Pantai Ngurtafur, Hamparan Pasir Putih Yang Membelah Lautan

Kepulauan Kei merupakan gugusan pulau yang terletak di sebelah tenggara Kepulauan Maluku, tepatnya berada di Maluku Tenggara. Kepulauan ini memiliki beberapa pulau kecil dengan panorama alam yang menakjubkan.

khususnya ialah wisata pantainya, Maluku memang merupakan surganya pantai di dunia. Karena pemandangan alam yang tersaji di pantai Maluku sungguh mengagumkan.

Jika kamu sedang berada di Maluku luangkan waktu untuk mengunjungi Pantai Ngurtavur atau Pantai Ngurtafur yang terletak di Pulau Woha, Maluku Tenggara. Ngurtafur terdiri dari dua kata yakni ngur artinya pasir sedangkan tafur berarti timbul.

Jadi jika berdasarkan bahasa kei Ngurtavur atau Ngurtafur artinya pasir timbul. Ngurtafur merupakan hamparan pasir timbul yang memanjang sekitar 2 km, yang akan timbul ketika air laut surut sehingga membelah lautan menjadi dua bagian.

Pantai Ngurtafur
Pantai Ngurtafur. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Ragam wisata di Maluku

Lokasi Pantai Ngurtafur

Lokasi Pantai Ngurtafur terletak di wilayah Laut Banda dan berada di Pulau Woha yang merupakan bagian dari Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

Rute Menuju Pantai Ngurtafur

Rute menuju Pantai Ngurtafur jika kamu berangkat dari Jakarta, kamu harus menggunakan pesawat terbang menuju Bandara Karel Sadsuitubun di Kota Langgur, dengan waktu perjalanan sekitar 5 jam.

Dari bandara lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Ohoi Debut, dari sini kamu harus melanjutkan dengan menggunakan perahu yang sudah kamu sewa sebelumnya.

Perjalanan yang akan kamu tempuh dengan menggunakan perahu tersebut sekitar 30 menit, dengan mengarungi lautan luas yang beratapkan birunya langit berpadu dengan birunya laut.

Jam Buka Pantai Ngurtafur

Jam operasional Pantai Ngurtafur dibuka selama 24 jam sehari dan selama 7 hari seminggu. Namun untuk menuju Pantai Ngurtafur harus melihat pasang surut air laut, dan waktu terbaik yaitu ketika Bulan April-Mei atau Bulan Oktober-Desember.

Tiket Pantai Ngurtafur

Tiket ketika mengunjungi Pantai Ngurtafur tidak dikenakan biaya sepeser pun, namun kamu harus mengeluarkan uang untuk menyewa perahu dengan kisaran harga sekitar Rp. 1jt untuk per perahu yang dapat diisi oleh 8 hingga 10 orang.

Membelah Lautan Menjadi Dua Bagian
Membelah Lautan Menjadi Dua Bagian. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Telaga bidadari di Kota Industri Batam

Fasilitas Pantai Ngurtafur

Fasilitas umum yang ada di sekitar Pantai Ngurtafur belum ada apa-apa, hanya ada sebuah gardu pandang serta sebuah gazebo yang dapat kamu gunakan untuk beristirahat itu pun berada di Pulau Woha.

Daya Tarik Pantai Ngurtafur

Kedatanganmu ke Maluku Tenggara tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai Ngurtafur, karena pantai ini memiliki daya tarik yang sangat menawan, yakni:

1. Keajaiban Pasir Timbul

Pantai Ngurtafur merupakan hamparan pasir timbul yang akan muncul apabila air laut sedang surut, dan akan tertutupi air kembali ketika air laut mulai pasang.

Hamparan pasir putih nan lembut ini seakan membelah lautan menjadi dua bagian, dan kamu akan merasakan sensasi berjalan di tengah lautan lepas.

Sepanjang kaki melangkah menyusuri pasir putih ini, rasa kagum dan takjub tak henti-hentinya bergema didalam diri. Begitu luar biasanya Tuhan dapat melukis keindahan yang seperti ini, sungguh tiada duanya.

Menyaksikan Burung Pelikan
Menyaksikan Burung Pelikan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika beruntung kamu dapat bertemu dengan burung pelikan yang sedang singgah di Pantai Ngurtafur. Burung Pelikan tersebut memang tinggal di sekitar pantai, bukan migrasi dari Australia.

Selain melihat kawanan Burung Pelikan, kamu juga dapat menyaksikan kehadiran penyu belimbing yang biasa disebut dengan nama Tabob oleh warga sekitar.

Menikmati Pasir Putih Pantai Ngurtafur
Menikmati Pasir Putih Pantai Ngurtafur. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Curug Ciastana dengan kolam tingkat 2

2. Menikmati Segarnya Air Laut

Setelah menyaksikan keajaiban akan hadirnya pasir timbul, kamu juga harus berenang merasakan segar dan jernihnya air laut. Namun jika kamu kurang mahir berenang sebaiknya menggunakan jaket pelampung, karena kedalamannya yang cukup dalam.

Berenang Di Lautan Lepas
Berenang Di Lautan Lepas. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Berenang di Pantai Ngurtafur sungguh sangat menyegarkan, airnya jernih sekali sehingga kamu dapat dengan leluasa melihat ke dasar tanpa ada yang menghalangi. Kegiatan yang paling tepat untuk melihat keindahan dasar lautnya ialah dengan Snorkeling.

Namun, dikarenakan tidak ada penyewaan peralatan untuk snorkeling kamu harus membawa keperluan untuk snorkeling sendiri.

3. Melihat Laut Lepas dari Gardu Pandang

Landscape Pantai Ngurtafur Dari Gardu Pandang
Landscape Pantai Ngurtafur Dari Gardu Pandang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Puncak Widodari, Jogya

Teruskan perjalananmu menyusuri hamparan pasir putih ini, kemudian kamu akan menemukan sebuah gardu pandang dengan tinggi sekitar 3 sampai 4 meter yang terletak di Pulau Woha.

Dari menara tersebut kamu dapat melihat dengan jelas liukan Pantai Ngurtafur dengan dihiasi pasir putih yang sangat bersih. Ditambah dengan luasnya laut biru yang seakan tak berujung, Maluku memang surganya pantai di Indonesia.

4. Spot Foto Yang Luar Biasa

Menikmati Panorama Alam
Menikmati Panorama Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Bukit Selong di Lombok

Keindahan alam merupakan spot foto terbaik dan tiada duanya, panorama yang disajikan Pantai Ngurtafur sangat elok sekali. Hamparan pasir putih yang bersih dan lembut, dipadukan dengan birunya laut serta putihnya awan yang menaungi.

Jangan lewatkan untuk mengabadikan keindahan tersebut, abadikanlah dalam bentuk video maupun foto. Dan biarkan orang lain melihat keindahan Pantai Ngurtafur.

Tips Wisata

Ketika hendak mengunjungi Pantai Ngurtafur, sebaiknya simak beberapa tips berikut ini:

  • Gunakan topi atau kacamata hitam ketika berada di Pantai Ngurtafur, karena tidak ada pepohonan yang dapat kamu jadikan tempat untuk berteduh.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman untuk bekal kamu selama berada di Pantai Ngurtafur.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian Pantai Ngurtafur.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Jika melihat air sudah pasang sebaiknya cepat meninggalkan Pantai Ngurtafur, karena akan tenggelam oleh pasangnya air laut.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Ngurtafur.

Penutup

Pantai Ngurtafur merupakan salah satu keajaiban alam yang dapat membuat siapa saja berdecak kagum melihatnya. Pasir putih ini muncul jika alam mengizinkan.

Tempat yang sangat indah untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta. Kunjungilah Pantai Ngurtafur yang terletak di Maluku Tenggara ini, dan saksikan sendiri keindahannya.

Leave a Comment