Danau Tolire, Wisata Alam Yang Penuh Cerita Di Ternate

Gunung Gamalama merupakan gunung api tertinggi yang ada di Maluku Utara, dibawahnya terdapat keberadaan dua buah danau yang memiliki legenda atau mitos yang sangat kuat.

Nama danau tersebut ialah Danau Tolire, yang memiliki luas sekitar 5 hektar dengan kedalamannya yang mencapai 50 meter. Danau tersebut dikelilingi pepohonan yang rindang serta panorama alam yang menyejukkan.

Terdapat dua buah danau yakni Danau Tolire Besar dan Danau Tolire kecil, yang membedakan hanya ukurannya saja. Jaraknya pun hanya sekitar 200 meter saja.

Danau Tolire memang tak seterkenal Danau Ngade atau Danau Laguna, namun danaunya cantik airnya berwarna kebiruan.

Selain menyimpan keindahan alam yang luar biasa, ternyata Danau Tolire menyimpan kisah legenda atau mitos yang menjadi daya tarik tersendiri.

danau tolire besar
danau tolire besar. google maps. sumber: Johnter Kana

Simak juga: Hotel di Ambon

Lokasi Danau Tolire

Lokasi Danau Tolire berada di bawah kaki Gunung Gamalama, yakni di Desa Takome, Ternate Barat, Maluku Utara.

Rute Menuju Danau Tolire

Rute menuju Danau Tolire jika berangkat dari Kota Ternate hanya sekitar 10 hingga 20 menit saja, dengan menempuh jarak kira-kira 10 km.

Lokasinya mudah dijangkau oleh motor maupun mobil, karena berada tak jauh dari jalan raya. Akses jalannya pun sudah beraspal dan mulus.

Jam Buka Danau Tolire

Jam operasional Danau Tolire dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam penuh. Namun sebaiknya kamu mengunjunginya ketika matahari masih bersinar, supaya dapat melihat pemandangan yang tersaji dengan jelas.

Karena di sekitar Danau Tolire belum tersedia akses penerangan yang memadai. Serta untuk menjaga keselamatan diri sendiri juga.

Tiket Danau Tolire

Tiket masuk menuju Danau Tolire tidak dikenakan biaya apapun alias gratis, kamu hanya perlu membayar tiket parkir motor sebesar Rp. 5.000,- per unitnya.

lokasinya berada di kaki gunung gamalama
lokasinya berada di kaki gunung gamalama. google maps. sumber: Anggi Pertiwi Putri

Fasilitas Danau Tolire

Fasilitas umum yang ada di sekitar Danau Tolire diantaranya:

  • Tempat menyimpan kendaraan
  • Gazebo atau saung-saung sederhana
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Toilet

Legenda Danau Tolire

Simak juga: Pantai Congot

Legenda yang melekat tentang keberadaan Danau Tolire ialah tentang tenggelamnya sebuah kampung yang diceritakan bernama Solea Takomi.

Kampung Solea Takomi pada awalnya merupakan sebuah desa yang makmur dan sejahtera, namun dalam waktu sekejap luluh lantah diakibatkan gempa bumi yang sangat dahsyat.

Konon katanya hal tersebut terjadi diakibatkan perbuatan tak senonoh yang dilakukan oleh seorang ayah terhadap anaknya. Karena perbuatan itulah alam menjadi murka.

Suatu pagi ayam berkokok “Tolire gam jaha,,,Tolire gam jaha,,,,” warga yang mendengar hal tersebut meyakini bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi pada desa mereka.

Belum sempat melarikan diri, hal yang ditakutkan pun terjadi. Gempa yang cukup dahsyat menimpa desa tersebut, hingga tenggelam dan membentuk sebuah danau.

Danau tersebut saat ini dikenal dengan nama Danau Tolire Besar. Sang anak sempat melarikan diri ke arah pantai, belum sempat naik perahu gempa dahsyat pun menenggelamkan semuanya.

Hingga terbentuklah danau kecil yang bernama Tolire Kecil. Cerita tersebut begitu melekat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Diyakini bahwa Danau Tolire Besar merupakan simbol sang ayah yang dikutuk, sedangkan Danau Tolire Kecil melambangkan sang anak.

alam di sekitar danau tolire
alam di sekitar danau tolire. google maps. sumber: G House

Mitos Sekitar Danau Tolire

1. Buaya Putih Penjaga Danau

Simak juga: Putuk Truno

Selain legenda yang telah melekat pada Danau Tolire, masih ada hal menarik lainnya yang harus kamu ketahui. Yakni menurut kepercayaan masyarakat setempat Danau Tolire dijaga oleh buaya putih.

Menurut cerita buaya putih tersebut merupakan warga desa yang dikutuk oleh Yang Maha Kuasa. Katanya sudah banyak wisatawan yang datang melihat sendiri akan keberadaan buaya tersebut.

Buaya putih tersebut berada di Danau Tolire Besar, ada pawang yang bisa membantumu untuk dapat melihat buaya tersebut jika kamu penasaran.

2. Lemparan Batu Mistis

Satu kegiatan yang harus kamu coba ketika mengunjungi Danau Tolire, ialah mencoba melempar batu ke arah danau.

Sampai saat ini belum ada satu orang pun yang mampu melempar batu hingga ke tengah danau, semua batu yang dilemparkan akan berakhir di pinggir danau atau kembali ke tebing tempat kita berpijak.

tak ada yang bisa melempar batu ke arah danau
tak ada yang bisa melempar batu ke arah danau. google maps. sumber: Irvan Ose

Mau sejauh dan sekuat apapun kamu mencoba tetap saja batu tersebut tak akan pernah menyentuh danau. Hal tersebut dikaitkan dengan legenda yang pernah ada.

Meskipun terlihat sangat aneh dan diluar nalar, namun hal tersebut benar-benar terjadi. Dan kegiatan lempar batu tersebut menjadi ragam wisata yang harus dilakukan ketika mengunjungi Danau Tolire.

Simak juga: Danau Matano

3. Harta Karun tersembunyi

Menurut cerita warga, banyak harta karun yang tersimpan di dasar Danau Tolire Besar. Harta tersebut berasal dari keluarga Kerajaan Ternate.

Masyarakat Ternate pada waktu itu membuang hartanya ke dalam danau agar tak dirampas oleh tentara Portugis. Dimana pada waktu itu tentara Portugis menjajah Ternate sekitar abad ke-15.

Sampai saat ini belum ada penelitian khusus yang dilakukan untuk mengecek benar atau tidaknya cerita tersebut. Namun sempat beberapa waktu lalu, seorang anggota Brimob menggunakan alat pendeteksi logam mencoba meneliti hal terebut.

spot foto di danau tolire besar
spot foto di danau tolire besar. google maps. Sumber: Johnter Kana

Hasilnya menunjukkan terindikasi adanya benda-benda logam yang berada di dasar danau, namun tak dapat dipastikan jenis dan jumlahnya.

Keindahan Danau Tolire

Meskipun danau ini memiliki kisah atau legenda yang cukup menegangkan, namun keindahan alam yang tersaji tak dapat dipandang sebelah mata.

Danau Tolire terdiri dari danau besar dan kecil yang hanya berjarak sekitar 200 meter saja. Lokasi Danau Tolire Kecil berada dekat dengan laut lepas yang cukup tenang dengan hamparan pasir hitamnya yang memukau.

Di sekitar lokasi masih banyak terdapat pepohonan yang rindang serta udara yang dirasakan pun sangat menyegarkan.

Banyak pengunjung yang datang mengunjungi Danau Tolire ketika sore hari, dimana kamu dapat menyaksikan keindahan tenggelamnya matahari di ufuk barat.

Disini kamu tidak diperkenankan untuk berenang karena memang kedalaman danaunya sendiri yang sangat dalam. Terdapat ayunan sederhana yang ada dekat bibir pantai.

Kamu dapat bersantai di gazebo atau saung yang ada di sekitar Danau Tolire Kecil sambil menikmati secangkir teh atau kopi panas serta goreng pisang yang sangat enak.

bersantai menikmati alam
bersantai menikmati alam. google maps. sumber: johan adi

Penutup

Itulah berbagai informasi menarik mengenai Danau Tolire di Pulau Ternate. Jika anda mulai lelah dengan segala aktivitas yang ada, maka segera rencanakan untuk mengunjungi tempat indah ini.

Selamat Berlibur.


Tinggalkan komentar