, tetapi mampu menjadi sebuah spot alami yang menyajikan view alam lautan luas, sejauh mata memandang.

Daya Tarik Tanjung Mareha

Apa sebetulnya yang menjadi pesona utama dari Tanjung Mareha? Bagi yang belum tahu, maka inilah jawabannya:

1. Sensasi Berada Di Atas Kapal Raksasa

Tanjung Mareha merupakan daratan yang sangat tinggi, layaknya sebuah bukit batu, yang menjorok ke laut lepas. Sensasi yang ditawarkan saat berada di atas Tanjung Mareha adalah sensasi menaiki sebuah kapal raksasa.

Jika diihat dari bawah memang seperti biasa saja, namun saat kaki anda melangkah di atas Tanjung Mareha, maka tanjung tersebut akan terasa sangat luas.

Saat berada di atas Tanjung Mareha, traveler akan melihat bahwa spot tersebut didominasi oleh hamparan rumput hijau.

Dan saat kaki berjalan hingga sampai mendekati ujung Tanjung Mareha, maka sensasi menaiki kapal raksasa akan lebih terasa.

sensasi berada di kapal raksasa
sensasi berada di kapal raksasa. Google Maps. Sumber: diana aris

Tetapi patut diingat bahwa di lokasi tersebut belum terdapat pagar pembatas, atau pagar keamanan. Sehingga para pengunjung harus selalu berhati-hati.

Jangan hanya karena sebuah konten, namun lalai terhadap aspek keselamatan. Yang paling penting, para pengunjung harus selalu fokus, dan jangan terlalu dekat ke tepian tanjung.

2. Spot Untuk Menikmati Keindahan Dua Pantai Sekaligus

Mayoritas sebuah tanjung berada dalam satu kawasan pantai saja. Namun berbeda dengan Tanjung Mareha, objek wisata tersebut mampu menjadi lokasi untuk menikmati 2 pantai sekaligus.

Spot Menikmati Keindahan 2 Pantai Sekaligus
Spot Menikmati Keindahan 2 Pantai Sekaligus. Google Image. Sumber : Indotravelista Yoga Retreat

Pantai yang ada diantara Tanjung Mareha adalah Pantai Maladong, dan Pantai Bwanna. Ke dua pantai tersebut memiliki pesona alam yang sangat indah, apalagi jika keindahan tersebut dinikmati dari atas ketinggian.

3. Spot Untuk Menikmati Sunrise Dan Sunset

Begitupun dengan fenomena sunrise, atau sunset, biasanya hanya bisa dinikmati salah-satu saja. Tetapi di Tanjung Mareha, traveler bisa menikmati proses sunset, kemudian sunset.

pesona matahari di tanjung mareha
pesona matahari di tanjung mareha. Google Maps. Sumber: Trisia Sinta Uli

Tentu saja mustahil jika dalam waktu yang bersamaan. Hanya saja, dari tempat yang sama, para pengunjung bisa menikmati ke dua proses alam tersebut.

Dengan demikian, daya tarik utama dari Tanjung Mareha adalah spot untuk menikmati dua fenomena alam, dua pantai yang indah, dalam satu tempat saja.

Sekilas Tentang Dua Pantai Di Tanjung Mareha

1. Pantai Maladong

Pantai Maladong adalah sebuah objek wisata pantai yang sangat terkenal view tebing, serta batu karang raksasa. Uniknya lagi, terdapat satu batu karang yang memiliki empat tiang, dan mirip dengan rumah adat masyarakat lokal, atau rumah adat Sumba.

pantai maladong
pantai maladong. Google Maps. Sumber: Pavel Maksin

2. Pantai Bwanna

Pantai Bwanna merupakan pantai yang identik dengan keberadaan Batu Bolong, atau disebut juga dengan Batu Cincin. Bahkan ikon tersebut sudah dikenal sampai ke mancanegara.

Namun sangat disayangkan, kini ikon tersebut sudah ambruk. Hal tersebut diduga diakibatkan oleh kejadian gempa yang menimpa daerah Sumba dan sekitarnya.

pantai bwana
pantai bwana. Google Maps. Sumber: Simon Rajagukguk

Nama Lain Tanjung Mareha

Sering sekali penulis menyampaikan bahwa pada faktanya, mayoritas objek wisata yang ada di Indonesia selalu memiliki nama lain.

Begitupun dengan Tanjung Mareha. Nama lain dari Tanjung Mareha adalah Tanjung Radar. Hal tersebut merujuk kepada radar milik Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Udara (TNI AU).

Lokasi Tanjung Mareha

Tanjung Mareha Terletak di Pulau Sumba tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kecamatan Kodi Bangedo, Desa Panenggo Ede.

Tanjung indah ini berada sekitar 50 km dari Tambolaka.

Rute Menuju Tanjung Mareha

Di Pulau Sumba sendiri terdapat 2 Bandara, yaitu Tambolaka di Sumba Barat dan Mehang Kunda di Sumba Timur. Selain itu akses masuk menuju Pulau Sumba ini juga bisa dari Pelabuhan Laut yang menghubungkan Pulau Sumba dengan pulau-pulau lainya, antara lain, Pulau Sumbawa, Pulau Flores dan Pulau Timor.

Pesona Alam Tanjung Mareha
Pesona Alam Tanjung Mareha. Google Maps. Sumber : Indotravelista Yoga Retreat

Untuk sampai ke Tanjung mareha waktu tempuhnya 2 jam dengan mobil dari bandara. Sesampainya di sana, pengunjung akan dibuat terpesona dengan pemandangan bukit yang menghadap ke laut biru. Pantai Tanjung ini tidak kalah Indahnya dengan Kelingking Beach yang ada di Nusa Penida.

Jam Buka Tanjung Mareha

Tanjung Mahera tidak memiliki jam operasional resmi. Jadi secara praktis pengunjung dapat datang dan menikmati keindahan lokasi ini 24 jam sehari sepanjang pekan.

Tiket Tanjung Mareha

Pengunjung yang datang untuk mengagumi keindahan Tanjung Mareha tidak dipungut biaya tiket masuk. Gratis.

Fasilitas Tanjung Mareha

Di objek wisata Tanjung Mareha, fasilitasnya masih belum lengkap. Meskipun demikian, wajah Tanjung Mareha yang masih natural, adalah daya tarik utama dari objek wisata tersebut.

Penutup

Kenyamanan dan keamanan adalah poin penting dalam berwisata. Dan sampah adalah musuh bersama dari setiap tempat wisata. Karena sesungguhnya “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment