Pantai Mandorak, 2 Tebing Karang Menjadi Pesona Utamanya

Pantai Mandorak rasanya sangat cocok sekalipun bagi mereka yang phobia dengan objek wisata pantai. Bagi sebagian besar, pasti akan heran mengapa ada orang yang takut dengan pantai.

pantai mandorak
pantai mandorak. google maps. sumber : Alfi Falakh

Pantai Mandorak memang sangat berbeda sekali dengan pantai lainnya. Apalgi lokasinya berada di provinsi Nusa Tenggara Timur, yang terkenal dengan alam pantai yang masih terjaga kelestariannya.

Faktor-fator besar bagi seorang thalassophobia, atau orang yang takut dengan pantai seperti :

  • Deburan ombak yang memecah karang
  • Gulungan ombak yang tinggi
  • Mata yang tertuju langsung ke lautan lepas

Ternyata, di Pantai Mandorak hampir tidak ada. Lautan lepas hanya bisa dilihat di titik-titik tertentu saja. Loh kok bisa? Penasaran bagaimana uniknya Pantai Mandorak? Yuk ikuti ulasannya.

Daya Tarik Pantai Mandorak Sumba Barat Daya

daya tarik pantai mandorak
daya tarik pantai mandorak. google maps. sumber: Andre Ferdinand

Lokasi Pantai Mandorak berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia, sebagai salah-satu samudera yang memiliki ombak yang sangat besar.

Namun, seolah-olah tidak berdampak terhadap Pantai Mandorak. Pada akirnya Pantai Mandorak menjadi salah-satu primadona wisata Sumba Barat Daya yang sangat populer. Dan inilah daya tariknya:

1. Ciri Khusus Pantai Mandorak

dua tebing yang saling berhadapan
dua tebing yang saling berhadapan. google maps. sumber: Click Said

Pantai Mandorak sangat mudah dikenali, karena memiliki ciri khusus, yaitu berupa batu karang yang saling berhadapan.

Di tengah-tengahnya aliran air laut. Dan beberapa puluh meter di depan dua batu karang tersebut terdapat batu karang yang sedikit menghalangi pandangan ke laut lepas.

2. Pasir Pantai

pasir pantai mandorak
pasir pantai mandorak. google maps. sumber: Luthfi Nafis

Bagi anda yang baru pertamakali datang ke Pantai Mandorak, sepintas tidak akan meliat lautan karena terhalang tebing karang.

Lalu dimana pasir pantainya? Pasir pantainya berada di samping kanan tebing karang, luas pasir pantainya hanya seukuran 2 batu karang yang berhadapan tadi.

Pasir Pantai Mandorak merupakan pasir pantai putih. Serta pantai tersebut tidak memiliki gelombang ombak yang tinggi.

Bahkan gulungan ombak yang menerpa karang, kemudian menyembur ke atas, atau biasa disebut juga dengan istilah Water Blow hanya bisa dilihat di momen tertentu saja.

3. Air Laut

gradasi warna pantai mandorak
gradasi warna pantai mandorak. google maps. sumber: Koen Vanhollebeka

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Mandorak adalah pesona air lautnya yang menyajikan perpaduan warna biru, dan hijau tosca.

Bahkan tepat di bawah batu karang yang saling berhadapan tadi, mata para pengunjung bisa langsung melihat kondisi di bawah air.

4. Panorama Alam Sekitar

Lalu bagaimana cara menikmati lautan lpemandangan lautan lepasnya? Gampang bosque, anda tinggal naik ke tebing yang ada di samping kiri atau kanan.

Tebing tersebut tidaklah tinggi. Sehingga memudahkan para pengunjung untuk sampai di spot tersebut. Setelah sampai, anda akan semakin takjub dengan dengan panorama lautan lepas, namun kondisi airnya terbilang cukup tenang.

gazebo pantai mandorak
gazebo pantai mandorak. google maps. sumber: Reyner Gunawan

Saya sarankan, anda naik ke tebing yang ada di sebelah kiri. Karena di sana terdapat sebuah pendopo, atau gazebo yang cukup besar. Bangunan tersebut menjadi spot terbaik untuk melepas lelah, sambil menikmati keindahan Pantai Mandorak dari ketinggian.

Sebagai catatan tambahan, karena Pantai Mandorak masih minim dengan fasilitas pendukung lainnya. Maka dianjurkan untuk membawa perbekalan dari rumah, atau membeli saat di perjalanan.

Simak juga: 11 wisata indah Sumba

Lokasi Pantai Mandorak

Lokasi dan alamat Pantai Mandorak berada di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Pantai Mandorak

Jalan menuju Pantai Mandorak bisa diakses oleh kendaraan jenis motor maupun mobil. Dan jarak Pantai Mandorak dari Desa Pero Batang memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Jam Buka Pantai Mandorak

pesona keindahan pantai mandorak
pesona keindahan pantai mandorak. googel maps. sumber: itsnain
  • Jam operasional Pantai Mandorak buka selama 24 jam.
  • Pantai mandorak buka setiap hari

Tiket Pantai Mandorak

Harga tiket masuk Pantai Mandorak gratis, biaya yang harus dikeuluarkan adalah biaya parkir saja.

Fasilitas Pantai Mandorak

Fasilitas di Pantai Mandorak memang masih minim. Namun untuk fasilitas primer seperti toilet, area parkir, dan gazebo sudah tersedia.

Penginapan Di Pantai Mandorak

Tidak ada penginapan di dekat Pantai mandorak

Leave a Comment