Air Terjun Mata Buntu Wasuponda Luwu Timur, Eksotisme Air Terjun di Sulawesi Selatan

Setelah sekian lama kita dirumah aja, jenuh dengan keadaan yang terus seperti ini. Baiknya kita pergi ke suatu tepat yag tepat untuk menenangkan jiwa dan raga.

Alam selalu menjadi tempat yang terbaik untuk mencurahkan segala rasa. Menuju tempat yang masih alami dan menyegarkan merupakan pilihan yang tepat.

Untuk kamu yang berada di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, kamu dapat mengunjungi sebuah tempat wisata air yang sangat luar biasa menakjubkan yang bernama Air Terjun Mata Buntu.

Air Terjun Mata Buntu mulai dibuka oleh warga setempat sekitar pada tahun 2003 silam, kemudian sekitar tahun 2007 mulai berkembang hingga saat ini.

Berikut merupakan ulasan lebih jauh tentang Air Terjun Mata Buntu, check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Mata Buntu

Setelah kamu berada di kecamatan Wasuponda, kamu akan melalui jalanan beraspal ditengah rindangnya pepohonan, jalannya bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat meskipun tidak telalu lebar.

Selain itu kamu juga akan melewati area pesawahan warga dengan panorama pegunungan yang sangat indah. Setelah melewati sebuah gapura yang bertuliskan “Wisata Mata Buntu” udara yang kamu rasakan semakin sejuk.

Jalannya bukan lagi berupa aspal melainkan berupa rabat beton, namun mulus untuk dilalui. Jalur yang akan kamu lalui akan semakin berkelok-kelok dengan kondisi jalan yang menyempit.

Rindangnya pepohonan selalu menemanimu disepanjang jalan. Akhir rabat beton akan menuntunmu menuju area parkir Air Terjun Mata Buntu.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju lokasi Air Terjun Mata Buntu dengan menaiki beberapa anak tangga yang dicat warna warni.

Tangganya mudah kamu lalui karena sudah tertata dengan baik disertai pegangan disebelah kirinya. Entah berapa anak tangga yang akan kamu pijaki untuk sampai menuju Air terjun Mata Buntu.

Trekking Menuju Air Terjun Mata Buntu
Trekking Menuju Air Terjun Mata Buntu. Sumber: makassar.tribunnews.com

Namun, jika kamu merasa lelah kamu dapat berisirahat di sebuah gazebo yang berdekatan dengan sebuah gardu pandang. Dimana di gardu pandang tersebut kamu bisa melihat aliran Air Terjun Mata Buntu.

Gardu pandang tersebut juga bisa kamu gunakan untuk spot selfie dengan panorama keindahan alam serta aliran air yang mengalir.

Tak jauh dari sana terdapat sebuah wahana sepeda terbang, dimana kamu akan menaiki sepeda diatas aliran Air Terjun Mata Buntu.

Akhir dari tangga tersebut akan membawamu menuju lebih dekat dengan Air Terjun Mata Buntu, sesampainya disana kamu dapat berisitrahat disebuah gazebo yang berada disamping air terjun.

Tangga Yang Menuju Puncak Air Terjun Mata Buntu
Tangga Yang Menuju Puncak Air Terjun Mata Buntu. Sumber: makassar.tribunnews.com

Pesona Keindahan Air Terjun Mata Buntu

Air Terjun Mata Buntu biasa disebut juga dengan Air terjun Maruruno. Berada di lereng Gunung Lembeonga membuatnya dipenuhi dengan pepohonan yang sangat rindang.

Keunikan dari Air Terjun Mata Buntu ialah karena memiliki aliran air yang sangat cantik dan indah. Bentuk aliran air terjunnya berundak-undak, menurut warga sekitar kira-kira ada 33 undakan dengan 6 undakan yang tinggi.

Air Terjun Mata Buntu
Air Terjun Mata Buntu. Sumber: makassar.tribunnews.com

Sungguh indah sekali ciptaan Tuhan yang satu ini, ditambah dengan rindangnya pepohonan yang berada disekitar air terjun. Membuat kita semakin betah berlama-lama dan enggan untuk beranjak meninggalkannya.

Aliran airnya sangat deras sehingga menimbulkan buih tepat diakhir alirannya. Air yang mengalir tersebut terus mengalir menuju Sungai Tumbura, menghadirkan suara alam yang sangat merdu.

Menyusuri Setiap Undakannya
Menyusuri Setiap Undakannya. Sumber: www.penalutim.com

Karakteristik aliran airnya berbeda dengan air terjun pada umumnya merupakan daya tarik yang ditawarkan Air Terjun Mata Buntu sehingga banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikannya.

Ragam wisata Di Air Terjun Mata Buntu

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Air Terjun Mata Buntu diantaranya:

1. Berenang

Disetiap undakan aliran air terjun yang tinggi terdapat kolam yang dapat kamu nikmati kesegarannya dengan cara berenang. Kolam alaminya mempunyai kedalaman sekitar perut orang dewasa juga.

Menikmati Kesegaran Air Terjun Mata Buntu
Menikmati Kesegaran Air Terjun Mata Buntu. Sumber: travel.detik.com

Meskipun kolamnya tidak terlalu lebar, namun kamu dapat berenang menyusuri setiap sisinya.

2. Bermain Air

Banyak tempat yang bisa kamu jadikan sebagai tempat bermain air. Mengingat Air Terjun Mata Buntu memiliki banyak undakan. Kamu bisa menaiki beberapa undakan air terjunnya dan mencari tempat bermain air yang kamu inginkan.

Menikmati Keindahan Air Terjun Mata Buntu
Menikmati Keindahan Air Terjun Mata Buntu. Sumber: www.trepelin.com

3. Body Jumping

Menaiki bebatuan disekitar undakan air terjunnya, kemudian melompat dengan gaya semaumu menuju kolam alami yang ada dibawahnya merupakan salah satu cara menikmati kesegaran Air Terjun Mata Buntu.

Namun kamu harus berhati-hati ya saat melakukan lompatan, karena kolamnya tidak terlalu lebar. Jangan sampai kamu mendarat ditempat yang salah.

4. Flying Fox

Untuk para pecinta adrenalin, kamu bisa melakukan kegiatan flying fox diatas aliran Air Terjun Mata Buntu. Melihat keindahan alam yang dihadirkan dari atas.

5. Camping

Kegiatan camping dapat kamu lakukan juga ketika berada di area Air Terjun Mata Buntu. Merasakan kesejukan suasana malam hari dengan hanya ditemani suara serangga yang silih bersahutan.

6. Foto Selfie

Gardu pandang yang tadi kamu temui, sering dijadikan sebagai spot foto oleh para pengunjung. Keindahan alam yang disajikan dapat menjadi latar terbaik untuk sebuah foto maupun video.

Keindahan Air Terjun Mata Buntu
Keindahan Air Terjun Mata Buntu. Sumber: www.celebes.co

Keindahan Air Terjun Mata Buntu sudah lama wara wiri di media sosial, itulah yang menjadikannya lebih dikenal serta banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Mata Buntu

Lokasi Air Terjun Mata Buntu berada di lereng Gunung Lembeonga, tepatnya terletak di Desa Ledu-Ledu, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan.

Rute Menuju Air Terjun Mata Buntu

Rute Air Terjun Mata Buntu jika ditempuh dari Malili sekitar 40 menit atau 30 km jauhnya. Jika kamu bergerak dari pusat kota Wasuponda kamu cukup menempuh sekitar 25 menit lamanya. Dengan menyusuri jalanan yang dihiasi area sawah dan perkebunan.

Tiket Masuk dan Tiket Parkir Air Terjun Mata Buntu

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Mata Buntu kamu tidak perlu membayar tiket masuk, kamu cukup membayar uang untuk :

  • Tiket parkir motor    : Rp. 2.000,- per unitnya
  • Flying Fox                 : Rp. 15.000 per orang

Jam Operasional Air Terjun Mata Buntu

Jam operasional Air Terjun Mata Buntu dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Fasilitas Air Terjun Mata Buntu

Fasilitas yang tersedia di Air terjun Mata Buntu cukup lengkap dimulai dengan adanya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Kamar ganti
  • Kamar mandi atau toilet

Tips Wisata

Berikut ada beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Air Terjun Mata Buntu, diantaranya yakni:

  • Perhatikan kondisi cuaca ketika hendak beranjak meninggalkan rumah, pastikan cuaca sedang cerah tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Cek and ricek kendaraanmu, pastikan semuanya baik-baik saja.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk menaiki tangga.
  • Berhati-hatilah saat melakukan body jumping.
  • Selalu awasi anak-anak ketika bermain air.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman untuk bekal di area di Area Air terjun Mata Buntu.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Air Terjun Mata Buntu.
  • Hidarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap keindahan dari Air Terjun Mata Buntu.

Penutup

Keindahan alam Air Terjun Mata Buntu yang masih sangat alami menjadi daya tarik tersendiri, sehingga membuat siapapun yang datang mengunjungi akan selalu mengenangnya.

Air Terjun Mata Buntu harus kamu datangi, dan rasakan keindahan air terjunnya secara langsung. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Air Terjun Mata Buntu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment