Danau Towuti, Pesona Salah Satu Danau Purba Tertua Di Indonesia

Danau Towuti adalah salah satu danau purba tertua yang ada di Indonesia, selain dari Danau Toba yang telah mengundang rasa penasaran para peneliti dari beberapa negara untuk datang ke sana.

Bahkan penelitian tentang Danau Towuti dari peneliti lintas negara tersebut, menjadi penelitian terbesar se Asia Tenggara.

Lokasi Danau Towuti berada di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Danau Towuti diproyeksikan menjadi salah-satu pengembangan Geopark Danau di Luwu Timur.

Tujuan besar dari Geopark Danau Luwu Timur yakni untuk tetap menjaga kelestarian alam, serta ekosistem yang ada. Dan danau – danau yang diproyeksikan diantaranya :

  • Danau Towuti
  • Danau Matano
  • Daanaau Mahalona

Hingga saat ini, Danau Towuti menjadi destinasi wisata Luwu Timur yang bertemakan alam yang selalu mengundang rasa kekaguman bagi para wisatawan yang pernah ke sana.

masih dikelilingi alam yang asri
masih dikelilingi alam yang asri. google maps. sumber: Ankardiansyah Pandu Pradana

Simak juga: Tempat wisata sekitar Makassar

Daya Tarik Danau Towuti

Bagi anda yang baru tahu bahwa danau purba di Indonesia hanya Danau Toba saja, maka inilah pesona danau purba lainnya, yaitu Danau Towuti yang memiliki daya tarik sebagai berikut :

1. Danau Purba Yang Eksotis

Danau Towuti memiliki luas sekitar 561,1 kilometer persegi. Adapun kedalaman maksimum dari Danau Towuti bisa mencapai 203 meter.

Selain berstatus sebagai danau purba yang sudah ada dari jutaan tahun yang lalu, Danau Towuti juga berstatus sebagai danau air tawar terbesar ke dua setelah Danau Toba.

Danau Towuti memiliki panorama alam yang sangat eksotis. Dan di tengah-tengah danau akan terlihat pemandangan beberapa pulau.

memancing di tengah danau towuti
memancing di tengah danau towuti. google maps. sumber: Nurhidayati Selvia Miftahul Jannah

Simak juga: Pesona Sunset Teluk Awur

Pulau-pulau tersebut sebagian tak berpenghuni, dan sebagian lagi berpenghuni. Untuk mencapai pulau yang dihuni tersebut memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan speed boat.

Nama pulau-pulau di tengah Danau Towuti adalah sebagai berikut :

  • Pulau Loeha
  • Pulau Kembar
  • Pulau Bolong

Mengitari keindahan alam Danau Towuti hanya bisa dilakukan dengan menggunakan perahu, atau speed boat yang sudah tersedia di sekitar dermaga.

Masyrakat yang tinggal di pulau-pulau tadi berperan penting menjaga kelestarian alam Danau Towuti. Karena mayoritas mata pencaharian mereka sebagai nelayan di Danau Towuti, serta sebagaian lagi menjadi petani.

2. Danau Tujuan Riset Lintas Negara

danau purba warisan peradaban
danau purba warisan peradaban. google maps. sumber: Fitra Martono

Simak juga: Danau Purba, Danau Tolire

Danau Towuti seringkali dijadikan sebagai tujuan riset dari beberapa negara. Karena sedikit sekali di dunia ini danau yang berstatus danau purba, dan tertua.

Sejarah Danau Towuti terbentuk akibat aktivitas tektonik berjuta tahun yang lalu. Diperkirakan umur Danau Towuti mencapai 4 juta tahun yang lalu.

Riset yang pernah dilakukan di Danau Towuti adalah penelitian yang pernah dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung, LIPI, serta beberapa peneliti dari luar negeri.

dermaga danau towuti
dermaga danau towuti. google maps. sumber: lake towuti

Terjaganya kelestarian alam di Danau Towuti karena lokasi danau tersebut sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Taman Wisata Alam Danau Towuti.

Tidak jarang juga pengunjung yang datang menjadikan spot terbaik, dan terindah untuk melakukan aktivitas memancing.

Tapi tetap utamakan keselamatan, serta tetap menjaga kelestarian alam, dan menjaga nilai-nilai luhur yang dianut oleh masyarakat setempat.

Lokasi Danau Towuti

Lokasi Danau Towuti terletak di Taman Wisata Alam Danau Towuti. Adapun alamat Danau Towuti berada di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

panorama alam yang mengagumkan
panorama alam yang mengagumkan. google maps. sumber: Faisal Tanjung

Rute Menuju Danau Towuti

Jalan menuju Danau Towuti dari pusat Kecamatan Towuti cukup dekat, dan bisa diakses oleh kendaran roda dua maupun roda empat, hingga sampai lokasi dermaga. Kunjungan terbaik saat cuaca sedang cerah.

Dari dermaga tersebut, bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan Danau Towuti bisa menyewa jasa speed boat, atau perahu yang sudah tersedia. Begitupun untuk sampai di pulau yang berpenghuni, dengan waktu tempuh penyebrangan sekitar 2 jam.

Jam Buka Danau Towuti

Danau Towuti terbuka untuk dikunjungi 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Harga Tiket Masuk Danau Towuti

Tiket masuk Danau Towuti gratis. Pengunjung dikenakan biaya jasa transportasi air saja.

birunya air danau towuti
birunya air danau towuti. google maps. sumber: lake towuti

Simak juga: Gerombolan monyet pulau kembang

Fasilitas Di Danau Towuti

Fasilitas primer di Danau Towuti sudah tersedia. Seperti area parkir, toilet, dan warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Penutup

Demikian review tentang Danau Towuti Sulawesi Selatan. Semoga semakin menambah kebanggaan akan ragam potensi wisata yang ada di Indonesia.

Selamat berlibur, dan selalu utamakan keselamatan, serta patuhi protokol kesehatan.


Leave a Comment