Pantai Ngurtafur, Jembatan Laut Berpasir Putih Sepanjang 2 km

\Pantai Ngurtafur ,merupakan objek wisata yang unik, selain keindahan pantai berpasir putihnya juga pantai ini tak ada pepohonan atau tanaman lainya hanya seperti hamparan pasir putih dilautan. Panjang Pantai Ngurtafur sendiri yakni sekitar 2 km berliuk-liuk seperti ular bila dilihat dari ketinggian.

Pantai Ngurtafur memang unik, selain keindahan pantai berpasir putihnya juga pantai ini tak ada pepohonan atau tanaman lainya hanya seperti hamparan pasir putih dilautan.
Pantai Ngurtafur. Image via: telusurindonesia.co

Pada saat mengunjungi pantai Ngurtafur, pengunjung akan dibawa seolah-olah sedang berjalan di tengah lautan lepas. Padahal pada kenyataannya pengunjung sedang berjalan di atas pasir putih yang membelah pantai menjadi dua sisi bagian.

Keindahan Pantai Ngurtafur tak hanya sebatas hampara pasir putih yang membentang di birunya lautan saja. Namun disini juga kita bisa melihat ratusan burung bangau yang beristirahat setelah mencari ikan. Bila beruntung, pengunjung akan melihat kawanan penyu belimbing.

Untuk mendapatkan pengelaman berwiasata yang mengagumkan di pantai ini pengunjung dapat berkunjung pada bulan april-mei dan oktober-Desember. Hal ini dikarenakan pada bulan-bulan tersebut cuaca serta gelombang di pantai ini cocok sekali untuk snorkeling.

Keindahan Pantai Ngurtafur tak hanya sebatas hampara pasir putih yang membentang di birunya lautan saja.
Aku dan Aku. Image via: pegipegi.com

Simak juga: Ragam wisata di Maluku

Lokasi Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur adalah sebuah pantai laut yang berada di Pulau Warbal, yang terletak di Bilangan Kei Kecil Barat Maluku Tenggara.

Seara Administratif, lokasi pantai ini adalah Pulau Warbal, Desa Warbal, Kecamatan Kei Kecil Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku. Dari Ambon penerbangan menuju Kota Tual Maluku Tenggara sekitar 1-1.5 jam penerbangan.

Rute Menuju Pantai Ngurtafur

Apabila datang dari Ibukota Jakarta, maka waktu tempuh yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke tempat ini cukup lama. Oleh karenanya, tidak heran jika destinasi ini masuk ke dalam daftar wisata yang sepi dari pengunjung, karena budget yang dibutuhkan juga besar.

Pertama pengunjung harus Mengambil penerbangan Jakarta – Ambon. Pengunjung bisa berangkat dari Ambon menuju ke Kota Tual. Perjalanan ini Bisa ditempuh menggunakan kendaraan darat maupun transportasi udara. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Debut.

perjalanan melintasi lautan yang warnanya biru cerah dengan kapal motor. Harga sewanya beragam tergantung kesepakatan dengan pemilik kapal. Proses tawar menawar diijinkan, asal nggak asal-asalan saja.
Perahu Penyeberangan. Image via: phinemo.com

Di sinilah petualangan dimulai. Menikmati perjalanan melintasi lautan yang warnanya biru cerah dengan kapal motor. Harga sewanya beragam tergantung kesepakatan dengan pemilik kapal. Proses tawar menawar diijinkan, asal nggak asal-asalan saja.

Rata-rata harga sewanya sekitar Rp. 750 ribu hingga Rp. 1 juta untuk seharian dengan kapasitas 15 penumpang. Lama perjalanan laut ini bisa memakan waktu hingga 2 jam.

Jam Buka Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurgfatur buka 24 jam seharim 7 hari sepekan.

Tiket Pantai Ngurtafur

Untuk menikmati segala pesona yang dimiliki pantai Ngurtafur, pengunjung tak usah repot-repot mengeluarkan kocek, karena hingga saat ini kawasan ini masih bebas dikunjungi siapapun alias gratis.

Sebenarnya masuk ke Pantai Ngurtavur ini gratis, pengunjung tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Selain itu, tidak juga akan menemukan loket tiket masuk. Yang membuat destinasi wisata ini mahal adalah transportasinya.
Aku dan Angin. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Telaga bidadari di Kota Industri Batam

Fasilitas Pantai Ngurtafur

Karena pantai ini tak berpenghuni jadi kalian yang datang ke sini harus membawa bekal sendiri karna tak ada yang berjualan di pantai yang masih dibilang sangat sepi dan jarang sekali dikunjungi wisatawan. Buat yang ingin menginap dekat pantai ini juga ada penginapan murah bekisar 150 ribuan / orang.

Daya Tarik Pantai Ngurtafur

  1. Pasir Timbul

Pantai Ngurtavur merupakan salah satu dari segelintir pantai di dunia dengan fenomena pasir timbul yang sangat mengagumkan
Gosong 2 Km. Image via: tualkota.go.id

Pantai Ngurtafur merupakan salah satu pantai yang dapat menghipnotis siapa pun  yang berkunjung. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki pesona pasir timbulnya. Maka dari itu bafi para pengunjung angat disarankan datang pada saat air laut surut sehingga dapat mengeksplorasi pasir timbul ini.

Di sisi kiri dan kanan pasir timbul ini pengunjung juga akan mendapati air laut yang jernih dan juga dangkal sehingga pengunjung dapat bersenang-senang dengan bermain air disini. Pasir timbul ini terbentang sepanjang sekitar 2 km menuju tengah laut dan bentuk yang meliuk-liuk bak ular putih yang keluar dari sarangnya.

  1. Renang dan Snorkeling

Perairan yang jernih, memebuat pengunjung Pantai Ngurtafur pasti tergoda untuk berenang.
Renang dengan Pelikan. Image via: holamigo.id

Simak juga: Bukit Selong di Lombok

Perairan yang jernih, membuat pengunjung Pantai Ngurtafur pasti tergoda untuk berenang. Maka dari itu, pengunjung yang datang ke tempat ini pasti akan langsung menceburkan diri ke dalam air. Bayangkan saja berenang di lautan lepas seakan tanpa tepi, apalagi ditemani fenomena langka munculnya pulau gosong di tengah lautan.

Kemudian, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan bawah laut yang tak kalah mnegagumkannya. Dengan snorkeling, Pengunjung bisa melihat kawanan ikan berbagai warna yang berenang di tengah keindahan terumbu karang yang ada di lautan Pantai Ngurtafur itu.

Tak hanya itu, pengunjung juga besa menyaksikan keindahan terumbu karang di lautan pantai ini dari atas kapal. Dengan segala pesona yang diberikan pantai ini tentunya akan akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di kawasan ini.

  1. Penyu

Siapa sangka jika kawasan yang meiliki panorama indaha ini juga merupakan habitan bagi salah satu satwa yang dilindungi yakni penyu belimbing. Satwa yang mengagumkan ini juga sering disebut dengan nama Tabob oleh para penduduk setempat.

Masayrakat setempat mempercayai jika di area ini terdapat penyu belimbing yang sanagt besar dengan bobot mencapai satu ton. Namun untuk menemukannya sangat sulit sekali. Saking sulitnya, bahkan sampai diadakan semacam ritual pemanggilan agar penyu raksasa tersebut muncul.

Selain penyu belimbing, area ini juga merupakan tempat persinggahan bagi kawanan burung pelikan australia yang sedang migrasi. Apabila beruntung, pengunjung dapat menjadi saksi kawanan burung ini berjejer di pantai Ngurtafur. Mengingat satawa satu ini bukan satwa asliu Indonesia maka memen ini pun dapat menjadi momen yang tak terlupakan.

Apabila kebetulan berkunjung saat musim migrasi, maka akan beruntung melihat sekelompok burung Pelikan Australia yang sering mangkal di Pantai Ngurtafur.
Migrasi Pelikan. Image via: serumpi.com

Simak juga: Puncak Widodari, Jogya

  1. Hunting Foto

Panorama Pantai Ngurtafur sudah tidak dapat di pungkiri lagi keindahannya. Apalagi untuk mereka para pecinta fotografi, baik itu dalam maupun luar negeri. keindahan alam yang luar bisa ini  bagaikan hamparan lukisan yang sangat sayang jika tidak di abadikan.

Tidak berhenti di situ, bagi mereka pecinta drone, pantai ini sangat menyita perhatian. Pemandangan alam yang di ambil dari udara untuk mengambil foto pulau gosong luar bisa indahnya.

Ketika sunset, Pantai Ngurtafur betul betul sangan indah luar biasa. maka tak heran jika para wisatawan yang datang akan rela menunggu waktu lama untuk bisa menyaksikan lukisan alam ini.

Para wisatawan bisa menyaksikan pergerakan sunset, dimana saat matahari tenggelam di atas lautan tidak terhalang apapun, sungguh menakjubkan.

Keindahan Pantai Ngurtafur memang sukses mengundang para pencinta fotografi dari dalam dan luar negeri datang ke tempat ini.
Aku dan Pantai. Image via: sabigaju.com

Simak juga: Curug Ciastana dengan kolam tingkat 2

Objek Wisata Dekat Pantai Ngurtafur

Pantai indah lain di kepulauan Kei, adalah Pantai Panjang. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 3 kilometer. Pasirnya yang halus seperti tepung menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Selain itu, wisatawan bisa menyelam karena 400 meter dari bibir pantai ada jurang dan hamparan terumbu karang.

Bagi pengunjung kepulauan Kei ini, jika puas bermain di pantai, bisa mencoba datang ke Gua Hawang dan menikmati sensasi berenang di air sejuk dan jernih gua tersebut. Gua ini dinamakan Hawang yang dalam bahasa setempat berarti hantu atau setan. Pada awalnya, gua ini memang kerap digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan Mistis.

Bagaimana menurut kalian? Menawan kan destinasi alam yang satu ini? Buruan masukkan Pantai Ngurtafur ke traveling list anda. Agar anda bisa melihat segala pesona Indonesia yang ada di Maluku Tenggara ini.

Baca juga:

Leave a Comment