Pantai Walakiri, Siluet Indah Pohon Menari Di Sumba Timur

Pantai Walakiri atau ada sebagian orang yang menyebutnya dengan nama Pantai Walaikiri, memiliki pasir putih yang bersih serta lembut, serta deretan pohon kelapa juga cemara di sekitar pantainya.

Ditambah dengan lautnya yang berwarna biru serta sangat jernih, seakan memanggil kamu supaya segera menghampirinya untuk berenang.

Hal menarik yang dapat kamu jumpai ketika berada di Pantai Walaikiri ini ialah, terdapatnya dua jenis pasir dengan struktur yang berbeda.

Yakni pasir yang berada di tepi pantai memiliki tekstur yang kasar dan berwarna putih gading. Sedangkan di sisi lainnya, di area bekas laut yang surut tekstur pasirnya sangat halus seperti bedak dan juga cukup padat.

Sumba Timur terkenal memiliki deretan pantai yang memiliki keindahan luar biasa serta surganya berselancar air, hal tersebut gaungnya sudah terdengar ke seantero dunia.

Namun berbeda dengan pantai lainnya yang terlihat sepi, Pantai Walakiri atau Pantai Walaikiri selalu ramai karena memang berdekatan dengan permukiman warga.

ragam wisata seru di pantai walakiri
ragam wisata seru di pantai walakiri. google maps. sumber: Yosep Sugiarto

Simak juga: 11 tempat wisata di SUmba

Lokasi Pantai Walakiri

Lokasi Pantai Walakiri atau Walaikiri berada di wilayah Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Pantai Walakiri

Rute menuju Pantai Walakiri tak begitu susah, karena lokasinya yang berada tak jauh dari jalan raya menuju ke arah sebuah kecamatan yang cukup besar di Sumba Timur yakni Melolo.

Untuk menuju Pantai Walakiri kamu diharuskan menggunakan kendaraan pribadi, atau dengan menyewa kendaraan. Hal tersebut dikarenakan masih susahnya akses transportasi umum di Sumba.

Jika kamu bergerak dari Waingapu akan memerlukan estimasi waktu sekitar 1 jam perjalanan, dengan menuju ke arah menuju Kambajawa.

Teruslah lajukan kendaraanmu hingga melewati Jl. Adam Malik lalu belok ke arah kiri menuju Jl . Prof. Yohanes dilanjutkan menuju Jl. Suprapto/Jl. Sutomo.

Kemudian lanjutkan perajalananmu hingga menuju Pantai Walakiri atau Walaikiri, yang memiliki pohon cemara yang kerdil.

Jam Buka Pantai Walakiri

Jam opersional Pantai Walakiri atau Pantai Walaikiri dibuka sepanjang pekan selama 24 jam nonstop. Jadi kamu dapat mengunjunginya kapan saja.

Tiket Pantai Walakiri

Tiket masuk Pantai Walakiri atau Walaikiri belum diberlakukan, alias gratis. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan yakni sekitar Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

Simak juga: Danau Weekuri 

Fasilitas Pantai Walakiri

Fasilitas umum yang ada di sekitar Pantai Walakiri diantaranya:

  • Area parkir
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Warung makanan dan minuman

Daya Tarik Pantai Walakiri

1. Keindahan Pantai

indahnya pantai walakiri
indahnya pantai walakiri. google maps. sumber: Made Dedy Ariadi

Pantai Walaikiri atau Walakiri merupakan pantai yang sangat indah, alamnya sungguh masih sangat alami. Deburan ombaknya layak untuk berselancar. Pohon kelapa melambai-lambai terkena hembusan angin.

Sejauh mata memandang lautnya berwarna biru indah sekali, selain itu juga bersih sampai-sampai kamu dapat melihat ke dasar lautan dengan jelas.

Dengan duduk-duduk di atas hamparan pasir yang lembut, kamu pandangi dan rasakan betapa indahnya pesona Pantai Walaikiri ini. Tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terkasih.

Anak-anak dapat bermain dengan aman di pinggir pantai, atau hanya sekedar bermain pasir. Senyum lebar mereka memancarkan kebahagiaan yang tak terkira.

2. Pasir Lembut

Pantai Walaikiri atau Walakiri memiliki hamparan pasir yang putih serta lembut, nyaman sekali kaki ini berjalan tanpa alas kaki di Pantai Walaikiri.

pasir lembut di pantai walakiri
pasir lembut di pantai walakiri. google maps. sumber: Diah Yuliandari

Terdapat dua jenis pasir yang ada di Pantai Walaikiri yakni pasir yang di tepi pantai memiliki tekstur yang kasar namun tak terlalu kasar, sedangkan pasir dekat pohon mangrove sangat lembut sekali.

Pasir Pantai Walaikiri berwarna putih bersih, jika dilihat dari atas sungguh perpaduan yang sangat luar biasa. Antara Birunya laut, hijaunya pepohonan, serta putihnya pasir.

3. Spot Sunset

gradasi warna yang sempurna
gradasi warna yang sempurna. google maps. sumber: Fathonikudo

SImak juga: Danau purna Towuti

Jika mengunjungi sebuah pantai menikmati pergantian hari merupakan hal yang wajib untuk dilakukan, sama halnya ketika berada di kawasan wisata Pantai Walaikiri atau Walakiri, Sumba Timur ini.

Saksikanlah keindahan matahari tenggelam dengan dihiasi langit yang berubah menjadi sedikit jingga, juga keindahan matahari terbit yang datang dari sebelah timur Pantai Walaikiri atau Walakiri.

Yang paling ditunggu oleh para pengunjung ketika mengunjungi pantai ini ialah ketika matahari mulai tenggelam, dimana banyak diantara mereka yang berfoto dengan keindahan siluet pohon Mangrove yang kerdil.

4. Pohon Menari

ciri khas pantai walakiri
ciri khas pantai walakiri. google maps. sumber: Tri W gmail

Kehadiran dari pohon mangrove ini sangat terlihat jelas dan selalu menjadi pusat perhatian bagi pengunjung yang datang ke Pantai Walakiri.

Ketika air laut sedang surut, kamu dapat dengan mudah mendekati keberadaan pohon tersebut, yang biasa disebut dengan pohon mangrove kerdil.

Karena memang bentuk pohonnya tak sebesar ukuran normal pada umumnya. Pengunjung  bisa menghampiri pohon tersebut, serta bisa juga menjadi salah satu konten foto yang menarik.

Dengan keindahan dan keunikan yang dimiliki lokasi ini sering digunakan sebagai foto Prewedding, karena memang lokasinya yang sangat romantis sekali apalagi jika hari mulai petang.

Satu lagi keunikan pohon mangrove ini ialah, rantingnya yang kecil berbentuk meliuk-liuk seakan sedang menari. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang menyebutnya pohon menari.

Banyak pengunjung yang berfoto ketika senja mulai datang, karena akan terbentuk sebuah sliuet yang indah dari pohon menari tersebut.

dapat mendekatinya ketika sudah surut
dapat mendekatinya ketika sudah surut. google maps. sumber: Dian A

Simak juga: Pulau kembang Kalimantan

Penginapan

Di sekitar Pantai Walakiri belum tersedia fasilitas penginapan atau hotel, kamu dapat menemukannya dengan jarak sekitar lebih dari 10 km dari lokasi pantai.

Disana banyak terdapat beberapa penginapan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya. Beberapa diantaranya ada:

  • Sacca Residence
  • Hotel Jemmy
  • Sandle Wood Hotel Waingapu
  • Kaliuda Hotel
  • Wera Beach Hotel

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata yang coba saya bagikan untuk kamu yang hendak berkunjung ke Pantai Walaikiri:

  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika sedang bermain air.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Pantai Walaikiri atau Walakiri.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Walaikiri atau Walakiri.
  • Gunakan Sunblock untuk menghindari paparan radiasi matahari berlebih di kulit.
pantai walakiri sumba timur
pantai walakiri sumba timur. google maps. sumber: Tovic Wn

Penutup

Jadi bagaimana dengan informasi seputar Pantai Walakiri di atas? Semoga bisa menjadi panduan yang berguna pada saat kamu berkunjung ke sana.

Walaupun sudah bermain-main serta bersenang-senang di pantai ini, alangkah baiknya kita tetap menjaga kebersihan dari pantai ini.

Karena akan sangat disayangkan sekali apabila keindahan pantai ini akan hilang akibat sampah yang menumpuk. Selalu jaga kebersihan tempat ini dan selamat beraktifitas.


Tinggalkan komentar