Danau Tolire, Danau Purba yang Diselimuti Legenda

Panorama alam dua danau di area ini, Danau Tolire Besar dan Tolire Kecil, begitu mempesona. Walaupun tidak sepopuler Danau Ngade alias Danau Laguna, namun Dengan air jernih berwarna kebiruan, ditambah latar Gunung Gamalama, serta hamparan hutan di sekitarnya sangat mempesona mata.

Danau Tolire di Ternate ini diselimuti oleh beragam kisah legenda.
Danau Tolire. Image via: clozette.co.id

Danau Tolire di Ternate ini diselimuti oleh beragam kisah legenda. Selain soal asal usul danau dan siluman buaya putih juga terdapat atraksi melempar batu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Batu yang dilempar tidak akan pernah bisa mencapai permukaan air danau, hanya akan mendarat di pinggir danau saja.

Selain atraksi melempar batu ke dalam danau, melihat matahari terbenam di Danau Tolire Besar maupun Tolire Kecil adalah pilihan yang tepat untuk menghayati anugerah dari Yang Maha Kuasa. Duduk di pinggir danau, bercengkerama bersama kawan sembari menyantap pisang goreng.

Terlepas dari kisah Legenda, Danau ini tetaplah danau yang sangat mempesona. Hamparan Danau seluas 5 hektar dengan kedalaman mencapai 50 meter ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Tidak hanya itu, Danau Tolire terbagi menjadi 2 yakni besar dan kecil. Bila sore menjelang, baik kedua danau tersebut akan menjadi tempat sempurna untuk menikmati matahari terbenam dengan latar lautan biru nan indah.

Danau Tolire Kecil satu dari dua danau
Danau Tolire kecil. Image via: backpackerjakarta.com

Simak juga: Hotel di Ambon

Lokasi Danau Tolire

Danau Tolire berada di bawah kaki gunung api tertinggi di Maluku Utara, yaitu Gunung Gamalama. Terdiri dari dua danau, Danau ini terbagi menjadi Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil, yang hanya berjarak sekitar 200 meter.

Sepadang DAnau indah ini terletak sekitar 10 km dari pusat kota Ternate.

Rute Menuju Danau Tolire

Untuk yang ingin memenuhi rasa penasaran dan ingin langsung mengunjungi Danau, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun mobil dari pusat kota ternate.

Terletak di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung api tertinggi di Maluku Utara, Danau Tolire berada di Desa Takome dibutuhkan waktu sekitar 10-20 menit perjalanan darat dari pusat kota Ternate.

Pengunjung bisa menggunakan mobil carteran dengan biaya sekitar Rp 250.000 per hari atau dengan menyewa sepeda montor dengan tarif Rp 10.000 per jam.

Lempar batu di Danau Tolire besar
Lempar Batu di TOlire besar. Image via: backpackerjakarta.com

Jam Buka Danau Tolire

Danau tolire tidak memiliki ketentuan resmi untuk jam buka tutupnya dalam menerima kunjungan wisatawan. Jadi bisa dianggap lokasi ini buka 24 jam.

Namun demikian kunjungan di alam hari tidak direkomendasikan. Karena faktor kondisi alam pegunungan yang khawatirnya membahayakan jika dikunjungi dalam kondisi gelap.

Tiket Danau Tolire

Tiket masuk kawasan wisata danau Tolire sangat murah, Hanya Rp 5.000 saja. Tiket di jual di gerbang area, yang lokasinya berdekatan dengan kios penjual makanan.

Kisah Mistis Danau Tolire

  1. Legenda Asal Usul Danau Tolire

Danau Tolire besar, bekas desa besar yang tenggelam karena kutukan
Danau Tolire besar. Image via: phinemo.com

Simak juga: Pantai Congot

Alkisah seorang Ayah yang berhubungan intim dengan putrinya hingga sang putri tersebut mengandung. Padahal, sang Ayah konon adalah seorang pemimpin desa yang terletak di kaki Gunung Gamalama dan cukup dihormati oleh warganya.

Setelah hubungan memalukan itu diketahui oleh penduduk desa, Ayah dan putrinya ini pun mendapatkan hukuman sosial dengan diusir dari desa tempat mereka berada. Dalam kondisi sangat malu, sang Ayah dan putrinya pun pergi dari desa tempat mereka tinggal.

Namun belum sempat mereka pergi, sebuah gempa bumi dahsyat pun terjadi melanda desa tersebut. Beberapa warga percaya bahwa gempa itu merupakan hukuman dari Yang Maha Kuasa karena perbuatan maksiat antara Ayah dan putrinya tersebut.

Sisi lain tolire kecil
Sudut lain Tolire kecil. Image via: umm.ac.id

Desa itu pun terguncang dengan tanah yang retak, muncul air dan menenggelamkan seluruh desa beserta penduduknya ke dalam bumi. Akhirnya desa tersebut pun menjadi sebuah Danau raksasa yang dikenal sebagai Danau Tolire besar.

Kutukan ini tidak berhenti sampai disini, sang Putri yang mengetahui datangnya bencana pun sempat melarikan diri hingga ke tepian pesisir laut. Namun, kutukan gempa tersebut tetap terjadi dan melanda tanah tempat putri tersebut berpijak.

Musibah yang terjadi di desa mereka pun kembali terjadi dan menciptakan danau lainnya yang lebih kecil dan dikenal sebagai Danau Tolire kecil. Hingga saat ini, masyarakat Ternate masih mempercayai kisah Legenda ini dan menganggap Danau yang Besar sebagai simbol dari sang Ayah terkutuk dan Danau yang Kecil sebagai simbol keberadaan Putri sang Ayah tersebut.

  1. Buaya Putih Penjaga Danau

Buaya Putih, salah satu legenda dari danau tolire
Buaya Putih. Image via: metro.tempo.co

Simak juga: Putuk Truno

Di Danau Tolire terdapat banyak sekali satwa yang tinggal pada habitat aslinya. Masyarakat setempat benar–benar menjaga dan tidak berani memburu semua satwa yang ada di sini. Sebab mereka menganggap danau tersebut dijaga oleh buaya putih Gaib yang memiliki Ukuran sangat besar.

Kisah memilukan akibat kutukan apda ayah dana nak itu juga menimpa penduduk desa tersebut. Mereka ikut terkena imbas dosa dari Ayah dan putrinya itu dan Sang Kuasa pun mengutuk mereka semua menjadi buaya putih penjaga Danau Tolire Besar yang awalnya adalah desa mereka.

Kisah ini memang dipercaya hanya sebatas legenda, namun menurut pengakuan warga setempat, sudah banyak wisatawan maupun penduduk lokal yang melihat langsung keberadaan buaya-buaya putih penunggu Danau Tolire Besar dengan mata kepala sendiri.

  1. Lemparan Batu Mistis

Bersiap Melempar batu dalam keghaiban danau tolire
Bersiap melempar. Image via: @firsan_m

Masih Berkaitan dengan cerita soal kutukan ini, warga setempat juga percaya bahwa tidak ada satupun orang yang mampu melemparkan batu hingga ke tengah danau. Berbagai kisah yang terkait Legenda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Danau Tolire.

Bahkan, para penjual makanan yang ada di dalam kompleks obyek wisata Danau Tolire menjual batu-batu kerikil. Pengunung bisa memebli 5 batu dengan harga Rp 1000 untuk membuktikan bahwa tidak ada satupun yang dapat melempar batu hingga ke tengah danau.

Anehnya, hingga kini memang tidak ada satupun orang yang mampu melempar batu hingga ke tengah danau. Biasanya, sejauh apapun lemparannya,  lemparan itu hanya akan berakhir di pinggir danau, atau kembali ke tebing tempat berpijak.

Mengamati danau tolire DAri ketinggian
Dari ketinggian. Image via: satyawinnie.com

Simak juga: Danau Matano

  1. Harta Karun tersembunyi

Menurut warga masyarakat setempat, banyak harta karun tersimpan di dasar Danau Tolire Besar. Harta itu aman tersembunyi dalam kedalaman Danau . Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah mengenai kebenaran cerita itu, atau jika benar ada, seberapa besar harta yang berada did asar danau.

Kontribusi harta terbesar dari harta itu berasal dari keluarga kerajaan Ternate. Pembuangan itu terjadi saat Portugis menjajah Ternate abad ke-15. Masyarakat Ternate saat itu banyak membuang hartanya yang berharga ke dalam danau agar tak dirampas tentara Portugis.

Namun beberapa waktu lalu, seorang anggota Brimob dengan menggunakan alat pendeteksi logam mencoba meneliti danau. Sang Polisi mendeteksi benda-benda yang ada di dasar danau. Hasilnya, terindikasi ada benda-benda logam berada di dasar danau. Namun tidak bisa dipastikan jenis dan jumlahnya.

Danau Tolire kecil di area pantai.
Danau Tolire kecil di area pantai. Image via: satyawinnie.com

Objek Wisata Dekat Danau Tolire

Masih di pulau Ternate, dalam jarak hanya 18 km terdapat objek wisata iconik pulau ini, yakni Pantai Falajawa. Mencicipi jajanan khas Ternate, seperti nasi jaha, lalampo, dan lain-lain, bisa diakukan di sini. Pantai Falajawa juga menjadi titik menyelam yang cukup terkenal di seputar Ternate.

Bagi pencinta wisata sejarah dan budaya, dalam jarak 16 km dari danau, terdapat Bangunan bersejarah Kedaton Sultan Ternate. Dalam kompleks istana pengunjung bisa menikmati sejarah dan tradisi yang berhubungan dengan barang-barang peninggalan keluarga Sultan Ternate. Salah satu ritual yang populer adalah ritual Istampa yang diadakan setiap Idul Adha.

Itulah berbagai informasi menarik mengenai Danau Tolire di Pulau Ternate. Jika anda mulai lelah dengan segala aktivitas yang ada, maka segera rencanakan untuk mengunjungi tempat indah ini.

Selamat Berlibur.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment