Pantai Ngurtafur, Jembatan Laut Berpasir Putih Sepanjang 2 km

Pantai Ngurtafur memang unik, selain keindahan pantai berpasir putihnya juga pantai ini tak ada pepohonan atau tanaman lainya hanya seperti hamparan pasir putih dilautan. Panjang Pantai Ngurtafur sendiri yakni sekitar 2 km berliuk-liuk seperti ular bila kita melihat dari ketinggian.

Pantai Ngurtafur memang unik, selain keindahan pantai berpasir putihnya juga pantai ini tak ada pepohonan atau tanaman lainya hanya seperti hamparan pasir putih dilautan.
Pantai Ngurtafur. Image via: telusurindonesia.co

Ketika Anda berada di Pantai Ngurtafur ini, maka Anda seolah–olah merasa sedang berjalan ditengah lautan luas walaupun sesungguhnya hanya berjalan diatas hamparan pasir putih yang membelah pantai menjadi dua sisi yaitu kanan dan kiri.

Keindahan Pantai Ngurtafur tak hanya sebatas hampara pasir putih yang membentang di birunya lautan saja. Namun disini juga kita bisa melihat ratusan burung bangau yang beristirahat setelah mencari ikan. Bila beruntung, pengunjung akan melihat kawanan penyu belimbing.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Ngurtafur adalah April-Mei dan Oktober-Desember. Pada waktu tersebut gelombang dan cuaca di Pantai Ngurtafur sangat baik untuk snorkeling.

Keindahan Pantai Ngurtafur tak hanya sebatas hampara pasir putih yang membentang di birunya lautan saja.
Aku dan Aku. Image via: pegipegi.com

Simak juga: Ragam wisata di Maluku

Lokasi Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur adalah sebuah pantai laut yang berada di Pulau Warbal, yang terletak di Bilangan Kei Kecil Barat Maluku Tenggara.

Seara Administratif, lokasi pantai ini adalah Pulau Warbal, Desa Warbal, Kecamatan Kei Kecil Barat, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku. Dari Ambon penerbangan menuju Kota Tual Maluku Tenggara sekitar 1-1.5 jam penerbangan.

Rute Menuju Pantai Ngurtafur

Apabila datang dari Ibukota Jakarta, maka waktu tempuh yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke tempat ini cukup lama. Oleh karenanya, tidak heran jika destinasi ini masuk ke dalam daftar wisata yang sepi dari pengunjung, karena budget yang dibutuhkan juga besar.

Pertama pengunjung harus Mengambil penerbangan Jakarta – Ambon. Pengunjung bisa berangkat dari Ambon menuju ke Kota Tual. Perjalanan ini Bisa ditempuh menggunakan kendaraan darat maupun transportasi udara. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Debut.

perjalanan melintasi lautan yang warnanya biru cerah dengan kapal motor. Harga sewanya beragam tergantung kesepakatan dengan pemilik kapal. Proses tawar menawar diijinkan, asal nggak asal-asalan saja.
Perahu Penyeberangan. Image via: phinemo.com

Di sinilah petualangan dimulai. Menikmati perjalanan melintasi lautan yang warnanya biru cerah dengan kapal motor. Harga sewanya beragam tergantung kesepakatan dengan pemilik kapal. Proses tawar menawar diijinkan, asal nggak asal-asalan saja.

Rata-rata harga sewanya sekitar Rp. 750 ribu hingga Rp. 1 juta untuk seharian dengan kapasitas 15 penumpang. Lama perjalanan laut ini bisa memakan waktu hingga 2 jam.

Jam Buka Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurgfatur buka 24 jam seharim 7 hari sepekan.

Tiket Pantai Ngurtafur

Sebenarnya masuk ke Pantai Ngurtavur ini gratis, pengunjung tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Selain itu, tidak juga akan menemukan loket tiket masuk. Yang membuat destinasi wisata ini mahal adalah transportasinya.

Sebenarnya masuk ke Pantai Ngurtavur ini gratis, pengunjung tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Selain itu, tidak juga akan menemukan loket tiket masuk. Yang membuat destinasi wisata ini mahal adalah transportasinya.
Aku dan Angin. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Telaga bidadari di Kota Industri Batam

Apabila datang dari Jakarta, maka setidaknya membutuhkan uang minimal Rp 8.000.000. Itu pun hanya bisa mengcover biaya transportasi tiket pesawat pp dan sewa kapal saja. Belum termasuk biaya penginapan, makan, dan sebagainya.

Oleh karena itu, pastikan bahwa tabungan mencukupi sebelum datang ke tempat ini.

Fasilitas Pantai Ngurtafur

Karena pantai ini tak berpenghuni jadi kalian yang datang ke sini harus membawa bekal sendiri karna tak ada yang berjualan di pantai yang masih dibilang sangat sepi dan jarang sekali dikunjungi wisatawan. Buat yang ingin menginap dekat pantai ini juga ada penginapan murah bekisar 150 ribuan / orang.

Daya Tarik Pantai Ngurtafur

  1. Pasir Timbul

Pantai Ngurtavur merupakan salah satu dari segelintir pantai di dunia dengan fenomena pasir timbul yang sangat mengagumkan
Gosong 2 Km. Image via: tualkota.go.id

Pantai Ngurtavur merupakan salah satu dari segelintir pantai di dunia dengan fenomena pasir timbul yang sangat mengagumkan. Karenanya, datanglah di saat yang tepat dan pengunjung akan dapat menyaksikan lautan terbelah ketika sedang surut.

Di sisi kanan maupun kiri ada lautan luas yang dangkal serta airnya sejernih kaca. Kamu bisa melihat bagian dasar dari atas permukaannya. Jika dilihat dari ketinggian pantai Ngurtafur membentuk kelokan-kelokan layaknya sebuah ular putih yang keluar dari bawah batu. Hebatnya panjang hamparan pasir pantai ini mencapai 2 kilometer menuju ke tengah laut.

Kamu bisa berjalan-jalan menginjakkan kaki di pasir panti yang lembut, hingga berenang. Jangan lupa memakai tabir surya ya, karena saat siang hari cuacanya bisa sangat panas. Untung saja semilir angin yang membawa aroma laut akan sering menerpa kulit.

  1. Renang dan Snorkeling

Perairan yang jernih, memebuat pengunjung Pantai Ngurtafur pasti tergoda untuk berenang.
Renang dengan Pelikan. Image via: holamigo.id

Simak juga: Bukit Selong di Lombok

Perairan yang jernih, memebuat pengunjung Pantai Ngurtafur pasti tergoda untuk berenang. Pengunjung yang datang ke tempat ini pasti akan langsung menceburkan diri ke dalam air. Bayangkan saja berenang di lautan lepas seakan tanpa tepi, apalagi ditemani fenomena langka munculnya pulau gosong di tengah lautan.

Selain pulau gosongnya yang membuat lidah tidak berhenti berdecak kagum, keindahan alam bawah laut Pantai Ngurtafur juga tidak kalah eksotis. Bagi yang memiliki hobi snorkeling atau diving, jangan lupa untuk sekalian membawa peralatan guna menjelajahi kekayaan laut Ngurtafur.

Dengan snorkeling, Pengunjung bisa melihat kawanan ikan berbagai warna yang berenang di tengah keindahan terumbu karang yang ada di lautan Pantai Ngurtafur itu.

Pengunjung bisa melihat terumbu karang yang ada di pantai dari atas kapal. Pemandangan bawah laut yang ditawarkan oleh Pantai Ngurtafur sendiri sangatlah indah. Sehingga pantai ini juga cocok untuk berenang maupun snorkeling.

  1. Penyu

penyu belimbing di sekitar perairan pantai bfertafur
Tabob. Image via: mongabay.co.id

Penyu belimbing atau yang yang lebih dikenal dengan nama “Tabob” oleh masyarakat setempat juga terdapat di pantai ini. Penyu belimbing sendiri merupakan jenis penyu yang langka dan dilindungi. Keberadaannya di kawasan pantai ini dilindungi serta memiliki sebuah penangkaran yang dikelola oleh World Wide Fund for Nature (WWF).

Konon katanya di pantai ini ada Penyu Belimbing yang memiliki ukuran sebesar sedan dan mempunyai bobot sebesar 1 ton. Adalah hal yang langka jika kita menemukannya, karena hewan ini sulit sekali untuk ditemukan.

Bahkan ada ritual khusus untuk memanggil Penyu Belimbing yang mempunyai ukuran yang luar biasa besar itu.

Selain itu pantai ini juga merupakan tempat persinggahan bagi sekumpulan burung pelikan asal Australia yang sedang migrasi. Bila beruntung Anda bisa melihatnya pada waktu tertentu.

Apabila kebetulan berkunjung saat musim migrasi, maka akan beruntung melihat sekelompok burung Pelikan Australia yang sering mangkal di Pantai Ngurtafur.
Migrasi Pelikan. Image via: serumpi.com

Simak juga: Puncak Widodari, Jogya

Apabila kebetulan Anda berkunjung saat musim migrasi, maka akan beruntung melihat sekelompok burung Pelikan Australia yang sering mangkal di Pantai Ngurtafur. Bagi masyarakat Indonesia, kehadiran unggas ini merupakan suatu hal yang cukup langka.

  1. Hunting Foto

Keindahan Pantai Ngurtafur memang sukses mengundang para pencinta fotografi dari dalam dan luar negeri datang ke tempat ini. Maha karya alam yang indah dan langka ini memang apik ketika diabadikan dengan kamera.

Apalagi bagi pengguna drone, pastinya tangan akan langsung gatal untuk mengambil foto pulau gosong yang indah dari udara.

Fenomena sunset atau matahari tenggelam di Pantai Ngurtavur bukan kepalang indahnya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila kemudian wisatawan yang datang rela menunggu lama demi menyaksikan karya alam ini.

Disini, pengunjung bisa melihat bayangan matahari tenggelam di atas lautan tanpa terhalang oleh apapun, sungguh luar biasa.

Keindahan Pantai Ngurtafur memang sukses mengundang para pencinta fotografi dari dalam dan luar negeri datang ke tempat ini.
Aku dan Pantai. Image via: sabigaju.com

Simak juga: Curug Ciastana dengan kolam tingkat 2

Objek Wisata Dekat Pantai Ngurtafur

Pantai indah lain di kepulauan Kei, adalah Pantai Panjang. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 3 kilometer. Pasirnya yang halus seperti tepung menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Selain itu, wisatawan bisa menyelam karena 400 meter dari bibir pantai ada jurang dan hamparan terumbu karang.

Bagi pengunjung kepulauan Kei ini, jika puas bermain di pantai, bisa mencoba datang ke Gua Hawang dan menikmati sensasi berenang di air sejuk dan jernih gua tersebut. Gua ini dinamakan Hawang yang dalam bahasa setempat berarti hantu atau setan. Pada awalnya, gua ini memang kerap digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan Mistis.

Bagaimana menurut kalian? Menawan kan destinasi alam yang satu ini? Buruan masukkan Pantai Ngurtafur ke traveling list anda. Agar anda bisa melihat segala pesona Indonesia yang ada di Maluku Tenggara ini.

Baca juga:

Leave a Comment