Danau Weekuri, Cantiknya Danau Unik Di Sumba Barat Daya

Berbicara keindahan alam di Nusa Tenggara Timur memang tak ada habisnya, setelah beberapa kali mengulas wisata alam di Negeri Seribu Bukit ini.

Kali ini saya akan coba menghadirkan keindahan alam Danau weekuri atau Wekuri Lagoon, yang terletak di Kabupaten Sumba Timur, tepatnya di Desa Kalenarongo.

Danau Weekuri memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 150 meter ke arah daratan, lebar terjauh sekitar 50 meter, serta kedalaman kolam yang beragam.

Weekuri terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Sumba, yakni Wee yang artinya air dan Kuri yang berarti parutan atau percikan. Sehingga memiliki arti air hasil parutan atau percikan karang yang menerobos ke daratan yang kemudian membentuk danau.

Kamu dapat melakukan banyak hal ketika berada di Danau Weekuri, lokasi wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan orang terkasih. Lokasi wisata yang satu ini pernah didatangi oleh beberapa artis ibu kota, diantaranya keluarga Anang Hermansyah.

danau weekuri
danau weekuri. google maps. sumber: Toyib Kusuma Jaya

Simak juga: 11 Wisata indah di Sumba

Lokasi Danau Weekuri

Lokasi Danau Weekuri terletak di Desa Kalenarongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Danau Weekuri

Rute menuju Danau Weekuri dari Tambolaka dengan melajukan kendaraanmu menuju ke arah Weekurim, jalan yang dilalui mulus dan sudah beraspal serta pemandangan yang dilalui pun indah dan tak membosankan.

Tambolaka ialah ibu kota dari Kabupaten Sumba Barat Daya, dari sana kamu akan menempuh jarak sekitar 60 km hingga tiba di Danau Weekuri.

jembatan kayu menuju puncak bukit
jembatan kayu menuju puncak bukit. google maps. sumber: Melky Phefferkorn

Untuk menuju Danau Weekuri harus menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa kendaraan, karena tidak adanya akses angkutan umum yang akan membawamu kesana.

Kamu dapat bertanya pada warga sekitar, untuk menanyakan arah menuju danau jika kamu ragu. Setibanya di area parkir, kamu harus melanjutkan dengan menuruni beberapa anak tangga menuju lokasi Danau Weekuri.

Jam Buka Danau Weekuri

Jam operasional Danau Weekuri dibuka setiap Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Tiket Danau Weekuri

Tarif tiket masuk Danau Weekuri per mobilnya sebesar Rp. 50.000 saja.

berbatasan langsung dengan laut lepas
berbatasan langsung dengan laut lepas. google maps. sumber: davin valerian

Fasilitas Danau Weekuri

Fasilitas umum yang ada di sekitar Danau Weekuri diantaranya:

  • Area parkir
  • Warung makanan dan minuman
  • Toilet

Sebelum memasuki area Danau Weekuri kamu akan mendapati beberapa penjual kain khas Sumba.

Ragam Wisata Di Danau Weekuri

1. Alam Danau Weekuri yang Mempesona

Simak juga: Danau Towuti Sulawesi

Danau Weekuri merupakan danau asin yang sangat indah dengan warna air kebiru-biruan. Danau ini berasal dari sebuah laguna yang terbentuk dari lautan lepas yang berada di sekitar danau.

Air tersebut masuk melalui celah bebatuan yang berada di gugusan karang sekitar Danau Weekuri. Yang akhirnya membuat danau tersebut airnya menjadi asin.

Namun uniknya Danau Weekuri memiliki beberapa titik sumber mata air, yang membuat gradasi warna air yang berbeda di setiap kolamnya.

airnya sangat jernih
airnya sangat jernih. google maps. sumber: Kasandra

Ada yang berwarna biru cerah ada juga yang biru kehijau-hijauan. Kondisi airnya pun beragam ada yang hangat ada pula yang dingin. Keunikan yang dimiliki Danau Weekuri merupakan daya tarik tersendiri, yang jarang mungkin bahkan tidak ada duanya.

Lokasi danaunya berada di balik rimbunya pepohonan, Danau Weekuri memiliki beberapa kolam yang sangat indah dan cantik.

Kamu dapat melihatnya dari ketinggian dengan menyusuri sebuah jalan jembatan yang terbuat dari kayu. Dari ketinggian kamu dapat melihat indahnya Danau Weekuri serta laut lepas yang ada di balik batu karang.

Di samping danau terdapat bebatuan gua yang membentuk stalagtit atau stalagmit, dimana selalu digunakan pengunjung untuk berteduh dan bersantai.

2. Berenang

Satu hal yang harus kamu lakukan ketika berada di Danau Weekuri ialah dengan berenang di kolamnya yang indah. Airnya sangat jernih serta bersih.

Untuk kamu yang membawa anak-anak, terdapat kolam yang dangkal kedalamannya hanya sekitar pinggul orang dewasa. Dengan dasarnya berupa pasir putih yang tampak menyilaukan.

Anak-anak pasti akan sangat menyukainya, berenang merupakan kegiatan yang paling mereka senangi. Biarkan mereka berada lebih dekat dengan alam dan merasakan kesegaran air alaminya.

berenang bersama anak tercinta
berenang bersama anak tercinta. googel maps. sumber: Gede Budijaya

Kedalaman kolam di sebelah kiri sekitar 3 meter sedangkan di bagian kanan sekitar 5 meter jika air laut sedang pasang. Sedangkan apabila sedang surut kedalaman terendahnya sekitar 30 cm saja.

Danau Weekuri memiliki kadar garam yang tinggi, sehingga kamu dapat mengapung tanpa harus menggunakan pelampung. Seru-seruan bersama di kolamnya merupakan pengalaman yang tak mungkin dilupakan.

Jika kamu kurang pandai berenang namun ingin menikmati kesegaran air danaunya, dapat menyewa ban pelampung di tempat yang tersedia.

Selain memiliki warna kolam yang cantik, Danau Weekuri juga dihuni oleh ikan-ikan yang berwarna warni yang hilir mudik diantara karang-karang yang ada.

3. Hunting Spot Foto

Hunting spot foto keren di sekitar Danau Weekuri wajib kamu lakukan, apalagi ketika berada di ketinggian bukitnya.Telah tersedia beberapa spot foto yang dapat kamu gunakan untuk mengambil beberapa gambar dengan latar Danau Weekuri yang sangat cantik.

berfoto bersama keindahan alam
berfoto bersama keindahan alam. google maps. sumber: Halim Harun

Simak juga: Pulau Kembang, Kalimantan

Setelah puas menikmati segarnya air danau, lanjutkan petualanganmu dengan menuju ke arah barat. Dan menapaki jalan setapak di jembatan kayu yang telah tersedia.

Dari atas puncak bukit, panorama alam yang tersaji sungguh mengagumkan. Danau yang biru bercampur dengan rindangnya pepohonan dan berwarna hijau.

Jembatan tersebut selalu ramai pengunjung ketika mulai pukul 4 sore, dimana keadaan langit yang mulai condong ke barat. Cahayanya akan memantul ke arah danau, cantik sekali.

Tips Mengunjungi Danau Weekuri

  • Waktu terbaik adalah saat pagi dan sore hari dengan cuaca cerah.
  • Disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil/motor dengan sopirnya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu jaga kelestarian alam di sekitar danau.
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.
  • Awasi dan jaga anak-anak ketika bermain air.
  • Berhati-hati ketika berada di puncak bukit.
menyaksikan pergantian hari
menyaksikan pergantian hari. google maps. sumber: Mohamed Boum

Simak juga: Pantai Teluk Awur

Penginapan

Di sekitar Danau weekuri belum tersedia penginapan ataupun hotel, kamu dapat menemukannya di Tambolaka. Yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Sumba Barat Daya.

Penutup

Setelah membaca cerita kami datas, apakah menjadi tertarik untuk mencoba berkunjung? Segera jadwalkan liburan anda dan isi dengan jalan-jalan menjelajah pesona nusantara.


Tinggalkan komentar